VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

8 Contoh Penutup Makalah, Laporan, Jurnal, Laporan dan Skripsi

contoh penutup makalah
toko buku kuliah

Contoh Penutup Makalah yang Jelas dan Lengkap – Penutup merupakan bagian yang tidak boleh terlewatkan dalam menulis makalah. Setelah melakukan penelitian dan menuliskan pembahasan, penulis makalah harus memberikan penutup berupa kesimpulan dan saran. Penutup makalah berisi kesimpulan dari penelitian. Poinnya adalah menjelaskan apa temuan yang didapat dari penelitian tersebut.

Sementara saran berisi rekomendasi penulis terhadap penelitian selanjutnya. Selain itu penulis juga bisa menyarankan rekomendasi kebijakan yang bisa diambil berdasarkan hasil penelitian.

Kini kamu tidak perlu pusing menulis penutup makalah. Berikut ini adalah contoh-contoh penutup makalah yang bisa kamu jadikan inspirasi. Contoh penutup ini diambil dari makalah, skripsi, dan jurnal. Mengapa? Pada dasarnya penutup karya tulis ilmiah itu sama. Jadi contoh-contoh di bawah semakin menambah wawasan kamu. Sehingga gambaran mengenai penutup makalah semakin luas.

Simak dengan cermat contoh-contoh makalah yang jelas dan lengkap berikut ini.

8 Contoh Penutup Makalah, Laporan, Jurnal, Laporan dan Skripsi

1. Contoh Penutup Makalah 1

BAB V PENUTUP

KESIMPULAN

Setelah meneliti tentang pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan SDM merupakan aspek yang sangat penting dalam perusahaan. Tanpa pengelolaan yang benar, perusahaan tidak mampu bertahan. Alasannya, perusahaan bertahan atau tidak bergantung pada pekerja.

Pengelolaan SDM meliputi proses rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan sistem upah yang jelas. Selain itu penanaman nilai dan budaya perusahaan juga bagian penting dalam pengelolaan SDM. Untuk itu, diperlukan Human Resource Department yang mumpuni dalam mengelola SDM perusahaan.

SARAN

Berdasarkan penelitian tersebut, penulis menyarankan:

  1. Perusahaan membuat peraturan dan kebijakan yang jelas dan transparan mengenai pengelolaan SDM
  2. Terjalin keterbukaan antara perusahaan dan pekerja
  3. Membuat ketentuan yang jelas mengenai perekrutan karyawan

Baca juga : Perbedaan Paper dan Makalah: Pengertian, Sistematika

2. Contoh Penutup Skripsi / Penelitian 2

PENUTUP

KESIMPULAN

Menulis bukanlah perkara susah tapi bukan berarti mudah. Demikian kesimpulan yang didapat dari penelitian ini. Seperti yang diungkapkan oleh Noorca M. Massardi. Menulis tidak pernah menjadi sesuatu yang mudah. Akan tetapi tidak pula hal susah.

Menulis terutama fiksi memerlukan ketekunan dan kedisiplinan. Meskipun banyak yang mengungkapkan bahwa menulis merupakan kegiatan yang bergantung pada ide dan kelancaran penulis dalam melahirkan ide. Tetapi menulis perlu dilakukan secara disiplin. Tanpa kedisiplinan, penulis tidak akan menghasilkan karya.

Dari penelitian ini ditemukan bahwa kedisiplinan merupakan bagian penting dalam menulis. Kedisiplinan penulis dalam menulis akan berpengaruh terhadap proses berkarya sang penulis. Untuk itu perlu diterapkan kedisiplinan dalam menulis.

SARAN

  1. Penulis menyarankan agar peneliti selanjutnya meneliti lebih banyak sastrawan dari berbagai generasi agar menemukan data yang akurat dan lebih beragam mengenai proses kepenulisan para sastrawan
  2. Penulis juga menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat mengupas secara lebih dalam proses kepenulisan dari para sastrawan. Sehingga data yang diperoleh lebih berkualitas.

3. Contoh Penutup Makalah Tentang Pendidikan 3

Contoh ini diambil dari tulisan Efrizal Nasution, berjudul Problematika Pendidikan di Indonesia. Tulisan ini dipublikasikan dalam Jurnal Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon.

PENUTUP

KESIMPULAN

Pendidikan harus mendapatkan perhatian yang serius bagi setiap bangsa, karena dengan pendidikan akan dapat dilihat maju mundurnya suatu bangsa. Tentu saja bangsa Indonesia tidak mau hidup terbelakang akibat aspek pendidikan tidak mendapat porsi yang cukup dengan beriringnya berbagai kemajuan di bidang lain.

Hal yang mendasar bagi pembangunan pendidikan dipengaruhi oleh dimensi kepemimpinan atau pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah.

Pemberlakuan desentralisasi pendidikan pada gilirannya untuk memberdayakan dan membangun manusia Indonesia melalui jalur pendidikan.

Oleh karena itu, kebijakan pemimpin harus merata ke setiap daerah sehingga kesenjangan tidak lagi terjadi. Namun kita harus menyadari masalah pembangunan pendidikan tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak

4. Contoh Penutup Makalah 4

Contoh makalah ini dikutip dari tulisan Nurul Afifah, dosen Prodi PGMI STAIN Jurai Siwo Metro. Tulisan berjudul Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah dari Aspek Pembelajaran). Dipublikasikan dalam Jurnal Elementary Volume 1 Edisi 1 Januari 2015. 

Penutup dalam tulisan Nurul cukup singkat dan padat. Penutup hanya berisi kesimpulan yang dijabarkan dalam tiga poin penting. Tanpa disertai saran.

PENUTUP

KESIMPULAN

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan: 

1. Pendidikan sebagai suatu sistem pencerdasan anak bangsa saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan globalisasi

2. Berbagai persoalan pembelajaran terutama yang menyangkut metode pembelajaran yang tepat bagi anak didik perlu dicari jalan tengah yang terbaik sebagai solusinya

3. Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa yang akan datang akan semakin kompleks, sehingga guru dituntut untuk melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian penguasaan kompetensinya.

Baca juga : Perbedaan Makalah dan Proposal: Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

5. Contoh Penutup Makalah Nilai Pancasila

Contoh penutup makalah yang satu ini adalah buah karya dari Ayura Fara Dimarta, mahasiswa jurusan Diploma III Manajemen Universitas Persada Indonesia YAI. Makalah ini berjudul `Nilai-Nilai Pancasila` (https://mahasiswa.yai.ac.id/)

PENUTUP

KESIMPULAN 

Pancasila adalah dasar negara Indonesia dan sudah sepatutnya menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat indonesia, nilai-nilai Pancasila merupakan cakupan dari nilai, norma, dan moral yang seharusnya mampu diamalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, sebab apabila Bangsa Indonesia mampu mengamalkan nilai-nilai tersebut maka degradasi moral dan kebiadaban masyarakat dapat diminimalisir, secara tidak langsung juga akan mengurangi kriminalitas di Indonesia, meningkatkan keamanan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

SARAN

Diharapkan agar semua masyarakat dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya sekedar mengetahui saja namun pelaksanaannya dalam kehidupan.

Dan penerapan pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini agar kelak nilai Pancasila akan melekat dalam karakter dan kepribadian tiap individu dalam bermasyarakat agar senantiasa tercipta bangsa Indonesia yang damai.

6. Contoh Penutup Jurnal

Makalah ini ditulis oleh Hernida Dwi Lestari, mahasiswa Universitas Indonesia. Judulnya Peran E-Teknologi Dalam Perawatan Kesehatan Mental. Dilansir dari http://pkko.fik.ui.ac.id/

PENUTUP

KESIMPULAN 

E-Teknologi didefinisikan sebagai internet dan teknologi yang terkait, seperti digital dan web based televisi (Eysenbach, 2000). Sebagai teknologi informasi terus tumbuh dan konsumen semakin meningkat dalam menggunakan teknologi. Hal ini jelas bahwa penggunaan teknologi e- menyajikan berbagai manfaat., namun kelemahan dari teknologi tersebut juga tidak diabaikan.

Berkembangnya teknologi Telekomunikasi berpengaruh pada peningkatan pelayanan kesehatan mental khususnya pada pelayanan jarak jauh yang dikenal dengan telepsychiatry.

Depresi merupakan salah satu Gangguan mental yang diteliti pada jurnal ini, dimana kondisi tersebut membutuhkan perawatan jangka panjang, hal ini seringkali terabaikan oleh keluarga dalam pemantauan kesehatan klien.

Sehingga angka kekambuhan pada klien gangguan jiwa sangat tinggi. Penggunaan e- teknologi merupakan solusi yang ditawarkan pada jurnal ini sehingga keluarga tidak perlu ke dokter atau konsultan untuk bertemu muka memantau klien, melalui teknologi e-mental klien dan keluarga dapat melakukan komunikasi, konsultasi, pemantauan obat dan terapi hanya menggunakan media Internet online.

Program tersebut sudah mencakup aspek kerahasiaan, kesepakatan antara staf dengan klien.  

Penggunaan Telepsychiatry sangat membantu klien dan keluarga sehingga klien tidak perlu dirawat di rumah sakit jiwa melainkan berkumpul dengan keluarga, hal ini keluarga menjadi support system bagi klien dalam mencapai kemandirian.

Teknologi ini dapat digunakan di Indonesia karena pada saat ini perkembangan teknologi internet sedang merambah pesat khususnya di keperawatan jiwa. 

Untuk mewujudkan ha lini perlu persiapan, baik perangkat keras dan lunak antara lain sistem e-teknologi yang akan digunakan sebagai software, sumber daya manusia melalui pelatihan dan sosialisasi pelayanan pada konsumen.

SARAN 

  • Bagi Pelayanan Kesehatan 

Dengan semakin majunya teknologi di bidang kesehatan diharapkan Rumah sakit khususnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui E-teknologi salah satunya di bidang psychiatry melalui Telepsychiatry. 

  • Bagi Mahasiswa 

Meningkatkan ide untuk mengembangkan teknologi sistem informasi manajemen keperawatan sebagai bukti nyata mahasiswa mengaplikasikan teori ke dalam bentuk praktik.

Baca juga : Ukuran Margin Makalah, Paper, dan Karya Ilmiah yang Benar

7. Contoh Penutup Makalah 7

Contoh penutup makalah selanjutnya dikutip dari Abdullah Faliqul Isbach, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Makalah ini berjudul Seandainya Indonesia Tanpa Pancasila.

PENUTUP

Kesimpulan 

Pancasila merupakan ideologi yang sesuai dengan Indonesia karena mampu mewadahi heterogenitas Indonesia yang tinggi dengan beragamnya agama, adat, budaya dan lain-lain.

Pancasila memiliki arti penting bagi Indonesia sebagai identitas nasional yang kemudian menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia yang berbeda dari bangsa yang lainnya namun bukan berarti menganggap rendah bangsa lain tetapi harus tetap menjunjung persaudaraan dunia.

Dalam perkembangannya, pancasila juga mengalami berbagai dinamika interpretasi dari masa ke masa. 

Bila benar Pancasila itu masih ada pada setiap sanubari kita, Insya Allah persatuan dan kesatuan negeri ini tetap ada. Dan memang bila benar Pancasila itu masih melekat kuat di jiwa raga kita ini, Insya Allah kita selalu mau untuk bertoleransi dalam kehidupan yang damai dan indah. Apabila pancasila tidak ada dalam diri bangsa indonesia maka negara ini akan keluar dari jalur kebenaran.

8. Contoh Penutup Makalah 8

PENUTUP

KESIMPULAN 

Berdasarkan penelitian dan pembahasan di atas maka gerakan sosial Women’s March merupakan gerakan sosial yang benar sesuai teori Charles Tilly. Gerakan ini memenuhi kriteria gerakan sosial ala Charles Tilly yakni menggunakan strategi berupa kampanye, repertoar gerakan sosial, dan WUNC Display.

Setelah dianalisis, gerakan sosial Women’s March memenuhi elemen strategi gerakan sosial tersebut. Gerakan ini menggunakan kampanye baik melalui beragam platform baik itu melalui media sosial, aksi protes, event, hingga long march.

Selain itu keselarasan gerakan ini dapat dianalisis melalui elemen WUNC Display. Bagaimana gerakan ini menggunakan simbol-simbol tertentu dalam menyampaikan pesan tuntutan. Kekhasan apa yang ditonjolkan oleh gerakan ini untuk menarik massa dan menggugat aktor politik agar tuntutan dikabulkan.

Pengaruhnya gerakan ini memicu gelombang perlawanan di beberapa kota di Indonesia. Seperti di Yogyakarta. Adanya acara Why We Protest di Universitas Gadjah Mada dapat dilihat sebagai pengaruh gerakan sosial Women’s March. 

SARAN

Setelah meneliti gerakan sosial ini, penulis menyarankan kepada pihak penyelenggara untuk mengadakan gerakan ini secara rutin dan tidak sebatas seremonial belaka. Penulis menganalisis bahwa gerakan ini selalu redup setelah momen peringatan Hari Perempuan Internasional.

Semangat untuk menyuarakan isu-isu perempuan terlihat pada hari long march. Setelah agenda tersebut, upaya mewujudkan tuntutan tidak tampak dan masif. Padahal tuntutan belum tercapai sama sekali.

Selain itu, penulis juga menyarankan agar peneliti yang tertarik mengulas gerakan sosial terutama gerakan perempuan untuk lebih dalam dalam menganalisis efektivitas gerakan ini. Seberapa efektifkah gerakan ini dalam menyuarakan tuntutan dan mempengaruhi kebijakan.

Kontributor: Ana Widiawati

Baca juga artikel lain seputar “Contoh Penutup Makalah” berikut ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang