Logo Baru April

5 Manfaat Belajar Biologi dan Cara Belajar Efektif

Manfaat Belajar Biologi
toko buku kuliah
Bagikan

Cabang ilmu biologi sangatlah luas sehingga apabila kita mempelajari ilmu biologi, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat belajar biologi yang bisa dikembangkan kedepan.

Ilmu Biologi kemudian menjadi ilmu yang penting dan menarik untuk dipelajari dan dikuasai. Diri sendiri kemudian bisa memetik manfaat dari ilmu satu ini, begitu juga dengan orang dan lingkungan sekitar. Lalu, apa saja manfaatnya dan bagaimana cara mempelajarinya? 

Manfaat Belajar Biolog

Ilmu Biologi berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata bios yang artinya kehidupan dan dari kata logos yang artinya ilmu. Sehingga biologi diketahui sebagai ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan juga organisme di dunia. 

Sebagaimana yang disampaikan di awa, manfaat belajar biologi sangatlah besar dan menyentuh banyak bidang. Berikut detail manfaat yang dimaksudkan: 

1. Di Bidang Pertanian

Manfaat pertama dalam mempelajari biologi adalah untuk bidang pertanian, dimana menjadi bidang yang memang berhubungan langsung dengan kehidupan dan organisme. Di bidang pertanian, ilmu biologi bisa memberi manfaat berikut: 

  • Membantu para petani menanam bibit unggul dari varian tanaman tertentu, baik itu padi, jagung, maupun yang lainnya. 
  • Membantu petani meningkatkan hasil panen melalui ilmu berkaitan dengan pemupukan, pengairan, pengolahan lahan, dan lain-lain. 
  • Membantu para petani bisa melawan serangan hama yang merugikan hasil panen. 

2. Di Bidang Bioteknologi

Pada bidang bioteknologi manfaat belajar biologi juga sangat terasa. Disini ada proses mengembangkan berbagai jenis organisme, misalnya varietas tanaman pertanian. Dibuat lebih unggul dengan ketahanan yang baik dari serangan hama. 

Bisa juga varietas tanaman tertentu dibuat bisa menghasilkan panen yang lebih banyak. Misalnya dari hasil pembenihan jagung bisi dua atau tiga, sehingga satu pohon jagung bisa menghasilkan 2-3 bisi. 

3. Di Bidang Farmasi dan Kedokteran

Ilmu biologi juga memberi manfaat besar di bidang farmasi dan kedokteran. Lewat ilmu inilah seseorang yang bekerja di bidang kesehatan dan farmasi bisa menemukan lebih banyak solusi atas masalah kesehatan. 

Misalnya ditemukannya teknologi yang membantu mendeteksi penyakit sejak dini untuk memaksimalkan proses penyembuhan. Kemudian ilmu biologi juga membantu menciptakan obat yang mengatasi penyakit tertentu yang masih sulit untuk disembuhkan. 

4. Bidang Peternakan dan Perikanan

Manfaat belajar biologi juga sangat dirasakan di bidang peternakan dan pertanian. Manfaat tersebut antara lain: 

  • Membantu peternak mendapatkan varietas ternak yang unggul sehingga tahan dari penyakit, mudah untuk tumbuh gemuk, dan lain sebagainya. 
  • Membantu peternak untuk mengembangkan teknologi reproduksi, sehingga membantu kelahiran hewan ternak dalam jumlah lebih banyak dalam waktu lebih singkat. 
  • Membantu peternak melakukan perawatan pada hewan ternak dengan baik sehingga mendapatkan hasil ternak yang optimal. 

Bidang Industri (Makanan dan Minuman)

Daftar Reseller

Dalam bidang industri, manfaat belajar biologi juga sangat terasa. Ada banyak produk pangan baik dalam bentuk makanan dan minuman merupakan hasil dari penerapan ilmu biologi. Misalnya produk fermentasi. 

Sebut saja seperti yogurt, kefir, dan lain sebagainya yang jika dikonsumsi bisa menjadikan pencernaan lebih sehat. Produk olahan lainnya adalah nata de coco yang umum ditambahkan dalam es, puding, dan sebagainya yang juga bagus untuk pencernaan. 

5. Manfaat di Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, ilmu biologi yang dipelajari juga memberikan manfaat yang sangat luas. Beberapa diantaranya adalah: 

  • Membantu mengenal berbagai sumber daya hayati yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi aneka kebutuhan manusia. 
  • Dalam biologi akan mempelajari mengenai anatomi tubuh manusia dan fungsi organ, sehingga bisa tahu apa yang terjadi di dalam tubuh dan paham bagaimana menjaga kesehatannya. 
  • Punya ilmu terkait kesehatan reproduksi dan prosesnya, sehingga bisa paham bagaimana menjaga kesehatan organ reproduksi dan tahu usia terbaik untuk memiliki keturunan. 
  • Bisa mengetahui cara tumbuh tumbuhan maupun hewan, sehingga bisa memelihara tanaman di rumah maupun memelihara hewan peliharaan seperti anjing, kucing, domba, dan lain sebagainya. 

Tips dan Cara Belajar Biologi

Menyadari besarnya manfaat belajar biologi membuat siapa saja semakin semangat untuk mempelajari dan menguasainya. Supaya belajar semakin mudah dan efektif, beberapa tips dan cara berikut bisa dilakukan: 

1. Niat dan Cinta

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mempelajari biologi adalah menumbuhkan niat dan cinta. Niat untuk belajar dengan sungguh-sungguh sampai paham dengan baik dan bisa menguasainya dengan baik juga. 

Kemudian, tumbuhkan rasa cinta pada pelajaran biologi karena memang akan membahas mengenai organisme di sekitar kita dan bahkan tubuh kita sendiri. Sehingga ilmu ini sangat unik dan menarik, dijamin tidak akan sulit mencintainya sepenuh hati. 

2. Pahami Bahwa Sedang Mempelajari Diri Sendiri

Ilmu biologi pada dasarnya mempelajari organisme atau makhluk hidup di bumi. Maka manusia termasuk di dalamnya, akan ada materi mengenai proses pertumbuhan manusia, proses reproduksi atau perkembangbiakan manusia, dan lain-lain. 

Daftar Open Reseller

Artinya biologi membantu mengenal tubuh sendiri dengan baik. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mempelajarinya dengan tekun. Sebab manfaatnya bisa dirasakan sendiri secara langsung karena mengenal dan mengetahui kebutuhan tubuh. 

3. Memiliki Referensi yang Cukup

Belajar biologi akan terasa lebih menyenangkan apabila didukung oleh referensi yang memang cukup. Artinya, belajar biologi butuh sumber materi yang memang kredibel atau berkualitas. 

Saat ini sumber referensi semakin beragam selain dari buku yang disediakan sekolah juga bisa membeli buku sendiri. Ditambah ada banyak ebook dan aplikasi yang membantu mempelajari biologi secara praktis. Referensi yang cukup bisa membantu memperdalam materi, sehingga belajar terasa lebih menyenangkan. 

4. Rajin Mencatat

Biologi bisa dikatakan sebagai salah satu ilmu alam yang mengandung teori. Jadi, di tengah pelajaran, saat guru menjelaskan materi silahkan mencatat. Semakin banyak mencatat semakin mudah mengingat pokok pembahasan penting. 

Sekaligus membantu memiliki materi pembelajaran yang cukup dan dari sumber yang terpercaya, yakni guru sendiri. Selain itu, setiap kali belajar sendiri usahakan menyalin dalam catatan khusus dalam bentuk ringkasan. Hal ini penting agar tidak mudah lupa dan punya referensi belajar tambahan. 

5. Membuat Timeline Belajar

Biologi mengandung banyak teori dan tentunya termasuk pelajaran hafalan. Jika banyak materi hafalan maka selain rajin mencatat juga perlu rajin membuat timeline belajar. Atur pembagian materi mana saja yang akan dipelajari dalam kurun waktu seminggu. 

Ebook Panduan Jadi Reseller

Sehingga bisa belajar sedikit demi sedikit tanpa ada beban sekaligus dijamin tetap sistematis. Yakni dari materi dasar ke materi lebih kompleks yang membuatnya lebih mudah dipahami. 

6. Mengerjakan Soal Latihan

Tips belajar biologi yang terakhir adalah mengerjakan soal latihan. Soal-soal biasanya akan berisi pokok materi atau bagian penting dari materi pelajaran. Sehingga terbiasa berhadapan dengan soal membantu mengetahui pokok materi. Kemudian bisa mengingatnya dengan lebih baik dibanding hanya membaca uraian. 

Cara belajar biologi yang disampaikan tentu mudah untuk diterapkan, sebab sifatnya cukup sederhana. Sehingga bisa menguasai biologi dan kemudian bisa memetik manfaat belajar biologi yang cukup besar dalam kehidupan (Pujiati).

Baca juga:

Rekomendasi Buku Biologi

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :