Kata Bijak Membaca Adalah Jendela Dunia

kata bijak membaca adalah jendela dunia
toko buku kuliah

Kata Bijak Membaca Adalah Jendela Dunia – Membaca Adalah Jendela Dunia sebuah kata bijak yang sampai saat ini masyur di telingga kita. Tentu saja kata bijak tersebut hadir tidak lahir begitu saja. Ada banyak pelajaran dan sudut pandang positif tentang kata bicak satu ini.

Kita tahu dengan membaca, kita akan dapatkan banyak sekali ilmu pengetahuan. Bahkan, sekalipun kita tidak pernah mengunjungi suatu tempat atau Negara tertentu, namun saat kita membaca Negara tersebut, seolah-olah kita bisa merasakan dan merasakan langsung tempat tersebut. ini hanya salah satu keuntungan membaca adalah jendela dunia.

Membaca ialah upaya merekuk makna ikhtiar untuk memahami alam semesta. Itulah mengapa buku disebut jendela dunia, yang merangsang pikiran agar terus terbuka.

Mata Najwa

Kata bijak membaca adalah jendela dunia pun tidak mengajak kita ke satu perspektif, tetapi ke berbagai macam perspektif. Setiap kita membaca buku dari penulis satu dengan penulis lain, kita akan belajar sisi-sisi menarik. Secara otomatis pikiran kita akan menjelajahi perspektif penulis satu dan penulis lain.

Meskipun tidak semua perspektif penulis-penulis buku kita amini. Paling tidak kita melakukan proses eliminasi informasi yang kita butuhkan. setidaknya dari sini kita sadar bahwa membaca adalah jendela dunia tidak perlu membuat kita menguras kantong banyak hanya untuk mencicip pengalaman. Kita bisa membaca pengalaman cukup dengan membaca.

Buku adalah jendela dunia dan membaca merupakan kunci untuk membukanya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya tidak hanya mengulas kata bijak membaca adalah jendela dunia saja. Tetapi juga akan membahas tentang beberapa kata bijak semoga bisa mendorong kamu lebih bersemangat dalam membaca ataupun untuk meraih kebahagiaan lewat membaca. Apa saja? Sebagai berikut.

Kata Bijak Membaca Adalah Jendela Dunia

Kata bijak tentang membaca
Kata bijak membaca

1. Buku Adalah Jendela Dunia

Semakin banyak yang Anda baca, semakin banyak hal yang akan Anda ketahui. Semakin banyak yang Anda pelajari, semakin banyak tempat yang akan Anda tuju.

Dr. Seuss

Membaca adalah tiket diskon ke mana-mana.

Mary Schmich

Buku adalah sebuah film yang terletak pada fikiran seorang pembaca. itulah mengapa kita pergi menonton film dan berkata “oh filmnya bagus” (Paulo Coelho)

Selain belajar dari kata bijak membaca adalah jendela dunia. Kita juga bisa belajar kata indah dari Paulo Coelho di atas. Salah satu daya tarik sebuah film tidak lain adalah melihat jalan cerita (alur), emosi dan pesan dari sebuah film tersebut. Saat kita melihat film yang jelek, kita pun tidak ada nilai sentimentil yang kita rasakan.

Sebaliknya, saat kita melihat sebuah film penjiwaan dan totalitas pemain. Ditambah dengan pesan yang disampaikan sangat tepat sasaran, di sana kita tidak hanya sekedar menonton. Secara tidak langsung, sebenarnya kita juga merekam dan mempelajari sikap, perilaku yang baik dan tidak baik.

Itu sebabnya saat menonton film dan mampu menjiwai, kita bisa tergila-gila dengan sang pemeran. Dengan kata lain, sebuah film juga seperti buku. Kita bisa pelajaran dari pesan dan adegan yang disampaikan melalui sebuah film.

Berikut adalah kata-kata bijak tentang membaca adalah jendela dunia part 1 :

Jika kamu ingin pergi ke tempat lain dalam hidup, kamu harus membaca banyak buku.

Roald Dahl

Jangan pernah mempercayai siapa pun yang belum pernah membaca buku.

Lemony snicket

Membaca sangatlah penting bagi mereka yang berusaha untuk bangkit dari yang biasa-biasa saja.

Jim Rohn

Anda tidak perlu memusnahkan buku untuk menghancurkan budaya. Buat orang berhenti membaca mereka.

Ray Bradbury

Berpikirlah sebelum berbicara. Dan baca sebelum berpikir.

Fran Lebowitz

Tidak ada hiburan yang semurah membaca, dan tidak ada kesenangan yang abadi.

Mary Wortley Montagu

Setiap kali Anda membaca buku yang bagus, di suatu tempat di dunia, sebuah pintu terbuka dengan banyak cahaya (harapan).

Vera Nazarian

2. Jadikan Buku Sebagai Teman

Buku adalah teman yang paling tenang dan paling stabil. Mereka adalah konselor yang paling mudah diakses dan paling bijaksana, dan yang paling sabar dalam mengajar (Charles William Eliot)

Kata bijak membaca adalah jendela dunia hanya salah satu cara yang bisa kita pelajari. Ada cara lain yang bisa kita pelajari. Seperti kata bijak dari Charles William Eliot di atas. Dimana buku sebagai teman yang bisa saya katakana tidak akan mengkhianati kita.

Bagi sebagian orang yang senang dalam kesendirian, buku salah satu teman terbaik mereka. Tidak sebagai teman yang mengisi waktu senggang. Tetapi buku bisa dijadikan teman yang mampu memberikan banyak ilmu pengetahuan baru dan mengajak menjelajah lebih jauh.

Disebut-sebut juga jika teman sebagai tempat curhat dan melepas kesedihan. Ternyata berteman dengan buku menurut Charles William Eliot pun juga demikian. Buku bisa menjadi konselor yang paling mudah diakses dan paling bijaksana.

Meskipun buku sebagai benda mati, pesan yang kita baca seolah hidup dan semakin menghidupkan semangat karena perasaan melo kita. Kelebihannya tentu saja buku tidak akan ingkar janji dan menyebarkan rahasia kamu.

Setidaknya dengan membaca buku, selain sebagai konselor, dengan sendirinya kamu pun juga akan menemukan solusi yang tepat. Dari sini menunjukan bahwa kata bijak membaca adalah jendela dunia tidak sekedar membaca mencari pengetahuan. Melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk mencari kedamaian.

Membaca semua buku bagus seperti percakapan dengan orang-orang terbaik di abad-abad terakhir.

Descartes

Aku selalu menyimpan dua buku di sakuku, satu untuk dibaca, satu untuk ditulis.

Robert Louis Stevenson

Kamu tahu kamu sudah membaca buku yang bagus ketika kamu membalik halaman terakhir dan merasa sedikit seperti kehilangan teman.

Paul Sweeney

Jika kamu ingin pergi ke tempat lain dalam hidup, kamu harus membaca banyak buku.

Roald Dahl

Tidak ada teman seloyal seperti buku.

Ernest Hemingway

3. Kata Bijak Buku Adalah Warisan

Kata bijak membaca adalah jendela dunia
Kata mutiara membaca

Buku adalah warisan yang ditinggalkan oleh jenius besar bagi umat manusia, yang diturunkan dari generasi ke generasi sebagai hadiah kepada anak cucuk yang belum lahir (Joseph Addison)

Kata bijak membaca adalah jendela buku yang selanjutnya dari pendapat Joseph Addison. Dari kata bijak di atas memang benar jika buku sebagai warisan yang paling berharga. Ada sebuah pepatah lain yang menyebutkan bahwa jika ingin menghancurkan sebuah Negara, maka hancurkan buku-bukunya. Dan inilah yang terjadi di Indonesia.

Banyak buku-buku leluhur hebat kita bukunya di hancurkan dan diambil. Sehingga kita sebagai pemilik tidak tahu jati diri dan identitas kita seperti apa. Jika di analogikan, seperti anak manusia yang dibuang di hutan. Kemudian di besarkan oleh orang hutan. Dia tidak tahu siapa ibu dan bapaknya. Dia tidak tahu orangtuanya berasal dari mana, dan bagaimana kepandaian dan kemahan yang dirasakan oleh orangtuanya. Si anak terjerat di hutan dan tidak tahu bahasa manusia. Yang ia tahu bahasa orang hutan karena ialah yang membesarkannya.

Analogi tersebut menunjukan betapa bahayanya jika buku-buku berharga di hancurkan? Dan tahukah kamu jika beku-buku hebat yang ditulis leluhur kita, yang diambil oleh Belanda akirnya diterapkan dalam sistem pemerintahan mereka. Itu sebabnya Belanda memiliki sistem pemerintahan yang hebat. Sedangkan kita? Sebagai Negara produsen yang menjadi Negara konsumtif dari produk-produk Negara maju.

Jika kita berjumpa dengan pria yang memiliki kecerdasan langka, kita harus bertanya kepadanya buku apa yang dia baca.

Ralph Waldo Emerson

Buku adalah alat untuk menyalakan imajinasi.

Alan Bennett

Baca juga : Kata Mutiara Perjuangan Mahasiswa Agar Berani dan Pantang Gagal

4. Kata Bijak Teruslah Membaca Buku

Teruslah membaca buku, tapi ingat bahwa sebuah buku hanyalah sebuah buku, dan kamu harus belajar untuk berpikir sendiri (Maxim Gorky)

Kata bijak membaca buku adalah jendela dunia yang bisa kita pelajari adalah pendapat mazim gorky. Dari kata bijak di atas menunjukan bahwa, meskipun membaca adalah jendela dunia, kita tetap harus berpikir sendiri. Setidaknya membaca sebagai sarana untuk mengasah daya analitis dan kepekaan berfikir. Dengan begitu, kamu mampu berfikir lebih cemerlang dan kritis.

Satu hal yang perlu kamu pahami, buku yang baik tidak memberitahu semua rahasianya. Itu alasannya kita pun dituntut untuk membaca dan membaca. Dituntut pula untuk kritis berfikir juga. Setidaknya juga butuh dan perlu pendirian yang memang lahir dari kemampuan berfikir. bukan sekedar mengikuti pendapat dna pemikiran oranglain.

Karena ketika kita membaca buku yang dibaca orang lain dan mengamini seratus persen isi dan gagasan tersebut, kemudian hanya memikirkan seperti orang lain, maka apa yang kita pikirkan seperti pemikiran orang pada umumnya. Tentu saja untuk berfikir spesial dan tidak seperti orang pada umumnya, diperlukan kolaborasi dengan pemikiran yang kamu temukan dan kamu ciptakan sendiri.

Kata bijak tentang membaca buku adalah jendela dunia part 4 :

Buku adalah hadiah yang bisa kamu buka berulang kali.

Garrison Keillor

Jika Anda tidak suka membaca, Anda belum menemukan buku yang tepat.

J.K. Rowling

Jangan menunda sampai besok buku yang bisa kamu baca hari ini.

Holbrook Jackson

Teruslah membaca buku, tetapi ingatlah bahwa sebuah buku hanyalah sebuah buku, dan Anda harus belajar berpikir sendiri.

Maxim Gorky

Baca juga : Kata Bijak Mahasiswa Tingkat Akhir

Nah itulah beberapa kata bijak membaca adalah jendela dunia dari berbagai tokoh-tokoh lain. Dimana ketika kita mampu menggabungkan kata bijak membaca adalah jendela dunia dengan yang lahir.

Akan melahirkan sikap dan keputusan yang bijaksana. Orang yang bijaksana akan lebih matang dan berhati-hati setiap kali mengambil sebuah keputusan. Orang bijak tidak akan mengulangi kesalahan dan kegagalan orang lain.

Referensi :

1. https://bookroo.com/
2. https://ebookfriendly.com/

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang