Trik Menulis Indah di Blog

Trik Menulis Indah di Blog
toko buku kuliah

Trik Menulis Indah di Blog – Menurut kamus besar bahasa Indonesia, menulis adalah “membuat huruf atau angka dengan menggunakan alat tulis (pensil, pena, kapur, dan lain sebagainya)”. Tapi apakah itu arti menulis? Ya.. itulah menulis. Seiring dengan semakin kompleks nya kehidupan manusia, menulis bukan hanya sekedar membuat tulisan. Kini Menulis sudah menjadi suatu hobi, sarana maupun pekerjaan yang bermanfaat bagi kehidupan kita.

Penulis, wartawan, mereka adalah sebagian kecil golongan yang menggantungkan hidupnya pada tulisan. Salah satu sarana publikasi tulisan yang murah dan pembacanya banyak adalah melalui blog. Yup, blog sudah menjadi fenomena di Indonesia. Dan memang nge-blog itu asyik. Selian itu, dengan menulis kita juga berbagi (sedekah) pengetahuan kepada orang lain. Untuk itu, ayo kita terus berlatih menulis supaya memperbanyak amal.

Sebelum kita mulai menulis, ada hal utama yang harus kita pahami. Yaitu bentuk tulisan kita. Secara umum jenis tulisan ada dua yaitu fiksi atau nonfiksi. Nah, silakan Anda pilih yang mana yang Anda sukai. Fiksi – Jenis karya tulis yang berisi hal karangan dari imajinasi penulis. Contoh karya fiksi antara lain novel, cerpen yang bergenre khusus. Misalnya cerpen tentang cinta, novel tentang horor.

Pokoknya semua yang bersifat karangan dan rekaan penulisnya adalah fiksi. Hingga ebook ini ditulis, masih belum banyak blogger yang blognya berisi mengenai cerpen, novel atau karya fiksi lainnya. Non Fiksi – Jenis karya tulis yang berisi informasi mengenai hal yang nyata dan umumnya dibuat berdasarkan pengalaman atau pengetahuan dari penulisnya. Tujuan membuat karya non fiksi adalah digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi orang lain.

Trik Menulis Indah di Blog

Langkah pertama untuk mulai menulis adalah dengan menentukan IDE. Ide untuk sebuah karya tulis biasanya datang dari hal yang Anda sukai, misalnya jika Anda suka bermain game maka saya yakin Anda akan suka jika disuruh menceritakan mengenai game dalam bentuk tulisan.

Dalam membuat suatu karya tulis baik itu di blog atau bukan, saya yakin Anda pernah bertanya dalam hati, ide segar atau daur ulang? Hmm.. sama-sama menarik lho, baik yang daur ulang maupun ide segar. Mendaur ulang ide adalah suatu kegiatan yang asyik. Dan ingat mendaur ulang bukan berarti mejiplak sama persis lho. Harus selalu mengutamakan kreativitas.

Langkah-Langkah Membuat Karya Tulis

  1. Menentukan Tema dari Karya Tulis yang Anda Buat.
  2. Membuat Kerangka Karangan
  3. Mengumpulkan Informasi dan Bahan Mengenai Apa yang Akan Anda

Tulis

  1. Mulai Menulis
  2. Editing
  3. publish

Baca juga : 10 Manfaat Membaca Buku

Cara menyukai dunia penulisan :

  1. Jangan pernah takut untuk menulis
  2. Hindari Membandingkan Kemampuan Diri Dengan yang Orang Lain.
  3. Temukan dan Keluarkan Keunikan Anda.
  4. Jangan Tergesa-Gesa Saat Menulis.
  5. Bagikan Pengalaman Sehari-Hari Dengan Orang Lain.
  6. Perluas Pengetahuan.
  7. Bersosialiasi Dengan Yang Sepaham dan Satu Tujuan Dengan Anda
  8. Praktek menulis setiap hari.

Semoga trik menulis indah di blog di atas dapat bermanfaat yaa. Terimakasih.

[Unggul Pebri Hastanto]

Sumber: Helianthusonfri, Jefferly. Trik Menulis Indah di Blog.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang