10 Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli

pengertian-keterampilan
toko buku kuliah
Bagikan

Pengertian keterampilan secara umum pasti kamu sudah tahu. Keterampilan atau Kemampuan selalu disebut-sebut sebagai skill yang dimiliki oleh seseorang.

Membicarakan tentang skill, memang ada banyak ragam kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang.

Ada keterampilan dibidang menulis, dibidang public speaking, ada juga keterampilan dibidang olahraga, dibidang matematika dan dibidang kepemimpinan pun ada.

Membicarakan variasi keterampilan pun tidak akan pernah habis untuk dibahas satu persatu. Setelah membicarakan ragam bentuk keterampilan, ketermapilan apakah yang kamu kuasai?

Atau sampai saat ini Anda belum menemukan sama sekali keterampilan?

Tenang karena keterampilan itu dapat diciptakan dan dilatih, asal ada kemauan dan keseriusan untuk mempelajari.

Keterampilan itu bukanlah sesuatu hal yang mustahil dilakukan.

Jadi, buat kamu yang memiliki mimpi, harapan yang membutuhkan keterampilan, kamu tidak perlu khawatir.

Karena kamu bisa menciptakan dan melatihnya. Tentunya dengan memperkaya diri dengan wawasan dan keilmuan.

Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli

Kembali lagi fokus ke pengertian keterampilan, ternyata para tokoh dan ahli pun juga memiliki banyak pendapat dan sudut pandang tentang keterampilan loh.

Penasaran?

Langsung saja kita simak pendapat mereka sebagai berikut.

1. Marvin Dunette

Berbeda dengan pendapat Dunette yang mengartikan bahwa keterampilan sebagai pemikiran seseorang bahwasanya keterampilan yang dimiliki pada orang lain adalah bentuk proses mendapatkan pengetahuin yang diperoleh lewat proses latihan, training atau lewat pengalaman yang bervariasi.

Dunette juga menyampaikan bahwa keterampilan adalah kapasitas yang diperlukan oleh seseorang untuk menjalankan tugas dalam rangka mengembangkan diri.

2. Nadler

Nadler pun juga berpendapat mengenai keterampilan, dimana keterampilan adalah proses untuk mengembangkan potensi dan sebagai bentuk proses penggalian seseorang.

Tentu saja lewat beberapa cara dan bentuk kegiatan. Intinya keterampilan ini diimplementasikan dalam bentuk praktek secara langsung dan berkelanjutan.

3. Muzni Ramanto, Soemarjadi dan Wikdati Zahri

Kata keterampilan dalam bahasa lain merujuk pada kecekatan. Jadi pengertian keterampilan secara sederhana dapat diartikan sebagai orang yang mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan benar.

Jika seseorang tersebut mengerjakan dengan cepat dan masih ada kesalahan, maka tidak masuk dalam kategori cekatan.

Jika seseorang mengerjakan pekerjaan dengan lamban, namun dapat diselesaikan dengan baik, maka orang tersebut disebut dengan terampil.

4. Spencer

Pengertian keterampilan menurut spencer membagi menjadi beberapa jenis seperti yang dikutip dari jurnal researchgate.

a. Kemampuan concern for order (CO)

Pertama, keterampilan concern for order atau yang disingkat dengan CO, dimana orang yang termasuk dalam golongan ini adalah orang yang memilki motivasi dalam diri untuk meminimalisir ketidakpastian yang dihadapinya. Khususnya perihal masalah pekerjaan, informasi, data dan instruksi, orang jenis ini sangat memperhitungkan.

b. Intiative (INT)

Ada juga yang disebut dengan Intiative atau disingkat dengan INT. Orang jenis ini adalah orang yang memiliki dorongan ingin tampil lebih menonjol dari kebutuhan atau tuntutan pekerjaan untuk melakukan sesuatu.

c. Impact and Influence (IMP)

Ada juga disebut dengan Impact and Influence atau IMP yang lebih menekankan pada tindakan untuk mempersuasi, meyakinkan dan mempengaruhi seseorang demi mendukung tujuannya.

d. Keterampilan information seeking

Jenis keterampilan yang terakhir adalah information seeking atau INFO yang merupakan besarnya usaha tambahan yang dikeluarkan tidak lain untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.

Belajar jualan online

5. Ricky W. Griffin

Pengertian keterampilan juga disampaikan oleh Ricky W. Griffin yang membagi keterampilan menjadi dua hal. yaitu :

a. Keterampilan Manajemen Waktu

Pertama adalah keterampilan manajemen waktu. Ternyata kemampuan memenajemen waktu dengan bijak dan benar termasuk keterampilan.

Baca juga : 23 Tips Manajemen Waktu Agar Menjadi Orang Sukses

Ricky W Griffin menekankan bahwa keterampilan ini merujuk pada kemampuan seorang manajer dalam memanfaatkan waktu yang dimiliki menjadi lebih bijaksana.

b. keterampilan dalam membuat keputusan

Bentuk keterampilan yang kedua menurut Ricky W. Griffin adalah keterampilan dalam membuat keputusan.

Lagi-lagi ini sebenarnya masih ada hubungan dengan entrepreneurship dan kepemimpinan.

Jadi keterampilan mengambil keputusan merupakan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah dan kemampuan dalam menemukan problem solving secara tepat dan bijaksana.

Baca juga : Dasar-Dasar Yang Diperlukan Untuk Menentukan Pilihan Hidup

6. Gordon

Pengertian keterampilan menurut Gordon adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Dimana kemampuan yang dimilikinya bentuk dari implementasi dari system pelaksanaan pekerjaan atau aktivitas kegiatan.

Keterampilan yang dimaksud Gordon bisa menekankan pada pengalaman atau proses belajar yang pernah dipelajari.

7. Hari Amirullah

Beda tokoh tentu saja beda gagasan, salah satunya pengertian keterampilan menurut Hari Amirullah, yang menekankan keterampilan pada perbuatan pengembangan proses diri untuk terus menurus belajar.

8. Robbins

Pengertian keterampilan menurut Robbins memiliki empat macam keterampilan, yang terdiri dari :

a. basic literacy skill

Basic literacy skill, yang menekankan pada kemampuan dasar yang sudah dimiliki oleh seseorang. Keterampilan dasar yang dapat dilihat adalah keterampilan mendengarkan, keterampilan menghitung, keterampilan menulis dan keterampilan membaca.

b. technical skill

Kedua adalah keterampilan technical skill yang menekankan padar proses pembelajran yang dilakukan secara khusus sesuai dengan bidangnya. Bidang yang termasuk technical skill adalah ketrampilan mengoperasikan komputer, keterampilan merakit handphone dan masih banyak lagi.

c. interpersonal skill

Robbin juga menyebutkan macam keterampilan lain, yaitu keterampilan interpersonal skill, yaitu keterampilan yang memfokuskan pada kemampuan dasar yang dimiliki seseorang untuk melakukan komunikasi. Baik dalam bentuk komunikasi individu ke individu, individu ke kelompoak dan masih banyak lagi. Hal yang termasuk dalam interpersonal skill adalalh kemampuan untuk mengemukakan pendapat secara mudah dipahami.

d. problem solving

Terakhir, ketrampilan problem solving yang mana seseorang memiliki kemampuan secara potensial yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk memcahkan masalah. Umumnya orang yang memiliki keterampilan ini memiliki kemampuan logika dan kemampuan kognitif yang baik.

9. Singer

Pengertian keterampilan menurut Singer adalah keberhasilan seseorang dalam mengerjakan pekerjaan dan keberhasilan menyelesaikan pekerjaan ini dilakukan secara konsisten.

10. Robert L Katz

Pendapat lain tentang pengertian keterampilan juga disampaikan oleh Robert L Katz. Beliau mengidentifikan keterampilan menjadi beberapa bentuk, berikut penjelasannya :

a. Kemampuan technical skills

Pertama, keterampilan teknik atau technical skills. Seseorang yang memiliki keterampilan ini memiliki kompetensi spesifik. Misalnya, dalam hal mengerjakan tugas secara teknis dan proseduran akan lebih menonjol dan cekatan. Adapun yang termasuk keterampilan teknik, yaitu yang berhbuungan dengan pengetahuan dilapangan yang sifatnya spesialisasi.

b. Keterampilan administrasi

Kedua, keterampilan administrasi. Keterampilan ini adalah kemampuan dalam mengurus pencatatan, mengatur informasi yang akan dilaksanakan. Orang yang memiliki keterampilan ini juga memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi hambatan apa yang mungkin mengancam dan pandai pula dalam melihat kemampuan kebijakan dan procedural.

c. keterampilan hubungan manusia

Ketiga, keterampilan hubungan manusia. Dimana orang yang memiliki keterampilan ini memiliki kelebihan untuk memahami orang lain dan mampu memotivasi individu ataupun kelompok. Orang yang memiliki keterampilan ini cocok bekerja dibidang manajemen atau personalia.

d. keterampilan konseptual

Keempat, keterampilan konseptual. Barangkali kamu sudah tidak asing lagi dengan keterampilan satu ini. Yap, keterampilan konseptual adalalh kemampuan seseorang dalam melakukan koordinasi dan mengintegrasi kepentingan seseorang.

Tidak hanya itu saja, orang yang memiliki skill ini juga memiliki kelebihan dalam menganalisa, menginterpretasi ifnormasi yang diterima dengan baik. pekerjaan yang cocok untuk keterampilan ini adalah masuk dibagian manajemen atau sebagai developer.

e. kemampuan diagnostic

Terakhir adalah kemampuan diagnostic. Mungkin kamu merasa asing dengan istilah satu ini. jadi keterampilan diagnostic menurut Robert L Kantz adalah keterampilan yang menekan pada kemampuan seseorang dalam menentukan sebuah keputusan hanya lewat analisa dan pengujian hakekat dari kondisi-kondisi khusus yang ada.

Disebutkan juga bahwa keterampilan diagnostic adalah keterampilan yang menunjukan kemampuan seseorang secra tepat untuk memperoleh sebab yang benar dari situasi tertentu hanya lewat data, ataupun lewat observasi dan fakta.

Penutup : Keterampilan adalah?

Itulah beberapa pengertian keterampilan menurut para tokoh dari berbagai perspektif. Membicarakan tentang pengertian keterampilan menurut para ahli jika dijabarkan satu-satu tidak akan bisa habis.

Karena ada banyak sekali variasi dan pendapat. Bahkan, kamu pun juga bisa saja loh mendfinisikan secara mandiri.

Hanya saja pendapat kita mungkin tidak akan digugu lan dituru, karena kita bukanlah siapa-siapa, dan bukanlah orang –orang besar yang memiliki banyak penemuan atau melakukan banyak kajian.

Sedangkan suara para tokoh dan ahli apapun yang dikatakan akan menjadi pedoman dan pembelajaran. Hal ini karena faktor kredibiltas dan integfitas dari si tokoh. Dan itulah perbedaan orang besar dan orang biasa-biasa saja.

Nah, barangkali setelah membaca sedikit pembahasan ini kamu pun kelak menjadi salah satu tokoh ahli, perluas ilmu pengetahuan kamu dengan membaca Buku Pendidikan. Sehingga apa yang kamu katakana di masa yang akan datang akan didengarkan dan akan menjadi panutan. Sekian, semoga pembahasan ini bermanfaat.

Kontributor : Irukawa Elisa

Penyunting : Ridwan Karim

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang