fbpx

50 Kata Bijak Gerakan Mahasiswa – Darah Juang Untuk Negeri

kata bijak gerakan mahasiswa
toko buku kuliah

Kata bijak gerakan mahasiswa sering digunakan untuk meningkatkan semangat. Bagi kawula muda yang menjadi mahasiswa pastinya sering mengikuti aktivitas di kampus bukan? Mulai dari aktivitas organisasi, komunitas dan macem-macem deh.

Belum lagi perluasan pergaulan juga semakin luas. Tentu saja juga semakin banyak kata bijak gerakan mahasiswa pun yang keluar. Sampai-sampai terlalu ekspresifnya, kata bijak gerakan mahasiswa yang diserukan pun ditulis di blog, medsos dan lain sebagaianya.

Darah Juang – Gerakan Mahasiswa Bersama Rakyat Kecil

Di sini negeri kami
Tempat padi terhampar
Samuderanya kaya raya
Tanah kami subur tuan…

Di negeri permai ini
Berjuta Rakyat bersimbah rugah
Anak buruh tak sekolah
Pemuda desa tak kerja…

Mereka dirampas haknya
Tergusur dan lapar
Bunda relakan darah juang kami
Tuk bebaskan rakyat…

Mereka dirampas haknya
Tergusur dan lapar
Bunda relakan darah juang kami
Padamu kami berjanji…

Jika kamu adalah MAHASISWA mungkin tahu dengan lagu di atas, sebuah lagu yang sering dinyanyikan MAHASISWA saat aksi turun ke jalan. Banyak orang menganggap bahwa gerakan mahasiswa hanya buat rusuh saja, tapi tolong.. Hanya mereka yang tidak tahu artinya darah juang saja yang berbuat rusuh.

Jika mereka tahu esensi perjuangan mahasiswa, pasti bisa melakukan aksi secara damai dan tertib. Karena tujuan aksi bukan untuk senang-senang dan update story, tapi memang karena ingin berjuang membela rakyat kecil yang tertindas.

1. Indonesia adalah negara yang yang kaya. Kita punya kolam susu, tanah kita juga tanah surga, tongkat dan batu bisa jadi tanaman. Lantas, mengapa masih banyak rakyat miskin kelaparan?

Kesejahteraan belum sempurna ketika pemimpinnya masih dzolim. Disinilah peran mahasiswa, kita ikut memantau bagaima cara pemimpin membuat kebijakan. Ketika kebijakan itu tidak selaras dengan kepentingan rakyat, dan hanya mementingkan golongan atas, maka mahasiswa harus bergerak.

2. Bergerak untuk berjuang, dan berjuang untuk keadilan.

Tapi ingat, sebagai mahasiswa jangan sampai bertindak serampangan dan seenaknya sendiri. Kita harus taat terhadap aturan, tunjukan bahwa kita adalah mahasiswa yang beradab dan tidak seperti mereka yang tidak punya adab mengambil hak masyarakat.

Kita tunjukan dalam forum diskusi, bahwa ini lho saran dari mahasiswa, ini lho apresiasi mahasiswa, kita bisa ini lho biar Indonesia berubah. Jangan hanya menang di jumlah saja, tapi juga menang di data dan karya. Sehingga para pejabat itu mau untuk mendengarkan apresiasi kita.

Kata bijak perjuangan mahasiswa

3. Bunga mawar tidak pernah mempropagandakan harumnya, namun keharumannya sendiri menyebar melalui sekitarnya.

4. Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!

Bung Karno

5. Revolusi hanya benar-benar revolusi jika ini adalah perjuangan terus-menerus – bukan hanya perjuangan eksternal melawan musuh, tapi perjuangan batin, berjuang dan menundukkan semua aspek negatif yang menghambat atau merusak jalannya revolusi. Dalam pencerahan ini, revolusi adalah … sebuah simfoni kemenangan atas musuh dan diri sendiri.

Bung Karno

6. Dimana perbudakan berada, di sana tidak ada kebebasan; dan dimana kebebasan berada, perbudakan pun tidak ada.

Bung Karno

7. Perjuangan-perjuangan membawa kesulitan-kesulitan. Perjuangan besar tidak hanya menuntut pengalaman tetapi juga menuntut keberanian.

Bung Karno

8. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi.

John F. Kennedy

9. Berbuat untuk sebuah harapan, yang tidak lagi dikeluhkan tetapi diperjuangkan.

10. Pemuda hari ini harus turun tangan, berkarya nyata menjawab semesta Indonesia.

Najwa Shihab

Gerakan Mahasiswa Ada Karena Ketidakberesan dalam Memimpin

kata bijak mahasiswa

Perjuangan mahasiswa memang lebih sulit karena melawan bangsanya sendiri, bangsa kita tidak dijajah negara lain, tapi orang kita sendirilah yang menjajah bangsa kita.

Contoh paling realnya adalah korupsi, korupsi adalah kolonialisme yang dilakukan oleh para pejabat yang tidak peduli akan masa depan negaranya.

11. Di pundak pemimpin yang bebas korupsi, di situlah masa depan negeri.

12. Dalam kondisi darurat korupsi, pejabat negara tetap mencuri silih berganti. Sebanyak koruptor masuk penjara, sebanyak itu pula regenerasinya menggarong negara.

Najwa Shihab

Apalagi keadailan juga belum tegak di negeri ini, hukum masih bisa dibeli. Orang maling ayam hukumannya sama dengan orang yang maling milyaran. Jika ke penegak hukumnya saja bisa dibeli, lantas mau kemana kita mencari keadilan?

13. Keadilan jadi barang sukar, ketika hukum hanya tegak pada yang bayar.

Najwa Shihab

Memang miris, mereka yang seharusnya menjadi teladan kita tapi justru sebaliknya. Jika Anda baca artikel ini, please ! Suatu saat Anda yang akan menjadi pemimpin dan menggantikan mereka, maka jadilah pemimpin yang mengerti penderitaan rakyat.

14. Bagaimana anak muda bisa diam ketika aparat justru miskin teladan.

Salah satunya ya melalui gerakan mahasiswa, karena disitulah kita mencari arti perjuangan. Kita tidak dibayar, tapi memang murni karena berjuang.

Niat tulus itu jangan sampai luntur sampai saat kita yang jadi pemimpin, sehingga tetap punya prinsip “Jabatan ini bukan pekerjaan saya untuk mencari uang, tapi pekerjaan saya adalah berjuang untuk negeri”.

Tidak Peduli Dari Mana Asalmu, Tujuan Kita Sama

Bukan saatnya kita untuk membeda-bedakan kamu dari mana, dari suku mana, agama mana. Persatuan dan Kesatuan bangsa kita sudah diuji ketika masa-masa perjuangan, hingga kemudian munculah sebuah kongres di tahun 1928 yang biasa kita kenal dengan SUMPAH PEMUDA.

Kongres inilah yang menjadi salah satu awal mula perjuangan kaum pemuda. Dengan mewarisi semangat SUMPAH PEMUDA, tentu harus kita jaga baik-baik dan kita praktikkan dalam sebuah pejuangan mahasiswa. STOP rasis dan membeda-bedakan, mari kita bersatu dan berjuang bersama.

15. Tidak penting apapun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.

Gus Dur

16. Memuliakan manusia berarti memuliakan penciptanya. Merendahkan dan menistakan manusia berarti merendahkan dan menistakan penciptanya

Gus Dur

17. Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan.

Gus Dur

18. Kemajemukan harus bisa diterima, tanpa ada perbedaan.

Gus Dur

19. Nasib suatu bangsa tergantung dari bangsa itu sendiri. Semakin hancur persatuan dan kepedulian maka Indonesia adalah sekedar nama yang tidak berarti.

Bung Hatta

20. Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga

Meskipun banyak kata bijak gerakan mahasiswa tersebar di Internet, ada bagusnya, karena bisa menggugah dan memotivasi mahasiswa di luar sana yang tengah lesu. Nah, berikut beberapa kata bijak gerakan mahasiswa dari para tokoh, Sebagai berikut :

Kata Bijak Gerakan Mahasiswa – Perjuangan Untuk Negeri

Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali (Tan Malaka)

21. Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akanku guncang dunia.

Soekarno

22. Idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh seorang pemuda.

Tan Malaka

23. Rasa takut melumpuhkan jiwa dan menghilangkan inisiatif serta mematikan daya cipta suatu masyarakat.

Mohammad Natsir

24. Tidaklah penting darimana Anda berasal, yang penting kemana Anda akan melangkah (Brian Tracy)

Brian Tracy

25. Banyak mahasiswa yang memilih menyontek lantaran banyak tekanan. Bisa jadi, banyak sarjana menganggur karena kepercayaan diri hilang sebab banyak tuntutan yang tidak bisa diwujudkan.

Sam

26. Lebih baik diasingkan daripada menyerah terhadap kemunafikan.

Film Gie

27. Keberanian yang sebenarnya adalah bagaikan laying-layang; sentakan angina yang menentangnya bukannya melemparkan ke bawah, bahkan justru menaikkannya.

J.P. Senn

28. Pemimpin yang sukses memiliki keberanian untuk mengambil tindakan, sementara yang lainnya ragu-ragus.

John C Maxwell

29. Tapi kau sudah membuatkeributan! Kau tidak boleh melanggar hukum. Kau adalah seorang mahasiswa, bukan mafia.

Pia Devina

30 Barangsiapa insyaf akan apa yang harus dilakukan karena kewajibannya, tetapi tidak melakunnya, orang serupa itu tak cukup mempunyai keberanian moral

Khong Fu Tsu

31. Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki (Bung Hatta)

Bung Hatta

32. Pemuda kemana engkau melangkah, torehkan langkahmu dengan tinta emas. agar keinginan luhur semua, kalian mahasiswa adalah pemuda harapan bangsa. Calon pemimpin negeri ini. Bergerak untuk perubahan yang lebih baik bagi negeri. Ibu pertiwi sedang memanggilmu.

Sentot Suriwyo Pawiro

33. Mahasiswa calon pemimpin sebuah bangsa sangat potensial dijadikan tumbal peran pengganti dalam Proxy war.

Gatot Nurmantyo

34. Tujuan utama kita adalah tetap berada di jalan yang lurus waktu oranglain melakukan kecurangan.

George Bernard Shaw

35. Keberanian adalah kapasitas yang memungkinkan seseorang bertindak dengan baik dan mantap, walaupun ia dalam keadaan setengah mati.

Omar Bradley

36. Revolusioner sejati dipanduoleh perasaan cinta yang luar biasa. Mustahil untuk memikirkan seseorang revolusioner sejati yang tidak memiliki kualitas ini.

Che Guevara

37. Ketika menjadi mahasiswa, berpikir lurus sesuai teks buku. Kalau sudah masuk di lingkungan nyata, teori buku itu tak ubahnya make up yang tak menentukan penampilan seseorang 100 persen.

Tasaro GK

38. Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu bangsa sebelum bangsa itu mengubah nasibnya sendiri.

Bung Karno

39. Pahlawan yang setia itu berkorban bukan buat dikenal namannya. Tetapi semata-mata membela cita-cita.

Mohammad Hatta

40. Hanya orang yang memiliki keberanianlah yang mampu menanggung beban pengalaman seburuk-buruknya yang bisa dialami manusia dengan penuh bijaksana.

Shakespeare

41. Tak jarang ada mahasiswa yang masih ogah-ogahan kuliah dengan beragam alasan walaupun kampus dibangun seindah istana.

Josephine Winda

42. Tidak penting apapun agamamu atau sukumu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.

Gus Dur

43. Namanya juga mahasiswa, ada saja akalnya.

Ninna Rosmina

44. Kaderisasi tanpa penanaman nilai kerendahan hati, hanya akan melahirkan iblis yang semakin cerdas.

Satria Efendi)

45. Jika hidup sekedar hidup, babi hutan juga hidup. Jika bekerja sekedar bekerja, kera juga bekerja.

Buya Hamka

46. Buat apa wilayah seluas Sabang sampai Merauke, jika pemudanya kehilangan idealisme?

Najwa Shihab

47. Lembaga mahasiswa yang ada di kampus-kampus saat ini hanya disibukan dengan proposal-proposal sembari mengemis dana pada korporat dan pihak birokrat kampus.

Ahmad Chaidir Ali

48. Dimanapun engkau berada selalulah menjadi yang terbaik dan berikan yang terbaik dari yang bisa kau berikan.

BJ Habibie

49. Berhenti taka da tempat di jalan ini. sikap lamabn berarti mati. Siapa bergerak dialah yang maju ke depan. Siapa berhenti, sejenak sekalipun, pasti tergilas.

Mohammad Iqbal

50. Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Semakin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta.

Mohammad Hatta)

51. Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan.

Najwa Shihab

52. Kita seolah-olah merayakan demokrasi. tetapi memotong lidah orang-orang yang brani menyatakan pendapat mereka yang merugikan pemerintah.

Soe Hok Gie)

53. Keberanian seseorang sering timbul setelah merasa ketakutan. Karenanya jangan merasa sombong bila Anda seolah-olah merasa berani.

Plato

54. Indonesia tidak tersusun dari batas peta, tapi gerak dan peran besar kaum muda.

Najwa Shihab

Baca juga : Kata Bijak Mahasiswa Tingkat Akhir

Dari banyak sekali kata bijak gerakan mahasiswa di atas apakah ada yang bisa menyentil semangat kamu? Sebagai mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi dan aktif mengikuti kegiatan positif di kampus tetap saja mood jelek.

Saat mood jelek, bawaannya memang bermalas-malasan, menjadi orang santuy yang seharian menghabiskan waktu kurang produktif. Kegiatan semacam ini sebenarnya tidak direkomendasikan. Karena waktu santuy alangkah lebih bijak jika digunakan untuk mengerjakan tugas kampus, atau membaca buku.

Atau kamu salah satu mahasiswa kupu-kupu, yang tidak mengikuti gerakan organisasi mahasiswa? Hanya sekedar datang ke kampus kemudian pulang begitu saja? Tahukah kamu jika mengikuti organisasi kampus memiliki banyak keuntungan loh. Selain mendapatkan banyak teman, kamu akan mendapatkan banyak relasi.

Dari segi kegiatan, umumnya gerakan organisasi di kampus secara tidak langsung juga membangun jiwa kepemimpinan ataupun jiwa entrepreneur lewat aktivitas di dalam organisasi tersebut. Itu sebabnya para aktivis organisasi kemahasiswaan tidak pernah kehabisan kata bijak gerakan mahasiswa untuk terus produktif.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba meraskan manfaatnya. Kamu bisa kok bergabung di organisasi di kampus kamu. Di jamin deh, akan mendapatkan manfaat lebih banyak dibandingkan tidak mengikuti sama sekali. tentu saja, hari-harimu disi lebih banyak kegiatan positif.

Baca juga : Contoh Motto Skripsi Penuh Makna

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah