VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Dialog Interaktif : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Contoh

dialog-interaktif
toko buku kuliah

Dialog interaktif – Dalam sebuah komunikasi, untuk menggali informasi kita bisa menggunakan banyak cara. Salah satu caranya yakni dengan dialog interaktif. Dialog interaktif sebenarnya sangat sering kita temui sehari-hari dan secara tidak sadar kita lakukan sendiri bersama rekan-rekan di sekitarmu.

Namun dialog interaktif juga dapat kita temui di layar kaca, melalui televisi maupun jaringan media social. Biasanya suatu acara akan mengundang beberapa pakar ahli yang memang sudah handal dalam bidangnya untuk memperbincangkan suatu permasalahan yang sedang ramai diperbincangkan.

Lantas, apa sih sebenarnya dialog interaktif itu? Temukan jawabannya pada artikel berikut ini!

Pengertian Dialog Interaktif

Pengertian dialog interaktif – Dialog merupakan kegiatan berbicara ataupun berbincang-bincang yang terarah dengan maksud dan tujuan tertentu yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Jadi pengertian dialog interaktif adalah dialog yang dilakukan antara narasumber di televisi atau radio dengan pemirsa atau pendengar tentang suatu hal yang sedang diperbincangkan.

Baca juga: Pengertian Debat : Unsur, Struktur, Ciri, Tujuan dan Jenis

Ciri-Ciri Dialog Interaktif

Dialog interaktif memiliki beberapa ciri yang bisa kamu kenali. Berikut dibawah ini, ada beberapa ciri-ciri dari sebuah dialog interaktif, diantaranya yaitu:

  1. Melibatkan banyak orang, gak dilakukan secara sendiri tapi banyak pelaku yang terlibat dari dialog tersebut baik langsung atau tidak langsung.
  2. Ada tanya jawab antara pewawancara dengan narasumber.
  3. Dialog dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung.
  4. Ada percakapan yang melibatkan pendengar dan penanya.
  5. Biasanya dialog interaktif ditayangkan langsung lewat televisi dan radio.
  6. Dalam sebuah dialog interaktif kita juga harus menggunakan prinsip 5W + 1H seperti berikut ini:

What = apa yang didialogkan
Who = siapa yang didialogkan
When = kapan dialog dilakukan
Where = dimana dialog dilakukan
Why = mengapa dialog dilakukan
Why = mengapa dialog dilakukan
How = bagaimana hasil dialog tersebut

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menyimak Dialog Interaktif

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita akan menyimak dialog interaktif yang terjadi di radio ataupun televisi. Beberapa hal tersebut diantaranya sebagai berikut.

1. Tema Dialog

Saat menyimak dialog interaktif tema dialog harus diperhatikan sebab tema merupakan sebuah pokok dari permasalahan yang akan diperbincangkan. Tema dialog interaktif pun bermacam-macam, bisa seputar edukasi, interaktif, bahkan hiburan. Selain itu pembawaannya pun beragam pula, ada yang dikemas dalam bentuk serius, seperti halnya pembawa berita di televisi atau webinar yang diadakan Lembaga. Namun bisa pula dikemas dengan santai, seperti acara talkshow yang ada sering kita temukan di media social.

2. Narasumber

Selain tema, kita juga perlu mengetahui dengan jelas siapakah yang menjadi narasumber dalam sebuah dialog interaktif. Sebab jika kamu tidak memahami siapa narasumbernya dengan baik, kamu akan kesulitan menyimak apa pendapat yang diutarakan oleh narasumber.

3. Pendapat Narasumber

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengetahui siapa narasumber pada dialog interaktif akan memudahkanmu dalam menyimak pendapat apa saja yang diutarakan oleh narasumber. Dengan begitu kamu bisa menilai dan mencerna dengan baik, hal-hal yang bisa dijadikan inspirasi ataupun sebaliknya.

4. Kesimpulan Dialog

Terakhir, merupakan intisari atau hal-hal penting yang ada atau terjadi dalam dialog interaktif tersebut.

Baca juga : Pengertian Moderator: Tugas dan Cara Menjadi Moderator yang Baik

Tujuan dan Fungsi Dialog Interaktif

Tujuan dari dialog ini tidak lain adalah untuk mendapatkan dan menemukan solusi maupun informasi yang terbaik yang didapat dari narasumber yang tepat dan bisa dipercaya sehingga bisa menjadi sebuah terobosan atau solusi untuk mengatasi masalah yang ada.

Selain itu, dialog interaktif juga memiliki fungsi sebagai wadah untuk membahas sebuah masalah dengan tujuan mendapatkan jalan keluar atau solusi dari masalah yang dibahas.

Manfaat Dialog Interaktif

Adapun dengan menyimak dialog interaktif, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat diantaranya yaitu:

1. Update Informasi Terkini

Mendengarkan, mengikuti atau terlibat dalam dialog interaktif yakni kita tidak akan ketinggalan informasi terkini mengenai berbagai hal ataupun masalah yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat.

2. Melatih kemampuan berpikir kritis

Salah satu manfaat dari menyimak dialog interaktif adalah dapat melatih kita untuk berpikir kritis. Mencari solusi dari isu tertentu yang sedang beredar adalah ciri dari keinginan mu untuk selalu update. Setelah mengetahui berita atau kejadian yang sedang trending, kamu harusnya bisa mengasah kemampuan berpikir kritis yang selama ini jarang kamu lakukan. Misal, terkait isu lingkungan atau kemanusiaan, sebagai orang awam, solusi apa nih yang bisa kamu berikan?

3. Mengasah Budaya Literasi

Budaya literasi yang masih cukup rendah perlu banget ditingkatkan melalui menyimak dialog interaktif. Ya, membangun budaya literasi tidak melulu dengan membaca kok. Menyimak diskusi interaktif antar tokoh inspiratif pun dapat mengasah budaya literasi. Apalagi melalui smartphone masing-masing kan? Daripada mengakses hal-hal yang kurang bermanfaat, kenapa gak meluangkan waktu untuk membaca media online yang mengabarkan berita-berita kredibel?

4. Menumbuhkan Kreativitas Ide dan Inovasi Baru

Semakin kamu update dengan menyimak dialog interaktif seputar kejadian atau penemuan terbaru, kamu juga akan semakin kreatif dalam berpikir. Sehingga mencari ide bukan lagi suatu hambatan. Berkarya melalui blog atau vlog juga akan dapat kamu lakoni dan yang pasti dengan konten yang lebih berisi karena lahir dari pengetahuan yang memadai.

Baca juga : 10 Cara Menjadi Moderator Presentasi Kuliah Yang Baik

Contoh Dialog Interaktif

Berikut adalah beberapa contoh dialog interaktif yang kami ambil dari berbagai sumber, baik dari tayangan televisi, media social, ataupun radio.

1. Dialog Interaktif Seputar Inspirasi Hidup

Topik: Pengalaman Dian Sastro Wardoyo selama pandemi
Acara: Daniel Mananta Network
Narasumber: Dian Sastro Wardoyo
Pembawa acara: Daniel Mananta

Daniel: This is Dian Sastro Wardoyo. You know, you’re very special as bintang tamu “Daniel Tetangga Kamu” soalnya kita baru satu tahun mengubah set.
Dian: Wah bagus banget..
Daniel: Lebih tepatnya kita sedang menumpang di Plataran Menteng, ini bukan rumah gue, bukan juga rumah Dian. Terimakasih untuk Plataran Menteng yang sudah menyediakan tempat untuk acara gue.

Daniel: Ada banyak hal yang ingin gue obrolin, tapi kita mulai dari pandemi. How’s your life during pandemic? Program Pertemanan Sehat masih jalan ya?
Dian: To be honest, kalian merasa nggak sih selama pandemi, segala sesuatu jadi terasa lebih pelan nggak sih? Kayak gue itu orangnya aktif banget, dalam sehari gue bisa keluar rumah dari pagi sampai malam, karena back to back kerjaan. Sekarang pandemi, semuanya juga back to back tapi di rumah.
Daniel: Ya ya, jadi banyak di rumah..
Dian: Agak-agak blessing in this case juga sebenarnya, karena gue jadi dekat dengan keluarga. Gue jadi bisa makan siang sama mereka, sama anak-anak, makan malam juga. Anak-anak juga bisa lihat kalau ibunya kerja, walaupun mereka ngedumel sekolah-sekolah online, mereka juga bisa lihat ibunya juga kerja online.

Daniel: Ya, lu kerja online juga. Tapi, lu aktif sepeedaan juga ya sekarang? I mean like, Gue sendiri juga sepedaan.
Dian: lu sepedaan juga? Yey..
Daniel: No, no, gue masih sally.. karena gue harus jualan sepeda juga. Lu udah sepedaan berapa kilo?
Dian: No, no, karena gue sempet kena angkle, istirahatnya agak lama, harus 3 mingguan. Tapi jadi work life balance ya? Jadi tiap hari itu ada olahraganya, makan sama keluarganya, kerjanya..
Daniel: Gue justru di pandemi ini punya waktu disiplin yang time management nya lebih teratur, gue bisa mengatur daripada sebelumnya. Berantakan bangetlah. Sekarang syuting aja nggak bisa sampai malem-malem banget.
Dian: Bahkan sekarang lo sampai ada waktu untuk jurnaling gitu. Atau you know have time for yourself, yang sebenernya lo butuhin banget gitu. Yang kadang kita lupain prioritasnya, sampai kita nggak ada waktu untuk quality time dengan diri sendiri.

Kesimpulan Contoh Dialog Diatas:

Kesimpulan dari dialog interaktif antara Daniel Mananta dan Dian Sastro Wardoyo yang ditayangkan pada channel media Youtube adalah mereka merasa pandemi membuat mereka lebih memiliki banyak waktu untuk keluarga maupun diri sendiri. Waktu tersebut sangat berharga, karena di masa sebelum pandemi, mereka sulit untuk bisa quality time dengan diri sendiri.

2. Dialog Interaktif Seputar Kesehatan

Topik: Mabuk Perjalanan
Acara: dr. OZ Indonesia, TransTV
Narasumber: dr. Ryan Thamrin
Bintang Tamu: Tya Aristya

dr. Ryan: “Kembali lagi bersama kita di DR. OZ Indonesia. Nah pada kesempatan ini kita bakal membahas mengenai mabuk”.
Tya: “Apa dok? Mabuk?”
dr. Ryan: “Iya Tya, tapi bukan Mabuk minuman keras ya, melainkan mabuk perjalanan”
Tya: “Oh, kirain mabuk apa tadi dok hahahaha”
dr. Ryan: Berbicara mengenai mabuk perjalanan nah sekarang ini menjelang lebaran ada satu tradisi khas nusantara yaitu Mudik atau pulang kampung, nah disini pada mudik atau nggak nih?. Oke, berbicara mengenai mabuk perjalanan, bagian tubuh kita yang mana yang berhubungan secara langsung dengan kondisi mabuk ini, ada yang tahu?”
Tya: “Kalau menurut saya kepala deh dok, soalnya kan pusing sama juga lambung yang mual”
dr. Ryan: “Kepala pusing dan lambung mual ya, ada yang tau lagi selain itu?”
Tya: “Setau saya cuma itu deh dok kayaknya”
dr. Ryan: “Sebetulnya, yang memegang peranan atau kendali ketika kita mabuk ialah bagian telinga kita yang dalam. Nah penasaran kan kok bisa? kita lihat animasinya langsung yuk. (sambil memperlihatkan animasi). Pada dasarnya terdapat yang namanya labirin didalam sini yang akan bergerak sesuai dengan gerakan yang kita buat. Itu namanya organ labirin. Nah didalamn organ labirin itu terdapat cairan berwarna kuning dan ada rambut. Rambut disini fungsinya sebagai reseptor atau alat yang berperan dalam mendeteksi gerakan yang kita lakukan. Nah jika bagian ini terganggu atau istilahnya nggak fokus, maka yang terjadi adalah mabuk. Pengen tahu mekanismenya?”

Tya: “Iya pengen dok”
dr. Ryan : “Ayo ikut saya, saya bakal buat kamu jadi mabuk. Saya bakal beri tahu kamu dan pemirsa baik di studio atau di rumah kenapa seseorang menjadi mabuk. Saya bakal coba memutar-mutar kursi ini. Nah labirin tadi kan ikut bergerak, nah ternyata itu ada hubungannya dengan mata. (sambil memutar kursi)”

Tya: “Jadi puyeng nih dok”
dr. Ryan: “Coba deh sekarang Tya baca buku ini”
Tya : “Hah? Gimana bacanya dok, udah puyeng gini”
dr. Ryan: “Baiklah, pertanyaanya, kenapa kalau kita membaca saat sedang perjalanan bisa membuat kita mudah mabuk? karena mata kita itu mendeteksi kalau tubuh kita itu tidak bergerak, namun indra labirin yang sudah kita bahas tadi mendeteksi kalau ada gerakan pada tubuh kita, maka terjadilah tolak belakang antar keduanya yang berakibat kita mabuk perjalanan. Nah sekarang solusinya gimana?”

Tya: “Baik dok, solusinya gimana?”
dr Ryan : “Solusinya ialah jangan membaca saat kita sedang melakukan perjalanan dan jika tidak sedang berpuasa, silahkan untuk mengkonsumsi jahe kalau gampangnya ya permen jahe karena dapat mengurangi terjadinya gangguan pencernaan yang mengakibatkan mual atau pusing.”
Tya: “Wah makasih tipsnya nih dok, sudah agak mendingan sekarang hehehehe.”
dr Ryan: “Sama-sama, semoga bermanfaat ya. Dan jangan kemana-mana tetap di Dr. OZ”.

Kesimpulan Contoh Dialog Diatas:

Jadi contoh dialog interaktif beserta kesimpulan dari tayangan televisi di atas adalah mabuk perjalanan bisa disebabkan karena adanya tolak belakang antara organ labirin dan mata kita yang tidak sama dalam melakukan deteksi terhadap gerakan.

3. Dialog Interaktif Seputar Pendidikan

Nama acara: Jurnal siang
stasiun TV: Berita Satu TV
Narasumber: Abdul Malik Gismar
Topik: kualitas dan tantangan pendidikan Indonesia

Pembaca acara (A): menurut bapak, bagaimana pandangan bapak mengenai kualitas pendidikan Indonesia saat ini?

Malik : kalau bicara tentang kualitas, sebenarnya masih banyak persoalan, ya. Di ukur berdasarkan indeks juga masih jauh di belakang.
A: berikut ada indeks tentang kelulusan ya, pak. Siapa yang berhak menentukan tolak ukur ini? Apakah hanya pemerintah atau ada pihak swasta tertentu?

Abd. Malik: tentu saja yang berhak Diknas ya.

A: Bagaimana dengan UN, pak. Seberapa penting kurikulum kita untuk harus ada UN?

Abd. Malik: ya, standar kelulusan menurut UN ini menurut saya cukup bagus ya. Karna dimanapun kita berada, kita harus mencapai suatu standard, anak-anak sekolah juga demikian

Kesimpulan Contoh Diatas:

Pendidikan Indonesia masih harus ditingkatkan, dan Ujian Nasional tetap harus diadakan sebanding dengan peningkatan kualitas pendidikannya.

4. Dialog Interaktif Seputar Kuliner

Nama acara: Bincang Indonesia
Nama Stasiun Radio: Mandala
Pembawa Acara: Farida
Narasumber: Nina Risman
Topik: Pelestarian Rujak Cingur sebagai warisan budaya

Farida: Selamat pagi, mbak Nina. Wah pagi-pagi sudah bawa rujak nih.
Nina: selamat pagi. Iya, ini rujak favorit saya.
Farida: Ngomong-ngomong itu rujak apa kok kayaknya enak sekali, mbak?
Nina: Ini namanya rujak cingur, bumbunya dari petis da nada sayur dan sayur-mayurnya.
Farida: Darimana ini asalnya, mbak
Nina: dari Jawa Timur, mbak. Khususnya Surabaya
Farida: kenapa anda membawa rujak ini untuk dipromosikan, mbak?
Nina: karena saya melihat semakin banyak berbagai macam makanan luar negeri yang masuk dan menarik ketertarikan pemuda-pemuda kita. Jajanan khas Korea, Thailand, Amerika, jepang dan masih banyak lagi.
Farida: selain dengan datang di radio kami bagaimana cara anda mempromosikannya?
Nina: melalui buku yang saya tulis. Berbagai kreasi rujak nusantara, salah satunya rujak cingur.

Kesimpulan Contoh Diatas:

Dengan datang ke acara salah satu Radio, Nina berusaha mempromisikan rujak cingur sebagai warisan bangsa disaat pemuda-pemudanya mendamba makanan dari asing. Selain itu ia juga menulis buku tentang berbagai kreasi rujak.

Demikianlah artikel tentang Dialog Interaktif mulai dari pengertian, ciri, unsur, hingga contoh. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang