pojok Reseller deepublish

Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

Tahap Pengembangan dan 15 Contoh Ide Jualan Kekinian

Bagikan

Tahun 2022, banyak sekali contoh ide jualan yang bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan. Berikut ini ide jualan online kekinian yang belum banyak pesaing tahun ini.

Dalam mendirikan usaha atau jualan tentu ada beberapa tahapan, dan ada pula proses menentukan langkah pengembangan ide dan peluang jualan. Artinya, perlu diawali dengan mengembangkan ide kemudian mencari tahu peluang usaha yang potensial. 

Tahapan ini penting untuk dilalui oleh semua pelaku usaha yang akan merintis usahanya sendiri.

Sebab, bagaimanapun juga tidak ada pengusaha yang ingin gulung tikar. Maka usaha yang dirintis kemudian dipersiapkan dengan sangat matang. Lalu, apa saja yang harus disiapkan? 

Sumber Peluang Ide Jualan

Hal pertama yang perlu dilakukan dan disiapkan oleh pelaku usaha adalah memahami sumber peluang usaha. Adapun yang dimaksud dengan sumber peluang usaha adalah segala bentuk ide usaha yang berpeluang untuk sukses. 

Ide usaha atau sebuah peluang usaha bisa datang dari banyak hal, bisa jadi buah pikiran sendiri yang merupakan hasil kreativitas pribadi. Bisa juga dari lingkungan sekitar atau dari karakter masyarakat yang menentukan kebutuhan suatu produk. 

Maka dalam dunia wirausaha, sumber peluang usaha dibagi menjadi dua yakni sumber internal dan sumber eksternal. Berikut penjelasannya: 

1. Sumber Internal

Sumber peluang ide jualan untuk usaha yang pertama adalah sumber internal, yaitu sumber peluang atau kesempatan usaha yang datang dari dalam. Bagi seorang pelaku usaha maka sumber internal ini berkaitan dengan potensi yang dimiliki, bakat, dan lain sebagainya. 

Ada kalanya seorang pengusaha menciptakan produk baru yang revolusioner dan kemudian diminati oleh publik. Produk-produk baru ini bisa tercipta dari hasil buah pikiran dan usaha pribadi pelaku usaha tersebut. 

Adapun yang menciptakan peluang usaha internal ini adalah dari wawasan, pengalaman pengusaha dalam berbisnis, dan juga sumber daya manusia atau kreativitas dari pengusaha tersebut. 

2. Sumber Eksternal

Daftar Reseller

Peluang usaha juga bisa bersumber dari faktor eksternal, yakni dari faktor luar yang tidak bisa dipengaruhi oleh individu pengusaha tersebut. Biasanya akan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan atau kondisi perekonomian suatu negara. 

Adapun yang mencakup sumber eksternal ini adalah masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Masalah yang dihadapi setiap orang kemudian bisa menciptakan peluang usaha. 

Misalnya orang kesulitan mendapatkan angkutan umum di jam tertentu, maka muncul ide untuk menyediakan layanan ojek online yang beroperasi 24 jam penuh. Kemudian, dipengaruhi juga oleh permintaan pasar atau kebutuhan pasar. 

Saat minyak goreng langka maka masyarakat akan mengajukan permintaan tinggi terhadap minyak goreng tersebut. Hal ini menciptakan peluang bagi pengusaha untuk bisa menjadi penyedia minyak goreng. 

Sumber eksternal yang terakhir adalah bisa dari keinginan dan kebutuhan untuk menciptakan hal baru dari produk yang sudah ada. Misalnya di pasaran sudah ada televisi yang digunakan masyarakat.

Kemudian muncul keinginan untuk mengembangkannya menjadi smart TV yang bisa digunakan berselancar di internet. 

15 Contoh ide jualan kekinian modal kecil

Jika sudah mengenal sumber peluang usaha dan ide jualan kekinian, maka langkah pengembangan ide dan peluang usaha selanjutnya adalah mengenal semua peluang yang ada. Dewasa ini peluang usaha semakin berkembang khususnya usaha berbasis daring atau online. 

Daftar Open Reseller

Oleh sebab itu, keahlian apapun bisa menjadi modal untuk mendirikan usaha yang sesuai dan bisa dengan mudah dikembangkan. Apabila memerlukan inspirasi ide peluang usaha, beberapa jenis peluang berikut bisa dipertimbangkan: 

1. Dropshipper

Peluang pertama adalah dropshiper, yaitu kesempatan usaha dengan menjual produk orang lain tanpa perlu pusing menyediakan stok produk dan packing produk ke alamat pembeli. 

Produk yang dijual disediakan oleh pusat dan dikemas oleh pusat untuk dikirimkan ke alamat pembeli. Sehingga dropshipper memungkinkan seseorang bisa jualan produk yang sudah memiliki merek jelas tanpa perlu modal yang besar. 

2. Toko Online

Suka jualan? Supaya lebih hemat modal maka bisa jualan online dengan mendirikan toko online. Toko online bisa didirikan di media sosial, blog atau website, marketplace, dan lain sebagainya. Sehingga tidak perlu punya fisik toko cukup punya toko digital di media-media tersebut. 

3. Reseller

Jualan juga bisa dalam bentuk reseller, prinsipnya adalah menjual atau mempromosikan produk orang lain. Reseller menyediakan stok produk di tempat usaha mereka jualan. Jadi, bisa jualan secara online maupun offline.

PROGRAM RESELLER BUKU

Ebook Panduan Jadi Reseller

Menjadi reseller tanpa perlu modal banyak dan hasil omset bisa sampai puluhan juta per bulan. Untuk kalian yang ingin bergabung menjadi reseller buku Deepublish, bisa langsung daftar disini : Open Reseller Buku

Gratis Download Ebook Panduan Reseller: Jadi Reseller Omset Ratusan Juta

4. Laundry

Tinggal di pemukiman padat penduduk? Dekat dengan perguruan tinggi atau lokasi perkantoran? Mereka biasanya tidak sempat mencuci dan menyetrika baju sendiri, sehingga menggunakan jasa laundry. Kebutuhan mereka menciptakan peluang usaha laundry yang omsetnya bisa tinggi dan profitnya juga lumayan. 

5. Freelancer

Butuh pemasukan tapi masih kuliah? Atau mungkin sudah bekerja tapi gaji dari kantor masih kurang untuk memenuhi kebutuhan? Maka untuk menambah penghasilan bisa memanfaatkan peluang menjadi jual jasa sebagai freelancer atau pekerja paruh waktu. 

Pilihannya banyak dan bisa bekerja secara daring maupun luring. Dimana seorang freelancer tidak terikat oleh jam kerja dan kontrak kerja, sehingga serba fleksibel. Bahkan bisa bekerja di lebih dari satu perusahaan dalam satu waktu. 

6. Kerajinan

Banyaknya sampah di lingkungan sekitar rupanya oleh orang kreatif bisa menciptakan peluang usaha dan merupakan ide jualan dengan kreatif. Yakni peluang usaha di bidang kerajinan.

Misalnya di daerah Jepara dimana ada banyak limbah kayu jati, oleh masyarakat diolah menjadi furniture bernilai tinggi yang kemudian dijual ke berbagai negara. 

7. Affiliate Produk Digital

Peluang jualan masa kini ada banyak dan salah satunya peluang affiliate produk digital. Misalnya ada penerbit buku yang menjual buku dalam format digital. Mereka kemudian membuka afiliasi yang memungkinkan siapa saja menjadi tenaga pemasar yang menawarkan buku digital terbitan mereka tadi. 

8. Usaha Makanan dan Minuman

Food and beverage atau usaha makanan dan minuman adalah peluang usaha yang abadi, karena sudah ada sejak dulu dan masih eksis sampai sekarang.

Peluang usaha ini membantu siapa saja mendapatkan makanan dan minuman tanpa perlu berkutat di dapur. Selama manusia butuh makan dan minum, prospek usahanya dijamin moncer. 

9. Agency

Mendirikan agency juga termasuk peluang usaha yang menarik untuk ditekuni. Agency sendiri adalah jasa yang menghubungkan antara satu pihak dengan pihak lain yang mereka memiliki keahlian di bidangnya. Yang mereka tawarkan adalah ide jualan jasa kreatif mereka untuk membantu klien.

Misalnya agency artis, mereka menyaring talenta berbakat dari masyarakat untuk dipromosikan sebagai artis.Agency kemudian menawarkan para artis di bawah naungannya kepada rumah produksi, produser, dan semacamnya. Sehingga para artis mereka memiliki kesempatan go public tanpa perlu mencari rumah produksi sendiri. 

10. Influencer

Media sosial memiliki kekuatan luar biasa, banyak penggunanya memiliki daya tarik dan menghimpun banyak pengikut. Apa yang mereka sampaikan dan bagikan kemudian dinilai sangat terpercaya oleh pengikut mereka. 

Sehingga para pemilik pengikut yang banyak ini menerima kemitraan seperti mempromosikan produk dari suatu brand. Lewat jasa promosinya, mereka mendapatkan pendapatan. Dewasa ini banyak influencer yang sukses, bahkan satu kali posting bisa mendapat bayaran sampai puluhan juta. 

11. MUA (Make Up Artist)

Suka memakai makeup dan punya keahlian dalam hal ini? Maka bisa menciptakan peluang usaha menjadi MUA atau Make Up Artist. Sehingga dalam keseharian akan sibuk merias para artis untuk berbagai acara. Gajinya besar dan masa depannya juga terbilang sangat cerah. 

12. Penulis Lepas

Jika suka menulis, maka bisa mencoba peluang menjadi penulis lepas. Penulis lepas termasuk ke dalam freelancer yang berkecimpung di dunia kepenulisan. Biasanya menulis untuk website, penerbit, dan sebagainya baik secara online maupun offline. 

13. Les Bimbel

Bisnis di bidang pendidikan juga dikenal sebagai bisnis atau usaha yang abadi. Kamu tidak harus mendirikan sekolah, bisa mencoba membuka les bimbingan belajar. Baik secara privat maupun rombongan per kelas. Peminatnya banyak dan setiap tahun dijamin akan selalu ada murid baru. 

14. Youtuber

Siapa yang tidak kenal Youtube? Awalnya, Youtube digunakan untuk membagikan video musik yang ikut andil dalam runtuhnya stasiun televisi musik terbesar yakni MTv. Sekarang, Youtube memungkinkan siapa saja memposting video dan dilihat banyak orang dari seluruh dunia. 

Oleh Youtube, konten dengan banyak penonton akan dimonetisasi lewat iklan berbayar. Jika kamu disiplin memposting video maka perlahan bisa mendapatkan bayaran dari Youtube dan dikenal luas sebagai Youtuber. 

15. Designer Web

Siapa yang tidak membutuhkan website? Tingginya kebutuhan website untuk kebutuhan personal maupun perusahaan menciptakan peluang bisnis designer web. Tugasnya tentu saja membuat website dari nol yang bisa digunakan oleh klien untuk branding diri dan branding perusahaan. 

Langkah Pengembangan Ide Jualan dan Usaha

Ada 15 peluang usaha dan jualan yang dijelaskan di atas, silahkan memilih salah satu untuk ditekuni dan dikembangkan. Supaya pilihan yang diambil punya kesempatan besar untuk sukses maka bisa menerapkan langkah-langkah pengembangan ide usaha berikut ini: 

1. Mendapatkan Masalah Konsumen yang Valid 

Langkah pertama adalah mengenal masalah konsumen, sehingga bisa membantu menciptakan produk yang menyelesaikan masalah tersebut. Jika produk bisa sangat solutif, siapa yang akan menolaknya?

Jadi, kenali dulu masalah konsumen dengan mengenal mereka lebih dalam dan berinteraksi dengan mereka secara langsung. 

2. Mengasah Kreativitas

Kreativitas diperlukan agar produk yang menyelesaikan masalah konsumen punya ciri khas. Sekali menciptakan produk maka akan ada ribuan yang menduplikasinya. Kalau tidak dibuat unik dan kreatif dijamin mudah tenggelam. 

3. Menentukan Tujuan yang Jelas

Tujuan dari pembuatan produk dan pendirian usaha juga harus jelas. Misalnya sudah punya target produk akan dirilis di bulan Maret lalu tembus penjualan 10 juta.

Tujuan pada bisnis bisa untuk membuka lapangan seluas-luasnya atau disesuaikan dengan keinginan pribadi. Jika tujuan jelas, maka strategisnya juga lebih jelas. 

4. Kemampuan Dasar dari Diri

Kenali juga kemampuan dasar yang dimiliki oleh diri sendiri. Apakah memasak? Jika iya maka bisa fokus ke bisnis makanan dan minuman. Apakah kreatif? Maka bisa terjun ke bisnis kreatif seperti kerajinan. 

5. Fokus Pada Satu Kegiatan Kreatif

Usaha atau bisnis yang sukses membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi. Oleh sebab itu, usahakan fokus pada satu kegiatan kreatif saja. Ditekuni dulu dan berusaha dikembangkan, maka hasilnya bisa maksimal. 

6. Kembangkan Menjadi Produk

Setelah semua langkah di atas, maka tinggal mengembangkan ide menjadi produk yang punya fisik atau nilai. Fisik disini bisa produk yang memang bisa disentuh, bisa juga produk digital yang tidak memiliki fisik. 

7. Perencanaan Bisnis

Berikutnya adalah menyusun perencanaan bisnis seperti menghitung kebutuhan modal dan mencari sumbernya. Mencari bahan baku untuk memproduksi produk yang sudah diciptakan, dan seterusnya. 

8. Menjalan Pemasaran dan Promosi

Jika produk sudah jadi dan sudah siap untuk dipasarkan, maka lakukan kegiatan promosi. Memanfaatkan media online dan offline yang sesuai dengan karakter target pasar. Sehingga bisa mendapatkan hasil lebih cepat pasca promosi dilakukan. 

10. Gandeng Mitra

Setiap usaha perlu dikelola dan terus dikembangkan, sehingga penting untuk terus berusaha memperluas pasar.

Mulailah mencari mitra yang sesuai baik untuk tujuan promosi seperti bermitra dengan influencer maupun KOL (Key Opinion Leader). Maupun bermitra dengan investor atau perusahaan lain untuk mengembangkan produk. 

11. Evaluasi dan Perluas Pasar

Usaha yang berjalan baik memerlukan proses evaluasi dan perbaikan secara terus menerus. Sekaligus perlu selalu memperluas pasar dengan mengembangkan produk dan menambal kekurangan produk yang sudah ada. 

Mendirikan usaha sendiri memang butuh perjuangan keras, namun bisa membantu menjadi bos dari banyak karyawan. Sekecil apapun usaha yang dimiliki, status kamu otomatis sudah menjadi bos.

Jadi, terapkan langkah pengembangan ide dan peluang usaha yang dijelaskan di atas. Siapa tahu 5 atau 10 tahun mendatang kamu menjadi bos sebuah perusahaan besar.

Ebook Reseller Buku

Dapatkan ebook gratis “17 Langkah Menjadi Reseller Buku yang cerdik untuk mendapatkan omset ratusan juta” dengan download di : Ebook Reseller Gratis

Share This Post

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller