Logo Baru April

Masyarakat Madani: Prinsip, Ciri-Ciri dan Contoh

Masyarakat Madani
toko buku kuliah
Bagikan

Pernah mendengar tentang istilah masyarakat madani atau civil society? Istilah ini pada dasarnya mengarah pada kelompok masa masyarakat yang memiliki peradaban maju.

Kelompok masyarakat memiliki peradaban maju kemudian dikenal sebagai kelompok masyarakat yang ideal. Peradaban yang maju ini mencakup berbagai aspek yang intinya terjadi keseimbangan dan keadilan. Tidak heran jika masyarakat yang madani menjadi tujuan utama dari pembangunan di bidang sosial. 

Harapannya, dengan terciptanya masyarakat yang madani maka kesejahteraan masyarakat terjamin. Begitu juga dengan keamanan mereka yang kemudian memberikan jaminan dalam tingkat nasional. 

Bagi siapa saja yang masuk ke ilmu sosial, baik di jenjang SMA maupun pendidikan tinggi. Dijamin akan membahas mengenai konsep masyarakat yang madani. Lantas, seperti apa konsepnya dan apa sebenarnya tujuan dari masyarakat yang madani? 

Pengertian

Hal pertama yang perlu dipahami adalah pengertian dari masyarakat madani. Secara umum, masyarakat yang madani merupakan suatu sistem yang subur dan sangat menjamin prinsip moral.

Artinya, masyarakat yang madani memiliki keseimbangan antara kebebasan yang dimiliki setiap individu dengan stabilitas masyarakat. Setiap individu di dalam masyarakat memiliki kebebasan dan selama tidak melanggar hak individu lain, maka mereka memiliki kebebasan tanpa batas. 

Meskipun setiap individu di dalam kelompok masyarakat memiliki kebebasan masing-masing. Hal ini tidak lantas menimbulkan konflik, justru menjadi sumber ketenangan, keamanan, dan ketentraman di lingkungan masyarakat tersebut. 

Dalam sumber lain juga dijelaskan, bahwa masyarakat madani adalah kelompok masyarakat dimana mereka adalah golongan masyarakat yang beradab, berperikemanusiaan, menguasai ilmu pengetahuan, unggul dalam hal teknologi.

Inilah alasan, kenapa di awal disebutkan bahwa masyarakat yang madani adalah masyarakat yang memiliki peradaban tinggi. Supaya lebih memahami lagi mengenai pengertiannya, berikut adalah sejumlah definisi yang disampaikan para ahli: 

1. Hefner 

Ahli pertama yang menjelaskan definisi masyarakat yang madani adalah Hefner. Hefner menjelaskan bahwa masyarakat yang madani adalah  sebuah masyarakat yang memiliki ciri khas demokratis dalam berinteraksi dengan masyarakat lain dan juga lebih heterogen. 

Sehingga masyarakat yang madani sudah sangat akrab dengan yang namanya perbedaan dan mereka mampu berbaur menjadi satu. Tanpa merasa salah satu kelompok atau golongan lebih baik dari golongan yang lainnya. 

2. Mun’im 

Daftar Reseller

Pendapat yang kedua disampaikan oleh Mun’im yang juga mendefinisikan masyarakat yang madani. Menurutnya, masyarakat yang madani adalah  sebuah gagasan eris yang mengejawantah di berbagai tatanan sosial. 

Gagasan ini digunakan oleh kelompok masyarakat tersebut untuk mengatasi konflik dan mencegah konflik di masa mendatang. Sehingga tidak ada konflik kepentingan antar individu dan kelompok di dalam masyarakat tersebut. 

3. Mahasin 

Ahli ketiga yang mendefinisikan masyarakat madani adalah Mahasin, yang menerjemahkan asal kata masyarakat madani. Yakni dari kata civil society yang terdiri dari dua kata, yakni civil yang artinya kota dan kata society yang artinya masyarakat. 

Sehingga civil society merupakan komunitas atau kelompok masyarakat yang berada di kota dan memiliki peradaban yang maju. Peradaban maju ini akrab dengan perbedaan dan mengatasi atau menerima perbedaan tersebut dengan baik. 

4. Munawir 

Oleh Munawir, definisi dari masyarakat yang madani diambil dari bahasa arab. Kata madani sendiri berasal dari bahasa arab, yakni dari kata madana yang artinya mendiami, membangun, atau tinggal. 

Melalui asal kata tersebut, maka masyarakat yang madani adalah suatu kelompok masyarakat yang tinggal dan membangun wilayah perkotaan. Mereka kemudian dikenal memiliki peradaban yang tinggi dan menjunjung tinggi kebebasan yang bertanggung jawab. 

5. Hall 

Terakhir, adalah definisi yang disampaikan oleh Hall. Menurutnya, masyarakat yang madani adalah kelompok masyarakat atau komunitas yang memegang teguh pada peradaban dan juga kemanusiaan. 

Daftar Open Reseller

Melalui penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa masyarakat madani adalah kelompok masyarakat di perkotaan yang memiliki peradaban tinggi dimana mereka berpegang teguh pada kemanusiaan dan juga peradaban tinggi. 

Tujuan

Adanya kelompok masyarakat yang membangun kelompok madani tentunya bukan tanpa alasan. Pembentukan masyarakat yang madani diketahui memiliki banyak sekali tujuan, beberapa diantaranya adalah: 

  1. Setiap individu di dalam kelompok masyarakat mampu memenuhi kebutuhan dasar, baik kebutuhan dirinya sendiri maupun seluruh keluarganya. 
  2. Menghilangkan diskriminasi di kehidupan sosial suatu kelompok masyarakat, sehingga semua memiliki hak dan kewajiban yang sama serta mendapatkan perlakuan yang adil. 
  3. Memberikan hak, kemampuan, dan kesempatan bagi masyarakat dan lembaga-lembaga swadaya untuk terlibat dalam berbagai forum, sehingga isu-isu kepentingan bersama dan kebijakan publik dapat dikembangkan.
  4. Menumbuhkan persatuan kelompok di dalam lingkungan masyarakat. 
  5. Membangun sistem pemerintahan yang memungkinkan lembaga-lembaga ekonomi, hukum, dan sosial berjalan secara produktif dan berkeadilan sosial.
  6. Adanya jaminan masyarakat tetap aman dan nyaman dalam berkomunikasi sehingga bisa saling bersikap terbuka dan saling percaya.

Tujuan-tujuan diatas pastinya untuk mendukung pengurangan masalah sosial yang muncul dalam sebuah masyarakat dengan keadalian. Pahami lebih detail mengenai Pengertian Masalah Sosial.

Prinsip Masyarakat Madani

Melalui buku berjudul Kewarganegaraan dan Masyarakat Madani, dijelaskan sejumlah prinsip yang mendasari masyarakat ini. Prinsip-prinsip tersebut antara lain.

1. Ruang Publik yang Bebas 

Prinsip yang pertama adalah free public sphere yang artinya ruang publik yang bebas. Maksud dari prinsip ini, adalah masyarakat ingin menciptakan kebebasan berpendapat yang bisa dinikmati setiap individu. 

Lewat prinsip inilah, setiap individu di dalam kelompok masyarakat diberi jaminan dan sarana maupun prasarana untuk mengemukakan pendapatnya. Sehingga pendapat ini nantinya bisa disampaikan apa adanya, didengar, direspon, dan juga dilaksanakan jika sudah disetujui semua atau sebagian besar pihak. 

Ebook Panduan Jadi Reseller

2. Demokratis 

Prinsip yang kedua di dalam masyarakat yang madani adalah demokratis. Yaitu masyarakat memiliki perilaku yang santun dalam berinteraksi sosial tanpa memandang ras, suku, agama, dan lain sebagainya. 

Semua individu di dalam kelompok masyarakat kemudian dianggap sama sehingga memiliki hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada lagi istilah ras tertentu adalah minoritas dan lainnya cenderung mayoritas. 

3. Toleran 

Prinsip yang ketiga dalam membangun masyarakat yang madani adalah toleran. Toleran merupakan sikap yang dikembangkan dalam masyarakat ini untuk saling menghargai dan menghormati kegiatan individu lain di masyarakat. 

4. Pluralisme 

Masyarakat yang madani juga memiliki prinsip plurlisme. Pluralisme sendiri adalah sebuah paham yang mengakui adanya keberagaman dalam bermasyarakat. Dalam satu kelompok masyarakat tentunya akan ada banyak perbedaan. 

Misalnya perbedaan ras, suku, dan kemudian bisa juga perbedaan dalam bentuk pendapat ketika berdiskusi mengenai suatu hal. Adanya pengertian bahwa masyarakat akan berhadapan dengan banyak perbedaan, membuat masyarakat yang madani bisa menyikapinya dengan bijak. 

5. Keadilan Sosial 

Terakhir adalahnya adanya prinsip keadilan sosial, dimana ada keadilan yang merata dan dirasakan oleh setiap individu di dalam kelompok masyarakat. Keadilan ini tentunya memberikan hak dan kewajiban yang sama bagi setiap individu. 

Prinsip-prinsip di dalam masyarakat yang madani akan memastikan setiap individu mendapatkan hak dan kewajiban yang sama. Sehingga tidak ada perlakuan diskriminatif dan tidak ada individu yang merasa menjadi golongan minoritas yang lemah. 

Ciri-Ciri Masyarakat Madani

Selain memiliki sejumlah prinsip yang jelas dan tegas, masyarakat madani juga memiliki beberapa ciri yang sifatnya khas. Ciri-ciri tersebut adalah: 

1. Memiliki Peradaban yang Tinggi 

Ciri pertama dari masyarakat yang sudah madani adalah memiliki peradaban yang tinggi. Peradaban di suatu kelompok masyarakat dikatakan tinggi apabila mengakui kekuasaan tertinggi adalah dari Tuhan Yang Maha Esa. 

Kemudian, setiap individu di kelompok masyarakat tersebut juga memiliki adab dan tata krama yang baik. Sehingga setiap orang di kelompok tersebut bisa menghormati orang lain di kelompok yang sama maupun di kelompok lainnya. 

2. Menjunjung Tinggi Nilai Sosial 

Ciri khas yang kedua dari masyarakat yang sudah madani adalah menjunjung tinggi nilai-nilai sosial. Dalam artian, setiap individu pada kelompok masyarakat mematuhi aturan, hukum, dan norma yang berlaku di masyarakat. 

3. Mengutamakan Kesamaan Derajat 

Masyarakat yang sudah madani biasanya juga mengutamakan kesamaan derajat atau kesederajatan. Sehingga tidak ada perbedaan apapun yang membuat satu individu lebih tinggi posisinya dibanding individu lain. 

Bahkan di dalam masyarakat yang madani, laki-laki dan perempuan dinilai memiliki kedudukan yang sama. Bisa memberikan pendapat, memiliki hak pilih dalam pemilu, dan sama-sama memiliki kesempatan menjadi pemimpin. 

4. Ruang Publik Bersifat Bebas 

Ciri-ciri berikutnya adalah adanya ruang publik yang bersifat bebas, dan hal ini mengarah pada kebebasan berpendapat. Siapa saja dari ras, maupun agama mana saja memiliki hak yang sama untuk menyatakan pendapatnya. 

5. Adanya Supremasi Hukum 

Masyarakat akan sangat mengakui keberadaan hukum dan menempatkannya di posisi paling tinggi. Saat ada masalah atau konflik maka akan diselesaikan sesuai dengan peraturan hukum perundang-undangan yang berlaku. 

Sehingga masyarakat memiliki supremasi hukum dimana kekuasaan tertinggi dan aturan tertinggi adalah hukum itu sendiri. Setiap individu memiliki kewajiban untuk mematuhi hukum yang berlaku. 

6. Tercipta Keadilan Sosial 

Keadilan sosial juga terbentuk dengan baik di lingkungan masyarakat. Sebab salah satu tujuan dari pembentukan masyarakat ini adalah memang untuk membangun keadilan sosial. 

Sehingga setiap individu memiliki hak dan kewajiban yang sama jika sudah cukup umur. Misalnya 17 tahun di Indonesia yang sudah bisa memiliki KTP dan memiliki hak pilih di pemilu, menikah secara hukum agama dan negara, dan lain sebagainya. 

7. Terbentuk Partisipasi Sosial 

Supaya masyarakat bisa membangun hubungan sosial yang baik dan menciptakan keadilan sebagaimana penjelasan sebelumnya. Maka dibutuhkan partisipasi, tidak hanya dari kelompok tertentu melainkan semua individu dalam kelompok masyarakat. 

Maka salah satu ciri dari masyarakat seperti ini adalah terbentuknya partisipasi sosial. Dimana seluruh individu di masyarakat tersebut memiliki partisipasi di dalam kegiatan yang diadakan dan disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan masing-masing. 

Contoh Masyarakat Madani

Masyarakat madani bisa dilihat dari sejumlah contoh di sekitar kita sendiri, dan jika diperhatikan akan menemukan banyak sekali. Misalnya: 

1. Organisasi Sosial Masyarakat

Merupakan organisasi yang dibentuk masyarakat sendiri tanpa ada paksaan maupun himbauan dari pemerintah. 

2. Asosiasi Penerbitan

Merupakan perkumpulan masyarakat yang bergerak secara independen di bidang penerbitan. 

3. Yayasan Pendidikan Swasta

Merupakan yayasan yang didirikan oleh masyarakat atas kesadaran sendiri untuk menjalankan kegiatan pendidikan swasta. Misalnya perguruan tinggi swasta yang bernaung di bawah suatu yayasan pendidikan. 

Selain yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi contoh masyarakat madani di sekitar kita. Memahami apa itu masyarakat yang madani tentu penting karena menjadi bentuk masyarakat yang ideal. Sehingga di kemudian hari tidak tertutup kemungkinan masyarakat di Indonesia menjadi masyarakat yang madani.

Baca Artikel Lainnya

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :