Logo toko buku deepublish

Ilmu Sosial: Pengertian, Macam dan Konsep Dasar

ilmu sosial adalah konsep dasar ilmu sosial.
Bagikan

Ilmu sosial – Sebagai makhluk sosial, bukan hal asing pasti ada yang nama nya interaksi sosial, dan segala hal yang berkaitan dengan hubungan dengan orang lain.

Termasuk dampak kebutuhan keseharian seperti kebudayaan, sikap dan reaksi, aspek geografis, aspek norma dan peraturan hingga pendidikan dan kebutuhan materi. Setidaknya dari semua aktivitas tersebut termasuk ke dalam ilmu sosial. 

Ilmu sosial secara umum adalah cabang ilmu yang mempelajari kehidupan sosial manusia sebagai anggota masyarakat. Ilmu sosial dapat pula diartikan sebagai ilmu yang mendalami dan mengkaji terkait aspek kehidupan manusia di dalam kehidupan bermasyarakat.

Saat mempelajari ilmu sosial tidak dapat dipungkiri ada banyak sekali hal yang akan kita pelajari. Namun pada kesempatan kali ini kita akan fokus pada pengertian ilmu sosial menurut para ahli, macam-macam ilmu sosial dan konsep dasar ilmu sosial. Langsung saja kita simak ulasannya sebagai berikut. 

Pengertian Ilmu Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian ilmu sosial menurut para ahli ada banyak pendapat, dan memiliki definisi yang beragam. Nah, untuk lebih jelasnya, langsung kita intip ulasannya sebagai berikut. 

A. Lewis 

Ilmu sosial menurut Lewis mendefinisikan pengertian ilmu sosial sebagai cabang ilmu yang bertujuan untuk mencapai, menetapkan dan menghasilkan interaksi dalam kehidupan sehari-hari, yang diaplikasikan oleh warga negara atauun pemerintah 

B. Ruth Aylett 

Berbeda dengan endayat Ruth Aylett yang menekankan ilmu sosial banyak hal perbedaan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat. Meskipun berbeda tetap saling inheren dan terintegrasi. 

Promo Skripsian

C. Keith Jacobs 

Keith Jacobs menjelaskan ilmu sosial itu terbentuk apabila terjadi hubungan dalam sebuah komunitas tertentu, sampai menimbulkan keterhubungan satu dengan yang lain. 

D. Paul Ernest 

Dari beberapa pendapat diatas secara tidak langsung menyampaikan bahwa ilmu sosial sebagai interaksi sosial masyarakat. Nah, Paul Ernest pun memiliki pandangan yang berbeda. Jadi ilmu sosial tidak sekedar mempelajari interaksi dan jumlah manusia secara individu, tetapi masyarakat yang memiliki keterhubungan untuk melakukan sebuah kegiatan secara bersama. 

E. Lena Dominelli 

Sementara Lena Dominelli ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari sebagian hubungan manusia yang belum utuh. Ketidak utuhan inilah yang mendorong manusia untuk memaklumi segala hal yang dianggap kurang.

Daftar Reseller

Itulah beberapa pengertian ilmu sosial menurut para ahli. Dari pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari interaksi manusia dengan manusia yang lain. Termasuk juga individu dengan kelompok atau sebaliknya.

Ilmu sosial pun tidak sekedar mempelajari tentang interaksi manusia, tetapi juga mempelajari tentang ketergantungan atau simbiosis mutualisme. Karena interaksi sosial rawan terjadinya konflik, maka ilmu sosial pun juga akan mempelajari tentang konflik yang ditimbulkan oleh masyarakat/individu ataupun kelompok.

Macam-Macam Ilmu Sosial

Sementara ketika kita mempelajari tentang macam-macam ilmu sosial, ternyata ada banyak sekali macamnya. Dimana macam ilmu sosial ini jika kita pelajari di bangku perkuliahan ada banyak sub cabang lain yang tidak kalah menarik. Langsung saja, berikut beberapa macam ilmu sosial yang perlu kamu tahu. 

1. Sosiologi

Sosiologi adalah cabang ilmu yang mmpelejari tentang struktur masyarakat. Di dalam struktur masyarakat terdapat beberapa hal yang akan kita pelajari tentang hubungan antarar manusia, kehidupan dengan masyarakat ataupun dengan kelompok. 

Adapun ciri dasar ilmu sosiologi, yaitu harus empiris, teritis, kumulatif, dan non-etis. Ketika kamu mempelajari ilmu sosiologi ada banyak sekali hal yang akan kamu pelajari. Jadi selain mempelajari tentang struktur masyarakat, kamu juga akan mempelajari tentang teori konflik, teori interaksionisme simbolik, dan masih banyak lagi.

2. Antropologi

Antropologi adalah cabang ilmu yang mempelajari juga tentang manusia jaman dulu hingga sekarang. Termasuk juga mempelajari tentang keberagaman kebudayaan yang muncul dan yang dijalankan oleh manusia. Antropologi secara singkat dapat pula diartikan sebagai sejarah evolusi perilaku manusia dalam menyikapi dan bagaimana manusia beradaptasi dan berkomunikasi dengan lingkungan. 

Para ilmuan yang mengembangkan ilmu antropologi disebut sebagai antropolog. Seorang antropolog memiliki tanggung jawab untuk meneliti dan mengembangkan perilaku sehari-hari masyarakat, upacara kebudayaan yang dijalankan masyarakat, dan termasuk juga ritual yang dianut di masyarakat tertentu. 

Daftar Open Reseller

Dari segi fungsinya, cabang ilmu antropologi hadir tidak sekedar memahami konsep hidup masyarakat. Tetapi juga dapat digunakan untuk membangun pengetahuan terhadap ilmu sosial, humaniora dan fisik serta biologi.

Maka saat mempelajari cabang ilmu ini, kamu juga akan mempelajari tentang sejarah evolusi, sejarah gizi, fisiologi, susunan genetika, budaya politik, keluarga, bahasa hingga agama.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Antropologi

3. Psikologi

salah satu sub cabang ilmu sosial ada juga yang disebut dengan ilmu psikologi. psikologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tingkah laku, sikap dan hubungan antar manusia. Dimana manusia diciptakan lebih tinggi dan unik dibandingkan dengan makhluk-makhluk lain (hewan, tumbuhan atau sebangsa setan). 

Fokus ilmu psikologi tidak seperti halnya cabang ilmu yang sudah disebutkan di atas. Jadi ilmu psikologi lebih menekankan pada kepribadian dan latar belakang kenapa seseorang melakukan sikap seperti ini ataupun seperti itu. Termasuk juga mempelajari terkait dengan hubungan tingkah laku dan fase perkembangan pribadi manusia.

Ilmu psikologi juga akan mempelajari tentang jiwa manusia yang sakit, khususnya sakit secara jiwa. Di dalam ilmu psikologi pun masih ada banyak sekali sub cabang yang dapat kita pelajari. Misalnya ada cabang ilmu psikologi sosial, psikologi kognitif, psikologi intelegensi dan masih banyak lagi. 

Ebook Panduan Jadi Reseller

4. Ilmu Politik

cabang ilmu politik adalah cabang ilmu yang mempelajari dunia perpolitikan, baik dalam perspektif nasional maupun internasional. Ilmu politik akan menjangkau tentang apa itu yang nama nya demokrasi, apa itu yang nama nya parlemen, politisi, pemerintahan dan pemilihan umum. Jika selama ini kata politik selalu diidentikan dengan pemerintah dan kenegaraan, ternyata politik tidak sekedar mengulas tingkat kenegaraan saja loh.

secara tindakan, ilmu politik sebenarnya tidak teratur. Sementara ilmu politik ini sering dimanfaatkan untuk membentuk konsep, struktur argumentasi dan membentuk nama. Politik dapat pula diartikan sebagai kesepakatan antar manusia sehingga menciptakan bersamaan, kemasyarakatan, membangun interaksi sekaligus membangun sebuah kelompok (suku, negara atau kota). 

Tahukah kamu jika ilmu politik awal mulanya sebagai cabang filsafat. Namun secara prakteknya lebih banyak bersinggungan dengan masyarakat akhirnya masuk ke ranah ilmu sosial. Ketika kamu mempelajari politik, kamu pun juga akan mempelajari tentang teori ekonomi politik, sejarah pemerintahan, proses konflik, politik komparatif, administrasi publik dan masih banyak lagi.

5. Ilmu Sejarah

Sejarah adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang peristiwa penting di masa lalu. Tentu saja untuk mendapatkan data masa lalu dibutuhkan kajian dan penelitian secara sistematis dan mengikuti perkembangan zaman. 

Ilmu sejarah bisa dikatakan sebagai ilmu yang penting sebab memiliki ruang lingkup ilmu sejarah yang luas. Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan saat mempelajari cabang ilmu satu ini, diantaranya bermanfaatkan dalam membantu memahami identitas, meningkatkan wawasan dunia maupun masyarakat, membentuk pribadi yang cerdas dan tahu jati diri bangsa, membantu memahami masalah yang terjadi.

6. Ilmu Ekonomi

Sementara yang dimaksud dengan ilmu ekonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari tingkah laku dan aktivitas manusia dengan cara memanfaatkan sumber daya yang terbatas. Di sini juga akan mengulas seputar produksi barang dan jasa, pertumbuhan perekonomian, bagaimana memanfaatkan sumber daya, dan bagaimana memenuhi kesejahteraan, serta bagaimana memasarkan produk agar terserap dengan baik. 

Ilmu ekonomi itu sendiri dapat dikatakan sebagai cabang ilmu yang memiliki keberagaman cabang ilmu lain. Adapun tiga cabang saat kamu mempelajari tentang ilmu ekonomi, yaitu ada cabang ilmu ekonomi terapan, ilmu ekonomi teori dan ilmu ekonomi deskriptif. Dimana dari masing-masing cabang tersebut memiliki penjabaran lebih spesifik dan lebih lengkap lagi.

Contoh cabang ilmu yang akan kamu pelajari lebih dekat ada ilmu ekonomi makro, ilmu ekonomi mikro, ilmu ekonomi publik, ilmu ekonomi moneter, ilmu ekonomi sumber daya manusia, ilmu ekonomi internasional, ilmu ekonomi regional, ilmu ekonomi industri dan masih banyak lagi.

7. Ilmu Geografi

Ilmu geografi adalah cabang ilmu yang mempelajari aktivitas manusia sekaligus mempelajari interaksi alam semesta. Termasuk akan mempelajari tentang pola ruang tertentu. Secara keseluruhan, geografi adalah ilmu yang juga akan mempelajari tentang fenomena tertentu. 

Dimana fenomena yang terjadi ini mampu menciptakan pola pikir, wawasan konseptual dan juga mempelajari tentang tata keruangan seperti bagaimana cara mengelola lingkungan hidup, bagaimana cara merencanakan dan mengembangkan wilayah, termasuk juga transportasi, pemasaran, perbankan dan manajemen.

Itulah beberapa macam-macam ilmu sosial. Ternyata ilmu sosial memiliki banyak cabang yang sangat luas. Setiap macam ilmu sosial pun memiliki cabang lagi yang pembahasannya juga cukup kompleks. Dari beberapa macam tersebut, cabang manakah yang membuat kamu tertarik mendalaminya? 

Konsep Dasar Ilmu Sosial

Ilmu sosial dianggap sebagai ilmu yang sekedar mempelajari hubungan dengan manusia. Padahal, ilmu sosial lebih dari itu. Ilmu sosial memiliki konsep dasar yang cukup kompleks. Apa saja sih konsep dasar tersebut? Berikut beberapa hal penting yang perlu kamu pahami, Sebagai berikut. 

1. Proses Sosial 

proses sosial adalah hubungan atau pertemuan individu dengan individu ataupun dengan kelompok, yang kemudian melakukan hubungan dan membentuk sebuah sistem dan menciptakan sebuah perubahan. Proses sosial dapat pula diartikan sebagai upaya individu atau masyarakat saling memberikan pengaruh secara timbal balik terhadap kehidupan orang-orang yang ada disekitarnya. 

Terbentuknya proses sosial tidak muncul begitu saja. Pasti ada hal yang mempengaruhinya. Ada dua faktor dasar yang mempengaruhi terbentuknya proses sosial, yaitu sebagai berikut.

A. Faktor Intra Estetik 

Faktor intraestetik menekankan pada gagasan yang memiliki manifestasi para corak, bentuk, asas estetik, unsur dan konsep. 

B. Faktor Ekstraestetik 

sementara faktor ekstra estetik lebih fokus pada aspek-aspek seperti aspek psikologis, sosial, lingkungan alam, proses sosial, perubahan dan kebutuhan hidup 

Entah disadari atau tidak, proses sosial sebenarnya memberikan perubahan pada masyarakat, karena sifat dari proses sosial adalah perubahan dan memunculkan sesuatu yang baru melalui tahap bargaining atau tawar menawar.

2. Interaksi Sosial

Interaksi sosial pada dasarnya bentuk lain dari proses sosial. Kunci dari semua kehidupan sosial itu sendiri terletak pada interaksi sosial. Tanpa adanya interaksi dalam kehidupan bermasyarakat, maka tidak akan melahirkan kehidupan kebersamaan dan tidak juga menghasilkan perubahan. 

Secara tidak langsung, interaksi sosial memiliki hubungan yang dinamis yang dapat menghubungkan antar individu dengan individu ataupun dengan kelompok. Dari interaksi hubungan inilah yang nantinya akan mempengaruhi, memperbaiki dan mengubah perilaku ataupun sikap dalam tatanan masyarakat. 

Interaksi sosial tidak akan terlaksana jika tidak memenuhi syarat. Jadi ada dua syarat terpenuhinya interaksi sosial yaitu social contact atau kontak sosial dan komunikasi.

Di era serba digital seperti sekarang, makna adanya kontak memiliki cakupan lebih luas. Mungkin dulu yang disebut kontak harus bertatap dan berinteraksi secara langsung, bertatap muka. Namun sekarang, kontak secara tidak langsung melalui online sekalipun sudah termasuk kontak.

Baca juga artikel Pengertian Interaksi Sosial

3. Kontak Sosial 

Kontak sosial adalah interaksi atau hubungan yang terbangun adanya lawan komunikasi. Dimana mereka saling berinteraksi satu dengan yang lain. 

Macam-macam kontak sosial ada dua, yaitu

A. Kontak fisik 

Seperti yang disinggung dalam interaksi sosial, bahwa kontak sosial memiliki dua jenis, salah satunya kontak fisik. Kontak fisik atau kontak secara langsung terjadi apabila terjadi interaksi secara langsung, dilakukan secara bertatap muka. 

B. Kontak tidak langsung 

Sebaliknya, kontak tidak langsung adalah interaksi yang dilakukan melalui alat perantara. Misal di era teknologi canggih seperti sekarang, kita bisa berinteraksi dengan orang lain dengan cara pesan singkat, dan dapat melakukannya secara virtual yang mana sekarang banyak aplikasi dan sarana online lain yang dapat digunakan. 

Jadi kontak sosial pada dasarnya aksi dari individu ataupun kelompok merespon maksud orang lain. Oh iya, kontak sosial tidak sekedar berbentuk dalam tindakan saja. Tetapi juga termasuk reaksi atau respons orang lain terhadap tindakan orang lain. Bentuk kontak sosial ini pun ada yang bersifat positif maupun negatif.

4. Komunikasi 

Komunikasi salah satu syarat interaksi sosial yang harus ada. jadi yang dimaksud dengan komunikasi adalah upaya individu/kelompok menyampaikan dan menerima pesan dari orang lain. Tentu saja bentuk dari komunikasi inipun beragam. Ada yang berbentuk gagasan ataupun ide yang bertujuan untuk memberikan pengaruh satu sama lain. 

Komunikasi akan berjalan dengan baik apabila memenuhi beberapa komponen seperti berikut. 

  1. Pihak komunikator mengirim pesan kepada komunikan
  2. Kemudian pihak komunikan menerima pesan tersebut. 
  3. Pesan yang disampaikan oleh komunikator beragam, bisa berbentuk ide, gagasan ataupun argumentasi. 
  4. Kemudian pihak komunikan memberikan umpan balik atau memberikan tanggapan terhadap pesan yang telah diterimanya. 
  5. Sementara untuk media penyampaian pesan ada banyak bentuk. Ada yang berbentuk tulisan, gambar, lisan ataupun dalam bentuk film.

Bentuk komunikasi dapat disampaikan menggunakan bahasa yang dipahami. Dapat pula disampaikan dalam bentuk simbol yang dipahami oleh lawan bicara. Terjadinya komunikasi terjadi apabila terjadinya kontak. Kehadiran komunikasi inilah yang mendorong masyarakat atau individu untuk membangun sebuah kerjasama yang saling memberikan dampak dan saling menguntungkan satu dengan yang lain.

Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu tahu tentang ilmu sosial. Ternyata ilmu sosial memiliki banyak sekali cabang ilmu, yang mana setiap cabang ilmu tersebut jika dipelajari lebih dalam lagi memiliki sub-sub cabang ilmu lain yang cukup kompleks. 

Jadi buat kamu nih yang tertarik mempelajari ilmu sosial, dapat memilih salah satu dari macam-macam ilmu sosial. Kenapa harus memilih? Agar tidak terlalu berat dan pusing dalam mendalami. Semoga sedikit ulasan ilmu sosial ini memberikan wawasan dan pemahaman. (Irukawa Elisa)

Baca juga artikel ilmu sosial berikut ini.

Baca Materi Penting Lainnya