VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

The Secret of Human Emotional Driver

toko buku kuliah

The Secret of Human Emotional Driver

 

Rahasia menggerakkan orang agar mewujudkan apa pun yang Anda inginkan.

Mari perhatikan kehidupan sehari-hari. Meski kita adalah tuan bagi diri kita sendiri tetapi justru sering kali kita merasa sedih, cemas dan menderita oleh ketidakpahaman terhadap diri kita sendiri. Dibalik itu semua ada HED (Human Emotional Driver) yang mempengaruhi interaksi, keinginan, peristiwa dan kondisi apa pun dalam hidup. Reaksi dan komunikasi yang dilakukan seseorang dalam lingkungannya sangat ditentukan oleh Color Brain-nya.  Terdapat empat Color Brain diantaranya:

  1. Green Brain (Chaotic Processing), selalu memproses semuanya secara acak dan lebih fokus pada tindakan (action oriented). Dia tidak mampu bekerja secara maksimal jika terlalu banyak aturan, pemikiran atau frame yang sifatnya membatasi ruang gerak dan kreatifitasnya.
  2. Red Brain (Linier Processing), yaitu cara otak memproses sebuah informasi yang masuk diotaknya secara linier. Agar mampu bertindak sesuai dengan fungsinya, ia membutuhkan lebih banyak fakta, tujuan, struktur untuk dianalisis sebagai penentu sebuah keputusan dan tindakan. Mereka terkesan kaku dan terlalu structural sehingga dianggap kurang flexible. Namun, red memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk memikirkan sesuatu yang berjangka panjang seperti visi, values, aturan perusahaan, penyusunan pasal, dll.
  3. Blue Brain (Intuitive Processing), selalu berpikir dan bertindak berdasarkan perasaan serta intuisi dalam dirinya. Apapun yang dilihat didalam ataupun diluar lingkungannya (keluarga, teman, rekan bisnis, peristiwa) akan dihubungkan dengan perasaan dan intuisinya. Blue sangat peka dan mudah terhubung dengan alam bawah sadarnya.
  4. Purple Brain (Relational Processing), mengambil keputusan dan tindakan berdasarkan data serta informasi yang masuk ke otaknya. Purple mengubah informasi menjadi informasi dan semakin banyak data yang dia dapat maka semakin cepat dia mengambil tindakan dan keputusan.

 

Berikut adalah 8 HED yang dapat digunakan untuk memahami diri sendiri dan orang lain:

  1. Love and Belonging. Driver ini tentang relationship, cinta dan kedekatan. Mengutamakan kekeluargaan, keseimbangan dan keharmonisan.
  2. Achievement. Pemcapaian merupakan suber motivate dalam setiap hal. Fokusnya adalah pencapaian dan tindakan untuk menyelesaikannya.
  3. Responsibility and Contribution. Tanggung jawab, pelayanan dan berbagi kepada orang lain adalah motivasinya. Menyukai hal kemanusiaan seperti charity.
  4. Recognition and Significance. Pengakuan dan penghargaan dianggap penting.
  5. Excellence. Dia ingin melakukan segala sesuatu termasuk hal-hal kecil dan detail dengan sempurna.
  6. Diversity. Dia cenderung mencari sebuah perbedaan dan berpikir diluar benyakan orang terhadap suatu hal yang dilihat. Dia akan mudah jenuh jika tidak ada hal baru.
  7. Securuty and Control. Dia memiliki kemampuan kuat dalam menjaga keamanan dan control terhadap berbahai hal dan kondisi.
  8. Challenge/Growth. Dia sangat senang meningkatkan kemampuan diri sendiri menjadi lebih baik.

 

Jika Anda mampu membaca segala kondisi dalam hidup yang Anda berdayakan menjadi lebih baik dan positif, itulah makna membaca sesungguhnya. Amatilah lingkungan Anda. Terapkanlah metode buku ini!

 

Dirangkum dari buku :

Pengarang : I Ketut Wiratama

Resume oleh : Latifatur Rochimah

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang