Hakikat dan Ruang Lingkup Sosiologi

pengertian, hakikat, dan ruang lingkup sosial

Ruang Lingkup Sosiologi – Bermasyarakat merupakan kewajiban yang tidak terlupakan oleh manusia. Ilmu sosial inilah yang memahami dan mempelajari tentang interaksi antar manusia, yaitu sosiologi. 

Menurut pengertian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sosiologi merupakan ilmu pengetahuan atau ilmu tentang sifat dan perkembangan masyarakat, ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya. 

Sosiologi berasal dari kata latin socius yang berarti kawan atau teman, dan kata Yunani yaitu logos yang memiliki arti pengetahuan. 

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Emile Durkheim

Menurut Emile, ia mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta fakta sosial yaitu fakta-fakta yang berisikan cara bertindak, berpikir, dan perasaan di luar individu, fakta-fakta tersebut mempunyai kekuatan untuk mengendalikan individu. 

Pitirin A. Sorokin

Menurut Pitirin, dia mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan timbal balik antara aneka macam gejala sosial. 

Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Menurutnya, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial. 

Max Weber

mengatakan bahwa Sosiologi adalah ilmu yang berhubungan dengan pemahaman interorientasi mengenai tindakan sosial dan juga berhubungan dengan suatu penjelasan sebab akibat mengenai arah dan konsekuensi tindakan itu.

Hakikat Ilmu Sosiologi

Berikut ini hakikat ilmu sosiologi yang wajib diketahui oleh penggiat ilmu sosiologi.

  1. Sosiologi termasuk rumpun ilmu-ilmu sosial yang berhubungan dengan gejala- gejala kemasyarakatan.
  2. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang kategoris, artinya Sosiologi membatasi diri dengan apa yang terjadi (das sein) dan bukan apa yang seharusnya terjadi (das sollen).
  3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang murni, karena bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak, bukan ilmu pengetahuan terapan atau terpakai.
  4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak, artinya yang diperhatikan adalah pola dan peristiwa yang terjadi di dalam masyarakat. 
  5. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum. Sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip atau hukum- hukum umum dari interaksi antar manusia dan perihal sifat, hakikat, isi dan struktur masyarakat manusia.
  6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang rasional, terkait dengan metode yang dipergunakannya. 
  7. Sosiologi termasuk ilmu pengetahuan yang umum dan bukan merupakan ilmu pengetahuan yang khusus. Artinya Sosiologi mengamati dan mempelajari gejala-gejala umum yang ada pada setiap interaksi dalam masyarakat secara empiris.

Pengertian Ruang Lingkup

Sebelum masuk kedalam ruang lingkup sosiologi, kita perlu dulu memahami apa itu ruang lingkup. Ruang Lingkup adalah penjelasan tentang suatu batasan pada topik yang terdapat dalam suatu masalah. Ditafsirkan secara luas, ruang lingkup adalah batasan.

Pembatasan ini terkait ruang lingkup adalah mungkin bisa dalam bentuk faktor yang akan diperiksa seperti bahan, lokasi, waktu, kondisi alam, dan lain sebagainya. Ruang lingkup ini tujuannya supaya pembahaman dan pembahasan dapat terstruktur dengan baik dan memberikan hasil yang lebih akurat lagi.

Ruang Lingkup Sosiologi

Ruang Lingkup Sosiologi mencakup pengetahuan dasar pengkajian kemasyarakatan yang meliputi: 

  1. Nilai-nilai dan norma-norma sosial yang mendasari atau memengaruhi sikap dan perilaku anggota masyarakat dalam melakukan hubungan sosial.
  2. Kedudukan dan peran sosial individu dalam keluarga, kelompok sosial, dan masyarakat.
  3. Masyarakat dan kebudayaan daerah sebagai submasyarakat serta kebudayaan nasional Indonesia.
  4. Perubahan sosial budaya yang terus-menerus berlangsung yang disebabkan oleh faktor faktor internal maupun eksternal. 
  5. Masalah-masalah sosial budaya yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. 

Objek Sosiologi

A. Objek Material

Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri. 

B. Objek Formal

Objek formal sosiologi, yaitu ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi adalah hubungan antar manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

Objek Kajian Sosiologi

Dengan kata lain yang menjadi kajian sosiologi adalah sebagai berikut. 

  1. Hubungan timbal balik antara manusia dengan manusia lainnya.
  2. Hubungan antara individu dengan kelompok. 
  3. Hubungan antara kelompok satu dengan kelompok lain.
  4. Sifat-sifat dari kelompok-kelompok sosial yang bermacam macam coraknya.

Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu pengetahuan

  1. Bersifat Empiris artinya sosiologi itu didasarkan pada pengamatan dan penalaran. Pengamatan berarti semua yang berhubungan dengan panca indera manusia, yang dialaminya dalam kehidupan sosial. Sedangkan penalaran berarti semua yang berhubungan dengan akal budi manusia atau yang bersifat rasional.
  2. Bersifat Teoritis artinya sosiologi itu sudah memiliki sejumlah teori. Dan teori itu sendiri secara sederhana dapat dikatakan sebagai hubungan antara dua variabel atau lebih, dimana hubungan itu merupakan hubungan sebab akibat atau saling mengakibatkan.
  3. Bersifat Kumulatif berarti teori sosiologi yang kita sebut di atas tidak sekaligus jadi, dia dibentuk dengan dasar teori lama yang disempurnakan, ditambah, diperhalus, diperbaiki, dan semakin lama semakin baik. 
  4. Bersifat Non etis artinya sosiologi dalam usahanya menggambarkan dan menjelaskan masyarakat atau individu sama sekali tidak bermaksud untuk menanyakan apakah masyarakat dilihat dari segi moral baik atau tidak

Rekomendasi Buku Sosiologi

Semoga pembahasan tentang pengertian sosiologi dan ruang lingkup sosiologi.

Penulis : Yusuf Abdhul Azis

Pondok Djawara Deepublish
Baca Materi Penting Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2021 All Right Reserved. Toko Buku Deepublish – CV. Budi Utama