Logo toko buku deepublish

Apa Itu Ilmu Psikologi: Pengertian, Lambang dan Sejarah

apa itu ilmu psikologi
Bagikan

Pengertian ilmu psikologi – Dunia digitalisasi tidak hanya mendorong masyarakat bergerak serba cepat. Ternyata ada dampak negatif yang ditimbulkan. Salah satunya adalah tingkat stress yang dialami masyarakat lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak bermain dan tidak memiliki smartphone.

Tingginya tingkat stress inilah banyak orang yang mencari jasa psikolog untuk mengurangi ketidakberesan mental mereka. Maka tidak heran jika lulusan psikologi kini semakin diminati. Sampai di sini, mungkin ada sebagian dari kalian yang penasaran, apa sih pengertian ilmu psikologi? Nanti akan kita ulas lengkap. 

Oh iya, pengertian ilmu psikologi tidak hanya mengulas tentang dunia psikolog atau psikiater saja loh. tetapi juga di dunia industri dan masih banyak banget peluang kerja yang dicari dari lulusan psikologi.

Nah, buat kamu yang ingin kuliah mengambil jurusan psikologi, kamu wajib tahu pengertian ilmu psikologi itu apa, sejarah, hakikat dan jenis ilmu psikologi. Langsung saja kita simak ulasannya sebagai berikut.

Pengertian Psikologi

Pengertian ilmu psikologi adalah cabang ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku dan mental seseorang secara ilmiah. Tentu saja apa yang dipelajari berdasarkan kasus penelitian yang spesifik. Orang-orang yang melakukan penelitian mental dan perilaku dan mereka masuk ke dalam ahli, dapat disebut psikolog.

Ada juga yang mengartikan bahwa psikolog termasuk dalam ilmuan kognitif, ilmuwan sosial dan ilmu perilaku karena mempelajari perilaku dan mental sosial.

Pengertian ilmu psikologi secara umum, diambil dari kata Yunani yaitu “psyche” yang dapat diartikan sebagai jiwa. Kemudian diambil juga kata “logos” yang dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan. Maka jika digabungkan kedua kata tersebut, psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa seseorang, mulai dari mengenali/mengamati gejala, proses hingga latar belakang seseorang. 

Promo Skripsian

Berbicara tentang pengertian ilmu psikologi, ada banyak pendapat. Tergantung siapa yang mengartikan atau mendefinisikan nya. Kamu bisa simak pengertian psikologi menurut para ahli di sub bab dibawah ini.

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian ilmu psikologi ternyata memiliki banyak perspektif. Inilah yang menarik saat kita mempelajari tentang ilmu psikologi. Kita bisa mempelajari perilaku dan karakter seseorang dengan banyak pilihan cara. Diantaranya menurut beberapa para ahli berikut. 

1. Gerungan 

Menurut Gerungan pengertian ilmu psikologi dapat diartikan sebagai ilmu jiwa. Secara garis besar, ilmu jiwa adalah khayalan dan spekulasi tentang jiwa itu sendiri. Perspektif lain tentang ilmu psikologi, gerungan mengartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang jiwa. Dimana jiwa tersebut dapat didapatkan menggunakan metode ilmiah tertentu dan dilakukan secara tersistematis.

2. Gardner Murphy 

Daftar Reseller

Salah satu ahli psikologi yang akan sering kita dengar nama nya adalah adalah gardner murphy. Pengertian ilmu psikologi menurutnya adalah ilmu yang mempelajari reaksi seseorang atas stimulus yang diberikan. Jadi mempelajari tanggapan seseorang terhadap lingkungan jika mendapatkan stimulus tertentu. 

3. Clifford T. Morgan 

Sementara menurut Morgan, pengertian ilmu psikologi sebagai cabang ilmu yang tidak hanya mempelajari tingkah laku manusia saja, tetapi juga mempelajari tingkah laku hewan. 

4. Plato dan Aristoteles 

Menurut para ahli psikologi yang familiar kita pelajari nanti ada Plato dan Aristoteles. Ternyata mereka juga memiliki pandangan berbeda tentang pengertian ilmu psikologi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari hakikat jiwa manusia, serta mempelajari proses hingga akhir proses manusia. 

5. Wilhem Wundt 

Pengertian ilmu psikologi menurut Wilhelm, ilmu yang mempelajari pengalaman yang dirasakan oleh manusia. Termasuk Pengalaman dalam merasakan perasaan, pikiran, feeling dan kemampuan panca indra dalam menanggapi stimulus.

6. Bimo Walgito 

Sementara Bimo Walgito mengartikan pengertian ilmu psikologi sebagai cabang ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Dimana ilmu tersebut diperoleh melalui cara observasi perilaku dan aktivitas yang membentuk perilaku seseorang itu sendiri.

Arti Lambang Psikologi

Ternyata memahami pengertian ilmu psikologi belum cukup. Buat kamu yang ingin mengambil jurusan psikologi juga harus tahu tentang arti lambang psikologi. Pastinya kamu sudah tahu lambang psikologi seperti apa bukan? Ternyata setiap bentuk yang digambar dari psikologi memiliki makna. Penasaran? Langsung saja kita simak dibawah. 

1. Lambang Psikologi 

Bentuk lambang psikologi seperti ini 𝚿 disebut dengan trisula. Dimana logo psikologi ini dibuat tidak asal-asal dan serampangan loh. Ternyata memiliki filosofis. Oh iya, sebagai tambahan informasi saja, simbol Trisula ini diambil dari alfabet asal Yunani, ya wajar karena memang asal mula ilmu ini adalah para ilmuwan Yunani. 

Daftar Open Reseller

2. Alfabet Yunani 

Jadi simbol 𝚿 (trisula) diambil alfabet urutan ke dua puluh tiga. Dimana simbol 𝚿 disebut dengan “Psi” dengan memiliki nilai numerik 700. Nah, jika besok kamu mempelajari pengertian ilmu psikologi di kampus, kamu akan berkenalan dengan tokoh bernama Sigmund Freud. 

Sigmund Freud inilah tokoh yang memaknai simbol 𝚿. Jadi simbol tersebut memiliki tiga aspek dasar perilaku manusia terhadap lingkungan, yaitu Id, Ego dan Superego. dimana tiga aspek dasar inilah yang menjadi dasar lahirnya perilaku manusia yang dinamis.

Ternyata selain mempelajari pengertian ilmu psikologi ada yang lebih menarik, yaitu mengenal lambang psikologi. Apalagi jika kita mempelajari ilmu psikologi itu sendiri. Ada banyak sekali cabang dan ilmu yang akan kamu dipelajari di sana, dijamin tidak akan menyesal mengambil jurusan satu ini.

Sejarah Ilmu Psikologi

Setelah ngintip pengertian ilmu psikologi, kita akan mengulas sejarah ilmu psikologi secara singkat. Jadi sejarah psikologi terbagi menjadi tahap, yaitu tahap sebelum dan sesudah menjadi ilmu yang berdiri sendiri. 

1. Tahap Sebelum Psikologi Sebagai Ilmu yang Berdiri Sendiri 

Jadi ilmu psikologi sebelum menjadi ilmu yang berdiri sendiri terjadi pada 1879 oleh Wilhelm Wundt di Leipzig. Kala itu, psikologi masih masuk ke cabang ilmu filsafat dan ilmu faal, dan memang kedua cabang ilmu inilah yang nantinya melahirkan cabang ilmu psikologi. Maka tidak heran jika ilmu psikologi itu sendiri banyak ilmu,teori tentang dua cabang tersebut. 

Wilhelm Wundt membuat laboratorium psikologi di Leipzig. Di sanalah dimulai penelitian tentang gejala kejiwaan secara objektif dan sistematis. Singkat cerita, lahir dan dibentuklah teori-teori kejiwaan dan kemudian berdirilah cabang ilmu psikologi. 

Ebook Panduan Jadi Reseller

2. Tahap Setelah Psikologi Sebagai Ilmu Sendiri 

Setelah ilmu psikologi berdiri sebagai cabang ilmu. Banyak peneliti dan ilmuwan yang mengembangkan ilmu ini. Singkat cerita setelah Wundt Di Leipzig, psikologi pun terus berkembang. Hingga ilmu psikologi memiliki beberapa aliran, misalnya aliran behaviorisme, strukturalisme, dan fungsionalisme.

Ajaran Wundt pun akhirnya disebarluaskan oleh E. B. Titchener di tahun 1867-1927 di Amerika Serikat. Sayangnya, aliran Wundt tidak mendapat perhatian, karena pemikiran masyarakat kala itu memilih yang praktis dan pragmatis.

Hikmahnya, justru melahirkan aliran psikologi lain, yaitu aliran fungsionalisme yang menekankan pada fungsi jiwa daripada mempelajari strukturnya. Psikologi terus berkembang, ada perbedaan pandangan dari para tokoh itu hal biasa. 

Adanya perbedaan dan pertentangan inilah yang justru melahirkan aliran dan ilmu psikologi baru. Jadi aliran fungsionalisme dianggap masih kurang, sehingga melahirkan aliran lain yang mempelajari psikologi pada hal-hal yang objektif yang dapat diukur.

Adapun tokoh yang mengembangkan kala itu, misal ada J. B. Watson, E.C. Tolman dan tokoh psikologi yang familiar kita dengar adalah B. F. Skinner.

Itulah sekilas sejarah ilmu psikologi, yang sebenarnya jika kamu pelajari secara langsung di bukunya, sejarah psikologi sangat panjang sekali. Tentu saja kamu akan mempelajari secara tuntas saat mengambil jurusan ini.

Fungsi Psikologi Sebagai Ilmu 

Lahirnya sebuah ilmu pengetahuan, termasuk cabang ilmu psikologi tentu saja memiliki fungsi. Nah, setidaknya ketika kamu mempelajari pengertian ilmu psikologi kamu akan memiliki tiga fungsi ilmu, sebagai berikut. 

1. Menjelaskan

Kelahiran ilmu psikologi tidak lain hadir untuk menjelaskan tentang apa, mengapa dan bagaimana tingkah laku seseorang muncul. Tentu saja penjelasan agar dapat diterima harus ditulis deskriptif, objektif dan berdasarkan kajian dan data-data dari hasil penelitian. 

2. Memprediksi 

Adapun fungsi lain, yaitu berfungsi untuk memprediksi atau meramalkan apa dan dan mengapa seseorang berperilaku seperti ini dan seperti itu. 

3. Pengendalian 

Fungsi yang terakhir, berkat lahirnya penemuan dan ilmu-ilmu tentang psikologi yang sudah ada, maka psikologi berperan dan berfungsi sebagai kontrol atau pengendalian tingkah laku seseorang agar tidak menyimpang dari norma yang ada di masyarakat.

Itulah beberapa fungsi psikologi sebagai ilmu. Pada kenyataannya, ada fungsi lain misalnya untuk mengobati seseorang yang mengalami gangguan psikis, mental dan masih banyak lagi.

Hakikat Ilmu Psikologi

Pembahasan tentang pengertian ilmu psikologi di atas jika kita ambil dasar atau hakikat ilmu psikologi ada tiga hal, sebagai berikut. 

1. Scientific 

Jadi dasar psikologi lahir sebagai sistem pengetahuan yang bersifat membangun metode ilmu melalui kerja ilmiah. Kita tahu bahwa mulianya ilmu pengetahuan analoginya sebagai senter atau lampu di tengah kegelapan. Jadi pengetahuan sebagai penerang. 

2. Behavior 

Hakikat ilmu psikologi itu sebagai ilmu yang dapat dilihat. Misal mempelajari tentang emosi, kita bisa melihat emosi itu dalam bentuk emosi bahagia, ditandai fisik seperti tersenyum dan ceria. Sementara emosi sedih ditandai dengan menangis, gerakan mata dan masih banyak lagi. 

3. Mental Processes 

Hakikat psikologi juga sebagai mental proses, dimana terjadi internal events pada diri seseorang. Misal perasaan haru, kecemasan, mimpi, berfikir dan masih banyak lagi.

Itulah tiga hakikat ilmu psikologi. Setelah mengintip sekilas tentang hakikat psikologi, kamu juga wajib tahu jenis atau macam-macam ilmu psikologi yang akan kita ulas di sub bab di bawah. 

Macam-Macam Ilmu Psikologi

Nah, saat kamu mempelajari tentang pengertian ilmu psikologi, kamu akan berkenalan beberapa jenis atau macam ilmu psikologi nih. Dimana Jenis atau macam ini bisa kamu pilih nanti, ketika hendak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, seperti S2 atau S3. 

Bisa juga membantu kamu untuk memilih, cabang ilmu psikologi apa sih yang membuatmu tertarik ingin di dalami. Nah, maka dari itu yuks langsung saja kita lihat ruang lingkup ilmu psikologi berikut. 

A. Psikologi Umum 

Sesuai dengan namanya, psikologi umum adalah cabang psikologi yang akan mempelajari kegiatan dan aktivitas psikologi secara umum. Mungkin ada yang bertanya, secara umum itu yang seperti apa sih? Misal mempelajari tentang aktivitas psikis manusia, dan mempelajari tentang hal tentang manusia yang bermoral, beradab dan masih banyak lagi. 

B. Psikologi Khusus

Saat kamu mempelajari pengertian ilmu psikologi, kamu juga akan berkenalan dengan psikologi khusus. Psikologi khusus adalah cabang ilmu psikologi yang menitikberatkan pada hal aktivitas psikis manusia. Nah di dalam psikologi khusus ini memiliki banyak sekali macam-macamnya. Diantaranya sebagai berikut. 

1. Psikologi Perkembangan 

Psikologi perkembangan adalah ilmu psikologi yang fokus mempelajari tentang perkembangan psikis manusia dari di dalam kandungan hingga tua. Nah, di sana nanti kamu akan berkenalan dengan beberapa tahap perkembangan. Tentu saja setiap ahli psikologi memiliki pandangannya sendiri-sendiri. 

2. Psikologi Sosial 

Psikologi sosial adalah cabang ilmu yang paling saya minati. Psikologi sosial memfokuskan diri untuk mempelajari dan meneliti tentang tingkah laku sekaligus aktivitas yang dilakukan manusia dalam situasi sosial. Termasuk mempelajari hubungan manusia dengan orang lain. 

3. Psikologi Pendidikan 

Jika kamu mempelajari pengertian ilmu psikologi, ada yang membahas tentang psikologi pendidikan, yaitu cabang ilmu yang fokus mempelajari perilaku, hubungan dan kegiatan manusia yang ada kaitannya dengan dunia pendidikan.

4. Psikologi Kepribadian dan Tipologi 

Psikologi kepribadian atau tipologi adalah cabang ilmu yang fokus mempelajari tentang struktur kepribadian manusia, termasuk mempelajari tipe-tipe kepribadian seseorang. 

5. Psikopatologi 

Pernahkah kamu mendengar psikopatologi? Yap, cabang ilmu ini fokus mempelajari tentang situasi kondisi psikis abnormal yang dirasakan oleh seseorang. Misalnya orang yang mengalami gangguan manic depresi, schizophrenia dan masih banyak lagi. 

6. Psikologi Kriminal 

Psikologi kriminal saya yakin kamu sudah tahu. Ilmu ini sering digunakan di kepolisian karena mempelajari hubungan tentang kriminalitas dan kejahatan. 

7. Psikologi Perusahaan

Buat kamu yang sedang bekerja menjadi seorang karyawan atau ingin punya perusahaan sendiri. Maka psikologi perusahaan ini wajib kamu pelajari. Di sini kamu akan mempelajari tentang hubungan dan aturan gimana mengatur, mengelola perusahaan.

Termasuk masalah manajemen HRD, manajemen perusahaan dan mempelajari perilaku konsumen dan masih banyak lagi yang akan kamu pelajari.

Nah, dari jenis dan penjelasan macam pengertian ilmu psikologi di atas, cabang psikologi mana yang kamu minati? Nah, buat kamu yang belum mengambil jurusan psikologi memang tidak bisa langsung mengambil keputusan. 

Kamu akan merasakan feel kamu setelah kamu mempelajari psikologi secara umum. Atau mungkin kamu sudah tahu ingin jadi apa di masa datang? Maka kamu bisa menentukan cabang ilmu yang akan kamu pelajari. 

Itulah ulasan tentang pengertian ilmu psikologi. Dari beberapa ulasan di atas sebenarnya hanya sebagian kecil ilmu psikologi. Jika kamu mempelajari spesifik dan terfokus, tentu saja tidak cukup dijelaskan dalam satu artikel ini.

Semoga ulasan yang singkat ini memberikan pemahaman dan pelajaran buat kamu. Sekaligus membantu kamu untuk memantapkan hati apakah yakin mengambil cabang ilmu psikologi atau memilih cabang ilmu yang lain.

Baca Artikel lain terkait Psikologi

Rekomendasi Buku Terkait

Penulis: Irukawa Elisa

Baca Materi Penting Lainnya