VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Pentingnya Inovasi Dalam Sebuah Perusahaan

inovasi-perusahaan
toko buku kuliah

Pentingnya Inovasi Dalam Sebuah Perusahaan – Di sebuah perusahaan yang sedang berkembang maupun perusahaan yang besar sekalipun, inovasi adalah hal yang sangat penting, bahkan cenderung krusial untuk keberlangsungan perusahaan tersebut. Hanya perusahaan-perusahaan yang inovatis yang mampu bertahan, berjaya dan terus berkembang mengarungi zaman yang dihadapkan pada beragam pergolakan bisnis.

Mendengar kata “inovasi”, pikiran orang biasanya akan tertuju pada berbagai upaya untuk menemukan hal baru, hal yang berbeda dari yang telah ada, hal yang memiliki nilai lebih, atau dalam sebuah tindakan, bagaimana melakukan terobosan, gebrakan yang berbeda yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dalam bentuk negatif, inovasi juga dapat diasosiasikan sebagai bentuk ketidaknyamanan berkaitan dengan sebuah perubahan tersebut.

Namun, jika ditelaah lebih dalam, inovasi tidak selalu berupa temuan-temuan besar yang mengguncang dunia. Temuan-temuan yang kecil yang nampak sepele pun ternyata bisa berpengaruh besar terhadap kinerja perusahaan.

Contohnya inovasi dalam perubahan bentuk produk, misal sedotan yang bisa ditekuk bagian atasnya. Awalnya orang-orang tidak mempermasalahkan bentuk sedotan yang standar karena memang yang ada adalah produk tersebut. Namun, seiring ditemukannya sedotan yang “baru”, hampir setiap restauran menyediakan sedotan yang bisa ditekuk ujungnya.

Keadaan seperti itu bisa memberikan keuntungan lebih dari sisi bisnis bagi perusahaan yang memproduksi sedotan model tekuk ujungnya. Inovasi yang sukses akan menghasilkan layanan dan produk berkualitas.

Inovasi tidak harus datang dari atas alias pemimpin punak perusahaan. Dari hasil yang sudah ada, perusahaan dengan inovasi yang tinggi justru melibatkan para karyawannya dalam pelibatan ide dan kreatifitas untuk menemukan sebuah inovasi baru.

Hal ini memunculkan budaya perusahaan yang memberikan peluang seluas-luasnya bagi seluruh karyawan dari berbagai lapisan untuk melakukan inovasi atau sekedar mengutarakan gagasan atau ide-ide cemerlangnya.

Agar inovasi dalam perusahaan terus berkelanjutan, maka penting untuk sebuah perusahaan menjadikan inovasi sebagai budaya di dalam perusahaan atau sistem kerja yang terstruktur. Dengan manajemen yang terbuka untuk menampung ide-ide baru dari setiap lapisan karyawan.

Adanya reward atau penghargaan terhadap sebuah ide yang dicetuskan dari karyawan. Akan memicu seluruh lapisan perusahaan untuk terus mengembangkan dan berusaha menemukan inovasi-inovasi yang menguntungkan untuk seluruh karyawan, perusahaan dan para konsumennya.

Dirangku dari majalan SWA. Edisi maret.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa baca juga artikel kami yang lain :

Yayasan Telkom Indonesia : Tingkatkan Kesadaran Literasi Lewat Pelatihan Menulis Buku

Perangkum : Alvin.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang