Contoh Resensi Buku Pengetahuan dan Tipsnya

contoh resensi buku pengetahuan
toko buku kuliah

Contoh Resensi Buku Pengetahuan dan Tipsnya – Punya tugas dari sekolah membuat resensi buku pengetahuan? Tetapi binggung tidak tahu caranya? Jaman sekarang semua serba canggih. Apapun bisa dipelajari. Bahkan dari apa yang tidak kamu bisa, akhirnya pun kamu bisa mempelajarinya.

Menyinggung tentang cara membuat resensi, pastinya tidak bisa langsung begitu saja bukan. Butuh contoh resensi buku pengetahuan yang tepat dan benar itu seperti apa dan bagaimana. Tenang, karena pada kesempatan kali ini kita akan mengulaskan buat kamu nih.

Sebelum masuk ke contoh resensi buku pengetahuan, sebenarnya kamu tahu tidak sih apa itu pengertian resensi? Jangan-jangan belum tahu?. Nah, maka dari itu kesempatan kali ini akan kita simak dan pelajari beberapa hal tentang resensi buku. Berikut ulasannya :

Pengertian Resensi Buku

Sebelum masuk ke contoh resensi buku pengetahuan, kita mengenali terlebih dahulu tentang apa itu resensi. Resensi buku secara singkat akan mengulas buku. Resensi buku juga disebut-sebut pula tinjaun buku tertentu.

Dari segi bahasa, pengertian resensi buku diambil dari bahasa asing. Diambil dari serapan revidere (resencere) yang berarti menimbang atau menilai buku. Jadi pengertian resensi buku dapat diartikan sebagai ulasan atau menimbang isi buku. Namannya juga menimbang, ada sisi positif dan negatifnya di dalam buku tersebut.

Jadi selama menuliskan resensi, peresensi menuliskan tentang apa itu kelebihan buku. Kamu bisa menjelaskan secara lengkap kelebihannya apa saja. Tidak luput pula menjelaskan kelemahan yang peresensi dapatkan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penimbangan kelemahan dan kelebihan resensi buku di dasarkan pada perasaan subjektif peresensi.

Baca juga : Apa Itu Resensi Buku? Arti, Tujuan dan Cara Menulisnya

Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Dari sedikit ulasan tentang pengertian resensi buku di atas, kamu mungkin penasaran dengan contoh resensi buku pengetahuan itu seperti apa dan bagiamana bukan? Berikut contoh resensi buku pengetahuan yang bisa kamu amati.

Resensi Buku Lima Penanggulangan Erosi Pantai

Buku Penanggulangan Erosi Pantai

Judul Buku           : Penanggulangan Erosi Pantai

Pengarang           : Dede M. Sulaiman

Ukuran                  : 14×20 cm

Halaman               : xxvi, 160 hlm

Penerbit               Deepublish

Tahun Terbit       : 2017

 

Siapa yang tidak kenal dengan istilah erosi pantai. Selain akrab dengan istilah erosi, kita juga tidak asing dengan istilah abrasi. Kedua istilah tersebut sama-sama dapat menimbulkan kerugian bagi manusia. Keduanya bersifat destruktif.

Mensoal tentang erosi, buku karya Dede M. Sulaiman buku yang menarik. Kenapa menarik? Karena buku ini akan mengajak kamu bagaimana sih mencegah sekaligus menanggulangi ancaman abrasi dan erosi. Buku ini memang cocok bagi mereka yang tinggi di daerah pesisir.

Buat kamu yang sedang mencari buku bagaimana cara menanggulangi erosi pantai, kamu bisa membaca karya Dede Sulaiman. Buku ini mengulas tentang metode pelaksanaan, operasi dan pemeliharaan, jenis bangunan pengamanan pantai dan masih banyak lagi.

Buku setebal 160 halaman ini memang dikemas menggunakan bahasa yang pas. Dijamin buku ini akan mudah ditangkap. Secara singkat di sana kamu akan mempelajari tentang bagaimana sih cara mengidentifikasi permasalahan pantai, bagaimana merancang pengamanan bangungunan pantai yang kuat dan kokoh.

Karena berurusan dengan pantai, ada banyak hal yang perlu di siapkan. Maka buku ini pun juga akan mengajak calon pembaca bagaimana sih cara mengidentifikasi jenis pengamanan pantai yang tepat. Karena ada banyak macam-macam perlindungan pantai yang bisa diterapkan. Belum lagi ketika kita membicarakan tentang metode penanggulangan, di sana pun ternyata ada beberapa penanggulan erosi pantai juga.

Sayangnya buku yang menarik dan sarat ilmu ini hanya diperuntukan untuk mahasiswa saja. Padahal buku ini pun sama pentingnya dipelajari untuk masyarakat umum. Khususnya mereka yang tinggal di pinggir kota dan semacamnya.

Dari contoh resensi buku pengetahuan di atas hanya sebatas contoh penyajian resensi. Nah, di bagian atas, di bawah judul resensi, terdapat judul buku, nama penulis, asal penerbit dan lain sebagainya. Jadi data-data di atas adalah identitas buku. Identitas buku inilah yang sangat penting dan harus ada disetiap resensi. Termasuk saat meresensi film dan resensi musik.

Tips Resensi Buku Pengetahuan

Dari contoh resensi buku pengetahuan di atas pun ada beberapa catatan penting yang perlu digaris bawahi. Terutama buat kamu yang memang ingin fokus ingin mejadi peresensi buku. Apa saja catatan tersebut? simak ulasan berikut.

1. Terkait dengan jumlah kata setiap resensi buku. Buat resensi kamu sebanyak + 600 kata. Nah, terkait jumlah kata pun setiap surat kabar atau tabloid berbeda-beda. Ada yang surat kabar yang senang dengan resensi yang lebih panjang dari 600 kata, adayang lebih senang lebih pendek dari 600 kata.

2. Setiap resensi yang dimuat akan diapresiasi oleh surat kabar dan penerbit buku. Jadi hal yang banyak tidak diketahui oleh peresensi adalah banyak peresensi yang tidak tahu bahwa setiap resensi yang dimuat disurat kabar/tabloid/majalah, maka peresensi akan mendapatkan honor. Dari pihak penerbit buku yang diresensipun juga akan memberikan apresiasi. Bentuk apresiasi ada yang berbentuk uang, ada yang berbentuk benda atau barang.

3. Lakukan observasi minat surat kabar. Kesalahan yang sering dilakukan oleh peresensi pemula adalah, mereka asal memasukan resensi mereka. Padahal setiap surat kabar memiliki aturan main berbeda-beda dalam hal memuat resensi buku.

4. Resensi ditulis sesuai dengan kaidah atau aturan resensi buku.

5. Setelah melihat contoh resensi buku pengetahuan ditulis memiliki tujuan loh. Jadi buat kamu nih yang ingin menjadi peresensi, minimal menyadari beberapa hal tujuan resensi. Selain menemukan kelebihan dan kekurangan buku, kamu juga dituntut untuk bisa memberikan gambaran kepada isi secara umum isi buku tersebut. Termasuk memberikan masukan kepada penulis dan melihat kualitas buku itu sendiri.

6. Resensi buku memiliki beberapa jenis resensi. Jadi contoh resensi buku pengetahuan di atas hanya salah satunya. Ada jenis resensi lain, misalnya resensi informatif, deskriptif dan resensi buku kritis.

7. Memahami manfaat resensi. Jika kamu memahami contoh resensi buku pengetahuan, sebenarnya ada manfaatnya. Salah satu manfaat dari resensi buku dapat difungsikan untuk sarana promosi buku, pengembangkan kreativitas sekaligus sebagai bahan pertimbangan juga loh.

Itulah beberapa fakta dan hal yang tidak kalah penting yang perlu kamu selain contoh resensi buku pengetahuan. Karena ada banyak sekali elemen penting dalam resensi buku. Ada satu tambahan satu hal yang mungkin belum banyak di ketahui oleh pembaca.

Ternyata buku-buku yang diresensi dan dimuat di surat kabar, tidak hanya peresensi yang senang. Tetapi pihak penulis dan penerbit pun ikut senang. Karena pengertian resensi buku itu sendiri sekarang bisa menjadi ajang branding, promosi dan memperkenalkan ke pembaca.

Jadi pembaca yang tidak tahu tentang buku yang di resensi, sudah disinggung dan diulik sedikit di dalam resensi tersebut. Maka semakin banyak jangkaun pembaca yang tertarik ingin membaca dan membeli buku tersebut. Itu sebabnya peresensi yang berhasil dipublikasikan di surat kabar, peresensi akan mendapatkan apresiasi dari pihak penerbit.

Semoga dengan ulasan dan contoh resensi buku pengetahuan di atas memudahkan pemahaman kamu tentang resensi. Dan selamat mencoba menulis resensi, semoga berhasil.

Baca juga : Apa perbedaan resensi buku fiksi dan non fiksi?
Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang