flash sale toko buku deepublish

6 Manfaat Penelitian Skripsi Yang Wajib Kamu Tahu

manfaat skripsi
toko buku kuliah

6 Manfaat Penelitian Skripsi Yang Wajib Kamu Tahu – Skripsi memang salah satu tugas akhir tahun yang paling menegangkan sekaligus melelahkan bagi mahasiswa. Apakah kamu juga merasakan hal demikian? Terlepas dari proses yang panjang, dan butuh persiapan matang. Ternyata manfaat penelitian skripsi jauh lebih bermanfaat loh. 

Jadi, meskipun prosesnya melelahkan dan memakan biaya tidak sedikit, manfaat penelitian skripsi tidak hanya bermanfaat bagi diri kamu sendiri, tetapi memberikan manfaat bagi banyak orang. Nah, berikut manfaat penelitian skripsi yang jarang diketahui dan disadari oleh mahasiswa. 

6 Manfaat Penelitian Skripsi Yang Wajib Kamu Tahu

1. Manfaat Teoritis Penelitian Skripsi

Manfaat penelitian skripsi secara teoritis memberikan manfaat bagi dunia pendidikan. Kita tahu bahwa dunia pendidikan sebagai salah satu tujuan pokok utama untuk mencerdaskan anak bangsa dan salah satu unsur mengubah nasib anak bangsa agar lebih baik. Bagaimanapun juga, dunia pendidikan salah satu tujuan utama untuk melahirkan regenerasi yang lebih bermoral dan bertatakrama. 

2. Manfaat Praktis Penelitian Skripsi

Manfaat penelitian skripsi selain bermanfaat secara teoritis, bermanfaat secara praktis. Secara praktis, bisa bermanfaat bagi penulis, lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan itu sendiri. Secara personal (penulis skripsi) akan mendapatkan manfaat berupa ilmu pengetahuan dan wawasan baru. Selain itu juga menambah informasi terbaru di bidang ilmu pengetahuan yang didalami. 

Bagi lembaga pendidikan pun juga merasakan manfaat penelitian skripsi. Diantaranya dari segi kualitas juga semakin terangkat. Semakin baik kualitas lembaga pendidikan, maka manivestasi akhir akan melahirkan peserta didik yang berkualitas. Lulusan peserta didik yang berkualitas, diimbangi dengan berkualitasnya pendidik. 

Manfaat penelitian skripsi di dunia lembaga pendidikan juga diharapkan besar mampu memberikan solusi. Mengingat di lembaga pendidikan itu sendiri memiliki banyak sekali kendala dan permasalahan. permasalahan yang ada inilah yang perlu diteliti. Dimana tujuan utama dari sebuah penelitian adalah menemukan problem solving yang tepat. 

Manfaat praktis dari manfaat penelitian skripsi, bermanfaat untuk ilmu pengetahuan. Dikatakan bermanfaat untuk ilmu pengetahuan karena menambah khazanah keilmuan tentang nilai-nilai pendidikan. Dimana sangat erat dengan ilmu pengetahuan dan wawasan. Selain itu pula juga dapat dijadikan estafet atau transformasi ilmu pengetahuan ke regenarasi di masa depan. 

3. Menjawab Permasalahan Yang Ada di Masyarakat

Sebagai masyarakat sosial, sudah hal lumrah banyak sekali permasalahan. dimana permasalahan yang telah terjadi menjerat dan mengungkung masyarakat itu sendiri dalam kemiskinan. Salah satu contoh, masalah ekonomi, banyak anak-anak yang tidak sekolah. Atau masalah tentang orangtua yang memiliki wawasan sempit, sehingga berfikiran pendidikan itu tidak penting. 

Padahal realitas di lapangan dalam mencari pekerjaan dan apapun itu mengacu pada lulusan terakhir. Lulusan atau ijazah terakhir ini pula yang menentukan tinggi rendahnya standar gaji yang akan di dapatkan. Tentu saja masih banyak permasalahan lain yang sebenarnya bisa diteliti dan diangkat di dalam skripsi. 

Harapan dari penelitian inilah yang menjadi harapan satu-satunya mengurangi permasalahan yang terjadi. Seperti halnya di Negara-negara maju, mereka sudah terbiasa dengan penelitian dan fokus penelitiannya pun lebih aplikatif. Meneliti sesuatu yang memang terjadi di masyarakat. Sehingga hasil penelitian benar-benar dirasakan. 

Di dukung dengan kesadaran membaca yang tinggi di masyarakat. Sehingga ada kerjasama untuk mengurangi permasalahan. itu sebabnya masyarakat di Negara maju mudah diajak untuk bergerak menuju ke perubahan yang lebih baik. 

Baca juga : Apa itu Metodologi Penelitian? Jenis, Contoh, dan Kegunaannya

4. Mengurangi Masalah Lingkungan 

Memang setiap skripsi yang dibuat, tidak semua bisa meneliti masalah lingkungan. Hal ini karena ada batasan penelitian dari masing-masing jurusan ataupun dari masing-masing prodi. Meskipun demikian, penelitian skripsi yang mengambil jurusan lingkungan, dan fokus penelitian tentang masalah lingkungan, ternyata berpengaruh besar untuk memperbaiki isu permasalahan lingkungan. 

Seperti yang kita tahu bahwa pencemaran air, udara dan isu sampah menjadi isu internasional. Tidak hanya menjadi perbincangan di berbagai Negara, tetapi juga menjadi keprihatinan secara internal setiap bangsa. 

Belum masalah kesadaran masyarakat yang membuang sampah sembarangan tanpa ada rasah bersalah. belum lagi masalah masyarakat yang terkena dampak dari kerusakan lingkungan. Belum pula termasuk mengulas limbah dari pabrik yang tidak bertanggungjawab. 

Tentu saja ada banyak sekali permasalahan lainnya, yang perlu untuk di teliti dan dicari solusi. Sayangnya, hasil penelitian skripsi hanya berhenti di lingkungan universitas atau perguruan tinggi. Dengan kata lain tidak tersampaikan langsung ke masyarakat yang terdampak ataupun yang menimbulkan masalah. 

Itu sebabnya, penting sekali seorang mahasiswa yang menulis ulang hasil penelitian untuk konsumsi masyarakat umum. Misalnya dikirim di kolom opini surat kabar, atau lewat website atau blog. Agar manfaat penelitian skripsi dapat dinikmati pula oleh masyarakat di luar akademis. 

5. Pembaruan Informasi 

Salah satu manfaat penelitian skripsi adalah untuk update informasi. Informasi lama bisa di update dan diperbarui lagi. Bagaimanapun juga, ilmu pengetahuan bersifat dinamis, tidak statis. Jadi setiap masa ilmu akan terus berkembang dan semakin berkembang. 

Ilmu pengetahuan akan terus berubah menyesuaikan dengan jaman atau masannya. Ilmu lama tidak semua bisa tetap diterapkan dimasa yang akan datang. Bukan berarti ilmu lama tidak bermanfaat. tetap ada manfaatnya, tetapi selalu berkembang agar luwes dipraktekan di era yang telah ada. 

Salah satu bentuk ilmu pengetahuan hasil skripsi bersifat dinamis adalah hasil penemua-penemuan mutakhir. Seperti halnya komputer jaman dulu, yang penggunannya masih sebatas sebagai mesin kerja mengetik. Seiring berkembangnya waktu, komputer sudah dijadikan sebagai sarana untuk memproses informasi lintas Negara. Mampu menyimpan dan megolah informasi lebih cepat dan akurat dibandingkan kinerja otak manusia. 

Itu salah satu contoh bahwa ilmu pengetahuan tidak bisa statis. Ketika ilmu pengetahuan statis, maka akan terjadi masyarakat yang primitif. Jadi, hanya berawal dan berbentuk penelitian skripsi, ini langkah baik untuk melakukan penelitian yang sifatnya lebih serius. Tidak sekedar tugas kampus, tetapi karena kebutuhan dan kesadaran pentingnya penelitian untuk mengubah dan menciptakan daya inovasi. 

6. Manfaat Penelitian Skripsi – Melahirkan Kreativitas 

Masih melanjutkan manfaat penelitian skripsi sebagai pembaruan informasi. Salah satu bentuk pengembangan ilmu pengetahuan bersifat dinamis akan bermanivestasi menjadi karya inovatif dan kreatif. 

Kreatifitas salah satu modal utama mengubah nasib suatu bangsa. Maju tidaknya masyarakat atau daerah tergantung dari daya cipta masyarakat itu sendiri. Salah satu kekuatan dari kreativitas dan inovasi adalah menjadi aliran air bisa berubah menjadi pembangkit listrik. 

Ada juga hasil penelitian kotoran ternak dan manusia dapat diolah untuk gas untuk masak. Kotoran ternak yang sudah difermentasi bisa dimanfatkan untuk pupuk tanaman. Tanaman yang sehat, akan membantu petani panen berkualitas, sehingga meningkatkan nilai jual. Sehingga perekonomian petani menjadi lebih baik. 

Ada banyak hal-hal yang sebenarnya ilmu dari penelitian skripsi mampu mengubah nasib masyarakat menjadi lebih baik. Sayangnya, saat ini banyak mahasiswa yang demi mendapatkan gelar, merelakan membeli skripsi/tesis. 

Jadi, buat kamu yang melakukan penelitian dengan kesungguhan hati terjun lapangan melakukan penelitian sendiri. Harusnya berbanggalah, karena hal kecil yang kamu lakukan, selama itu baik akan memberikan dampak baik. (Irukawa Elisa)

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Manfaat Penelitian Skripsi, selanjutnya bisa membaca artikel lain berikut ini :

1. Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi Disertai Contohnya
2. Cara Membuat Footnote Dari Buku Disertai Contohnya
3. Cara Mengatur Margin Skripsi Di Microsoft Word

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang