24 Tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Teman & Keluarga

lebaran-idul-fitri-2021
toko buku kuliah
Bagikan

Lebaran tahun ini mungkin masih dilakukan #dirumahaja, maka perlu menyiapkan tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga. Mengapa? Sebab kemungkinan besar lebaran tahun ini belum berbeda jauh dengan lebaran tahun lalu. Yakni dilakukan di rumah bersama dengan keluarga inti. 

Sebab masyarakat Indonesia diperkirakan sampai lebaran atau setelahnya belum semuanya mendapatkan vaksinasi. Beberapa memang sudah, namun untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Tentu masyarakat, khususnya umat muslim dihimbau untuk lebaran secara aman yakni di rumah saja. 

Sehingga umat muslim pun perlu mempersiapkan rencana untuk merayakan momen lebaran atau Idul Fitri ini di rumah bersama dengan keluarga inti. JIka menengok lebaran tahun lalu, apa rencana kamu untuk lebaran yang lebih berkesan di tahun ini? 

Tradisi Silaturahmi di Momen Idul Fitri 

Pada kondisi biasa atau di hari normal tanpa pandemi, umat muslim di tanah air memiliki sejumlah tradisi yang dilakukan di hari Raya Idul Fitri. Misalnya saling berkunjung ke rumah tetangga, keluarga, dan berkumpul di rumah orang tua yang merupakan rumah inti. Kemudian saling bersilaturahmi dan saling menikmati hidangan khas Idul Fitri. 

Mayoritas masyarakat Indonesia menikmati sajian ketupat dan opor di hari raya tersebut. Namun masyarakat di daerah lain tentunya memiliki menu khas sendiri, yang kemudian menjadi menu wajib ada di hari raya. Berhubung tahun ini pandemi belum juga usai dan vaksinasi belum dilakukan 100% oleh masyarakat Indonesia. 

Maka besar kemungkinan perayaan Idul Fitri dilakukan di rumah masing-masing seperti tahun lalu. Meskipun perayaan Idul Fitri atau lebaran tidak memungkinkan untuk bersilaturahmi langsung dengan teman dan keluarga, khususnya yang memang berjauhan. 

Namun yang namanya silaturahmi tentu bisa dilakukan, hanya saja dengan cara yang berbeda. Ada banyak cara bisa dilakukan agar tali silaturahmi dan tradisi saling bermaaf-maafan bisa dilakukan tanpa perlu bertatap muka langsung. Solusi inilah yang menjadi pilihan terbaik untuk momen lebaran tahun ini. 

Tips Silaturahmi Online Selama Lebaran #dirumahaja

Rasanya tidak perlu bingung bagaimana menjalin silaturahmi dan bermaaf-maafan di momen lebaran. Sebab teknologi informasi dan komunikasi di era digital seperti sekarang sudah sangat membantu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir hasil tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga yang dibuat tidak dapat tersampaikan. 

Membantu kamu merayakan lebaran beserta tradisi saling bersilaturahmi secara aman di rumah sendiri. Berikut beberapa tips silaturahmi online yang bisa dipertimbangkan salah satu atau beberapa sekaligus: 

1. Mengirimkan Hampers 

Pilihan silaturahmi online pertama di hari lebaran adalah mengirimkan hampers, bisa juga saling mengirimkan hampers. Jadi selain menjadi pengirim hampers untuk orang tua atau anggota keluarga lain (kakak maupun adik). Ternyata keluarga yang diberi kiriman hampers juga mengirimkan hampers, sehingga saling mengirimkan. 

Tidak hanya hampers saja, namun juga berisi kartu ucapan lebaran. Dimana kartu tersebut berisi tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga yang sudah disiapkan sebelumnya. Sedangkan untuk isi hampers sendiri bisa disesuaikan kebutuhan dan anggaran, sebab saat ini apa saja bisa dijadikan hampers. 

Mulai dari makanan ringan, aneka kue kering, bumbu instan masakan tradisional, tanaman hias, perlengkapan ibadah seperti mukena dan sajadah, maupun yang lainnya. Jadi tidak harus hampers yang mahal dan berukuran besar. 

Menariknya lagi banyak toko online khususnya official sudah menyediakan paket hampers lebaran yang harganya lebih hemat. Sehingga kamu tidak perlu repot packing dan datang ke swalayan untuk belanja, melainkan dikirimkan langsung oleh toko online yang dipilih. 

2. Mengirimkan Kartu Ucapan Lebaran Secara Online 

Opsional kedua adalah mengirimkan kartu ucapan lebaran secara online, jadi desain kartu ucapan dibuat dalam format digital misalnya JPG atau mungkin JPEG dan format lainnya. Dimana kartu ucapan digital ini dikirimkan? Paling praktis adalah melalui aplikasi pesan instan, bisa WhatsApp, Telegram, Line, dan lain-lain. 

Kartu ucapan digital ini adalah opsional yang lebih mudah, praktis, dan tentunya murah meriah. Apalagi jika desain kartu dibuat sendiri. Tidak masalah desainnya sederhana dan isi tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga di dalamnya juga tidak sampai mengharu-biru. 

Namun yang pasti tetap memiliki makna bahwa kamu sudah mencoba menjalin silaturahmi dan melestarikan tradisi lebaran yang sudah dijalankan turun-temurun. Sehingga dijamin akan sangat dihargai oleh penerimanya, apalagi kepada orang-orang terdekat seperti teman dan keluarga sendiri. 

3. Mengirimkan Stiker atau GIF Ucapan Lebaran 

Jika mengirimkan kartu ucapan terasa terlalu simpel dan butuh sesuatu yang mengeluarkan effort lebih sekaligus hasilnya unik. Kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat stiker maupun GIF ucapan lebaran, lalu dikirimkan melalui aplikasi pesan instan. 

Membuat stiker ucapan lebaran tentu tidak sulit, sebab sudah banyak aplikasi di smartphone yang mendukung kebutuhan ini. Beberapa bahkan sudah ada stikernya sehingga bisa langsung digunakan. Namun jika ingin lebih khas dan personal, maka bisa membuat sendiri desain stiker tersebut. 

Tidak terlupa, sematkan tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga yang sudah disusun. Hal serupa juga bisa kamu terapkan saat membuat GIF berisi ucapan lebaran. Dijamin penerima akan menyukainya dan menilai kamu sebagai pribadi yang kreatif. 

4. Silaturahmi Online Secara Langsung Lewat Video Call 

Jika ingin lebih praktis lagi maka ucapan lebaran dan saling bermaaf-maafan bisa dilakukan lewat video call. Beberapa aplikasi pesan instan bisa digunakan video call sampai beberapa user atau pengguna sekaligus, sehingga fungsinya mirip dengan layanan telekonferensi seperti Zoom dan Google Meet. 

Melalui layanan video call tersebut kamu bisa menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri atau lebaran secara langsung. BIsa juga menyampaikan permintaan maaf dan saling menanyakan kabar dan keadaan masing-masing. Ada banyak hal bisa dibahas di hari raya secara online, jadi dijamin tetap seru.

Baca juga: Niat Puasa Ramadhan : Doa Sahur dan Berbuka

Manfaat Mengirimkan Kartu Ucapan Lebaran 

Diantara beberapa pilihan silaturahmi online diatas, mana yang akan kamu pilih? Tidak masalah memilih salah satunya saja yang dirasa paling mudah untuk dilakukan. Sebab intinya sendiri tetap sama, yakni membuka jalan untuk tetap bersilaturahmi dan bermaaf-maafan di hari raya. 

Jika tertarik untuk mengirimkan kartu ucapan lebaran yang didalamnya berisi tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga. Maka bisa dikatakan sebagai langkah yang menarik. Sebab mengirimkan kartu ucapan lebaran baik secara digital maupun dikirimkan lewat jasa ekspedisi memiliki banyak manfaat. Seperti: 

Belajar jualan online

1. Salah Satu Media Silaturahmi yang Menarik

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dengan mengirimkan kartu ucapan lebaran adalah tetap bisa menjaga atau menjalin tali silaturahmi. Sebab kartu ucapan yang dikirimkan tersebut merupakan salah satu media silaturahmi. Media ini kemudian yang paling tepat dipilih di tengah pandemi. 

Sebab untuk bisa mengirimkan kartu ucapan tidak harus bertatap muka secara langsung. Bisa menggunakan jasa ekspedisi jika kartu ucapan tersebut dicetak di media kertas yang estetik. Selain itu juga bisa dikirimkan lewat email atau aplikasi pesan instan jika memang diputuskan untuk tidak dicetak. 

Jadi, dengan mengirimkan kartu ucapan lebaran maka silaturahmi tetap terjalin dan bisa saling bermaaf-maafan tanpa harus bertatap muka langsung. Langkah ini bijak untuk diambil sebagai upaya untuk mensukseskan program pemerintah menekan laju kenaikan angka kasus Covid-19. Merayakan lebaran pun bebas was-was. 

2. Menunjukan Rasa Hormat dan Kepedulian 

Kartu ucapan lebaran baik yang dicetak di media kertas maupun dibuat dalam format digital juga bisa menjadi media untuk mengekspresikan rasa hormat dan kepedulian pada penerimanya. Sehingga mengirimkan kartu ucapan adalah langkah terbaik sebagai tanda bahwa kamu peduli dan menghormati si penerima. 

Selain itu, ketika kamu sudah meluangkan waktu untuk menyusun tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga dan mendesainnya secantik dan semenarik mungkin. Maka dijamin penerima kartu ucapan tersebut akan menghargai usahamu saat membuat dan mengirimkannya. 

3. Meningkatkan Kreativitas 

Manfaat selanjutnya dari mengirimkan kartu ucapan lebaran adalah meningkatkan kreativitas diri sendiri. Hal ini tentu penting untuk mengasah kemampuan otak dan mengasah kreativitas supaya menjadi pribadi yang lebih kreatif. Dikatakan demikian karena menyusun tulisan berisi ucapan lebaran pun tidak bisa dikatakan mudah. 

Meskipun ada banyak referensi di internet, namun bisa jadi contoh-contoh yang ada kurang sesuai atau kurang mampu mendeskripsikan perasaan kamu ke penerima ucapan tersebut. Belum lagi dengan konsep desain kartu ucapannya harus seperti apa. 

Saat membuat kartu ucapan pun dijamin melibatkan daya kreasi dan imajinasi, sekaligus kemampuan untuk menggunakan suatu aplikasi desain. Sehingga saat memilih melakukan langkah ini dijamin efektif mengasah kreativitas diri. Bisa jadi di tahun mendatang kamu bisa membuka jasa pembuatan kartu ucapan lebaran. 

Sehingga bisa mendapatkan pemasukan yang tentu lebih berkah. Sebab membantu siapa saja untuk menjalin silaturahmi di hari raya. Jadi, silahkan dipertimangkan.

Baca juga: 9 Rekomendasi Buku Bacaan di Bulan Puasa Ramadhan

Contoh Tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Teman dan Keluarga

Berhubung kamu perlu effort dalam menyusun tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga agar bisa menjadi kartu ucapan lebaran yang sempurna. Maka kamu perlu menyusunnya dengan baik dan teliti. Jika ide belum juga muncul, beberapa contoh tulisan ucapan hari raya berikut bisa dicontek dan sedikit dimodifikasi sesuai kebutuhan: 

Tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Keluarga Inti 

Keluarga inti tentu menjadi prioritas saat menyampaikan ucapan permintaan maaf lahir dan batin di hari raya. Maka bisa membuat kartu ucapan yang dicetak di media kertas, supaya bisa diberikan langsung kepada keluarga inti. Sebab masih tinggal satu atap. 

psional lain adalah diucapkan secara langsung, namun ada kekhawatiran justru setelah disampaikan langsung lupa. Jadi, alangkah baiknya tetap mencetaknya di media kertas dan memberikannya langsung. Supaya lebih membekas di ingatan dan bisa dibaca berulang kali oleh keluarga inti yang menerimanya. 

Berikut beberapa contoh ucapan atau tulisan selamat hari raya yang bisa dicoba : 

1. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Semoga dengan menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan kita sekeluarga menjadi pribadi yang lebih baik. Mohon maaf lahir dan batin. 

2. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Meskipun kita berada dalam satu atap, tentunya ada saja hal yang memunculkan kesalah pahaman. Bersama hari yang fitri ini, perkenankan saya untuk meminta maaf lahir dan batin. 

3. Di tengah pandemi kebersamaan bersama keluarga secara intensitas meningkat, namun secara kualitas mungkin belum maksimal. Bersama dengan momen lebaran, mari saling meningkatkan kualitas kebersamaan kita. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. 

4. Sahur bersama, buka bersama, dan menunggu momen bedug magrib pun bersama. Semoga dengan momen lebaran #dirumahaja tahun ini kita bisa terus bersama, tidak hanya fisik namun juga sampai ke hati. Mohon maaf lahir dan batin. 

5. Idul Fitri yang sudah menyapa menjadi momen terbaik bagi keluarga kita untuk saling mendekat dan mendukung. Selamat lebaran semoga keluarga kita selalu sehat dan aman dari Covid-19. 

Tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Keluarga Dekat 

Khusus untuk keluarga dekat yang tidak serumah, seperti paman, bibi, saudara ipar, keponakan, dan seterusnya. Kamu juga perlu menimbang menyusun tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga khusus untuk mereka. Beberapa contohnya adalah: 

6. Momen lebaran adalah momen terbaik untuk saling menguatkan silaturahmi, semoga kedekatan jarak diantara kita turut mempererat jalinan silaturahmi. Selamat Idul Fitri 1442 H. 

7. Selamat Idul Fitri 1442 H. Selama bulan Ramadhan, kami sekeluarga mengucapkan terima kasih atas semua perhatian yang diberikan. Semoga paman sekeluarga selalu sehat. 

8. Pandemi menyadarkan kita akan pentingnya silaturahmi, sebab yang jauh belum tentu bisa memberi bantuan dan perhatian seperti keluarga terdekat. Mohon maaf lahir batin dan selamat hari raya Idul Fitri 1442 H. 

9. Lebaran tahun ini sangat berkesan, sebab hanya bisa bersua dengan keluarga terdekat. Semoga kedekatan fisik ini juga mengundang kedekatan batin. Mohon maaf lahir dan batin.

10. Jarak kita dekat, semoga di Hari Idul Fitri kedekatan ini sampai ke hati. Selamat Lebaran. 

Tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Teman 

Sedangkan tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga untuk teman bisa melihat beberapa contoh berikut: 

11. Jiwa ini mungkin tak sebening air, namun pertemanan kita ibarat air di tengah gurun pasir. Selamat Idul Fitri 1442 H dan mohon maaf lahir batin. 

12. Selamat lebaran teman, mungkin selama ini sudah banyak melakukan kesalahan yang sengaja maupun tak sengaja. Jadi ijinkan hati ini mensucikan diri dengan memohon maaf lahir dan batin. 

13. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga selalu sehat dan pertemanan kita langgeng sampai akhirat. Selamat Idul Fitri 1442 H. 

14. Hari yang fitri ini ijinkan untuk menjalin silaturahmi, tak harus tatap muka via online saja. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. 

15. Pertemanan adalah saudara yang bertemu ketika sama-sama dewasa. Selamat lebaran teman, mohon maaf lahir dan batin. 

Tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Sahabat 

Sahabat dekat juga perlu diberi kartu ucapan, berikut contoh tulisan yang bisa dipertimbangkan: 

16. Selamat Idul Fitri 1442 H. Meskipun sudah jarang bersua sejak pandemi menyapa. Ijinkan di momen lebaran tahun ini mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. 

17. Terima kasih sahabatku atas semua dukunganmu, selamat merayakan lebaran jangan lupa jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan. Selamat Idul Fitri 1442 H. 

18. Mungkin tahun ini kita tidak bisa berjabat tangan langsung, namun bersama kartu ini aku berikan jabatan tanganku secara online. Selamat lebaran sahabatku. 

19. Lebaran tahun ini sangat berkesan, sebab sahabat dekatku masih selalu setia mendukungku. Mohon maaf lahir batin dan Selamat Idul Fitri 1442 H. 

20. Selama ini mungkin lisanku pernah melukai hatimu, namun ijinkan aku memohon maaf lahir batin. Semoga persahabatan kita tetap terjalin sampai lebaran di tahun-tahun berikutnya. 

Tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Sahabat Terbaik 

Punya sahabat terbaik? Maka berikut beberapa tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk teman & keluarga yang bisa kamu berikan kepada sosok tersebut: 

21. Ramadhan telah berlalu, namun semoga persahabatan kita tetap berjalan sampai Ramadhan di tahun-tahun depan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. 

22. Selama kebersamaan kita sebagai sahabat sudah banyak suka dan duka dilalui. Mari raih kemenangan bersama di hari yang Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. 

23. Jika jarak saat ini tidak mungkin ditebas karena pandemi. Bersama kartu ucapan ini jarak kita semoga terasa sangat dekat. Mohon maaf lahir dan batin. 

24. Allah Swt Maha Baik mengirimkan pandemi agar aku semakin dekat dengan sahabatku yang baik. Selamat Idul Fitri 1442 H sahabatku.

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang