fbpx

Kalimat Pembuka Sidang Skripsi dan Tips Agar Sidang Lancar

pembuka sidang skripsi
toko buku kuliah

Kalimat pembuka sidang skripsi – Akhirnya hasil penelitian sudah selesai. Waktunya untuk di sidang para dosen. Nah, di tahap sidang skripsi inilah masa dimana hati berdegub kencang, keringat dingin kayak ketemu pacar baru bukan? Perasaan campur aduk. Ada perasaan gugup, cemas karena rasa takut dan binggung menyiapkan kalimat pembuka sidang skripsi. 

Sepertinya masalah seperti itu sudah hal yang biasa dialami oleh calon wisudawan. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara menyikapi semua hal itu? Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai kalimat pembuka sidang skripsi.

Kalimat ini sifatnya opsional ya, kalian bisa menyesuaikan sendiri. Bahkan bisa di edit dan dikembangkan agar menjadi rangkaian kalimat pembuka yang memukau.

Kalimat Pembuka Sidang Skripsi

Kalimat pembuka sidang skripsi
Kalimat pembuka sidang skripsi

Biasanya yang membuka ketika sidang bukan mahasiswanya. Melaikan sekretais atau notulen sidang, yang biasanya adalah dosen pembimbing kita. Sekretaris sidang akan membua dan memperkenalkan diri, kemudian mempersilahkan mahasiswa untuk mempresentasikan skripsinya di hadapan bapak ibu penguji.

Pembukaan oleh Seketraris :

“Selamat pagi. Yang saya hormati Bapak Anton dan Bapak Joko selaku penguji. Saya sebagai sekretaris sidang disini, dan di depan kita ada mba Riska sebagai peserta sidang. Marilah sebelum kita memulai sidang ini kita berdoa terlebih dahulu, agar sidang ini diberi kelancaran sampai akhir. Berdoa dimulai..

Cukup.. Gimana mba Rsika sudah siap untuk presentasi? Jika sudah siap silahkan dimulai.!”

Contoh kalimat pembuka sidang skripsi 1 :

Terimakasih atas kesempatannya. Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati Bapak Anton dan Bapak Joko selaku penguji. Ibu Linda selaku pembimbing saya sekaligus sekretaris pada sidang kali ini.

Perkenalkan, Saya Riska Pratiwi dari Prodi Akuntansi. Saya merasa senang karena sudah sampai di tahap ini dan berdiri di hadapan bapak-ibu sekalian untuk mempresentasikan skripsi saya yang berjudul “……………..”.

Lanjutkan presentasi, dimulai dari latar belakang, tujuan, sampai kesimpulan.

Contoh Kalimat pembuka sidang skripsi 2 :

Setelah dipersilahkan oleh sekretaris sidang, Kamu dapat memulainya :

Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Pada kesempatan kali ini saya “Riska Pratiwi” akan mempresentasikan skripsi yang telah saya susun selama 3 bulan ini. Judul skripsi saya adalah ……………….

Tips Agar Sidang Skripsi Lancar sampai Akhir

1. Berdoa

Tips lancar dalam kalimat pembuka sidang skripsi tentu saja berdoa. Jadikan berdoa sebagai kebiasan baik. Nah, ada doa khusus agar lancar dalam presentasi atau berbicara di depan orang. Penasaran bukan, seperti apa sih doa itu? Tentu saja doa itu terbukti efektif untuk dipraktekannya, saya salah satu yang mengamalkan doa setiap kali mengisi seminar. 

Robbisrohli Sodri wayassirli amri wahlul ‘uqdatanmillisani yafqohu qouli.

Artinya: Ya Allah lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku dan lancarkanlah lidahku agar mereka memahami perkataan ku).

Seraya membaca doa, pasrahkan semuanya pada yang kuasa sebagai sang pemiliki ilmu pengetahuan dan yang berhak memberikan ilmu atau tidak memberikan ilmu kepada hambanya. Karena pada dasarnya kelancaran mulut, dan ilmu pengetahuan hanyalah Miliknya. Manusia hanya sebagai ‘Lantaran’ (mediasi) transformasi ilmu pengetahuan saja. 

2. Menguasai Materi Skripsi 

Tips paling penting selain berdoa agar lancar mengucapkan kalimat pembuka sidang skripsi adalah menguasai materi skripsi itu sendiri. Bagaimana biasa mempresentasikan dengan lancar jika tidak mempelajari dan tidak menguasai dengan baik isi skripsi bukan? 

Nah, selama skripsi itu dikerjakan sendiri. Dengan kata lain, skripsi tidak dibeli atau dibuatkan oranglain, maka tidak sulit mengetahui alur dan pesan yang ingin disampaikan. Jadi, sebenarnya tidaklah sulit dan menakutkan. Anggap saja kamu sedang berdialog dengan teman membicarakan isi penelitian skripsi kamu. 

Salah satu kunci menguasai materi skripsi sebenarnya terletak pada konsistensi dalam memahami. Jadi jangan mempersiapkan 24 jam sebelum sidang skripsi, tapi pelajari dan pahami betul skripsi kamu sejak proses penelitian dan proses penulisan semua laporan skripsi. Di jamin, setiap pertanyaan yang diajukan oleh penguji akan kamu jawab dengan lancar, karena kamu mengalami dan terjun langsung. 

Jika kalimat ini sudah kamu lakukan, maka membuat kalimat pembuka sidang skripsi sangatlah mudah. Karena pada dasarnya kalimat pembuka sidang skripsi itu hanya sederhana. Yang tidak sederhana adalah bayangan yang ada di dalam pemikiran kita yang terlalu takut dan cemas dengan sesuatu yang tidak pasti. 

3. Siapkan Mental

Agar lancar dalam melafalkan kalimat pembuka sidang skripsi, pastikan untuk menyiapkan mental terlebih dahulu. Carannya gimana? Seperti yang disinggung sebelumnya, atur cara berfikir dan atur sudut pandang terhadap sidang skripsi. Sidang skripsi hanya untuk mengetahui apakah skripsi yang kamu buat dibuat sendiri dan untuk mengetahui apakah kamu menguasai, atau tidak menguasainya. 

Jadi sidang skripsi bukan ajang perpeloncoan atau sebagai ajang penyiksaan. Jadi, kenapa harus cemas dan takut. Toh, kamu tidak akan di jewer oleh dosen penguji. Paling Cuma dikomentari saja. Masalah komentar pun sebenarnya bukan sesuatu yang menakutkan bukan? Bagaimanapun juga komentar itu sifatnya membangun. Tidak mungkin juga kan dosen penguji memaki-maki kamu juga? Misalpun ada, itu juga salah satu bentuk menguji mental. 

Prinsipnya, buatlah lebih rileks agar mental pun kuat. Prinsipnya adalah menerima apa adanya diri kita. Turunkan ego bahwa prinsip penelitian harus benar. Buka mata, buka hati dan rendah hatilah. Kosongkan gelas, isi gelas dengan hal yang baru saat dosen penguji mengkritik habis-habisan. Jika sudah demikian, se-nylekit apapun komentar dosen penguji, kita akan woles saja. Mental pun tidak merasa di lukai atau terlukai.

Baca juga : Sistematika Penulisan Skripsi Dari Bab 1 sampai Bab 5

 4. Tanamkan Sugesti Positif

Salah satu kesalahan umum kenapa sulit membuat kalimat pembuka sidang skripsi karena sugesti yang kita tanamkan. Sekalipun kalimat pembuka sidang skripsi sudah disiapkan dan dihafalkan, kalo sugesti yang ditanamkan menimbulkan rasa takut, cemas dan grogi, sebaik apapun persiapan bisa lupa begitu saja. 

Salah satu factor penyebab kalimat pembuka sidang skripsi lupa karena banyak ketakutan dan grogi. Otak focus pada ketakutan yang belum sesuai dengan yang dipikirkan. Ketidaktenangan itulah penyebab semua memori dan materi hilang. 

Sebaliknya, ketika otak disugesti positif, otak akan lebih rileks, lebih tenang. Karena ketenangan otak inilah yang akan menjaga daya ingat. Bahkan, pusat konsentrasi bisa meningkat, sehingga ketika ditanya pertanyaan yang sulit, kamu tetap bisa menjawab dengan baik. Pada dasarnya, semakin otak berkonsentrasi, syaraf otak akan saling terkoneksi dan bisa melahirkan jawaban dan ide gemilang. 

Baca juga : Halaman Persembahan Skripsi Yang Menyentuh Tetapi Juga Gokil!

5. Membuat Slide Presentasi Yang Simpel

Mau mendapatkan nilai baik sidang skripsi? Maka kamu wajib membuat slide presentasi yang simple. Masalah yang sering terjadi saat membuat slide power point terlalu deskriptif. Sehingga saat didepan penguji, kamu focus membaca slide yang Panjang lebar. Padahal cara ini terkesan membosankan dan tidak komunikatif. 

Maka dari itu, buatlah slide power point dengan simple. Tidak perlu di jelaskan detail. Cukup tulis poin pokoknya saja. Dari pokok pembahasan itulah yang nantinya akan kamu jelaskan dengan Bahasa spontan sendiri. Ini lebih baik karena ada komunikasi dengan dosen penguji. Dari sisi dosen penguji pun akan menilai bahwa kamu menguasai betul isi skripsi yang sudah kamu buat. 

Tentu saja ini menjadi nilai ples, karena untuk bisa menjadi seperti itu dibutuhkan kepercayaan diri. Sedangkan banyak mahasiswa yang malu-malu kucing dan tidak percaya diri. Nah, kamu termasuk yang membuat power poin seperti apa nih? 

Itulah tips sukses agar mahir melafalkan kalimat pembuka sidang skripsi. Selama tips di atas kamu praktekan, maka sidang skripsi itu bukan hal yang menakutkan. Melainkan sebagai hal yang menantang. Selain keberanian dalam mempresentasikan di depan dosen penguji salah sarana untuk menguji keberanian dan kepercayaan diri. 

Bagaimanapun juga, di dunia kerja, presentasi menjadi hal yang lumrah dilakukan. Memang awalnya sulit, jika sudah menjadi kebiasaan, akan lebih mudah untuk dijalani. Bahkan membuat kalimat pembuka sidang skripsi bukan menjadi kendala utama. Jadi, selamat berlatih untuk menjadi pribadi yang lebih berani. 

Baca juga : 6 Manfaat Penelitian Skripsi Yang Wajib Kamu Tahu

Jangan jadikah sidang skripsi sebagai beban yang dihindari. Bagaimanapun juga skripsi ini harus kamu selesaikan dengan cepat, agar segerah mendapatkan ijazah demi bisa melangkah untuk mendapatkan ijabsah. Jangan sampai ijabsah dulu sebelum mendapatkan ijazah.

Tentu saja mendapatkan ijazah terlebih dahulu lebih keren. Nah, yang belum mendapatkan hilal jodoh, tenang tahun depat kamu akan mengetahui hilal lebaran dulu. (Irukawa Elisa).

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah