Utilitas Bangunan untuk Arsitek: Review Buku

Review buku sistem utilitas bangunan untuk arsitek
toko buku kuliah
Bagikan

Profesi menjadi arsitek masih menjadi profesi yang seksi. Pasalnya, menjadi arsitek memiliki prospek tinggi dan berpenghasilan besar. Nah, mungkin kamu salah satunya. Agar bisa menjadi arsitek yang berkompeten dan profesional, kamu wajib tahu ilmu sistem utilitas bangunan.

Salah satu buku yang membahas tentang hal tersebut adalah buku terbitan Deepublish karya Sugeng Triyadi dan Andi Harapan. 

Jika pandangan masyarakat selama ini arsitek sebatas merancang bangunan saja itu salah. Jobdesk seorang arsitek tidak hanya merancang bangunan saja. tetapi terfokus pada bentuk dan keindahan ruang luar dan dalam sebuah bangunan. Kemudian secara singkat disebut dengan istilah sistem utilitas bangunan. 

Pengertian Sistem Utilitas Bangunan

Sistem utilitas bangunan adalah sistem yang berperan penting dalam tata ruang sesuai dengan fungsinya. Apalagi di era teknologi dan wawasan masyarakat terhadap estetik tata ruang semakin tinggi. sehingga beberapa tahun belakangan sistem utilitas bangunan untuk arsitek banyak dilirik. 

Buku berjudul sistem utilitas bangunan untuk arsitek secara garis besar akan mengulas tentang  proses perancangan arsitektur. Pengetahuan yang akan dibahas meliputi faktor lingkungan yang berpengaruh pada bangunan dan lingkungan bangunan. 

Tidak hanya itu saja, juga akan mempelajari berbagai macam kebutuhan dan persyaratan sarana dan prasarana pada bangunan bagi usaha memenuhi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan penghuni bangunan, serta pemakaiannya dalam rancangan arsitektur. 

Materi Sistem Utilitas Bangunan

Agar pembaca memahami ilmu yang hendak dibagikan, maka penulis membaginya menjadi beberapa bab. Diantaranya akan mengulas materi berikut ini.

  • lingkungan bangunan dan utilitas,
  • bangunan sebagai sebuah sistem,
  • lingkungan geomorphology,
  • hidrologi dan klimatologi,
  • system kulit bangunan,
  • sistem struktur bangunan,
  • instalasi plumbing dan perencanaan sistem elektrikal pada bangunan.

Dari pembahasan tersebut, kamu sudah tahu gambaran apa saja yang akan kamu pelajari bukan. 

Salah satunya bab adalah sistem struktur bangunan. Di dalam sistem struktur bangunan, ada beberapa tipe struktur bangunan yang berupa sistem rangka, system bidang atau dinding pendukung, system tarik system gelembung. Dimana kesemuanya akan terintegrasi dengan system interior, terhadap utilitas adalah menciptakan kenyamanan thermal di dalam ruangan termasuk keleluasaan dalam pengaturan system akustik. 

Belajar jualan online

Hal yang tidak kalah penting saat mendalami arsitektur, yaitu masalah material struktur bangunan. Pentingnya memilih struktur bangunan, misal akan memilih struktur bangunan beton, kayu, baja, dan penting juga mengkombinasikan bentuk sistem struktur maupun kemampuan daya dukung material. Bahkan masalah pembuatan jarak pun wajib diperhatikan juga agar bangunan kokoh.

Mungkin kamu penasaran bagaimana sih pemasangan instalasi plumbing? Yap, instalasi plumbing merupakan bagian dari sistem utilitas bangunan yang meliputi tentang pemipaan di dalam bangunan gedung. 

Instalasi plumbing menjadi hal yang paling penting dalam arsitektur, karena perannya menunjang operasional bangunan. Pemipaan itu sendiri dimaksudkan sebagai penyaluran air bersih, gas, air limbah dan masih banyak lagi. dimana keduanya memiliki peran yang vital. 

Instalasi plumbing dalam bangunan harus direncanakan dengan baik dan cermat karena membutuhkan ruang untuk jalur pipa dan alat. Syarat instalasi plumbing harus efisien dan terpasang secara rapi agar tidak mengurangi nilai kerapian dan keindahan ruang yang dirancang. Bahkan dalam pemilihan standar warna pun juga harus diperhatikan. Karena warna mampu memberikan kesan tersendiri. 

Selain system plumbing, ada system yang tidak kalah penting, yaitu sistem elektrikal yang berperan besar. sistem elektrikal dalam sebuah bangunan terkandung bahaya terhadap manusia, yang berisiko pada kematian dan kebakaran. Maka dari itu, di bab perencanaan sistem elektrikal pada bangunan wajib dikuasai, untuk menghindari hal-hal yang berisiko tinggi. 

Di bab perencanaan sistem elektrikal bangunan, kamu akan mendalami tentang sumber listrik bangunan, transformator, gardu listrik, pemasangan kabel bawah tanah dan sistem penerangan listrik. Pokoknya buku ini wajib kamu baca, terutama buat kamu yang memang ingin menjadi arsitektur profesional dan multitalenta. 

Promo Belanja Buku

Oh iya, dibuku ini juga disertai gambar untuk memudahkan pemahaman. Nah, buat kamu yang tertarik ingin mendapatkan buku ini, bisa langsung mengunjungi tautan dibawah ini.

Buku Sistem Utilitas Bangunan: Untuk Arsitek

Deskripsi Buku

Sistem Utilitas Bangunan Untuk Arsitek

Judul buku : Sistem utilitas bangunan untuk arsitek 

Penerbit Buku : Deepublish 

Pengarang : Sugeng Triyadi & Andi Harapan

ISBN : 978-602-280-828-2

Ukuran : 17.5×25 cm

Halaman : x, 172 hlm

Harga : Rp 103.000Tahun Terbit 2015

Download Ebook Gratis!

Panduan Jualan dan Bisnis dengan Omset Ratusan Juta Rupiah. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang