VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Psikologi Trading: Fenomena Ekspektasi Trading

psikologi trading
toko buku kuliah

Psikologi Trading – Ada dua jenis pikiran, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Pikiran sadar  dalam psikologi trading meliputi :

1. Membandingkan

2. Menganalisis

3. Matematika

4. Rasional

5. Mengidentifikasi

6. Short term memori (memori jangka pendek)

7. Will power

 

Pikiran bawah sadar dalam psikologi trading meliputi :

1. Kebiasaan

2. Memori jangka panjang

3. Intuisi

4. Kreativitas

5. Emosi (baik positif maupun negatif)

6. Sistem kepercayaan atau belief system (bukan masalah agama)

7. Nilai atau value

8. Aturan dalam hati/rules

9. Kepribadian atau karakter

10. Persepsi

11. Prioritas

12. Reticular actived system (RAS)

13. Prinsip

14. Ego

 

Sebagai catatan penting bahwa pikiran bawah sadar merupakan penentu nasib kita karena kekuatan pikiran bawah sadar 9x lebih kuat dari pada pikiran sadar.

 

Fenomena ekspektasi trading :

  1. Ketika posisi sudah untung/profit, tidak menentukan nilai Take Profit-nya. Menginginkan profit yang lebih lebih besar, sehingga tidak segera mengambil profit yang sudah ada dan seiring berjalannnya waktu posisi yang semula menguntungkan telah berbalik menjadi rugi. Dan penyesalan datang belakangan setelah membiarkan posisi untung tanpa pengamanan.
  2. Ketika posisi floating minus, berharap harga akan berbalik arah atau minimal break-even. Akhir cerita, bisajadi merugi sangat dalam atau sampai loss total, dan sangat jarang yang ekspektasinya terjadi sesuai harapan.
  3. Ketika floating minus tidak memasang stop loss atau malah stop loss yang sudah terpasang dicabut.

Permasalahan Psikologi Trading/Investasi

Psikologi Trading

FEAR AND GREEDY

  1. Fear and greedy ibarat rem dan gas. Tidak mungkin gas dan remdiinjak bersamaan. Dalam dunia pikiran bawah sadar, bila ada 2 emosi yang saling bertolak-belakang muncul bersamaan dengan intensitas yang kurang lebih sama, maka tidak akanmembawa kemana-mana.
  2. Fear membuat seseorangmenarik diri, dan greedy membuat seseorang masuk dalam perbudakan mental.
  3. Level energi dari takut dan ketamakan adalah level energi rendah. Di level energi rendah ini sulit sekali menarik kesuksesan.
  4. Cuci emosi sangat diperlukan. Setelah takut dan serakah hilang, maka ganti dengan emosi positif danemosi yang membuat kebijaksanaan.
  5. Dalam dunia trading yang harus ada adalah bijaksana bukan perasaan takut ataupun serakah. Bijaksana artinya melakukan trading/investasi dengan memiliki perhitungan yang matang, karakter yang tepat, dan juga emosi yang positif yang berada di level tinggi. Yang artinya trader/investor mrmiliki level advance dalam memperlakukan keuangannya.

TRAUMA DAN BALAS DENDAM

  1. Trauma dan balas dendam memiliki intensitas lebih tinggi daripada takut dan tamak. Trauma adalah penghambat terbesar seorang investor, dan balas dendam adalah pembalasan terburuk untuk keuangan anda.
  2. Semakin tinggi intensitas trauma dan balas dendam, maka Law of Attraction untuk keberuntungan dan kesuksesan anda semakin jauh.
  3. Mencuci emosi trauma dan balas dendam sangatlah dianjurkan untuk membebaskan diri dari beban emosi dan fisik. Sekaligus mengembalikan akal sehat keuangan anda.

 

RAGU-RAGU

  1. Ragu-ragu timbul akibat akumulsai trauma-trauma kecil.
  2. Pada saat ragu-ragu muncul, pada saat yang sama intuisi juga muncul. Hanya saja fungsi dan hasilnya terintervensi karena adanya gangguan emosi negatif (trauma kecil) dan adanya analisis dari pikirang sadar.
  3. Cara menghilangkan ragu-ragu adalah dengan melakukan pencucian emosi.
  4. Intuisi dapat keluar secara murni setelah pikiran sadar dinonaktifkan, dan dalam kondisi pikiran relaksasi pikiranyang cukup dalam.

 

TIDAK DISIPLIN

  1. Ketidakdisiplinan hanya masalah prioritas.
  2. Ubah dan susun kembali prioritas anda, maka disiplin akan tumbuh dengan sendirinya.

Lihat juga buku psikologi yang lain di >> Buku Psikologi di Toko Buku Deepublish.

KEYAKINAN

  1. Keyakinan adalah peranan penting dalam sebuah keberhasilan. Keyakinan juga adalah sebuah motivasi terbesar pikiran bawah sadar.
  2. Keyakinan bisa mendukung dan juga bisa melawan.
  3. Keyakinan memiliki “pemikirannya” sendiri. Apa yang kita pikir (secara pikiran sadar) adalah keyakinan, ternyata bisa berbeda jika bertanya di level pikiran bawah sadar.
  4. Keyakinan bisa berubah dan bisa diubah sesuai dengan keinginan kita untuk mendukung tujuan-tujuan kita.

 

TRADING IS (NOT) MY LOVE

  1. Mencintai dunia trading/investasi ini adalah salah satu modal dasaryang paling penting secara mental. Karena dengan proses mencintai ini kita dengan senang hati akan mencari tahu banyak hal yang berhubungan dengan trading/investasi tanpa adanya paksaan.
  2. Cara mudah untuk mencintai adalah memberikan tantangan kepada diri sendiri untuk maju dan melakukan pemaknaan positif dari kejadian yang (biasanya) membuat banyak trader/investor mundur ketika belum mencapai target yang mereka inginkan.

 

BERHARAP TRADING/INVESTASI ADALAH SOLUSI KEUANGAN

  1. Berhasillah terlebih dahulu di dunia nyata, sebelum ada di dunia percepatan keuangan.
  2. Kembangkan mindset tentang “cari uang mudah” sampai menjadi realitas hidup anda. Setelah anda memiliki cari uang itu mudah, maka tantang hidup anda untuk memiliki mindset yang lebih tinggi, yaitu ” uang mencari kita dengan mudah”, jadi bukan kita lagi yang kerja keras mencari uang, tetapi uanglah yang bekerja keras untuk menghampiri kita.
  3. Kita harus memiliki kualitas terlebih dahulu sebelum akhirnya uang datang mencari-cari kita.
  4. Temukan semua solusi terhadap kehidupan keuangan diri anda terlebih dahulu.
  5. Milikilah passive income (minimum 3 kali pengeluaran bulanan anda) sebelum memasuki dunia percepatan keuangan. Passive income ini penting untuk menjaga kehidupan normal anda selagi anda membangun dan menstabilkan income baru yang memiliki resiko lebih besar.

 

KEADAAN FISIK

Setiap pikiran (baik atau buruk) akan menimbulkan reaksi fisik. Muatan emosional (negatif) jika tidak dikeluarkan, maka akan berpengaruh pada perubahan fisik jika berlangsung lama. Sembuhkan fisik dan emosi secara bersamaan dengan melakukan terapi pikiran dan tindakan medis jika memang diperlukan.

 

MANAGE ACCOUNT

Seringkali manage account hanya menunjukkan bahwa seseorang lemah dalam hal keuangan dan berharap terjadinya mukjizat dari manage account yang diambilnya.

 

Manage account bisa terdapat indikasi :

  1. Orang tersebut tidak berkompeten
  2. Orang tersebut memiliki paradigma keuangan yang tidak membuat dia maju
  3. Orang tersebut trauma
  4. Orang tersebut menginginkan hasil besar tanpa kerja keras
  5. Orang tersebut memiliki harapan tinggi atas kondisi keuangnnya, tetapi tidak cukup memilki power/kuasa atas kondisi keuangannya sendiri.

Dalam trading/investasi bukan hanya semata-mata strategi yang menentukan keberhasilan. Tetapi lebih kepada 1. Mental yang matang. 2. Perhitungan dan persiapan yang telah dihitung di depan, termasuk perhitungan resiko dan perhitungan emergency exit strategis dan 3. Adalah masalah strategi apa yang dipakai.

 

SALAH PARADIGMA TRADING/INVESTASI

Empat bagian dasar dari tulisan tangan dan tanda tangan :

1. Segitiga

ü  Agretifitas tinggi

ü  Siap untuk loss dengan trial and error

ü  Menyukai single shot atau scalping

ü  Terkadang bersifat spekulan muncul

ü  Ingin hasil yang besar

ü  Ngotot. Walaupun hal yang membuat dia ngotot terkadang tidak baik dan tidak berfungsi maksimal untuk tradingnya sendiri, tetapi tetap saja sifat ngototnya timbul.

ü  Menyukai permainan cepat alias quick response-quick money.

2. Segi empat

ü  Menghindari resiko ataumencari resiko yang paling aman.

ü  Patuh aturan

ü  Disiplin

ü  Traumatis atau mudah mengingat sesuatu melalui emosi

ü  Ingin hasil medium dan relatif masuk akal

ü  Mengikuti apa yang sudah terjadi

ü  Berpikir prosedural. Mengikuti langkah demi langkah

ü  Jeli terhadap angka

3. Bundar

ü  Penuh perhitungan

ü  Memikirkan beragam kemungkinan hasil

ü  Menyukai strategi

ü  Hasil medium atau biasanya mencari cashflow

ü  Reviewer atau biasa melihat dari sudut pandang yang lain untuk mencar kemungkinan lain yang nisa dihasilkan

ü  Menyukai pecah resiko

4. Garis tak beraturan

ü  Meyerahkan resiko pada orang lain

ü  Memiliki kreativitas yang tinggi

ü  Biasanya tahan terhadap stress

ü  Mempercayai orang lain untuk mengendalikan

ü  Tidak konsisten/moody

ü  Menerima hasil/lapang dada

ü  Cuek/kurang serius terhadap hal-hal kecil yang berefek besar

ü  Ingin permainan cepat walau kadang tidak menyukainya

Paradigma adalah kebenaran yang bersifat relatif. Kebenaran itu harus diuji dengan serangkaian pertanyaan yang tepat. Apabila paradigma yang selama ini dianut, tidak membawa perubahan positif, maka segera diganti dengan yang lebih baik. Cari dan temukan atau rumuskan sendiri paradigma yang benar. Karakter pribadi menentukan karakter trading/investasi yang akhirnya menentukan paradigma keuangan pribadi.

Tertarik dengan dunia bisnis ? Yukk, beli buku bisnis agar kamu memiliki wawasan yang luas tentang dunia bisnis.

SOLUSI – Psikologi Trading

 

Solusi pertama adalah bersihkan sampah-sampah/kotoran yang ada di pikiran bawah sadar. Ini penting karena begitu banyak program pikiran yang membuat kita sering kali terjebak bukan pada kenyataan di lapangan, tetapi terjebak karena permainan pikiran. Dan permainan pikiran ini bisa sangat halus mempengaruhi anda. Pembelajaran advance adalah untuk membuat kita memiliki kualitas skill, pengetahuan dan strategi yang mumpuni.

Tingkatkan IQ dan EQ financial mentality. Pengembangan finansial lebih ditujukan untuk mengerti dunia finansial dan membangun IQ, EQ dan FQ sehingga bisa berpikir jernih ketika sebuah peluang datang dan bisa memanfaatkan sebanyak-banyaknya sebuah kesempatan untuk menjadi salah satu mesin uang.

 

Penyesalan merupakan indikasi Tuhan masih sangat menyayangi anda, sampai DIA memberikan kesempatan yang tidak ada pernah habisnya untuk memberikan pembelajaran yang jauh lebih advance dalam kehidupan anda melalui cara Tuhan. Dalam setiap kesempatan itu, Tuhan memberikan sebuah pembelajaran kebijaksanaan yang terlalu bodoh untuk disia-siakan. DIA mendidik kita dalam tahap yang benar melalui serangkaian kejadian yang membuat seseorang menjadi terang dalam hidup dan memiliki kebijaksanaan yang lebih daripada orang lain agar bisa memknai kehidupan yang berkualitas untuk lebih banyak orang lagi.

 

Sumber: Peterson, Andrew. Psikologi Trading Untuk Advance Level

(Al-Arief Fathonah)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang