1 Semester Kuliah Berapa Bulan? Ketahui Istilah Tentang Masa Kuliah

satu semester berapa bulan
toko buku kuliah
Bagikan

1 Semester Kuliah Berapa Bulan? Yuk, Perhatikan Istilah-Istilah Berkaitan dengan Masa Kuliah – Saat seseorang memasuki jenjang pendidikan tinggi, ia akan dihadapkan banyak hal baru seperti suasana belajar di kelas, lingkungan kampus, urusan akademik, hingga tinggal di perantauan bila kampus tempat menimba ilmu berada di luar kota. Semua hal baru tersebut menuntutnya untuk menyesuaikan diri karena kehidupan sebagai mahasiswa berbeda dengan kehidupan sebagai siswa.

Salah satu hal penting adalah memperhatikan masa kuliah. Hal-hal bersifat akademis selama masa kuliah juga perlu diperhatikan agar kegiatan belajarmu lancar. Jangan sampai nih kamu justru tidak tahu-menahu tentang kuliah yang kamu jalani. Bisa runyam masalahnya karena masa kuliah ini berhubungan terhadap kapan waktu kelulusanmu nanti.

Nggak mau `kan lulus tidak sesuai target gara-gara kamu tidak memperhatikan apa saja yang berhubungan dengan masa kuliah? Misalnya, seseorang menanyakan kamu sudah kuliah berapa semester. Akan tetapi kamu bingung menjawab karena nggak paham 1 semester berapa bulan.

Pahami Masa Kuliah D3, S1, dan S2

Sebenarnya apa itu masa kuliah? Menurut arti kata, masa dapat diartikan secara singkat sebagai waktu. Sementara kuliah berarti sekolah tinggi, pelajaran yang diberikan di perguruan tinggi, mengikuti pelajaran di perguruan tinggi, ceramah.

Jadi masa kuliah adalah waktu mahasiswa menempuh pendidikan di perguruan tinggi hingga ia menyelesaikan studinya. 

Kamu yang akan menjalani kehidupan sebagai mahasiswa harus memahami masa kuliah ini. Seperti telah disinggung sebelumnya, masa kuliah ini menentukan pula seberapa lama kamu di kampus dan kapan kamu lulus. Nah, pertanyaannya kamu mempunyai target lulus kapan?

Pada dasarnya kondisi satu mahasiswa dengan mahasiswa lain tidak dapat dibandingkan. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kapan mahasiswa lulus. Muncul pertanyaan yang menggelitik yakni lulus tepat waktu atau lulus di waktu yang tepat?

Untuk itu tulisan ini dibuat dengan dasar bahwa setiap mahasiswa mempunyai target lulus masing-masing sesuai dengan kondisi yang dihadapinya entah itu kondisi ekonomi, kondisi sosial, kondisi psikologis, kondisi fisik, dan sebagainya.

Dalam menentukan target kapan lulus ini, kamu perlu memahami masa kuliah. Tujuannya agar kamu menentukan target penuh pertimbangan. Apalagi terdapat batas masa kuliah. Bila kamu melewati batas masa kuliah maka bisa mendapatkan surat D.O (Drop Out). Untuk mengantisipasi agar tidak mendapatkan surat D.O maka kamu perlu menyiapkan alternatif pilihan atau solusi bila target lulus pertama gagal dilakukan. 

Perlu diketahui bahwa masa kuliah mahasiswa dikategorikan ke dalam beberapa tingkatan.

Tingkat diploma (Strata 0), sarjana (Strata 1/S1), magister (Strata 2/S2), dan doktor (Strata 3/S3) berbeda. Strat 0 meliputi Diploma 1 dengan masa kuliah 1 tahun, Diploma 2 dengan masa kuliah 2 tahun, Diploma 3 dengan masa tiga tahun, dan Diploma 4 dengan masa empat tahun.

Sementara itu Program Sarjana (S1) memiliki masa kuliah tiga atau empat tahun. Kemudian Program Master dengan waktu kuliah 2 tahun dan Program Doktor umumnya tiga tahun tapi bisa membutuhkan waktu lebih banyak.

Sekarang kamu akan menempuh pendidikan apa? Mungkin kita bisa mengambil contoh kamu hendak menjalani pendidikan jenjang strata 1 alias sarjana. Kamu membutuhkan waktu setidaknya paling cepat tiga tahun dan normalnya empat tahun. Kamu perlu mencari informasi terbaru terkait batas masa kuliah strata .

Apakah masih tujuh tahun, lima tahun, atau sudah berubah lagi? Hal ini memudahkan kamu agar tidak menentukan target melewati batas masa kuliah tersebut.

Nah, selama masa kuliah empat tahun ini maka hitunganya kamu akan melewati 8 semester dengan beban studi 144-160 SKS. Pernah mendengar istilah semester dan SKS? Dua istilah dari sekian banyak istilah yang berkaitan dengan masa kuliah ini coba perhatikan baik-baik karena kamu akan sering mendengarnya saat menjadi mahasiswa.

Baca juga : Syarat Lulus S1 Berapa SKS? Kuliah Hanya 5 Semester

Jadi, 1 Semester Kuliah Berapa Bulan Nih?

Ketika mendapatkan pertanyaan dalam 1 semester kuliah berapa bulan kamu tak perlu bingung bila sudah paham hal-hal mengenai masa kuliah. Jadi, dalam 1 semester terdapat enam bulan masa kuliah aktif.

Jika kamu telah menempuh 12 bulan kuliah maka kamu sudah berada di semester 2. Di akhir masa kuliah satu semester, kamu akan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Biasanya di tengah semester terdapat Ujian Tengah Semester (UTS). 

Hitungan 1 semester ini sama seperti masa sekolah. Kamu juga mendapatkan liburan setelah menyelesaikan semester ganjil dan semester genap. Jadi dalam 8 semester kamu akan menjalani 48 bulan masa aktif belajar di kampus. Dalam kalender akademik, kamu akan menemui jadwal-jadwal tertentu seperti di bawah ini.

  1. Masa perkuliahan: enam bulan aktif mengikuti kegiatan belajar dalam satu semester tersebut, baik semester ganjil maupun genap
  2. Masa UTS (Ujian Tengah Semester)
  3. Masa UAS (Ujian Akhir Semester)
  4. Masa KRS: setelah menyelesaikan kelas dalam satu semester, kamu diwajibkan mengurus Kartu Rencana Studi (KRS) untuk semester selanjutnya. Di tahap ini, kamu akan menemukan istilah seperti SKS (Satuan Kredit Semester), IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), SP (Semester Pendek), hingga PA (Pembimbing Akademik)

Masa Sidang Skripsi, Seminar Proposal (Sempro), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Magang dan sebagainya.

Sekarang sudah tahu kan satu semester kuliah berapa bulan? Kamu bisa menemukan artikel menarik lainnya di blog Deepublish :

Ayo dapatkan buku pegangan kuliah di Deepublish. Ada gratis ongkir tiap hari selasa, dan flash sale tiap hari Rabu.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang