Review: Belajar Java Fundamental Dengan Buku Ini

review-buku-java-fundamental
toko buku kuliah

Review Buku #14: Belajar Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2 – Java adalah bahasa pemrograman yang sifatnya multiplatform dan banyak digunakan oleh orang. Bahasa pemprogaman Java bisa digunakan untuk aplikasi desktop dan aplikasi perangkat bergerak. Dengan kata lain, istilah java fundamental merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan lewat berbagai system perasi, termasuk di ponsel gengam.

Nah, buat kamu nih yang ingin mempelajari lebih jauh tentang java fundamental, kamu bisa mempelajari karya Nofriadi. M.Kom. Bahasa pemrograman satu ini sering dipelajari karena dapat dioperasikan dibeberapa system operasi dan berorientasi object (PBO) sekaligus memiliki library yang lengkap. Itu sebabnya disebut dengan multiplatform.

Lantas, mengulas apa saja buku terbitan Deepublish satu ini? Pastinya kamu tertarik atau sekedar ingin tahu isi ulasan sebelum memilikinya bukan. Nah, berikut sedikit spoiler materinya.

Mengenal Lebih Apa itu Java Fundamental

java fundamental 2

Istilah bahasa pemrograman java pertamakali diperkenalkan oleh James Gosling yang waktu dulu masih bersama Sun Microsystems. Jadi, bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang paling popular digunakan hingga saat ini. alasannya sederhana, seperti yang disinggung di atas, bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk aplikasi berbasis web dan smartphone.

Karena buku ini sangat teknis, wajar jika yang disampaikan pun lebih ke teknis ke javanya itu, termasuk java fundamental. Di dalam java itu sendiri memiliki dua komponen, yaitu Java Virtual machine (JVM) dan integrated development environment (IDE).

Java virtual machine (JVM) terbagi menjadi dua bagian, yaitu java runtime environment (JRE) dan Java development kit (JDK). Di dalam JDK juga terdapat beberapa komponen lagi yang akan dipaparkan di dalam buku ini.

Selain JVM, maka pada integrated development environment (IDE) merupakan teks editor yang fungsinya menuliskan scipt bahasa pemrograman. Nah, menyinggung tentang teks editor, setidaknya ada beberapa yang bisa digunakan.

Misalnya ada notepad, jcreator, netbeasn dan eclips. Mungkin ketika mendengar notepad mungkin kamu sudah biasa dengar. Lalu apa itu jcreator, eclips? Kamu bisa simak langsung di bukunya di sini.

Mempelajari Netbeans

Bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari di dalam buku ini adalah mengenali netbeans. Netbeans merupakan program yang menggunakan editor netbeans. Nah, disanalah kamu akan diperkenalkan cara pengoperasian dan cara menjalankannya. Tentu saja bagi seorang pemrograman hal utama yang paling mendasar adalah tahu bagaimana menggunakan ntebeans.

Jadi buat kamu calon pemprogramer pemula, yang tidak tahu cara mengoperasikan dan mejalankan atau memasang. Kamu tidak perlu khawatir, karena di sini kamu diajarkan bagaiman dan seperti apa cara menggunakan netbeans dan manfaatnya. Bagaimanapun juga, seorang programmer dituntut untuk bisa menggunakan netbeans sebagai lembar kerja.

Deklarasi Variabel

Mungkin kamu pernah dengar tentang apa itu deklarasi variabel. Jadi deklarasi variabel termasuk salah satu cara menentukan variabel yang akan digunakan dalam program. Deklarasi variabel inilah yang nantinya juga akan digunakan untuk menampung data yang akan diinputkan melalui alat input.

Di bab inilah kamu akan mempelajari java fundamental seperti cara menentukan variabel, misalnya tidak boleh diawali oleh angka, variabel boleh satu karakter, variabel boleh satu kata dan variabel dua atau lebih dari satu kata dengan ketentuan apabila variabel terdiri dari dua kata. Ketika kamu deklarasikan sebuah variabel, maka kamu harus mengikuti oleh tipe data.

Dimana tipe data variasel berfungsi memberikan batasan kesemua variabel dalam penyimpanan data nantinya. Di bab ini kamu akan masuk ke materi tipe data dalam bahasa pemrograman. Ada tipe data primitf yang nanti dipecah lagi menjadi beberapa tipe bilangan dan akan mengupas tipe data referensi.

Membaca input dari keyboard

Namannya juga bahasa pemrograman, tentu saja di java fundamental tidak terlepas dengan alat input komputer seperti keyboard. Setidaknya melalui keyboard ada 4 pereintah yang disediakan oleh java.

Yaitu scanner, bufferedreader, show input dialog dan lain sebagainya. Nah dari masing-masing perintah tersebut lebih detailnya dapat kamu pelajari langsung di dalam bukunya, karena tidak mungkin ditulis di sini karena ketersediaan ruang terbatas.

Pemrograman Visual

Di dalam buku java fundamental juga akan mengupas tentang pemrograman visual menggunakan console. Di sini tidak lagi menggunakan interface, jadi tampilan dari program dibuat lebih menarik. Nah, di bab ini kamu akan diantarkan mengenal tentang abstrack windows toolkit (AWT) dan dan SWING.

Swing umumnya akan kamu temukan di package javax.swing yang juga dapat digunakan disemua platform.

Adapun kelebihan kamu menggunakan AWT dan SWING, diantarannya memudahkan kamu dalam mengatur tata letak, mendukung event handling, manipulasi grafis dari komponen font, ikon dan warna. Selain mengulas tentang AWT dan SWING, disinggung juga membuat form menggunakan bahasa pemrograman. Termasuk juga akan diajarkan menggunakan jComboBox.

Detail Buku Java Pemograman dengan Netbeans 8.0.2

Buku Java Fundamental

Judul Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2
Pengarang Nofriadi
Kategori Buku Referensi
ISBN 978-602-280-876-3
Ukuran 15,5×23 cm
Halaman 65 Hlm
Harga Rp.76.000

Beli bukunya sekarang >> Buku Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2

Itulah lima poin yang akan kamu pelajari di dalam buku java fundamental dengan netbeans 8.0.2 karya Nofriadi, M.Kom. Nah, setidaknya dengan mempelajari buku bahasa pemrograman ini membantu kamu untuk kmemahami system kerja bahasa pemrograman lebih mahir.

>> Lihat juga koleksi buku kami dalam kategori buku ilmu komputer.

Untuk pemesanan buku, kamu bisa dapatkan ulasannya bukunya hanya di sini. Dijamin, harga ramah kantong kamu. Terkait harga dan spesifikasi buku, dapat dilihat di bagian bawah judul di atas.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang