fbpx
flash sale toko buku deepublish

4 Perspektif Pengertian Mahasiswa yang Wajib Kamu Tahu!

pengertian mahasiswa
toko buku kuliah

Pengertian Mahasiswa – Menjadi bagian dari mahasiswa tidak menjamin mengetahui pengertian mahasiswa. Nyatanya banyak tidak tahu pengertian. Jangankan mahasiswanya sendiri, masyarakat umum pun terkesan cuek dengan pengertian mahasiswa. Padahal, jika kita telisik lebih dalam lagi, akan memberikan pemahaman menarik. 

Barangkali kamu salah satu yang penasaran dengan pengertian mahasiswa. Langsung saja, simak ulasan berikut ini. 

Pengertian Mahasiswa Secara Umum 

Apa sih yang terbesit pertama kali ketika disebutkan mahasiswa? Mungkin ada yang mengartikan bahwa mahasiswa adalah peserta didik yang belajar di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Memang kesannya sebagai pelajar, yang hanya menuntut ilmu dan belajar dan belajar. Tapi dibalik sebutan mahasiswa, ternyata mahasiswa memiliki perjalanan panjang yang tidak melulu tentang belajar. 

Baca juga : 6 Tanggung Jawab dan Fungsi Mahasiswa Wajib Kamu Pahami

Apakah Mahasiswa Sekedar Pengertian Mahasiswa yang Biasa-biasa saja?

Memang tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar, menyelesaikan tugas kuliahnya dan menjadi pribadi yang lebih dewasa dan matang. Siap bekerja untuk negeri. Terlepas dari itu semua, ternyata mahasiswa tidak bisa diartikan biasa-biasa saja. Nyatannya berkat mahasiswa, banyak peristiwa-peristiwa besar yang menjadi catatan sejarah. 

Mahasiswa juga disebut-sebut sebagai agent of change dalam kehidupan, sebagai generasi penerus, aksi mahasiswa dalam skala besar ternyata efektif untuk memberi pengaruh perubahan politik, mahasiswa secara tidak langsung sebagai kader penerus bangsa. 

Tidak banyak yang tahu jika peran mahasiswa dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dicetuskan pertama kali oleh Budi Utomo pada 20 Mei 1908 yang ditandai kebangkitan bangsa para pemuda. Tidak hanya itu juga, di tanggal 28 Oktober 1928 mahasiswa berperan signifikan dalam proses pembentukan negara Kesatuan Republik Indonesia dalam rangka Sumpah Pemuda. Adapun peran mahasiswa di hari kemerdekaan Indonesia, ternyata mahasiswa turut serta membantu dalam pembentukan kemerdekaan Indonesia. 

Mahasiswa memiliki kekuatan yang luar biasa jika disatukan dalam satu kesatuan. Mahasiswa tidak sekedar belajar dan menuntut ilmu. Nyata Nya mahasiswa di tahun 1998 juga mampu meruntuhkan orde baru dan mengawal memasuki masa reformasi. Dengan kata lain, mahasiswa sebagai pioner dalam perjuangan dan pembangunan bangsa yang mungkin tidak disadari dan dimengerti oleh masyarakat umum,bahkan mahasiswa baru. 

Baca juga : 7 Tips Tugas Mahasiswa Agar Cepat Kelar

Pengertian Mahasiswa Secara Administratif 

Pengertian mahasiswa secara administratif dapat diartikan sebagai murid yang terdaftar di perguruan tinggi. Dimana siswa di perguruan tinggi tersebut sudah memenuhi syarat-syarat menjadi siswa di perguruan tinggi maupun di universitas. 

Secara administrasi, mahasiswa diambil dari dua kata, yaitu dari kata ‘maha’ dan ‘siswa’. Maha memiliki makna ter yang bermakna lebih tinggi dari sekedar pelajar. Sedangkan siswa berarti pelajar. Dengan kata lain, mahasiswa diartikan sebagai terpelajar. Sebagai siswa terpelajar diartikan sebagai seorang pelajar yang tidak hanya belajar secara akademik, tetapi seorang siswa yang memiliki inovasi, kreativitas tinggi dibidang tertentu. 

Dikatakan mahasiswa karena seorang mahasiswa memiliki tanggung jawab menuntut ilmu lebih tinggi dibandingkan seorang pelajar SMP maupun SMA. Dimana mahasiswa diharapkan mampu melahirkan solusi atas permasalahan dan menjadi problem solving bagi masyarakatnya. 

Baca juga : 50 Kata Bijak Gerakan Mahasiswa – Darah Juang Untuk Negeri

Pengertian Mahasiswa Dari Para Ahli 

Jika di atas sudah dijelaskan beberapa pengertian mahasiswa dari beberapa perspektif, maka di sub bab kali ini ada beberapa pendapat para ahli. Tentu saja pendapat mereka yang sering digunakan sebagai landasan teori. Pendapat siapa sajakah itu? Berikut ulasannya. 

1. Pendapat Guardian Of Value 

Guardian of value mengartikan mahasiswa sebagai upaya menuntut ilmu di jalur yang lebih tinggi. Karena tingkatannya lebih tinggi, tentu saja seorang mahasiswa tidak hanya belajar secara akademik saja, tetapi juga belajar yang memiliki nilai-nilai masyarakat yang kebenarannya mutlak. 

Ternyata belajar saja tidak cukup. Nyatanya dalam belajar penting sekali menjunjung tinggi kejujuran, integritas, gotong royong, keadilan, empati dan kepekaan diri terhadap lingkungan. Bahkan tidak sekedar itu saja loh, mahasiswa pun secara tidak langsung sebenarnya dituntut untuk berfikir secara kritis, ilmiah berdasarkan nilai-nilai. 

Mahasiswa tidak seperti siswa SMA atau SMP, dimana yang belajar secara monoton atau penerima ilmu dari guru. Lebih dari itu, seorang mahasiswa sebagai pembawa, penyebar nilai-nilai dan penyampai ilmu yang sudah dipelajari. 

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mahasiswa adalah seseorang yang belajar di perguruan tinggi. Berbeda dengan kata mahasiswa yang diartikan sebagai pelajar atau mahasiswa wanita.

Sebenarnya ada satu kata yang sangat mirip dengan mahasiswa, yaitu istilah kemahasiswaan yang memiliki arti yang jauh berbeda dari mahasiswa. Kemahasiswaan menurut Kamus Besar Indonesia (KBBI) adalah seluk-beluk mahasiswa yang bersangkutan dengan mahasiswa. 

3. Menurut Sarwono

Jika kamu seorang mahasiswa semester akhir, atau yang suka membaca buku-buku kuliah terutama jurusan social. Pasti tidak asing lagi dengan nama Sarwono, yang buku-bukunya banyak kita dengar di buku teori-teori kuliah. Pengertian mahasiswa menurut Sarwono adalah seseorang yang terdaftar mengikuti pelajaran atau kuliah di perguruan tinggi. 

Sarwono menegaskan bahwa rata-rata mahasiswa yang masuk di perguruan tinggi berusia 18-30 tahun. Sarwono pun juga mengartikan bahwa mahasiswa suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya Karena terikat di suatu perguruan tinggi. 

4. Menurut Knopfemacher 

Barangkali kamu salah satu yang asing dengan tokoh Knopfemacher. Knopfemacher mengartikan mahasiswa sebagai calon sarjana. Tentu saja seseorang tersebut harus terlibat dan terikat di perguruan tinggi. Dimana seseorang yang masuk dan terjaring dalam perguruan tinggi diharapkan pada akhirnya akan menjadi calon intelektual generasi bangsa. 

Sayangnya, peran dan tanggung jawab seorang mahasiswa banyak yang luntur. Banyak yang menjadi mahasiswa karena faktor popularitas, karena tuntutan orangtua, ingin mendapatkan gelar ijazah dan masih banyak lagi yang semakin berambigu. 

5. Menurut Agent Of Change 

Berbeda lagi dari Agent of Change, bahwa mahasiswa sebagai penggerak. Mahasiswa sebagai model untuk mengubah arah, mengubah gagasan tertinggal menjadi maju, mengubah yang tidak berilmu menjadi berilmu dan masih banyak lagi tentu saja. Jadi mahasiswa tidak hanya diam saja dan tidak hanya berpangku tangan. Mahasiswa sebagai pengganti dan penerus pemimpin bangsa. 

6. Menurut Moral Force 

Pengertian mahasiswa menurut Moral Force juga dapat diartikan sebagai seorang pelajar tingkat tinggi yang tidak sekedar berintelektual, tetapi juga memiliki moral yang baik. Realitanya, kini menjadi mahasiswa tidak menjamin seseorang bermoral baik. Nyatanya banyak yang tidak amoral, karena sekali lagi semua kembali ke masing-masing individu. 

Tentu saja setiap individu tidak bisa kita tentukan atau kita setir sesuai kehendak kita. hanya diri sendirilah yang bisa mengontrol moral yang baik atau tidak baik. Mahasiswa diharapkan memiliki moral yang baik, karena mahasiswa dapat dijadikan sebagai kekuatan dari bangsanya. Karena satu-satunya harapan sebuah bangsa adalah pemuda. 

Baca juga : Arti Mahasiswa Yang Sesungguhnya, Pantaskah Kamu?

Itulah beberapa pengertian mahasiswa dari berbagai sudut pandang yang bisa kamu pelajari. Semoga dengan sedikit pembahasan di atas semakin membukakan cakrawala pengertian tentang mahasiswa. Bahwa mahasiswa tidak sekedar mahasiswa. (Irukawa Elisa)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang