VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

6 Manfaat Membaca Buku Biografi

manfaat membaca buku biografi
toko buku kuliah

Manfaat membaca buku biografi – Suka membaca buku biografi? Jika iya, tetaplah membaca buku satu ini. Karena di sana kamu akan dapatkan banyak sekali manfaat. Membicarakan manfaat membaca buku, memang sebagian besar buku ditulis diharapkan bisa memberikan pengetahuan baru bagi pembacanya. Dari segi si penulis pun juga demikian, berharap buku yang dituliskannya memberikan manfaat sebanyak-banyaknya.

Kembali menyinggung tentang manfaat membaca buku biografi, ternyata tidak hanya satu atau dua manfaat yang akan kamu dapatkan loh. Ada banyak faedah positif yang akan kamu dapat. Nah apa saja sih? langsung saja simak fakta manfaat membaca buku biografi berikut ini.

6 Manfaat Membaca Buku Biografi

1. Menghargai Proses

Manfaat membaca buku biografi yang pertama yang mungkin kamu juga rasakan. Minimal kamu akan belajar menghargai proses. Pastinya buku biografi menceritakan sosok perjalanan tokoh-tokoh besar. Minimal menceritakan sosok orang yang memberikan pengaruhi dan menginspirasi.
Sebagian besar, isi biografi menceritakan susah, senang, dan pencapaian si tokoh tersebut. Dari lika liku yang diceritakan di dalam buku, ada satu hal yang digarisbawahi dan bisa diambil manfaatnya. Yaitu menghargai proses. Pastinya buku biografi akan memaparkan proses yang dihadapi si tokoh sangatlah pelik.

Namun dari peliknya masalah yang terjadi itulah kok tetap bisa mencapai keberhasilan dan menorehkan perubahan. Hal-hal semacam inilah yang akan kamu temukan. Tentu nilai-nilai yang ditanam penulis seperti ini diharapkan mampu memotivasi pembaca.

Baca juga : Pengertian Membaca: Arti, Tujuan dan Manfaatnya

2. Belajar Sikap Melalui Tokoh yang Diceritakan Di dalam Buku BIografi

Manfaat membaca buku biografi yang kedua, minimal di sana kamu akan diajarkan bagaimana belajar sikap yang positif dari sang tokoh yang diceritakan. Memang cerita biografi satu dengan yang lainnya berbeda-beda karakter dan sikap.

Meskipun demikian, dari sepak terjang perjalanan hidupnya, kita bisa belajar sikap dan problem solving yang diambil oleh si tokoh, secara tidak langsung akan mengubah sikap kita dalam mengahdapi masalah. Karena secara tidak di sadari. Otak manusia saat membaca buku, mereka akan belajar dari kesalahan dan belajar dari keberhasilan yang dipaparkan di dalam buku tersebut.

3. Mengevaluasi Diri Sendiri

Manfaat membaca buku biografi pastinya akan membantu kamu untuk mengevaluasi diri. Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa manusia yang normal, akan terus belajar dengna objek yang ada di hadapannya. Terutama objek yang di baca adalah buku biografi tokoh yang memberikan dampak yang besar. Maka secara tanpa disadari pun akan melakukan evaluasi diri agar bisa menjadi lebih baik.

4. Membangun Percaya Diri

Buat kamu nih yang merasa tidak memiliki percaya diri tinggi. Maka membaca buku biografi salah satu jawaban tepat. Kenapa? Karena di sana akan banyak sekali manfaat membaca buku biografi. Jadi membaca buku biografi tidak sebatas membaca buku, tetapi memiliki efek terapi jiwa bagi mereka yang kurang percaya diri loh.

Kok bisa? Tentu saja bisa. Karena muatan di dalam buku biografi umumnya adalah membangun, mengugah jiwa kamu untuk melangkah maju. Mengajak kamu untuk berani mendobrak benteng keumuman. Secara alam bawah sadar, kamu diajak untuk berani mengutakan pendapat dan ideology kamu, tentu saja ideology yang benar loh yah.

5. Meningkatkan Kemampuan Berempati

Manfaat membaca buku biografi ternyata juga dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan berempati. Membaca buku biografi jika diibaratkan secara lisan, buku biografi itu seperti teman kamu curhat permasalahan hidupnya. Kamu sebagai pendengar yang baik. Jadi, saat membaca buku biografi pun sebenarnya dibutuhkan kesediaan diri untuk membaca emosi negative hingga emosi positif.

Jika di dalam buku diceritakan hal yang sedih (emosi negative) pastinya sebagai pembaca pun juga ikut merasakan. Perasaan inilah yang secara tidak sadar membuat kita untuk berempati terhadap objek yang dihadapi. Bahkan bagi kamu yang kurang memiliki rasa empati, dengan membaca buku biografi akan perlahan perlahan belajar empati.

6. Mengajarkan Berfikir Kritis

Manfaat yang terakhir akan mengajak kamu untuk berfikir kritis. Dari awal sampai akhir membaca buku biografi, pasti kita akan mempelajari proses perjalanan. Secara tidak langsung, kamu pun diajak untuk berfikir kritis terhadap satu kondisi dan keadaan. Disitulah sebenarnya kamu belajar kehidupan..

Mempelajari kehidupan dan takdir Tuhan itu adalah kunci dari kesuksesan. Setidaknya akan mengajarkan kita untuk berfikir kritis bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Bahwa hidup itu misteri, yang tidak bisa ditebak hasil akhirnya. Bahwa hidup itu sudah digariskan dari sang maha kuasa. Karena sudah digariskan, maka Tuhan akan memberikan ujian untuk dilalaui dengan sekeras-keras upaya.

Nah itulah beberapa manfaat membaca buku biografi. Dari beberapa manfaat di atas, pastinya kamu semakin tahu bahwa membaca itu sangat penting. Tidak hanya penting untuk meningkatkan kepekaan diri, membentuk sikap, tetapi juga melatih otak agar tetap kritis. Semoga artikel ini pun bermanfaat.

Ingin membaca buku biografi? Yukk belanja buku sosial dan politik di toko buku online Deepublish.

Terimakasih sudah membaca “Manfaat Membaca Buku Biografi”, baca juga artikel yang lain :

1. Biografi Andrea Hirata
2. 6 Cara Membaca Yang Baik

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang