VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Mengenal Al-Azhar Sebagai Kampus Impian Para Santri

mengenal al azhar
toko buku kuliah

Mengenal Al-Azhar Sebagai Kampus Impian Para SantriBerbicara tentang Al-Azhar, benak kita langsung mengarah pada salah satu negara di benua Afrika sekaligus merupakan negara pertama di dunia yang mengakui Kedaulatan Indonesia pada 17 Agustus 1945: Mesir.

Sebagaimana yang kita tahu, Mesir dikenal sebagai salah satu negara maju di dunia dan  diakui secara luas sebagai pusat budaya dan politik utama di wilayah Arab dan Timur Tengah.

Mesir juga termasyhur dengan peradaban kunonya dan beberapa monumen kuno termegah di dunia, seperti Piramid Giza,Kuil Karnak,Lembah Raja, serta Kuil Ramses. Di Negeri Para Nabi inilah salah satu universitas Islam tertua di dunia, Al-Azhar, berdiri dengan kokohnya.

Mengenal Al-Azhar Sebagai Kampus Impian para Santri

Al-Azhar merupakan universitas Islam yang didirikan pada masa dinasti Bani Fathimiyah, Maghrib (saat ini Negara Maroko). Kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo adalah mimpi sebagian besar santri seluruh Indonesia. Mengapa demikian? Ada beberapa faktor yang menggugah minat mereka, di antaranya:

  1. Para ustaz yang mengajar di pesantren mayoritas adalah alumni Al-Azhar.
  2. Ingin meneruskan studi bahasa Arab sebagai kelanjutan pendidikan di pesantren.
  3. Buku-buku pelajaran yang menceritakan kampus Al-Azhar dan beberapa tempat bersejarah di Mesir, seperti cerita Al-Ahrom (Piramida), Qonathir Al Khoiriyah, dan kampus Al-Azhar sendiri.
  4. Al-Azhar merupakan kampus Islam tertua di dunia.

Kuliah di Al-Azhar tidaklah mudah. Tidak hanya dibutuhkan kesiapan mental dan materi saja, mahasiswa harus mengikuti seleksi tes yang sangat berat: menguasai bahasa Arab dan hafal Alquran minimal 10 juz.

Selain itu, lanjut ke tingkat berikutnya, mahasiswa akan dihadapkan dengan beragam tes yang mengharuskannya menyepi untuk belajar siang dan malam.

Welcome to Al-Azhar, sebuah buku sarat motivasi bernuansa islami. Diperkaya dengan kisah-kisah yang penuh “warna” membuat pembaca tidak akan bosan membacanya. Membaca buku ini, kita seolah menjadi satu bagian di dalamnya.

Al-Azhar berasal dari kata “zahra” yang berarti bercahaya dan berkilauan. Begitu pun buku ini semoga dapat menjadi cahaya bagi para generasi muda Indonesia dalam menentukan kelanjutan pendidikan mereka. Begitu hidup dan menginspirasi.

Dapatkan Buku Agama Islam Terbaik hanya di Penerbit Deepublish.

(Dyah Wuri Handayani)

Sumber: Nuridwan, Ihwan. 2015. Welcome to Al-Azhar. Sleman: Deepublish.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang