fbpx

Ingin Untung Besar? Kuasai 6 Tips Jualan Di Marketplace

jualan di marketplace

Tips Jualan di Marketplace – Apakah anda salah satu orang yang ingin punya usaha modal kecil untung besar? Jika iya, sekarang waktunya beralih menjadi seorang seller, di era teknologi yang canggih ini berdagang semakin asik dan lebih mudah. Bagaimana tidak? Kita tidak perlu lagi harus punya toko untuk bisa jualan, karena kita bisa jualan online melalui internet. Bahkan tidak punya produk sendiri pun masih bisa jualan dengan menjadi reseller.

Kamu bisa mencoba untuk menjadi reseller apapun, kebetulan kami juga membuka kesempatan yang sebesar-besarnya untuk kamu yang pengen jualan tapi tidak punya produk. Kami bergerak di bidang penerbitan buku, kamu dapat menjadi reseller dan menjual buku ke siapapun, jika kamu memiliki relasi yang banyak maka itu menjadi modal yang sangat besar untukmu. Info lebih lanjut dapat dilihat di sini : Cara Daftar Reseller di Penerbit Deepublish

Buat kamu yang saat ini tengah menjadi reseller kamu butuh tips jualan di marketplace ini. Bahasan kali ini adalah tentang bagaimana dan seperti apa berjualan di marketplace. Ternyata banyak pelaku yang sudah menjual di marketplace, namun tidak bisa closing.

Apakah anda juga mengalami kasus serupa? Misalnya sulit bisa closing? Kesulitan mendapatkan pembeli bukan karena tidak ada yang minat. Bisa jadi karena trik kita yang salah, sehinga kurang tersegmentasikan. Jika sulit mendapatkan pembeli, tidak ada salahnya jika anda menjadi anggota atau membuat toko di marketplace. Apalagi saat ini ada banyak sekali macam-macam dan jenis marketplace yang bisa kita ikut.

Keuntungan yang akan dapatkan pun sebenarnya banyak. Selain akan dikunjungi banyak orang, produk anda otomatis akan berpotensi terjual. Sekedar informasi, jika banyak pengunjung yang datang di marketplace. Semakin banyak yang berkunjung, semakin banyak pula calon pembeli yang mampir ditempat kita.

6 Tips Jualan Di Marketplace

Daripada berlama-lama langsung saja, berikut beberapa tips agar dagangan kamu yang ber-modal kecil untung besar di marketplace laris manis dipasaran.

1. Membuat Toko Yang Simpel Tapi Elegant

buat toko simple dan elegant

Tips jualan di marketplace yang pertama adalah dengan membuat toko yang simpel tapi elegant. Untuk membuatnya bisa dimulai dengan memiliki foto produk yang berkualitas tinggi, header yang menarik, dan foto profil yang menarik.

Kemudian jika jualannya di instagram maka bisa dilakukan dengan membuat sebuah pola posting. Sehingga ketika dilihat/dibuka profil instagram terlihat menarik dan tidak membosankan.

Selain membuat toko yang simple dan elegant, buat juga toko yang mudah diingat dan unik. Fungsinya agar calon pembeli yang tertarik dengan toko Anda pun mudah mengingat. Karena tidak dapat dipungkiri, semakin mudah diiingat, semakin meningkatkan view atau calon pembeli yang mampir di toko kita.

2. Desain Logo Atau Foto Profil

logo brand menarik

Mungkin bagi pelaku reseller tidak memiliki logo usaha. Mungkin juga masih menganggap hal ini tidaklah terlalu penting. Padahal, logo penting untuk produk penjualan. Meskipun kamu seorang reseller, tidak ada salahnya juga loh, kamu membuat logo untuk tokomu sendiri. Sederhana saja, misal yakin tidak memiliki logo, minimal di pasang foto profil toko.

Rahasia membangun kepercayaan ketika jualan di marketplace adalah memasang foto atau logo. Setidaknya dengan pemasangan ini, secara tidak langsung membantu membangun kepercayaan di awal kepada calon pembeli. Karena bagaimanapun juga, pembeli yang tidak percaya pada toko kita, tidak akan membeli.

3. Selektif Pilih Jasa Ekspedisi

Tips jualan di marketplace selanjutnya adalah selektif dalam memilih jasa ekspedisi. Jasa ekspedisi ini yang akan mengantarkan produkmu ke konsumen langsung, untuk itulah kamu harus pintar-pintar dalam memilih jasa ekspedisi.

Rahasia untung besar ketika anda sudah bergabung ke marketplace adalah kamu akan kebanjiran pembelian terhadap produk barang. Maka kamu mulai mempersiapkan jasa pengiriman yang akan anda gunakan. Jasa pengiriman ini yang kemudian disebut dengan jasa ekspedisi.

Kenapa harus memilih? Karena ada banyak jasa ekspedisi yang bisa anda gunakan. Akan lebih bagus jika jasa ekspedisi yang anda gunakan lebih dari dua bentuk jasa. Biarkan calon konsumen yang menentukan menggunakan jasa ekspedisi apa. Karena bisa jadi calon konsumen punya pilihan ekspedisi yang pas, ada loh yang akibat ekspedisi tidak tersedia, akhirnya konsumen tidak jadi beli.

4. Maksimalkan Deskripsi Produk

maksimalkan deskripsi produk

Saat memasarkan hasil dagangan, pastikan untuk mendeskripsikan produk secara detail dan jelas. Tentunya tetap mengajak calon pembeli untuk membeli. Fungsi deskripsi yang jelas, akan memberikan rasa yakin pada calon pembeli.

Sudah rahasia umum, seorang pembeli tidak akan membeli produk kita, jika produk yang kita jual tidak memiliki informais yang jelas. Coba perhatikan, toko yang menjual produk tanpa memberikan keterangan produk dengan produk yang diberi keterangan, pasti akan memperoleh interaksi lebih banyak bukan? Satu sisi, ketika anda menuliskan produknya, anda pun akan dipandang professional dan niat menjual produk anda.

5. Berikan Harga Terbaik

Saat menjual produk, yang paling penting dan utama adalah menyantumkan harga. Seperti yang anda tahu, jika di marketplace ada banyak toko yang menjual produk serupa, bahkan sama. Nah, agar produk anda terjual, tidak ada salahnya jika anda pun menyantumkan harga yang terjangkau.

Seorang reseller memposisikan diri sebagai calon pembeli. Dimana konsumen pasti akan memilih produk yang memiliki harga yang murah. Meskipun tidak semua berpangku pada harga, tetapi kualitas produk dan pelayanan juga akan mempengaruhi minat konsumen. Intinya adalah, tentukan harga yang terjangkau, karena harga juga sebagai penentu orang akan beli atau meninggalkan.

Bagaimana menentukan harga? Kamu sebenarnya bisa melakukan riset harga. Baik riset harga di marketplace satu atau yang lain. Dari survey yang anda lakukan, setidaknya anda pun menjadi tahu harga yang lebih terjangkau yang mana.

6. Fast Respon

Ketika lapak atau toko kamu sudah banyak pembeli, maka harus disiapkan waktu untuk membalas dan merespons pesan yang masuk. Memang tidak semua orang menanggapi dengan cepat, karena dianggap sepele. Padahal, cepat merespons akan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan.

Agar tidak terjadi kekecewaan pada konsumen, bisa memberikan jam kerja. Misal dari senin sampai jumat dari pukul 08.00 wib sampai 17.00 wib untuk proses pembalasan chat. Fungsinya, ketika anda tidak membalas di luar jam tersebut, calon pembeli memaklumi dan memahami.

7. Tingkatkan Omsetmu dengan Diskon/Promo

Promo atau diskon akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produkmu, dalam menentukan produk mana yang di akan di diskon kamu dapat memilih produk-produk yang kurang laku. Diharapkan dengan mendiskon produk yang kurang laku dapat mengimbangi produk yang lain daen meningkatkan omset mu.

Sementara jika kamu seorang reseller kamu bisa mematok harga sedikit lebih tinggi, jangan sampai harga yang dipatok lebih rendah dari harga pokok dari supliermu.

Itulah beberapa tips jualan di marketplace agar toko anda untung besar. Dari tips di atas, apakah anda sudah menggunakan salah satu atau lebih dari dua tips di atas? Apapun itu, semoga ulasan ini bermanfaat.

(Oleh : Irukawa Elisa)

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Ingin Untung Besar? Kuasai 6 Tips Jualan Di Marketplace. Baca juga artikel dengan topik reseller berikut ini :

1. 5 Tips Laris Jualan Di Facebook Marketplace

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat yaa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *