Dunia Percetakan: Mengenal Jenis Jenis Percetakan

jenis jenis percetakan
toko buku kuliah

Mengenal Jenis Jenis Percetakan – Percetakan adalah sebuah bisnis yang memberikan jasa percetakan seperti buku, koran, ataupun plamfet. Bisnis percetakan memang sangat menguntungkan, apalagi jika kita mengetahui letak pasar kita ada di mana.

Ngomong-ngomong masalah percetakan, kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis percetakan. Secara umum dapat dibagi menjadi 4 jenis. Yaitu :

Mengenal Jenis Jenis Percetakan

 

1. Cetak Offset

Cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas. Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork/ desain yg dibuat dengan software olah digital seperti coredraw, photoshop, freehand dan lain2nya lalu selanjutnya dibuatkan plat filmnya.

Dengan plta film tersebut kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin offset. Hasil peretakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.

DUNIA PERCETAKAN MENGENAL JENIS-JENIS PERCETAKAN

2. Cetak sablon

Cetak sablon sering disebut screen printing. Cetak jenis ini menggunakan screen/saring. Artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di screen. Dari hasil afdruk itu kemudian dituang tinta dan disaput dengan rakel. Tinta yang disaput akan keluar dari screen ke media yang disablon. Cetak sablon bisa diaplikasikan di banyak media, semisal : kertas, plastik, kain, besi, aluminium, kaca, kayu dan media lainnya.

Baca juga : Ciri-ciri Entrepreneur Yang Sukses dan Berhasil

3. Cetak Digital

Cetak digital atau sering disebut dengan digital printing prosesnya dimulai dari desain lalu dicetak dengan menggunakan printer. Hasilnya sesuai dengan desain yang dibuat. Media printing bisa di kertas, kaos (Direct to Garmen) atau ke plastik yang biasanya digunakan untuk spanduk.

Cetak digital sekarang sudah modern untuk kebutuhan cetak yg super cepat kadang kita butuh mesin cetak yg handal antara lain mesin cetak digital. (Model cetak ini yang biasanya di pakai oleh deepublish dalam hal cetak cover. Cetakan menggunakan kertas ivory dengan ukuran 260 gr).

4. Cetak Airbrush

Cetak jenis ini menggunakan sprayer. Cat yang ada di tabung kemudian disemprotkan dengan bantuan tekanan udara. Cetak jenis ini seperti melukis dengan semprotan cat. Hasilnya seperti mural atau seni air brush di motor, mobil dan sebagainya.

Deepublish adalah salah satu contoh percetakan, tapi lebih ke percetakan buku. Dengan kata lain, Deepublish adalah penerbit buku yang juga menjual buku di Toko Buku Onlinenya.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang