Contoh Pembuka Pidato dan Presentasi

contoh pembuka pidato
toko buku kuliah
Bagikan

Contoh pembuka pidato dan presentasi – Pembuka pidato dan presentasi saat ini sedang asik di cari ilmunya. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bisa berani presentasi dan pidato di depan orang banyak. Apalagi saat ini presentasi dapat dijadikan keterampilan public speaking yang cukup menjanjikan. 

Sayang untuk menjadikan presentasi dan pidato sebagai public speaking dibutuhkan banyak proses waktu, keberanian dan latihan. Memang banyak sih, buku pidato yang dijual, namun lebih baik baca ini deh baru beli bukunya untuk lebih level tinggi.

Buat kamu nih yang masih mencari-cari tahu tentang contoh pembuka pidato dan presentasi, alangkah baiknya simak beberapa ulasan sebagai berikut. 

Pengertian Pidato

Sebelum lanjut intip contoh pembuka pidato dan presentasi, tidak ada salahnya kita mengetahui definisi pidato menurut para ahli berikut. 

1. Karomani 

Pidato menurut karomani adalah wacana yang disampaikan di depan banyak orang. Pidato itu sendiri menurutnya sebagai pesan pemberian selamat kepada individu tertentu ataupun pada sekumpulan orang. 

2. Depdikbud 

Tidak jauh berbeda dengan pendapat Depdikbud yang mengartikan bahwa pidato adalah upaya seseorang mengungkapkan kata-kata berdasarkan pada hasil pemikiran seseorang. 

3. Syam 

Pidato menurut Syam adalah menyampaikan kata-kata secara efisien dan efektif di depan orang. Syam menyebutkan bahwa pidato butuh keterampilan, baik keterampilan berbicara dan keterampilan memilih kata-kata agar audience ikut merasakan apa yang disampaikan. 

4. Arsjad 

Pidato menurut arsjad adalah menyampaikan informasi dan gagasan pembicara ke audience. Di mana si pembicara memiliki peran untuk mempengaruhi para pendengarnya.

Belajar jualan online

Dari pengertian menurut para ahli tentang contoh pembuka pidato dan presentasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pidato adalah upaya seseorang menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain. Yang mana isi pesan tersebut memiliki tujuan. Apa saja sih tujuan pidato, kita ulas di bawah ya. 

Tujuan Pidato

Ada banyak sekali tujuan pidato. Tentu saja setiap pengalaman satu orang dengan orang lain memiliki tujuan personal yang berbeda-beda. Namun jika ditinjau secara umum, tujuan pidato meliputi lima hal berikut. 

1. Informatif / instruktif Pidato informatif 

Jadi tujuan dari pidato adalah memberikan informasi kepada audience. Tujuan diadakannya pidato tidak lain untuk memberikan instruksi kepada audience, baik itu instruksi secara langsung ataupun tidak langsung. 

2. Persuasif 

Pernahkah kamu mendengar isi pidato Soekarno tentang lahirnya Pancasila. Jika mendengar rekaman pidatonya, pasti akan ada kesan tersendiri. Apa yang disampaikan Soekarno sangat berkesan dan persuasif. Dimana setiap orang yang mendengarkan pidato, seolah-olah memiliki dorongan semangat. 

Jadi tujuan dari pidato itu sendiri bersifat persuasif. Orator sebisa mungkin mampu mengajak pendengar mengikuti apa yang dipidatokan. Sebenarnya tidak harus mengajak, tetapi mempengaruhi cara berfikir atau mengerakan semangat pun termasuk ke dalam persuasif.

3. Argumentatif 

Salah satu rahasia agar isi pidato bersifat persuasif, maka pidato yang disampaikan harus disampaikan secara argumentative. Jadi isi pidato berisi alasan yang memperkuat dan mendukung isi pidato yang disampaikan. 

Promo Belanja Buku

Contoh, jika isi pidato hanya mengajak masyarakat membuang sampah pada tempatnya, sepertinya kurang menarik bagi mereka.

Akan beda kesan jika isi pidato juga disampaikan kebiasaan buang sampah sembarangan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan, banjir, kualitas air jelek. Jika kualitas air jelek, maka akan mempengaruhi kesehatan masyarakat itu.

Jadi argumen yang menarik dan persuasif itu yang memiliki sebab dan akibat. Mengajak audiens mendengar dan setuju dengan isi pidato tersebut. Agar lebih menarik, sampaikan juga manfaat secara ekonomi dari memanfaatkan sampah menjadi karya seni yang dapat dijual dengan nilai lebih. 

4. Deskriptif

Sebelum masuk ke pembahasan contoh pembuka pidato dan presentasi, maka kamu harus tahu tujuan pidato keempat. Yap, tujuan deskriptif. Dikatakan deskriptif karena pidato disampaikan dengan menjelaskan, menceritakan kondisi, situasi dan apa yang terjadi sedetail mungkin. Sehingga audiens ikut merasakan apa yang dipidatokan. 

5. Rekreatif

Dikatakan kreatif apabila pidato tersebut berisi pesan yang bersifat menghibur. Kata menghibur dalam hal ini dapat diartikan menghibur dari segi isi pesan pidatonya yang lucu, dan dapat pula diartikan menghibur karena pidato disampaikan di tempat hiburan, atau saat acara pesta. Sesuai dengan namanya, tujuan pidato tidak lain untuk menghibur audience.

Itulah lima tujuan pidato. Jadi buat kamu nih yang tertarik ingin menjadi orang jago berpidato, wajib memperhatikan lima hal tersebut. Berbicara tentang pidato, sebenarnya pidato dapat diperuntukan untuk banyak hal. Mulai digunakan pidato sambutan dalam acara hiburan, acara resmi kenegaraan atau pidato yang konteksnya untuk pidato kampanye.  

Inti dari pidato tidak lain adalah berharap dapat mempengaruhi audiens agar seiya sekata dengan argumen yang disampaikan oleh pembawa acara. Jika kita lihat lagi, pidato itu sendiri ada banyak turunannya, salah satunya presentasi. 

Siapa sih yang tidak tahu presentasi? Saya yakin semua familiar dengan presentasi. Bagi mahasiswa presentasi juga hal yang biasa didengar dan dilakukan. Nah, untuk lebih jelasnya apa itu presentasi dan apa tujuan presentasi, akan kita ulas di bab di bawah ini. 

Pengertian Presentasi

Siapa sih yang tidak tahu pengertian presentasi? Saya yakin sebagian besar dari kalian sudah tahu. Bagi para mahasiswa presentasi sudah hal yang biasa, karena memang mendapatkan tugas presentasi di depan kelas. Lantas, apa sih pengertian menurut para ahli tentang presentasi, berikut ulasannya. 

1. Tkachenko 

Presentasi menurut Tkachenko presentasi termasuk dalam pidato yang menjelaskan tentang produk, ide atau gagasan yang disampaikan kepada audience. 

2. Baker 

Berbeda dengan pendapat Baker yang mengartikan presentasi lebih ke bentuk percakapan formal, baik yang dilakukan oleh individu ke kelompok atau sebaliknya. 

3. Chan 

Sementara Chan mendefinisikan presentasikan lebih ke proses untuk merujuk pada mendeskripsikan isi topik atau tema kepada sekelompok audience. 

4. Zitouni 

Presentasi menurut Zitouni memiliki arti yang lebih luas. Dimana presentasi tidak bentuk dari keterampilan komunikasi yang dimiliki oleh seseorang. Selain dibutuhkan keterampilan berbicara juga memiliki kemampuan untuk menunjukan pengetahuan yang dimiliki kepada subjek. 

5. Hamm dan dunbar 

Presentasi dalam arti lebih spesifik untuk mahasiswa, maka presentasi adalah kesempatan yang diberikan mahasiswa untuk menjelaskan pengetahuan dan mengeksplorasi pengetahuan/topi/tema yang diangkat kepada dosen, mahasiswa atau audience.

Dari beberapa pendapat presentasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa presentasi adalah upaya pembicara menjelaskan atau menyampaikan topik/pengetahuan kepada audience yang bertujuan untuk memberikan wawasan, memberikan sudut pandang baru.

Tujuan Presentasi

Tentu saja segala hal pasti ada tujuannya yang ingin dicapai. Salah satunya adalah tujuan presentasi. Sebagai berikut. 

  1. Memberikan informasi dan sudut pandang yang baru 

Sebelum masuk ke contoh pembuka pidato dan presentasi, penting juga mengetahui tujuan presentasi, salah satunya memberikan informasi dan sudut pandang baru. Dimana sudut pandang dan informasi inilah yang menjadi alasan audience mengikuti acara presentasi. Karena terlalu penting, sampai ada yang presentasinya dibuka secara umum dan berbayar. 

  1. Mempersuasi audiens dan diharapkan mereka bisa mempraktekan dalam kehidupan nyata 

Entah disadari atau tidak, presentasi bertujuan untuk memberikan persuasi positif bagi masyarakat. Misalnya presentasi tentang pelatihan budidaya pohon coklat untuk warga yang memiliki potensi lahan yang subur dan cocok untuk tumbuhan coklat. 

Maka kehadiran presentasi tersebut mampu mendorong masyarakat memiliki semangat untuk mempraktekan ilmu yang sudah disampaikan. Kemudian mereka mengaplikasikan ilmu hasil presentasi yang disampaikan pembicara. Masyarakat pun merasakan dampak dari ilmu tersebut. 

  1. Menstimulasi audience melahirkan gagasan dan ide baru setelah mendengarkan presentasi 

Adapun tujuan yang tidak kalah penting dari presentasi. Yaitu mampu merangsang audience memperoleh ide dan gagasan. Ide-ide yang muncul yang diaplikasikan dalam kehidupan nyata, akan melahirkan sesuatu hal. Tergantung dari konteksnya. Jika itu presentasi di dunia kreatif sastra, maka ide dan gagasan bisa melahirkan karya. Jika dalam konteks teknis dan profesi maka bisa menciptakan hal-hal baru di dunia tersebut. 

  1. Memotivasi dan menginspirasi audiens

Jika konteks presentasi berbagi kisah perjalanan hidup sukses, maka tujuan dari motivasi untuk memberikan inspirasi kepada audiens. Setidaknya audiens merasa lebih semangat dalam menjalani hidup dan meraih mimpi mereka.  

  1. Sebagai ajang promosi produk 

Jika konteks promosi untuk keperluan bisnis atau kerja terhadap sebuah perusahaan. Maka presentasi dapat ditujukan untuk ajang promosi produk atau memperkenalkan produk-produk tersebut ke masyarakat lebih luas lagi. 

  1. Sebagai transformasi ilmu pengetahuan kepada regenerasi 

Jika konteks presentasi untuk dunia pendidikan, maka presentasi bertujuan menjalankan estafet atau transformasi ilmu pengetahuan kepada regenerasi agar Negara tetap bisa melanjutkan masa depan yang lebih gemilang. 

Itulah beberapa tujuan presentasi. Dari beberapa poin yang disebutkan di atas, apakah kamu merasakan salah satu manfaat tersebut? Atau tidak merasakan apapun, karena tidak pernah mengikuti presentasi orang lain?

Susunan Pembuka Pidato atau presentasi

Sebenarnya presentasi termasuk ke dalam pidato. Nah, berikut beberapa susunan pembuka pidato atau presentasi yang perlu diperhatikan. 

1. Pembuka 

Jika kamu melihat Contoh pembuka pidato dan presentasi kamu akan menemukan struktur yang paling awal adalah pembuka. Pembuka itu sendiri terbagi menjadi empat bagian, yang meliputi salam pembuka, salam penghormatan dengan cara menyebutkan orang dan jabatannya, ucapan syukur dan bagian terakhir adalah pengantar ke topik utama. 

Buat kamu nih yang ingin jago berpidato, wajib banget tahu yang namannya pembuka yang menarik perhatian. Pastikan dibuat secara menarik, sehingga mampu menarik perhatian audience, perhatikan juga kelayakan, tujuan pidato dan peta jalan pidato. 

2. Isi 

Sementara terkait dengan isi, pidato harus diperhatikan dari segi isinya. Pastikan isi pidato atau presentasi mudah dipahami, disampaikan menggunakan bahasa yang ringan, logis, sistematis dan terpercaya. Sehingga audiens yakin dengan percaya terhadap yang disampaikan. 

3. Penutup 

Baru masuklah di bagian akhir, yaitu bagian penutup yang berisi tentang kesimpulan dan permintaan maaf apabila ada kata yang tidak disengaja terlontarkan.

Itulah susunan pembuka pidato atau presentasi. Jadi buat kamu yang diminta pidato, bisa mempersiapkan segala sesuatunya. Jika kamu masih belum yakin bisa berpidato atau presentasi, tidak ada salahnya untuk latihan di depan cermin. 

Berlatih di depan cermin cara jitu melatih mental dan melatih kamu bisa lebih lues saat berbicara di depan umum. Memang berbicara di depan umum itu tidak muncul begitu saja, butuh waktu dan proses. Perasaan grogi itu juga hal yang wajar. Bahkan orang yang profesional pun juga merasakan hal yang sama.

Baca juga ilmu terkait public speaking berikut ini.

Download Ebook Gratis!

Panduan Jualan dan Bisnis dengan Omset Ratusan Juta Rupiah. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Penerbit Deepublish

Penerbit Deepublish

Deepublish Store merupakan toko buku online terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis buku mulai dari buku pendidikan tinggi sampai buku umum

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang