8 Hobi yang Menghasilkan Uang dan Jadi Pekerjaan

hobi yang menghasilkan uang
toko buku kuliah
Bagikan

8 hobi yang menghasilkan uang dan menjadi profesi – siapa sih yang tidak punya hobi? Saya yakin tiap orang memiliki hobi. Berbicara tentang hobi, tentu saja ada banyak sekali ragam bentuknya. Bahkan, hobi nyleneh sekalipun bisa menghasilkan uang. 

Jika umumnya hobi sesuatu yang ada wujud karyanya. Ternyata hobi nyleneh dan terkesan main-main pun sekarang bisa dijadikan profesi. Misalnya bermain games, atau main media sosial bisa dapat endors dan tawaran iklan produk.

Berbicara hobi belakangan ini kawula muda banyak meliriknya loh. siapa sih yang tidak ingin bekerja dengan sesuai kesenangan dan mendapatkan uang? Pasti semuanya ingin seperti itu. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan share 8 hobi yang bisa dijadikan sebagai profesi menjanjikan dan cukup bergengsi. 

Jadi kamu cukup di rumah, tetapi uang datang seperti hujan. Duh, membayangkannya saja tidak bisa nolak. Tetapi realitanya, tetap saja tidak semudah kita memejamkan mata. Langsung saja kita intip 8 hobi yang bisa jadi sebuah profesi. 

Penulis (Suka Menulis)

Hobi yang pertama yang akan saya bagikan adalah hobi menulis. Karena inilah hobi yang sedang saya tekuni. Siapa yang menyangka jika hobi yang saya teknuni 13 tahun yang lalu, kini justru menjadi profesi utama. Padahal kala itu tidak ada niatan sama sekali menjadi hobi ini menjadi profesi loh. 

Di sini siapa nih yang punya pengalaman yang sama? Boleh loh share cerita kamu di kolom komentar. Mungkin diantara pembaca artikel ini ada yang tertarik ingin menjadi penulis juga? nah, berikut ada beberapa tips buat kamu untuk merealisasikan hobi menulis kamu menjadi profesi. 

  • Niat 
  • Memiliki dorongan belajar tinggi 
  • Berani mencoba 
  • Tahan banting 
  • Tidak suka mengeluh 
  • Mencintai lahir batin hobi kamu 

Itulah beberapa tips cara agar hobi menulis kamu bisa menjadi profesi. Ingat, sebuah hobi bisa jadi profesi tiap orang memiliki waktunya berbeda-beda. Ada yang Cuma berjuan 4 tahun, sudah bisa menjadi profesi. Atau yang lebih cepat dari 4 tahun bahkan ada yang lebih lama dari 4 tahun. 

Designer – Jago Mendesain

Hobi yang bisa dijadikan profesi selanjutnya adalah hobi desainer. Buat kamu yang jago membuat desain, apapun itu. Baik desain gambar, desain logo, desain baju atau apapun itu, jangan ditinggalkan. Tetap tekuni, karena jaman sekarang hobi corat coret begini bisa dijadikan profesi. 

Contohnya banyak kok. Cantoh yang paling ksering kita temui adalah desain cover buku, kamu bisa menjadi seorang desainer sampul buku. Atau mungkin kamu suka dengan fashion, bisa juga mendesain baju dan menjual desain imajinasi kamu. Ada juga desain rumah, juga bisa menjadi profesi menjadi seorang arsitek. 

Bahkan tidak sekedar desain saja kok.  Kemampuan mengambar dan corat-coret kartun juga bisa menjadi profesi menjadi seorang komikus atau bisa juga menjual karakter kartun imajinasi kamu ke sutterstock dsb yang sekarang banyak layanan yang menjual karya desain seperti itu. 

Videografer

Nah, hobi yang belum lama ini sempat banyak digandrungi oleh anak muda nih. Yap, hobi membuat video. Ada pengalaman menarik tentang hobi membuat video. Beberapa rekan saya di tabloid yang saya kelola, mereka yang awalnya sebagai fotografer pemula. 

Lambat laun tertarik membuat video. Tidak tanggung-tanggung, akhirnya menekuni hobi mereka membuat video. Berkat ketekunan dan proses belajar secara langsung di lapangan, akhirnya kini sudah punya jasa membuat videografi untuk acara video pernikahan loh. 

Padahal tidak pernah berguru, hanya modal ketekunan, mau belajar sana sini secara otodidak dan belajar dengan teman yang sudah mendahulu pengalaman mereka. Akhirnya, sekarang mereka hidup dan makan dari hasil hobi mereka. 

Mungkin kamu salah satunya? Yang memiliki minat di dunia videographer dan akhirnya bisa mendapatkan uang dari situ. 

Youtuber

hobi yang menghasilkan uang adalah menjadi youtuber. Berbagai kalangan, mulai dari remaja, dewasa hingga tua kini banyak yang mencoba peruntungan menjadi youtuber juga. tidak ada yang salah sih sebenarnya. Kamu pun bisa melakukan hal yang serupa. 

Permasalahannya adalah, binggung ingin membuat konten apa? dan ingin diisi dengan kegiatan yang seperti apa? Masak iya ingin mengisi youtube dengan hal-hal yang tidak edukatif? Mengingat sekarang juga banyak konten yang tidak ada manfaatnya sama sekali. 

Nah, mencoba peruntungan menjadi youtuber sebenarnya menjawab semua hobi yang tidak tertampung atau tertulis di artikel ini. Contoh sederhana, kamu hobi nyanyi di kamar mandi? Biasannya yang dengerin kamu nyanyi hanya air dan gayung saja. 

Berkat hadirnya youtube, kamu bisa menyanyi dan ditonton oleh banyak orang. jika beruntung, kamu bisa dilihat oleh banyak viewer dan disubcribe. Tentu saja dari hasil ini kamu akan merasakan kepuasan dan kesenangan lebih dibandingkan menyanyi di kamar mandi bukan? 

Hobi nyleneh yang lain, yang bisa dimasukan ke dalam youtube, hobi bermain games nih. Kita bermain game mungkin levelnya belum seperti gamers kelas dunia. Nah, setidaknya dari games yang kamu mainkan, bisa di upload di youtube dan bisa mendapatkan adsense dari youtube. 

Jaman sekarang, memungkinkan segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kuncinya hanya kepekaan kita dalam memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Jangan sebaliknya, teknologi yang memanfaatkan kita. contoh teknologi yang memanfaatkan kita adalah, kita menghabiskan waktu untuk bermain games, tetapi kita tidak mendapatkan keuntungan selain menghabiskan waktu. 

Sementara jika kita yang memanfaatkan teknologi, kita bisa mengoptimalkan hobi kita dan menyalurkan hobi kita dengan teknologi yang tersedia. Sehingga kita pun memperoleh keuntungannya. Banyak bentuk keuntungannya, bisa popularitas, bisa menapatkan tawaran kerjasama sesuai bidang hobi kamu, dan bisa mendapatkan uang dan kepuasan dari sana. 

Memasak

hobi yang menghasilkan uang yang lain adalah memasak. Buat kamu yang memiliki hobi memasak, jangan sia-siakan kesenangan kamu nih. Karena memasak tidak sekedar kebutuhan di rumah. Tetapi bisa dijadikan sebagai profesi. 

Contoh umum dunia memasak adalah menjadi seorang chef atau koki. Jika menjadi chef terasa sulit, kini ada yang lebih sederhana. Kamu bisa tetap memasak tanpa harus menjadi chef. Cukup melakukan branding dan unjuk kebolehan hasil memasak kamu di media sosial. Bisa Fb, IG, Youtube dan masih banyak lagi. 

Atau cara lain juga bisa, kamu bisa menjual hasil masakan kamu loh. menjual makanan sehari-hari masih memiliki peluang besar, mengingat kini banyak masyarakat yang malas memasak karena kesibukan bekerja dan tuntutan hidup serba cepat. Sehingga mereka mencari makanan yang siap makan. Dan ini adalah peluang buat kamu yang ngaku suka masak. 

Belajar jualan online

Ada juga ide lain, kamu bisa membuat catring memasak. Caranya cukup membuat prosur, kemudian membagikan brosur tersebut ke kantor, ke sekolah yang ada jadwal makan atau ke organisasi. Di jamin, akan tetap eksis dan hobi kamu tidak sekedar memasak di makan sendiri. tetapi juga bisa menghasilkan. 

Menjahit

Buat kamu yang sekarang terkena dampak covid-19, binggung ingin bekerja apa dan punya keterampilan menjahit. Tidak ada salahnya untuk mengembangkan keterampilan yang sudah kamu miliki menjadi profesi baru. 

Tidak melulu menjahit untuk instansi atau menjahit berdasarkan pesanan. Kamu bisa mengawali hobi kamu dengan membuat satu sampel baju atau apapun itu. Kemudian bisa dijual di marketplace atau di media sosial. 

Jika perlu adik, anak atau sepupu dijadikan model menggunakan baju karya kamu. kemudian di foto sebaik mungkin, dan tawarkan di media sosial. Di jamin, akan banyak yang tertarik kok. Memang untuk pertamakali sulit, belum tentu dilirik dan belum tentu laku. 

Tapi selama koonsisten melakukan branding, dan terus menjahit sesuai kreativitas kamu. pelan tapi pasti, bisa dijadikan profesi. Ingat, segala bentuk profesi tidak bisa dirasakan secara instan dan langsung. Semuannya butuh proses. 

Jika kita mempelajari biografi seorang desainer atau penjahit terkenal, mereka dulunya juga mengawalinya dengan passion, dengan hati, dengan ketulusan dan dengan niat. Karena beberapa unsur tersebut adalah modal dasar yang kelihatannya familiar. Tetapi sulit diaplikasikan dan dipraktekan. Siapa yang setuju? Bisa tuliskan pengalaman kamu di kolom komentar. 

Seniman

Buat kamu yang memiliki darah seniman, jangan khawatir. Karena peluang menjadi seorang seniman dan dijadikan profesi masih terbuka lebar. Berbicara tentang seniman, memang ada banyak aliran. Mulai dari seni pahat, seni menyanyi, seni humor, seni teater, seni drama hingga seni melukis sekalipun. 

Ada banyak cabang seni yang bisa dikembangkan, berdasarkan passion kalian masing-masing. Menurut saya, menjadi seniman itu special loh? karena tidak semua orang memiliki bakat atau kemampuan dalam seni. 

Coba saja seorang yang pandai secara akademis, jika disuruh untuk melukis dia akan pusing dan frustasi. Begitu sebaliknya. Seorang seniman ketika dihadapkan pada hal-hal yang tidak sesuai bidangnya juga akan mengalami hal serupa. 

Berbicara tentang seniman, kemampuan seni lebih banyak digunakan dibanyak hal. Tidak sekedar pada seni pada arti sebenarnya. Tetapi dalam arti tidak sebenarnya. Misalnya seni melihat peluang, seni melihat potensi diri dan seni memahami orang lain. Seniman menjadi salahs satu hobi yang menghasilkan uang dan paling banyak dilakukan.

Public Speaking

Hobi selanjutnya yang bisa menjadi pekerjaan dan menghasilkan uang, yaitu public speaking. Biasanya waktu kuliah sering kan disuruh untuk jadi MC dan lama-kelamaan malah bisa mengisi acara-acara penting? Nah, jika kamu mau menenukinya kamu akan bisa mendapatkan pekerjaan ini.

Selain itu, bisa juga kamu bergelut di dunia host, radio, TV atau marketing yang sangat membutuhkan copywriting atau event. Jadi, manfaat ini sangat banyak ya.

Baca juga: Pengertian dan Cara Public Speaking yang Baik

Itulah 8 hobi yang bisa jadi sebuah profesi. Dari ketujuh hobi tersebut, hanya beberapa diantara hobi. Sebenarnya masih ada banyak sekali hobi yang bisa dikembangkan. Salah satunya hobi saya berkebun. Ternyata dari hasil hobi, saya bisa berbagi pengalaman berkebun di kanal channel youtube dan mendapatkan penghasilan dari sana. 

Saya pun yakin, buat kamu yang memiliki hobi di luar 8 hobi yang bisa jadi sebuah profesi di atas, kamu bisa menekuni apapun hobi yang sekarang sedang kamu dalami. Kuncinya hanya satu kok, cukup tekuni, lakukan branding dimedia sosial, agar orang tahu apa yang kamu tekuni. Siapa tahu dari jejaring sosial, ada yang tertarik dan mengajak kamu bekerjasama. 

Kita tidak akan pernah tahu bukan? Jadi apapun itu, jalankan dengan senang. Karena kesenangan adalah kunci keberhasilan. Terapat pesan menarik yang pernah saya baca, inti pesan itu adalah orang bisa sukses dan jenius jika dia berada ditempat yang tepat.

Semoga sedikit share dan ulasan yang cukup panjang ini bermanfaat dan tidak membuat mata kamu pegal membaca tanpa ada ilmu, akhir kata See You. (Irukawa Elisa)

Baca Artikel Lainnya

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang