fbpx

(Review Buku) Kebidanan: Pemberian ASI Eksklusif Untuk Bayi

review-buku-eksklusif
toko buku kuliah

#Edisi9 Review Buku Kebidanan: Pemberian ASI Eklusif Untuk Bayi – Buah hati adalah segalannya. Berbicara tentang bayi yang baru lahir, erat kaitannya dengan ASI Eksklusif. Ternyata tidak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif karena beberapa faktor.

Ada yang karena faktor ASI tidak keluar, ada juga yang karena faktor lain. Nah buat kamu nih yang mengambil jurusan keperawatan atau kedokteran, penting membaca buku berjudul dukungan keluarga dalam pemberian ASI eksklusif.

Buku karya Pomarida Simbolon mengupas tuntang tentang ASI Eksklusif. Jadi buku ini memang ditujukan oleh petugas kesehatan khususnya kebidanan sangat penting. Karena bagi ibu muda, tidak semua tahu bagaimana memberikan ASI Eksklusif dengan benar. Tindakan dan edukasi dari bidan sangat menolong sang ibu.

Review Buku Tentang Peran Keluarga dalam Pemberian ASI Eklusif

Nah, buat kamu yang tertarik ingin membaca buku dari toko buku online Deepublish yang satu ini, pasti sebelum membeli membutuhkan informasi poin apa saja sih yang dituliskan dalam buku ini. Langsung saja, kita simak sedikit ulasan isi bukunya, sebelum kamu membelinya.

Buku Dukungan Keluarga dalam Pemberian ASI Eksklusif

Mengupas Pentingnya ASI Eksklusif

Buku ini memang direkomendasikan untuk ibu muda yang sedang menyesui, dan para bidan. Maka di bab pertama di singgung pentingnya memberikan ASI Eksklusif. Kenapa orangtua harus memberikan ASI pada buah hati mereka?

Itu karena ASI memiliki asupan sumber gizi yang ideal dan memiliki komposisi yang seimbang, sesuai kebutuhan bayi. ASI sebagai emulsi lemak dalam larutan protein, lactose dan garam organic yang disekresikan oleh kelenjar payudara ibu, yang khusus Tuhan berikan untuk makanan utama bayi.

Buku ini juga mengedukasi pentingnya memberikan ASI Eksklusif yang pertamakali bayi lahir. Jadi, setelah melahirkan, ibu akan mengeluarkan kolostrum (ASI pertama yang keluar) setelah proses kelahiran yang biasannya berwana kekuning-kuningan dengan tekstur yang kental.

ASI pertama yang keluar ini memiliki vitamin A, protein dan zat kekebalan yang penting. Berfungsi untuk melindungi kekebalan tubuh bayi dari berbagai firus dan infeksi.

Tidak hanya itu, di bab ini juga memaparkan fakta-fakta tentang ASI Eksklusif yang sangat luar biasa, yang tidak banyak diketahui orang pada umumnya. Itu sebabnya, ASI Eksklusif wajib diberikan kepada anak-anak.

Cara Menyusui yang Benar dan Agar Lancar

Memang tidak semua ibu bisa memberikan ASI secara eksklusif. Ada banyak alasan dan faktor kenapa tidak bisa menyusui secara tepat. Masalah menyusui di awal itu sebenarnya hal yang wajar. Nah, di dalam buku ini dijelaskan bagaimana menyusui yang benar, dan bagaimana agar ASI juga bisa mengeluarkan ASI.

Faktor yang mempengaruhi ASI Eksklusif itu lancar atau tidak ternyada dipengaruhi oleh lingkungan. Jadi lingkungan sekitar, khususnya keluarga juga memberikan dukdungan dan motivasi.

Minimal memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama, agar pembentukan nutrisi pada bayi terbentuk secara sempurna. Buku setebal 102 ini sebenarnya tidak hanya untuk bidan, tetapi juga berlku untuk orangtua baru dan untuk umum.

Jadi agar berhasil menyusui, diperlukakn manajemen laktasi. Manajemen program ini sudah dipersiapkan sebelum melahirkan, yaitu dipersiapkan sejak hamil. Nah, di dalam buku ini di ulas bagaimana sih proses manajemen laktasi yang benar dan baik.

Buku ini juga menyebutkan setidaknya ada tujuh tindakan. Tidak hanya itu, di dalam buku terbitan Deepublish juga mengulas keterampilan menyusui yang harus dikuasai.

Siapa yang menyangka jika menyusui juga membutuhkan keterampilan untuk sang ibunya. Lantas, keterampilan yang seperti apa yang dimaksud? Agar ASI keluar dengan baik?

Di bab ini juga mengulas apa saja sih permasalahan dalam menyusui, dan tentu saja dijelaskan jalan keluarnya. Tidak hanya itu, di sini juga dijelaskan faktor yang mempengaruhi ibu tidak memberikan ASI secara eksklusif juga disebutkan ada banyak faktor.

Pentingnya Pengaruh Keluarga Dalam Pemberian ASI

Keluarga merupakan unit pelayanan dasar di masyarakat yang juga merupakan perawat utama dalam anggota keluarga. Penentuan anak anak dirawat seperti apa dan bagaimana juga dipengaruhi oleh keluarga.

Itu sebabnya, keluarga dikatakan sebagai system yang nantinya akan membentuk karakter, kepribadi dari anak-anaknya. Nah, di bab inilah kamu akan disuguhkan keperawatan keluarga bisa menentukan karakter anak.

Kita tahu setiap orang memiliki ciri dancara yang berbeda. Begitupun di dalam keluarga, juga demikian. Ada beberapa tipe keluarga, ada tipe keluarga tradisional, non tradisional atau dan keluarga yang berpemikiran pendidikan. Tidak hanya itu, berbicara tentang keluarga, semua juga dipengaruhi oleh pengayaan atau pengetahuan oleh keluarga itu sendiri.

Menurut Parad dan Caplan (1965) ada empat elemen struktur keluarga. Apa saja keempat struktur tersebut? Dapat kamu baca lengkapnya di bukunya.
Secara garis besar, keluarga tidak hanya berperan sebagai individualis yang hanya menjalankan tanggungjawabnya masing-masing.

Tetapi juga bertanggungjawab kepada anggota keluarga yang lain. Salah satunya dalam bentuk memberikan dukungan keluarga. Tentu saja dukungan dalam hal ini adalah dukungan positif, bukan dukungan negative. Karena dukungan negatif akan akan mempengaruhi kelancaran ASI sang ibu.

Itulah tiga Dukungan keluarga dalam pemberian ASI Eksklusif yang penting dipelajari. Tidak hanya oleh bidan, tetapi juga calon ibu muda dan calon keluarga kecil. Jadi, buat calon ibu yang kebetulan tidak bisa keluar, jangan langsung panik, karena hal ini bisa ditangani dan ASI pun bisa keluar dengan beberapa tindakan.

Lihat juga review bukunya di YouTube :

Terimakasih sudah membaca (Review Buku) Kebidanan: Pemberian ASI Eksklusif Untuk Bayi, baca juga review buku yang lain :

  1. Pedoman Merawat Lansia + Review Buku Keperawatan Geerontik
  2. (Review Buku) Farmasi Klinik : Tanggung Jawab Bekerja di Farmasi Klinik
  3. (Review Buku) Pengantar Keamanan Pangan Untuk Industry Pangan

Demikian review buku kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share review buku ini ke sosial media milik kalian yaa.

Kontributor : Irukawa Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah