Logo Baru April

Manajemen Belanja Daerah: Definisi dan Masalah

Buku Manajemen Belanja Daerah
toko buku kuliah
Bagikan

Sudah menjadi rahasia umum manajemen belanja daerah menjadi penting dalam sebuah daerah apalagi tujuan otonomi daerah adalah mengarahkan dan memacu pemerataan pembangunan dan hasilnya. Termasuk juga meningkatkan kesejahteraan rakyat, menggalakkan prakarsa dan peran serta masyarakat. Termasuk juga meningkatkan pendayagunaan potensi daerah secara nyata, terpadu, dinamis, dan optimal.

Definisi

Manajemen belanja daerah merupakan cara atau teknik dalam mengelola keuangan daerah dari segi pengeluaran anggaran dan pendapatan anggaran daerah secara efektif dan efisien untuk prioritas kebijakan daerah (fiskal).

Tujuan Manajemen Belanja Daerah

Ada 3 tujuan utama mengapa manajemen anggaran daerah itu sangat penting khususnya untuk belanja daerah. Berikut tujuannya.

  1. Menjamin Berjalannya disiplin fiskal melalui pengendalian belanja daerah
  2. Alokas anggaran daerah sesuai dan tepat dengan kebijakann serta prioritas anggaran
  3. Terakhir, menjamin alokasi anggaran digunakan secara efektif dan efisien.

Hal yang menjadi prinsip dasar otonomi memang luas. Pastinya prinsip tersebut harus berbentuk nyata, dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini guna untuk memberikan perhatian ke beberapa aspek. Mulai dari aspek partisipasi, demokrasi, adil dan merata dengan tetap memperhatikan potensi dan keragaman daerah masing-masing. 

Ketika berbicara pengelolaan elanja daerah, pemerintah memiliki andil dan peran penting. belanja bagi pemerintah daerah adalah kewajiban pemerintah yang diakui sebagai pengurang nilai kekayaan bersih dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan. Belanja daerah dipergunakan dalam rangka mendanai pelaksanaan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan provinsi ataupun kabupaten kota.

Buku Manajemen Belanja Daerah

Di buku ini pun kamu juga akan mempelajari berbagai bentuk permasalahan belanja pemerintah daerah. Diantaranya masalah terkait bagaimana perkembangan anggaran belanja daerah baik belanja tidak langsung maupun tidak berbelanja langsung?, Bagaimana rasio keseimbangan anggaran belanja tidak langsung maupun belanja langsung? Dan masih banyak lagi yang akan dibahas di buku ini. 

Secara garis besar, buku terbitan deepublish akan mengupas tentang tentang konsep dan teori manajemen belanja daerah, model pemecahan masalah, tindak lanjut analisis pengelolaan belanja daerah dan masih banyak lagi. meskipun dikemas secara ringkas, hanya 84 halaman buku ini sarat akan ilmu pengetahuan. 

Terdapat aspek pengelolaan belanja daerah yang akan kamu pelajari, yaitu aspek yang secara teori berbeda tetapi memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lain.

Promo Skripsian
  1. Aspek mengelola belanja daerah 
  2. Aspek kebijakan belanja 

Pentingnya pengelolaan keuangan daerah perlu dilakukan dengan mengedepankan prinsip-prinsip manajemen belanja daerah secara konsisten, cermat, dan berkelanjutan. Jika dibandingkan dengan mengelola pendapatan daerah, maka untuk mengelola belanja daerah harus mendapat perhatian khusus bagi pemerintah daerah. 

Ketika berbicara masalah tujuan, maka manajemen belanja daerah memiliki tujuan dalam pengalokasian anggaran harus dilakukan sesuai prioritas dan kebijakan anggaran, terlaksananya disiplin dan pengendalian anggaran belanja dan pengelolaan anggaran harus dilakukan secara efisien dan efektif. 

Tidak banyak yang mengetahui bahwa belanja daerah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari struktur anggaran pendapatan belanja baik Negara maupun daerah. Dalam struktur belanja diuraikan semua yang menjadi tanggung jawab dalam pengeluaran maupun pembiayaan pemerintah dalam setiap tahun anggaran. 

Daftar Reseller

Kedudukan anggaran belanja dalam APBN/APBD memiliki peran penting yaitu sebagai alat mewujudkan stabilitas ekonomi, mendorong pertumbuhan ekonomi meningkatkan kesejahteraan rakyat dan sebagai alat kontrol bagi pemerintah dan akuntabilitas kinerja pemerintah. 

Ingin menjadi akuntan handal? Atau ingin menjadi pegawai yang mengurus keuangan pemerintah daerah melalui belanja daerah? Jika iya, buku karya Dr. Wa Ariadi, S.E., M.Si. berjudul Manajemen Belanja Daerah Dalam Konsep dan Analisis ini adalah jawabannya.

Sebagai buku referensi, buku ini dikupas secara ringan namun tetap memuat pesan dan syarat ilmu pengetahuan. Cocok dibaca oleh mahasiswa maupun masyarakat umum yang tertarik dengan ilmu keuangan daerah.

Barangkali kamu salah satu peneliti atau civitas akademika di perguruan tinggi, buku ini juga sangat relevan dan direkomendasikan. Buat kamu yang tertarik ingin mendapatkan buku ini, bisa langsung pesan melalui WA atau lewat website beli disini.

Judul bukuManajemen belanja daerah dalam konsep dan analisis
Penerbit bukuDeepublish 
PenulisDr. Wa Ariadi, S.E., M.Si.
ISBN978-623-02-3279-4
Ukuran15.5×23 cm
Halamanxii, 84 hlm
Tahun2021
Deskripsi Buku
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :