fbpx
flash sale toko buku online deepublish

5 Rekomendasi Buku Sosial Budaya Untuk Mahasiswa

toko buku kuliah

Rekomendasi buku sosial budaya memang mata kuliah yang cukup menarik untuk di kaji. Terutama bagi mereka yang memiliki konsentrasi di cabang ilmu satu ini. Alasan fokus mempelajari sosial budaya, bukan semata-mata karena ada banyak ilmu baru yang akan kita temukan. Melainkan kita bisa memahami kebutuhan sekaligus memberikan solusi terkait problematika yang terjadi di masyarakat sekitar.

Buat para mahasiswa yang mengambil cabang sosial budaya, barangkali kamu salah satu yang tertarik di cabang satu ini? Nah, buat kamu nih yang penasaran dan ingin mendapatkan buku apa saja sih yang tidak jauh-jauh beda dengan ilmu ini? berikut rekomendasi buku sosial budaya yang perlu kamu baca dan kamu miliki.

5 Rekomendasi Buku Sosial Budaya Untuk Mahasiswa

1. Buku Kesehatan Masyarakat Dalam Determinan Sosial Budaya

Buku Kesehatan Masyarakat

Rekomendasi buku sosial budaya yang pertama adalah buku Hermien Nugraheni, Tri Wiji Lestari dan Sukini. Menurut saya buku ini menarik, karena mempelajari sosial budaya berdasarkan kasus yang terjadi di lapangan. Dimana buku ini lebih menekankan tindakan kesehatan bagi masyarakat.

Sekedar informasi saja nih, jadi sosial budaya itu juga ada ranah medis atau kesehatan, yang disebut dengan sosiologi medis. Dimana fokusnya pada kesehatan dan kaitannya. Sosiologi medis ini pun memiliki cabang ulasan yang sangat luas. Salah satu diantarannya ada yang mengulas tentang tahap sosiologi medis, ada juga beberapa faktor seperti faktor biologis, sosial dan psikologis. Dimana kesemuanya itumasih memiliki cabang ulasan yang sangat panjang lebar.

Ilmu sosial budaya kesehatan masyarakat ini perlu dibangun. Kenapa? Kita tahu bahwa struktur sosial budaya terdiri banyak masyarakat. Dimana setiap masyarakat pun memiliki tingkat pendidikan atau edukasi yang berbeda-beda, tergantung dari pendidikan mereka. Ada yang melek akan kesehatan ada pula yang minim kesadaran akan kesehatan mereka. Sehingga perlu adannya edukasi kesahan.

2. Buku Ilmu Sosial Budaya Dasar

buku ilmu sosial budaya dasar

Rekomendasi buku sosial budaya kedua adalah karya Sarinah. Buku yang didedikasikan untuk mahasiwa jurusan sosial budaya ini tidak hanya akan menjabarkan tentang pandangan hidup seseorang. Tetapi juga akan mengulas nilai moral dan hukum yang berlaku di dalam masyarakat.
Ilmu sosial budaya tidak dapat dipungkiri bahwa cabang ilmu yang akrab dengan kehidupan masyarakat. Akan menemukan banyak pula tentang perasaan masyarakat terkait banyak hal.

Membicarakan masyarakat, ada banyak perasaan seperti perasaan gelisah, ketentraman dan masih banyak lagi. Dimana semuanya dipelajari dan menjadi pembahasan yang menarik, demi mewujudkan ilmu pengetahuan terbaru atau sekedar menemukan solusi atas segala permasalahan yang ada.

Maka dari ibu, buku terbitan Deepbulish ini pun juga akan mengulas terkait harapan, keberhasilan. Setidaknya harapan dan keberhasilan inilah yang sering dijadikan sebagai kekuatan, motivasi dalam mempertahankan tatanan masyarakat. Buku ini semakin lengkap karena juga akan disinggung tentang tenkologi, kesenian, sains dan kebudayaan yang berkembang di masyarakat sosial saat ini.

3. Menyikap Sistem Sosial Budaya masyarakat Hindu di Lombok

Buku Menyingkap Sistem Sosial

Siapa yang tidak tahu Lombok, NTB? Pasti yang suka jalan-jalan tahu tempat satu ini. Sebagai destinasi wisata yang keindahan alamnya keren dan kece, ternyata ada kajian dibalik sistem sosial budaya di sana. rekomendasi buku sosial budaya karya I Gusti Komang Kembarawan ini sangat cocok buat kamu baca.

Fokus buku ini menyorot pada sistem sosial budaya masyarakat hindu di lombok. Khususnya agama Hindu di Lombok. Di mana di sana ada organisasi sosial yang telah dibangun di masa jaman dahulu yang masih ada kaitannya dengan orang-orang bali. Itu sebabnya, alasan ini pulalah yang dijadikan sebagai ajang menyatukan warga bali dan Lombok.

Kelebihan buku ini secara tidak langsung akan mengajak kita untuk mempelajari budaya dan sosial budaya yang berlau di sana. Setidaknya dengan membaca buku ini, kita tahu sejarah, struktur dan asal usul. Cocok kamu yang mempelajari lintas budaya yang penuh pengetahuan.

4. Buku Budaya Hukum birokrasi Pelayanan Publik di Indonesia

Buku Budaya Hukum Birokrasi

Buku sosial budaya yang masih ada kaitannya dengan baudaya hukum birokrasi pelayanan publik adalah karya Jamiat Akadol. Buku setebal 312 halaman sedikit unik daripada rekomendasi buku sosial budaya pada umumnya. Di buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian disertasi penulis. Sehingga ilmu pengetahuan yang disampaikan pun patut untuk di garis bawahi, siapa tahu akan menambah wawasan kita.

Buku hukum birokrasi pelayanan publik memiliki pendekatan sosial-legal yang memanfaatkan ilmu pengetahuan ilmu sosial lainnya. Di dalam penelitian ini ditemukan bahwa adannya budaya hukum birokrasi dalam pelayanan kesehatan publik yang masih cenderung birokrasi weberian dan marxian. Istilah weberian dan marxian itu apa sih? Pastinya kamu hanya bisa mempelajarinya langsung di dalam ulasan bukunya.

Adapun hasil penemuan dari buku ini, diantarannya akan mengulas tentang hak-hak masyarakat dalam mencari keadilan dalam pelayanan kesehatan publik yang ternyata masih banyak yang terbaikan. Alasannya pun klise, karena faktor perekonomian. Buat kamu nih yang tertarik sosial budaya hukum pelayanan publik khususnya di bidang kesehatan, bisa spoiler di dalam bukunya langsung.

5. Buku Pengantar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Buku Pengantar Ilmu Sosial

Rekomendasi buku sosial budaya karya M. Zainal berjudul buku pengantar ilmu sosial dan budaya dasar. Buku ajar satu ini memang diperuntukan untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar Umum.
Menyinggung tentang budaya sosial di dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa budaya adalah wujud yang tersalurkan dalam bentuk perilaku.

Dimana budaya sudah ada sejak dulu, sebelum generasi tertentu lahir. Budaya hidup sampai sekarang tanpa lekang oleh waktu, dan terus hidup. Cakupan dari budaya itu sendiri adalah aturan yang berisikan kewajiban, tindakan, norma dan aturan yang berlaku di masyarakat tertentu.

Rekomendasi buku sosial budaya hadir menjawab permasalahan yang terjadi. Ada banyak problematika kebudayaan yang ditemui. Mulai dari masalah hambatan budaya terkait pandangan hidup, kpercayaan, hambatan perbedaan persepsi, terjadinya sikap tradisonalisme, dan masih banyak lagi.

Lahirnya problematika inilah yang mendorong penulis menulis buku ini dan mencoba untuk menjawab segala problematika yang terjadi. Satu sisi juga mengasah mahasiswa untuk berfikir lebih positif, kritis melihat situasi sosial budaya di lingkungan mereka tinggal. Sehingga lahirlah lulusan mahasiswa yang memberikan manfaatkan, bukan sekedar lulusan mahasiswa yang berijazah saja.

Kelima rekomendasi buku sosial budaya di atas bisa kamu dapatkan di toko buku online deepublish. Kamu juga bisa membelinya di marketplace di smartphone kamu. Dari kelima rekomendasi tersebut pun kamu juga bisa menemukan koleksi buku-buku lain yang tidak kalah seru.

Adapun buku ajar dengan judul yang lain juga loh. Bagaimana soal harga? Dijamin dari segi harga pun juga sangat direkomendasikan. Harga yang ditawarkan ramah kantong mahasiswa.

Terimakasih sudah membaca artikel rekomendasi buku sosial budaya, selanjutnya bisa baca artikel yang lain :

6 Rekomendasi Buku Kewirausahaan Terbaik
6 Rekomendasi Buku Manajemen SDM Terbaik

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :