VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Kenali Metode Pengambilan Keputusan

metode dalam pengambilan keputusan
toko buku kuliah

Kenali Metode Pengambilan Keputusan – Membicarakan metode dalam pengambilan keputusan, pastinya tidak jauh-jauh pembahasannya tentang sistem pendukung keputusan (SPK). Bisa dikatakan sistem SPK ini adalah sistem informasi berbasis komputer yang menghasilkan berbagai alternative keputusan dalam membantu manajemen. Tentu saja tujuannya untuk mendapatkan altenatif keputusan yang lebih terstruktur.

SPK sering juga disebut dengan Decision Support System (DSS). DSS inilah yang merupakan pengembangan dari sistem informasi manajemen terkomputerisasi yang terencana sedemikian rupa dan sifatnya interaktif. Buku karya Febrina Sari akan mengajak kamu memperkenalkan tentan gkonsep sistem pendukung keputusan dan masih banyak lain.

Kenali Metode Pengambilan Keputusan Melalui Buku Ini

Barangkali kamu salah satu yang mencari buku yang mengulas metode dalam pengambilan keputusan, kamu bisa dapatkan buku yang satu ini. Penasaran bukan mengulas dan membahas apa saja sih, langsung saja berikut spoiler ulasan buku secara garis besarnya.

1. Karakteristik dan Kemampuan Sistem Pendukung Keputusan

Selain diperkenalkan konsep sistem pendukung keputusan, kamu juga akan diajak berkenalan dengan karakteristik dan kemampuan sistem pendukung keputusan loh. Sistem pendukung keputusan tersebut terdiri dari mendukung seluruh kegiatan organisasi, mendukung beberapa keputusan yang saling berinteraksi dan dapat digunakan pula secara berulang dan bersifat konstan.

Tidak hanya itu, kemampuan sistem pendukung keputusan juga dapat membantu dalam menunjang pembuatan keputusan manajemen dalam menangani masalah semi terstruktur dan tidak terstruktur. Dapat pula untuk membantu membuat keputusan dan melakukan interaksi sistem.

2. Program Linear (Linear Programming Metode Grafik)

Buku metode dlam pengembalian keputusan ini akan mengupas tentang apa itu linear programing. Ada beberapa sub bab yang akan di bahas di bab ini, diantarannya bentuk umum persoalan linear programming. Barangkali ada yang belum tahu apa itu program linear? Program linear adalah salah satu model matematika yang digunakan untuk menyelesaikan masalah optimasi. Misalnya memaksimalkan atau meminimumkan fungsi tujuan yang bergantung pada sejumlah variabel input.

Adapun syarat yang harus dipenuhi dalam memecahkan linier programing loh. Pertama terkait fungi objektif harus didefinisikan secara jelas dan dinyatakan sebagai fungsi objektif yang linier. Misalnya jumlah hasil penjumlahan harus maksimal dan jumlah biaaya transfortasi juga minim.

Kedua, harus adannya alternative pemecahan untuk dipilih salah satu yang terbaik. Ketiga, sumber dan aktivitas memiliki sifat dapat ditambahkan. Keempat, fungsi objektif dan ketidaksamaan untuk menunjukan adannya pembatasan harus linier. Terakhir adannya variabel keputusan harus positif, tidak boleh negative. dan masihi banyak lagi. Tidak mungkin di tuliskan di artikel ini.

Baca juga : Ciri-Ciri Manajer Yang Baik dan Profesional

3. MetodePengambilan Keputusan :  Regresi Linear Sederhana

Pernahkah kamu mendengar tentang regresi linear sederhana? Regresi linier sederhana disebut juga dengan istilah Simple linear regression (SLR). Yang merupakan salah satu metode statistic yang dipergunakan dalam produksi melakukan peramalan ataupun prediksi tentang karakteristik kualitas maupun kuantitas.

SLR sering juga digunakan untuk melakukan menguji hubungan sebab akibat antara variabel faktor dengan variabel faktor akibatnya. Nah, variabel faktor disebabkan oleh banyak variabel, mulai bisa karena variabel independen, varaibel penjelas, variabel bebas dan variabel X.

Di bab ini pun kamu juga akan mempelajari tentang macam-macam analisa yang bisa untuk melihat hubungan penyusunan ramalan. Mulai dari analisa deret waktu hingga analisa cross section (causal model). Terkait dengan proses prediksi, umumnya disusun sesuai dengan pola hubungan data yang harus relevan. Nah, umumnya pada metode regresi, ada tiga kondisi.

Ketiga metode regresi tersebut karena adannya informasi tentang keadaan yang lalu. Ada juga metode informasi yang dapat dikualifikasikan dalam bentuk kata dan terakhir dapat dianggap atau diasumsikan bahwa pola hubungan yang ada, dan datayang telah lalu akan berkelanjutan di masa yang akan datang.

4. Metode Pengambilan Keputusan : Profile Matching

Pernahkah mendengar profie matching? Metode ini sebenarnya termasuk metode proses yang penting dalam manajemen SDM. Dimana metode ini secara garis besar merupakan proses membandingkan antara individu ke jabatan, demi mengetahui perbedaan kompetisinya.

Apabila ditemukan hasil semakin kecil gap yang dihasilkan nilainya besar. Semakin besar nilainya, semakin memiliki peluang dalam menempati sebuah posisi dalam organisasi profile matching. Jadi dalam metode profile matching ini ada tiga predictor variabel ideal yang harus dimiliki seseorang. Nah, kamu akan tahu setelah membaca buku langsung.

Buku berjudul metode dalam pengembalian keputusan, khususnya di bab metode profile matching ini akan dipaparkan pula langkah-langkah penyelesaian dan pengelompokan dari perhitungan kriteria core factor. Kamu pun juga akan diajak menyelami pengelompoakan dan perhitungan kriteria secondary faktor juga, sebelum di bagian akhir, dipaparkan bagaimana melakukan perhitungan nilai totalnya.

Detail Buku :

Buku Metode dalam Pengambilan Keputusan
Metode Dalam Pengambilan Keputusan
Pengarang Febrina Sari
Bidang Ilmu Manajemen
ISBN 978-602-453-576-6
Halaman xvi, 199 hlm
Harga Rp 112.000
 Tahun 2018

Beli Sekarang

Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda akan mendapatkan ilmu yang sangat banyak. Ayoo segera beli buku ini, hanya di sini bisa beli buku langsung dari penerbitnya. Lihat juga halaman Promo Buku untuk melihat promo atau diskon bukunya.

Sebenarnya masih ada bab yang akan di ulas di buku ini. masih ada banyak metode yang bisa kamu pelajari di buku ini. misalnya metode simple additive weighting, metode technique for order preference by similiarity to ideal solution dan masih banyak lagi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang