6 Penulis Terkenal Di Indonesia yang Inspiratif

toko buku kuliah

Penulis Terkenal di Indonesia – Siapa yang memiliki cita-cita menjadi seorang penulis? Atau kamu salah satu pembaca yang selalu kagum dengan penulis terkenal di Indonesia karena memang pemikirannya menarik! Memang menulis sebuah buku itu bukan perkara yang mudah, hanya mereka yang mampu bersaing dan benar-benar memiliki ideology berfikir yang bisa bertahan dan konsisten menulis.

Nah, pada kesempatan kali ini ada beberapa penulis terkenal di Indonesia yang mungkin tidak biasa, dan mungkin juga kamu jarang mendengar namannya. Langsung saja, siapa mereka? Kita simak ulasannya sebagai berikut.

6 Penulis Terkenal Di Indonesia yang Inspiratif

1. Andrea Hirata

andrea-hirata-penulis-terkenal-indonesia
Sumber : Official NET News

Siapa sih yang tidak kenal penulis satu ini? Hampir semuanya pasti tahu. Karena namannya sempat menjadi perbincangan hangaat dan mampu meledakan minat literasi, terutama untuk membaca buku fenomenalnya ‘Laskar Pelangi’.

Lelaki kelahiran Belitung Timur ini pun tidak hanya dikenal, tetapi secara tidak langsung menjadikan kota Belitung banyak dikunjungi wisatawan hanya sekedar menjawab penasaran pembaca. Berkat spot lokasi pantai di dalam buku Novelnya pula, pantai tersebut kini juga mulai ramai dikunjungi wisatawatan loh.

Andrea Hirata kini pun juga masih aktif menulis. Karya buku yang belum lama diterbitkan berjudul “orang-orang biasa” yang menceritakan perjuangan seorang perempuan yang ingin masuk jurusan kedokteran. Adapun beberapa buku lainnya, yang mungkin tidak bisa disebutkan satu persatu di artikel ini, karena keterbatasan ruang.

Buku Karya Andrea Hirata :

  • Sang Pemimpi (2006)
  • Edensor (2007)
  • Pada Bulan (2011)
  • Sebelas Patriot (2011)

2. Dewi Lestari

dewi lestari - penulis terkenal indonesia
Sumber : Republika.co.id

Penulis terkenal di Indonesia yang kedua adalah Dewi Lestari. Dewi Lestari juga salah satu penulis yang cukup terkenal. Buku-buku yang dituliskannya mampu menarik minat dan antusiasme calon pembaca.

Tidak hanya itu, Dee (sapaannya) juga melahirkan karya-karya lain yang tidak kalah menarik, dan saya pun salah satu penikmat yang menantikan karya-karya terbarunya. Dari segi pemikirannya, Dee selalu out of the box, dan mungkin inilah salah satu alasan kenapa karyanya selalu ada wawasan dan ilmu pengetahuan baru bagi para pembacanya.

Dee salah satu penulis terkenal di Indonesia tidak hanya lewat dari karya bukunya. Ternyata perempuan cantik ini dulu adalah seorang penulis lirik lagu loh sebelum terjun di dunia penulisan novel. Namannya semakin di kenal karena beberapa karyanya juga di filmkan. Novel Dee yang di filmkan adalah Supernova yang cukup membuat decak kagum penikmatnya.

Meskipun masih kurang semenarik bukunya, film ini tetap memberikan kepopuleran Dee bagi pecinta film. Jadi wajar jika namanya semakin dikenal dari pecinta film ataupun pecinta buku.

Karya-karya Dewi Lestari :

  • Filosofi Kopi (2006)
  • Perahu Kertas (2003)

3. Tere Liye

tere-liye
Sumber : @ajengrizkir

Penulis terkenal di Indonesia sangat produktif adalah Tere. Dalam setahun, dia bisa menulis beberapa buku. Tentu saja ini angka yang cukup banyak. Mengingat menulis buku itu dianggap pekerjaan yang melelahkan dan menguras pikiran. Tapi memang bagi mereka yang memiliki passion menulis, mereka tidak merasakan kesulitan-kesulitan tersebut.

Hampir semua tahu bahwa Tere Liye yang memiliki ciri khas penyampaian penulisan menggunakan bahasa yang mudah dibaca dan dipahami.

Penggunaan bahasa yang sederhana inilah yang menjadi faktor pembaca bisa menikmati. Meskipun bahasannya biasa, namun tetap penuh makna dan selalu sukses memberi kesan ke pembaca. Tema ulasan novelnya pun tidak jauh dengan kehidupan para remaja era sekarang. Yaitu di dunia romansa.

Segmentasi yang tepat inilah yang menjadikan Tere liye semakin banyak dikenal. Satu hal yang perlu diperhatikan, Tere Liye sudah memiliki 20 karya buku. Ini pun setiap tahun bisa saja akan terus bertambah. Terlalu banyaknya karya buku yang ditulis, wajar jika royalti yang diterima pun juga semakin lebih banyak. Jadi ya wajar saja jika dia sekarang menjadi penulis di Indonesia. Disebut-sebut juga, Tere Liye menerima royalty lebih besar dibandingkan penulis lainnya, karena produktivitas dan setiap bukunya selalu ludes terjual laris.

Beberapa novel karya Tere Liye antara lain :

  • Tentang kamu (2016)
  • Rembulan tenggelam di Wajahmu (2006)
  • Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin (2010)
  • Pergi (2018)
  • Bumi (2014)

4. Pidi Baiq

pidi baiq
Sumber : merahputih.com

Kaum millenial pasti tahu siapa itu Pidi Baiq, salah satu penulis terkenal di Indonesia. Kiprahnya terjun di dunia tulis menulis sudah tidak diragukan lagi. Nah, bagi kamu yang belum tahu siapa dia, dia adalah penulis yang filmnya sempat heboh, yaitu film Dilan. Dimana film DIlan diadaptasi dari novel karyanya. Sebenarnya banyak sekali karya buku Pidi Baiq. Bahkan, di google, banyak petikan quote-quate yang dibuat oleh penulis yang usianya sekitar 45 tahun ini.

Barangkali ada yang belum kenal siapa itu Pidi Baiq. Dari dulu bisa dibilang dia termasuk yang nyleneh. Meskipun ia melahirkan buku novel, ternyata dia sendiri tidak begitu gandrung dan suka membaca buku novel dan semacamnya. Sebenarnya ketrampilan utamannya adalah sebagai ilustrator.

Siapa yang menyangka jika lelaki yang kelahiran 8 Agustusn 1972 ini pernah bergabung menjadi ilustrator prangko di PT Pos Indonesia. Dulu pernah membuat ilustrasi 17 judul prangko. DImana prangko tersebut unik, dan ketika prangko tersebut digabung-gabungkan, bisa menjadi seri cerita rakyat. Tentu saja ini gebrakan baru pada kala itu, di tahun 1998. Jadi memang tidak hanya novel, tetapi ada karya lain dibidang ilustrasi.

Novel Karya Pidi Baiq :

  • Milea, Suara dari Dilan (2016)
  • Drunken Molen (2008)
  • Asbunsyah (2017)

5. Haidar Musyafa

haidar musyafa
Sumber : blibli.com

Haidar, itulah sapaannya. Penulis berasal dari Yogyakarta satu ini juga bisa dibilang seorang penulis novel biografi yang populer. Buku-bukunya berjudul Buya Hamka, Api Republik dan buku biografi Dahlan serta Ki Hadjar. Dibandingkan beberapa penulis di atas, memang Haidar Musyafa bisa dibilang penulis baru, namun sebenarnya Ia sudah memulai menulis sudah sejak lama. Nah, apakah kamu juga salah satu pengemar karya buku novel biografi? Dalam waktu dekat, buku Buya Hamka dari novelnya pun juga akan difilmkan lo, karena sekarang sudah dalam proses pematangan scenario filmnya. Kita nantikan bersama.

Karya fiksi biografi karya Haidar tidak seperti proses penulisan Andrea Hirata. Dimana Andrea Hirata menulis “orang-orang biasa” hanya memakan waktu 9 hari. Sedangkan untuk Haidar, menyelesaikan satu novel memakan waktu yang lama. Tidak hanya berbulan-bulan, tetapi tahun. Karena genre bukunya berbeda. Sesuai namannya, buku biografi. Maka proses penulisannya pun dia harus melakukan riset, observasi dan wawancara dengan pihak keluarga terdekat. Jadi wajar jika lebih lama, dari hasil tulisannya pun banyak yang menikmati karyanya. Nah, mungkin dimasa yang akan datang, kamulah selanjutnya.

 

6. Ahmad Fuadi

ahmad fuadi
Sumber : IG @linibuku

Penulis bergenre fiksi yang bergender cowok lainnya adalah Ahmad Fuadi. Salah satu penulis novel populer dengan judul Negeri 5 Menara, Menjadi Guru Inspiratif dan judul buku lain yang juga banyak diminati adalah Rantau 1 Muara. Lelaki yang mengawalinya dari menjadi seorang wartawan ini, tidak membuatnya berpuas diri menekuni dunia jurnalistik. Tetapi Ia juga meneksplore bakatnya di dunia fiksi novel.

Mencoba mengenal lebih dekat penulis kelahiran Sumatra barat pada 30 Desember 1972 ini. Ternyata setelah suksesnya novel Negeri 5 Menara, Ia langsung membuat yayasanan yang bernama Menara. Bentuk yayasan dimaksudkan untuk membantu pendidikan untuk orang yang dianggap kurang mampu dan disalurkan untuk usia pra sekolah. Sampai detik ini, yayasan Komunitas Menara ini sudah memiliki sekolah gratis di Tangeran

Selatan yang berfokus untuk pendidikan PAUD loh. Wah, keren ya. Begini nih penulis yang benar-benar memberikan pengaruh. Tidak hanya memberikan pemikiran semangat lewat tulisan, tetapi juga memberikan pendidikan secara gratis. Semoga kita bisa meneladaninya ya.

Nah, itulah enam penulis terkenal di Indonesia. Nah buat kamu nih yang ingin menjadi penulis terkenal seperti mereka, memang harus bersabar dulu. Karena membangun karir di dunia tulis menulis itu juga tidaklah semudah membalikan telapak tangan.

Begitupun dengan keenam penulis terkenal di Indonesia di atas. Mereka juga mengawalinya dengan darah, air mata, dan tentunya banyak sekalali pengorbanan yang ia korbankan untuk menjadi sampai saat ini.

Kamu bisa mengawalinya dengan banyak membaca buku, kamu bisa beli buku di Toko Buku Online Deepublish. Banyak pilihan lengkap dengan harga terbaik.

Pondok Djawara Deepublish

Terimakasih sudah membaca artikel yang berjudul 6 Penulis Terkenal di Indonesia. Baca juga artikel yang lain :

  1. Menginspirasi ! Pahlawan Indonesia Yang Gemar Membaca
  2. 7 Rekomendasi Buku Novel Best Seller 2019
  3. Tips Membaca Buku Cepat dan Efisien

Demikian, jangan lupa share juga artikel ini ke teman-teman kalian yaa. Terimakasih.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang