Manfaat Hidup Bersama Al-Quran

toko buku kuliah
Bagikan

Manfaat Hidup Bersama Al-Quran- Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi kehidupan manusia, secara universal dan tidak pula hanya untuk umat Islam. Allah berbicara kepada hamba-hambaNya melalui firmanNya yang telah tertulis dalam Al-Qur’an. Di dalamnya terdapat berita-berita dan perintah yang diharapkan tiap manusia dapat mempelajari dan mengambil hikmah di dalamnya. Di dalamnya pun terdapat kabar baik bagi umat Islam yang taat dan mematuhi syariatNya, juga terdapat kabar buruk bagi yang mengingkarinya.

Manfaat Hidup Bersama Al-Quran

Al-Qur’an adalah firman Allah yang selalu terjaga kebenarannya, bahkan dijaga sendiri oleh Allah Ya Maha Sebaik-baiknya penjaga. Kewajiban seorang muslim salah satunya adalah belajar Al-qur’an dengan baik dan mengajarkannya kepada yang lain. Allah akan memberikan pahala yang besar baginya. Namun hanya mempelajarinya tidaklah cukup, karena setiap muslim juga harus membaca Al-Qur’an, dikarenakan membaca Al-Qur’an secara rutin adalah sebuah kegiatan yang terdapat pahala yang besar di dalamnya.

Kembali mengingatkan bahwa di dalam Al-Qur’an terdapat banyak hikmah dan petunjuk bagi setiap orang yang mau mempelajarinya dan mau merenungkan juga mentadabburi setiap ayatnya. Ia dapat menjadi penentram setiap hati yang gundah, dan dapat menjadi obat bagi setiap kehidupan yang kurang baik. Ia menjadi pembeda akan hal-hal yang baik dari yang kurang baik. Semua hal yang abu-abu menjadi jelas berdasarkan pada rujukan dari setiap ayat Al-Qur’an. Dan Allah akan memudahkan dan membersamai orang-orang yang selalu mengamalkan isi Al-Qur’an di dalam hidupnya.

Baca juga : Mengambil Makna dari Surah An Nahl (Lebah)

Namun demikian, kita tidak boleh memaknai ayat Al-Qur’an dengan mentafsiri sendiri tanpa ada rujukan yang jelas dan tanpa mengetahui secara gramatikal dalam bahasa Arabnya.

Dibutuhkan ilmu untuk melakukan itu. Walaupun begitu, Allah akan memudahkan setiap usaha bagi orang yang berusaha melakukannya dengan baik dan dijadikan barokah atas setiap ilmu dan hikmah yang didapatkannya. [Rizky Selvasari]

Baca juga : Jurus Jaga Diri untuk Perempuan

Referensi:

Al-Fauzan, Syaikh Shalih. Indahnya Hidup Bersama Al-Qur’an. Pustaka Al-Sofwa

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang