Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

7 Tujuan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas SDM

tujuan perpustakaan meningkatkan sdm

7 Tujuan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas SDM – Memiliki cita-cita menjadi pustakawan bukanlah hal yang buruk. Karena saat kamu memutuskan menjadi pustawakawan, kamu pun akan mempelajari banyak hal baru tentang dunia buku. Nah, membincangkan tentang perpustakaan memang tidak akan menarik jika tidak tahu tujuan perpustakaan itu sendiri.

Barangkali pula kamu salah satu pustakawan yang juga penasaran sebenarnya apa sih tujuan perpustakaan itu sendiri? Langsung saja berikut beberapa tujuan yang harus kamu tahu dan semakin menambahkan semangat buat kamu.

7 Tujuan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas SDM

1. Mengedukasi DIri Sendiri Agar Tetap Berkesinambungan

Tujuan perpustakaan yang pertama adalah mengedukasi diri sendiri agar tetap berkesinambungan. Diharapkan dengan kehadiran perpustakaan, pembaca akan mendapatkan ilmu pengetahuan dari membaca buku. Sehingga apa yang dibaca dan apa yang dipelajarinya akan menyinambungkan ilmu satu dengan ilmu yang lainnya.

Meskipun berbeda jurusan dan minat pembaca, tetapi ilmu yang masuk dari olah membaca, itulah yang secara tidak langsung akan mengedukasi dirinya sendiri. Sehingga tanpa di sadari pun, dirinya mendapatkan wawasan dan ilmu baru.

Hal yang perlu di garisbawahi, bahwa mengedukasi diri tidak selalu dalam bentuk belajar di bangku sekolah saja. Tetapi dengan membaca di perpustakaan pun juga termasuk. Bahkan saat kamu berjalan dan mendengarkan curhatan teman, kamu pun juga belajar. Belajar dari keputusan sikap orang yang tengah curhat denganmu.

2. Agar Tanggap Terhadap Pembaharuan Ilmu Pengetahuan

Tujuan perpustakaan yang tidak kalah penting adalah mendorong kamu lebih tanggap terhadap pembaharuan ilmu pengetahuan. Salah satu kunci menjadi Negara yang besar adalah tanggap terhadap pembaruan ilmu pengetahuan. Bisa dibilang kita masih jauh tertinggal dibandingkan Negara-negara maju terharap pembaharuan ilmu pengetahuan.

Kita masih membutuhkan banyak referensi dan pembaharuan-pembaruan. Setidaknya dengan variasi pembaharuan yang ada inilah yang akan meningkatkan sumber daya manusia sekaligus mampu menciptakan Negara lebih update di kacamata dunia.

Pernah mendengar Dubai? Bisa di bilang Dubai salah satu Negara yang memiliki pembaharuan yang luar biasa. Selain karena dukungan finansial Negara untuk mewujudkan dubai yang elok luar biasa, tentu saja karena orang-orang di sana pun juga update terhadap banyak hal. Sehingga mereka mampu menciptakan pembangunan yang sifatnya besar. Penasaran tentang dubai, bisa googling pembangunan di sana.

Baca juga : Tata Tertib Dan Peraturan Perpustakaan (Gratis Download)

3. Memelihara Kemerdekaan berfikir dan Membangun konstruksi berfikir

Tujuan perpustakaan yang kedua adalah memelihara kemerdekaan berfikir sekaligus membangun konstruksi berfikir. Setidaknya dengan membaca telah memberikan ruang kepada diri sendiri untuk me time. Dengan membaca, terutama membaca buku yang kamu senangani, sangat efektif mengurangi stress loh. Ingat, buku yang kamu senangi, bukan membaca buku yang diwajibkan di baca.

Saat kamu membaca buku yang kamu minati dan senangi, akan muncul perasaan senang, damai dan lebih power full. Karena kamu mendapatkan hal yang baru. Secara tidak langsung, kamu merasa lebih merdeka. Bebas berfikir dan berimajinasi.

Tujuan perpustakaan yang akan kamu rasakan dalam jangka waktu tertentu, kamu pun secara tidak langsung secara kognitif akan membangun konstruksi berfikir. Hal ini tidak bisa ditolak. Setiap kali membaca, secara tidak langsung, dari input yang kita dapat akan menciptakan konstruksi berfikir, setiap orang konstruksi ini berbeda-beda.

4. Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif

Tujuan perpustakaan yang menguntungkan bagi pembaca dan pestakawan yang membaca buku-buku di sana, akan meningkakatkan kemampuan berfikir kreatif. Selama ini banyak yang menganggap bahwa orang kreatif itu bawaan sejak lahir. Padahal tidak.

Kreativitas itu karena sering di asah dan karena kebiasaan positif. Salah satunya kebiasaan membaca buku. Saat membaca buku, otak kita akan teraktivasikan. Sel-sel otak akan bekerja, dan terlatih. Otak yang disibukan dengan asupan membaca, lebih aktif berfikir daripada yang tidak pernah dibiasakan membaca.

Ketika otak dibiasakan bekerja dan berfikir, otak pun akan lebih peka terhadap banyak hal. Kepekaan inilah yang menciptakan output seseorang untuk menghasilkan kreativitas dan inovasi.

Baca juga : Jenis Jenis Perpustakaan Di Indonesia

5. Mampu Meningkatkan Pembangunan Nasional

Tujuan perpustakaan jauh lebih besar bagi bangsa. Karena dengan kehadiran perpustakaan bisa meningtkatkan pembangunan nasional. Memang pencapaian ini tidak berdiri sendiri. Jadi semakin banyak orang yang membaca buku perpustakaan, semakin banyak yang memiliki wawasan dan kepandaian.

Semakin banyak masyarakat yang berwawasan dan pandai, keterampilan, kecerdasan dan kreativitas masyarakat pun teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, berkat bekal ilmu membaca, bagi mereka yang tidak mimiliki keterampilan dan bakat mereka, akirnya menemukan bakat mereka. Ada yang berbakat masak, kemudian membuka usaha ketering dsb.

Semakin banyak orang mandiri, semakin berkurang angka pengangguran. belum lagi mereka yang berhasil merambah ekspor usaha kerajinan mereka. Inilah Tujuan perpustakaan meningkatkan pembangunan nasional pun tercapai.

6. Memanfaatkan Waktu Senggang Dengan Hal Positif

Tujuan perpustakaan selain beberapa poin yang sudah di singgung di atas, pastinya juga memberikan hidup yang lebih baik bagi pembacanya. Setidaknya buat kamu yang sering mendapatkan waktu senggang.

Lebih baik dipergunakan untuk membaca buku. Di waktu senggang yang biasannya untuk bermain tidak jelas, dengan membaca waktu senggang pun bisa diisi dengan hal-hal positif dan menyenangkan.

pengadaan bahan pustaka
Pondok Djawara Deepublish

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan