fbpx
flash sale toko buku online deepublish

Review Buku: Meningkatkan Produktivitas Kerja SDM dalam Organisasi dan Manajemen

buku manajemen sdm dalam organisasi
toko buku kuliah

Review Buku: Begini Meningkatkan Produktivitas Kerja SDM dalam Organisasi – Dalam sebuah organisasi dibutuhkan yang namannya kemampuan untuk mengelola. Dimana dalam mewujudkan pengelolaan yang baik, dibutuhkan sebuah konsep. Konsep menjadi alat memudahkan dalam memperlancar sistem yang berlaku. Sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Sayangnya, dalam sebuah organisasi tidak semua bisa mengelola sumber daa manusia ang ada di sana. Sumber daya manusia dalam hal ini bisa berupa tenaga kerja atau karawan yang terlibat dalam mengembangkan organisasi tersebut.

Berbagai macam permasalahan, bahkan masalah pribadi pun bisa mempengaruhi hasil kerja dan mempengaruhi output perusahaan atau organisasi itu sendiri. Nah, buku karya Dr. Zuki Kurniawan, S.E., M.Si. berjudul sumber daya manusia dalam organisasi dan manajemen ini buku yang pas dan tepat.

Buku terbitan Deepublish satu ini akan mengupas tuntas peningkatan sumber daya manusia. Setidaknya di sini kamu akan belajar pentingnya peran sumber daya manusia terhadap perusahaan atau organisasi Anda. Saya pun juga yakin jika setiap organisasi memiliki visi nilai, dan budayanya sendiri.

Nah, selain itu kamu pun juga akan mempelajari beberapa bab lain. Seperti mempelajari konsep dan dimensi sumber daya manusia dalam organisasi. Dan masih banyak lagi. Diantarannya akan mempelajari beberapa poin sebagai berikut.

Review & Isi Buku SDM dalam Organisasi dan Manajemen

Buku SDM dalam organisasi dan manajemen

Detail Buku :

Judul Buku         : Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi dan Manajemen
Penerbit              : Deepublish
Pengarang          : Uba Umbara
ISBN                      : 978- 602-401-234-2
Ukuran                : 17.5×25 cm
Halaman              : viii, 120 hlm

1. Meningkatkan Kepuasan Kerja

Tidak dapat dipungkiri dalam menjalankan organisasi atau perusahaan, kepuasan kerja sebagai kunci dasar yang tidak boleh disepelekan. Karena jika disepelekan, dapat menimbulkan konflik internal bagi sumber daya manusia itu sendiri ataupun bagi perusahaan dalam waktu jangka panjang.

Kepuasan kerja memiliki banyak dimensi. Bisa mewakili sikap secara menyeluruh atau mengacu pada bagian pekerjaan seseorang. Setidaknya ada beberapa dimensi kepuasan kerja, diantarannya pekerjaan itu sendiri, upah dan promosi, kondisi kerja, rekan kerja, penyelia, atasan dan kesesuaian antara pekerjaan dan kepribadian.

Kelima dimensi tersebut harus diperhatikan, jika di abaikan. Maka ini bisa menjadi sebuah penyakit yang bermanivestasi menjadi ketidakpuasan kerja, hasil kerja menurun atau lainnya. Termasuk pula untuk memperhatikan yang namannya pengakuan, tunjangan, gaji, manajemen dan perusahaan, serta pelanggan atau bawahan.

Baca juga : 6 Rekomendasi Buku Manajemen SDM Terbaik

2. Pengembangan Karir Karyawan

Seperti yang disinggung sebelumnya, pengembangan karir juga menjadi poin penting dalam mengembangkan sumber daya manusia dalam organisasi dan manajemen. Salahs atu program pengembangan kemampuan pegawai untuk memberikan kepuasan atas prestasinya adalah dengan karir. Karir merupakan urutan posisi pekerjaan yang dimiliki oleh seorang pegawai selama bekerja.

Membicarakan tentang pengembangan karir, secaar prinsip memiliki persamaan pengertian yaitu adannya serangkaian posisi atau jabatan yang dipegang seseorang sepanjang kehidupan pekerjannya. Hal lain yang menyangkut pembahasan mengenai karir adalah sistem karir, yaitu sejumlah komponen yang saling terintegrasi yang mempengaruhi pengelolaan karir.

Ada beberapa komponen pengelolaan karir, yaitu kecenderungan lingkungan, kondisi organisasi, perkiraan dan kebutuhan unit kerja, program pengembangan, dukungan atasan dan evaluasi dan revisi program.

3. Meningkatkan Produktivitas Kinerja SDM

Tidak dapat dipungkiri dalam menjalan organisasi dan perusahaan tidak terlepas yang namannya masalah. Pastinya kita akan mendapatkan banyak masalah, salah satunya masalah kinerja pegawai. Kinerja pegawai yang baik dipengaruhi dan ditentukan oleh kemampuan dan keterampilan yang memadai bagi seorang pegawai.

Kemampuan adalah bakat seseorang untuk melakukan tugas mental, atau fisik. Keterampilan adalah bakat hasil belajar yang menatakan bahwa seseorang telah siap untuk melakukan. Masalahnya adalah, akan terjadi ketidakefektifan jika banyak karyawan yang tidak memiliki kemampuan sekaligus tidak memiliki skill.

Oleh sebab itu, kelangsungan hidup sebuah organisasi atau perusahaan tergantung oleh prestasi kerja karyawan. Bagaimanapun juga, karawan merupakan unsur terpenting yang harus mendapatkan perhatian. Pencapaian tujuan perusahaan menjadi kurang efektif apabila banyak karyawan tidak berprestasi dan hanya menimbulkan pemborosan.

Di bab ini kamu juga akan mempelajari tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Ini sangat penting dipahami dan dikuasai. Setidaknya dengan memahami dan mengetahui, mampu meminimalisir timbulnya risiko yang sekiranya bisa merugikan perusahaan dalam jangka panjang.

4. Kepemimpinan

Tidak terlalu jauh dengan dunia sumber daya manusia, pastinya juga akan bersinggungan dengan yang namanna sebuah kepemimpinan. Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kecakapan sekaligus memiliki pengaruh pada pengikutnya. Nah, untuk melihat jiwa kepemimpinan disetiap orang pun tidak mudah.

Meskipun tidak mudah, di dalam buku ini nantinya kamu akan mempelajarinya. Kamu akan tahu apa saja ciri-ciri menjadi seorang pemimpin. Mengingat melihat potensi pada karyawan itu bagaikan mencari intan di dasar laut. Di bab ini pula, kamu juga akan mempelajari yang namannya teori-teori kepemimpinan. Dimana teori kepemimpinan ini pula juga bisa dipraktekan agar bisa menjadi seorang pemimpin yang berwibawa.

Buku setebal 106 halaman ini sangat cocok buat kamu yang berkecimpung di dunia manajeme, organisasi dan HRD. Karena semua yang akan di ulas di sini akan tersaji dengan lengkap dan gamblang.

Semoga Review Buku: Meningkatkan Produktivitas Kerja SDM dalam Organisasi dan Manajemen ini bermanfaat. Share artikel ini ke teman-teman kalian ya.

Tidak menemukan buku yang Anda cari? Tenang, stok buku manajemen sdm masih sangat banyak. Kunjungi laman ini : Buku Manajemen.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :