Logo Baru April

Upaya Nyata Untuk Mengisi Kemerdekaan

Upaya Untuk Mengisi Kemerdekaan RI
toko buku kuliah
Bagikan

Upaya untuk mengisi kemerdekaan selalu ada banyak cara. Mulai dari mengibarkan bendera merah putih sampai mengadakan perlombaan tujuh belasan. Bahkan sampai ada komunitas yang rela melakukan tantangan mengibarkan bendera merah putih dengan berbagai cara supaya bisa memeriahkan Hari Kemerdekaan. 

Contohnya, ada yang mengibarkan bendera merah putih di udara, di gunung, di gua hingga di dalam lautan pun juga ada yang melakukannya. Semua dilakukan sebagai bentuk ekspresi rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air. Nah, penasaran mengenai apa saja upaya untuk mengisi kemerdekaan yang bisa kita lakukan?

8 Upaya yang bisa dilakukan untuk mengisi kemerdekaan.

Mengibarkan Bendera Merah Putih

Mengibarkan bendera merah putih upaya untuk mengisi kemerdekaan yang sifatnya wajib. Tidak hanya dilakukan oleh kalangan akademis saja. Tetapi di kalangan masyarakat umumnya pun juga melakukannya.

Hal yang menjadi lebih semarak saat pengibaran bendera merah putih, adalah di kalangan akademisi. Khususnya bagi siswa. Mereka sangat antusias mengikuti serangkaian seleksi  tim pengibaran merah putih di tingkat kecamatan, kabupaten hingga tingkat nasional. 

Nah, untuk bisa masuk tingkat Nasional, tentu saja akan menjadi semarak yang menyenangkan. Selain akan mendapatkan pengalaman dan teman-teman dari banyak kalangan. Pastinya akan muncul rasa nasionalisme dalam diri, yang hanya bisa dirasakan dan diresapi.

Ikuti Upacara Bendera

mengibarkan bendera upacara
Mengibarkan bendera upacara

Bagi masyarakat umum, yang sudah tidak lagi di kalangan akademisi. Ternyata upaya untuk mengisi kemerdekaan bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya tetap mengikuti upacara bendera.  Misalnya dengan melihat siaran langsung di televisi. 

Atau mungkin, ada diantara kamu yang ikut datang ke lapangan kecamatan, hanya ingin mengikuti upacara bendera? Meski cara ini sudah lama, tetap ada keseruan tersendiri loh. Belum lagi banyak para pedagang di dekat lapangan kecamatan. Bagaimana di daerahmu? Apakah juga sama?

Baca juga: Diskon 45% – Merdeka Join Reseller

Daftar Open Reseller

Mengadakan Kegiatan Kemerdekaan dan Lomba

Upaya untuk mengisi kemerdekaan yang paling ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat kampung, ataupun masyarakat komplek, adalah lomba kegiatan kemerdekaan. Kegiatan lomba kemerdekaan ini juga menjadi kegiataan yang tidak kalah seru. 

Kamu tidak hanya bisa ikut lomba, terkadang selama proses perlombaan berlangsung, kita bisa tertawa terbahak-bahak. Apalagi jika yang dilombakan hal-hal yang memang memaksa peserta melakukan gerakan-gerakan spontan yang mengundang tertawa penonton. 

Jika berhasil menang lomba, sudah pasti kamu pun akan mendapatkan hadiah. Meskipun, terkadang hadiahnya tidak seberapa. Namun kebersamaan dan keakraban yang terjalin inilah yang menjadi kegiatan lomba kemerdekaan memberi candu buat kita semua. 

Lomba Gerak Jalan Antar Sekolah 

Di daerah tempat saya tinggal, salah satu upaya untuk mengisi kemerdekaan bagi kalangan sekolah adalah mengadakan lomba gerak jalan. Lomba gerak jalan ini juga menampilkan penampilan-penampilan yang beragam. 

Ada yang dandan ala-ala, ada juga yang tetap menggunakan seragam. Penilaian lomba dilihat dari kekompakan jalan. Menariknya, lomba ini diadakan untuk semua jenjang yanga ada di kecamatan. Mulai dari jenjang SD, SMP, SMA/K/MA hingga melibatkan komunitas PKK antar desa. Pokoknya acara gerak jalan ini sangat seru dan menghibur. 

Kerja Bakti

Ritual wajib yang bisa dimasukan dalam upaya untuk mengisi kemerdekaan adalah kerja bakti. Umumnya, setiap daerah berbeda-beda. Ada kegiatan kumpul bareng untuk membersihkan tempat, kebun atau lapangan yang akan digunakan untuk tempat lomba. 

promo 8.8

Ada juga beberapa desa yang mengadakan lomba kebersihan antar kampung. Nah, terlepas dari kegiatan kerja bakti ini, ternyata ada hikmah. Ternyata kerja bakti tidak hanya sebagai sarana untuk berkumpul bareng, dan “say hello” dengan tetangga kita saja. Secara tidak langsung juga melatih kita untuk mengedepankan toleransi. 

Perjuangan Melalui Belajar

Upaya untuk mengisi kemerdekaan memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan kamu meluruskan niat belajar sungguh-sungguh. Dulu maman nenek kita berjuang untuk mengusir dan melawan penjajah.

mengisi kemerdekaan dengan belajar
Mengisi kemerdekaan dengan belajar

Namun sekarang, Negara sudah merdeka. Lantas, perjuangan kita harus menyala dan tidak padam. Tetap harus berjuang belajar agar menjadi pribadi yang berbudi luhur, amanah, tanggungjawab dan bermaslahat untuk umat. Bahkan pintar secara akademik saja tidak cukup. 

Karena sekarang banyak orang yang pintar secara kognitif dan akademik. Namun hasil kepintarannya digunakan untuk mengkorupsi, menjadi seorang politikus yang mempermainkan rakyat dan banyak yang tidak memiliki etika dan moral. 

Ingat kata Soekarno, “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri”, kini kita pun bisa merasakan dan paham apa yang dimaksud dengan pesan Bung Karno.

Tapi kita harus ingat, bahwasanya Bung Karno pun juga pernah berkata “Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Kita masih punya harapan bahwa dengan berjuang belajar demi kemerdekaan moral, etika dan kesopanan serta kecerdasan pemuda, kita bisa mengubah menjadi bangsa yang lebih baik dari hari ini.

Memahami Sejarah (Melalui Membaca Buku)

Selain melalui lomba dan serangkaian kegiatan menyambut kemerdekaan di atas. Ternyata ada upaya untuk mengisi kemerdekaan yang bisa dilakukan secara mandiri. Salah satunya sebagai sarana untuk memahami sejarah. 

Ngomong-ngomong, apakah kamu sudah tahu sejarah kemerdekaan Indonesia? Saya yakin kamu pun sudah tahu dan sudah membaca di buku. Ternyata tidak hanya memaknai kemerdekaan dengan mengetahui cerita sejarah nya saja. Tetapi juga mampu meresapi rasa nasionalisme. Salah satunya dengan membaca.

Baca juga: Manfaat Membaca Bagi Pelajar

Belanja Buku Saat Promo

Buat kamu yang bingung ingin mengisi upaya untuk mengisi kemerdekaan dengan cara apa. Sebenarnya ada cara yang berfaedah lainnya. Yaitu belanja buku yang sedang promo. Saya kira lebih baik belanja buku dan membaca isi buku tersebut. 

Setidaknya dengan berbelanja buku, selain akan mendapatkan ilmu pengetahuan, wawasan dan memberikan perspektif yang berbeda pada diri sendiri. Setidaknya dengan membaca akan banyak hal yang bisa kita temukan. 

Setidaknya, waktu yang kita gunakan untuk membaca tidak akan sia-sia. Karena membaca juga bentuk investasi dalam upaya mengasah kemampuan otak kita. tentunya, apa yang kita baca adalah buku-buku yang bermanfaat ya.


PROMO BELANJA BUKU, BUKU TERBAIK HANYA 77K Saja. Cek promo merdeka belanja buku di Promo Deepublish Store


Dari delapan upaya untuk mengisi kemerdekaan di atas, bagian mana yang paling membuat kamu berkesan dan menarik perhatian? Kamu boleh share dan cerita di kolom komentar. Atau mungkin kamu mengisi kemerdekaan dengan cara-cara lain? Boleh banget dituliskan di kolom komentar. Siapa tahu menginspirasi netizen yang lain. 

Semoga sedikit ulasan ini memberikan manfaat dan semangat. Pesan kata terakhir, JAS MERAH!. Jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal jati diri mereka. 

Jati diri yang dimaksud adalah bangsa yang tahu bahwa kita adalah Negara yang menjunjung tinggi kesopanan, adat dan istiadat masing-masing. Jika kamu asli orang jawa, maka ojo ilang jawane.

Jangan lupa untuk tetap memayu hayuning bawana, yang sarat nilai filosofis agar tetap menjaga keharmonisan dengan alam semesta, yang meliputi Tuhan, lingkungan dan sesama manusia, yang tetap mengedepan moral, dan sopan santun. Karena Indonesia merdeka karena nilai-nilai tersebut. (Irukawa Elisa).

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :
Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022