flash sale toko buku deepublish

Contoh Motto Skripsi Penuh Makna

contoh motto skripsi
toko buku kuliah

Contoh motto skripsi – Sedang menulis skripsi? Bagi mahasiswa semester akhir, pasti sudah tidak asing lagi dengan proses penulisan. Buat yang masih tidak tahu teknis penulisan skripsi, biasannya di akhir semester ada pelajaran metodologi penelitian. Dimana metodologi penelitian ini diajarkan untuk bekal buat mahasiswa mengerjakan skripsi.

Memang ada banyak bab dan sub bab yang harus kamu isi sebelum masuk ke inti penelitian skripsi kamu. Mulai dari menulis kata pengantar, kata persembahan hingga membuat lembar motto. Lembar motto di sini bukan motto bumbu masak loh ya. tapi lebih pada kata-kata yang bermakna.

Bagi mahasiswa yang tidak biasa menulis, dan tidak ada minat di dunia sastra. Banyak yang mengalami kesulitan dalam penulisan di lembar ini nih. tenang, karena pada kesempatan kali ini akan disertai contoh motto skripsi itu bagaimana dan cara penulisannya seperti apa sih. untuk mempersingkat waktu, langsung saja, berikut uraiannya.

Contoh Motto Skripsi Tentang Kesuksesan

Sebelum masuk ke cara penulisan motto skripsi. Berikut ada beberapa contoh motto skripsi yang mungkin bisa kamu gunakan loh.

1. Definisi Sukses

Sukses adalah saat persiapan dan kesempatan bertemu.

Bobby Unser

Sukses adalah guru yang buruk. Sukses menggoda orang yang tekun ke dalam pemikiran bahwa mereka tidak dapat gagal.

Bill Gates

Banyak orang mendefinisikan sukses sebagai puncak dari karir, kekayaan, jabatan dan bisa mencapai tujuan yang hendak di capai. Ada juga yang mengatakan bahwa sukses adalah ketika kita bisa lebih dari orang lain seperti lebih pintar, lebih cerdas, lebih kaya sehingga kita akan dianggap orang sukses.

Hanya saja, sukses itu buruk apabila kita menggunakannya untuk kesombongan dan merasa diri sendiri paling kuat tak pernah gagal. Padahal dibalik kesuksesan itu pasti ada orang lain yang berjasa.

Termasuk ketika kamu berhasil menyelesaikan skripsimu, jangan sombong yaa.. Jangan merasa itu hasil kerja kerasmu sendiri, di situ ada uluran tangan dari dosen pembimbingmu, teman-temanmu dan juga orang lain yang kamu jadikan sebagai referensi.

Baca juga : Cara Mengatur Margin Skripsi Di Microsoft Word

2. Rahasia Kesuksesan

Rahasia kesuksesan adalah mengetahui yang orang lain tidak ketahui

Aristotle Onassis

Namanya juga rahasia, pasti tidak semua orang yang tahu ya kan? Begitu juga dengan rahasia kesuksesan. Intinya, kamu memiliki sesuatu yang tidak banyak orang yang tahu, kemudian hal itu kamu jadikan sebagai kelebihanmu dan kamu manfaatkan sebaik-baiknya.

Kita juga dapat melihat orang-orang besar yang sukses adalah mereka yang mengetahui ilmunya di lingkup tersebut. Kalau kami pengen jadi dosen yang sukses, ketahui cara-caranya, syarat-syaratnya hingga teknik-tekniknya yang orang lain tidak banyak mengetahuinya.

3. Merasa Bodoh

Sistem pendidikan yang bijaksana setidaknya akan mengajarkan kita betapa sedikitnya yang belum diketahui oleh manusia, seberapa banyak yang masih harus ia pelajari.

Sir John Lubbock

Jangan sampai kita bodoh alias tidak tau apa-apa karena tidak mau belajar, tapi merasa bodoh itu perlu agar kita lebih semangat lagi dalam mempelajari ilmu-ilmu yang baru.

Merasa bodoh bukan berarti jelek, karena sebetulnya tujuannya baik. Begitu juga dengan sistem pendidikan, pendidikan bukan mengajarkan kita untuk merasa lebih pintar dan tahu segalanya, tapi pendidikan yang mengajarkan semakin banyak ilmu yang kita pelajari semakin tahu bahwa masih banyak yang belum diketahui di luar sana.

4. Stay Cool

Jangan terlalu ambil hati dengan ucapan seseorang, kadang manusia punya mulut tapi belum tentu punya pikiran.

Albert Einstein

Yaa sebuah kumpulan kata yang bisa menyakiti manusia sebaiknya kita hiraukan, kita harus benar-benar bisa mengolah rasa. Tidak perlu terlalu baper (bawa perasaan) atas apa yang orang lain pikirkan tentang kita.

Begitu juga dengan pujian, kita tidak perlu terlalu berharap dan senang atas pujian yang kita terima. Intinya tidak terbang ketika dipuji, dan tidak jatuh ketika dihina.

5. Buat Jalanmu Sendiri

Jangan pergi mengikuti kemana jalan akan berujung. Buat jalanmu sendiri dan tinggalkanlah jejak.

Ralph Waldo Emerson

Banyak motivator bilang kita harus bisa mandiri dan percaya diri dengan apa yang kita miliki, Tuhan memberikan kita sejumlah kelebihan yang memang itu dibutuhkan kita untuk menjalankan hidup di dunia ini.

Kelebihan itu masing-masing orang mungkin berbeda-beda, maka dari itulah temukan bakatmu, temukan jalanmu dan raihlah kesuksesan dengan jalan yang kau pilih itu.

Baca juga : Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi

Contoh Motto Skripsi Tentang Pendidikan

Pendidikan adalah kemampuan untuk mendengarkan segala sesuau tanpa membuatmu kehilangan temperamen atau rasa percaya diri.

Robert Frost

Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan indonesia tak mungkin bertahan.

Najwa Shihab

Sekolahpun keliru bila ia tidak tahu diri bahwa peranannya tidak seperti yang diduga selama ini. Ia bukan penentu gagal tidaknya seorang anak. Ia tak berhak menjadi perumus masa depan

Goenawan Mohamad

Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan

Tan Malaka

Menghafal adalah cara yang susah payah untuk mengkoleksi informasi. Tapi dalam proses itu sesungguhnya kita tak dilatih menggunakan informasi itu buat memecahkan masalah.

Goenawan Mohamad

Pendidikan itu mengobarkan api, bukan mengisi bejana

Socrates

Nilai akhir dari proses pendidikan, sejatinya terekapitulasi dari keberhasilannya menciptakan perubahan pada dirinya dan lingkungan. Itulah fungsi daripada pendidikan yang sesungguhnya.

Lenang Manggala

Pendidikan mempunyai akar yang pahit, tapi buahnya manis.

Aristoteles

Jika pendidikan tidak mendorong manusia untuk berjuang mewujudkan impiannya, berbagi dan berkarya untuk berkontribusi pada lingkungannya, serta mengokohkan keimanan pada sang pencipta, maka untuk apa pendidikan itu ada?

Lenang Manggala

Mengapa dunia ini begini penuh iga manusia busuk? Hanya karena mau hidup lebih sejahtera dari yang lain? Apakah kesejahteraan hidup sama dengan kebusukan buat oranglain? Alangkah sia-sia pendidikan orangtua kalau demikian. alangkah sia-sia pendidikan agama. Alangkah sia-sia guru dan sekolah-sekolah

Pramoedya Ananta Toer

Tiga tahap dalam pendidikan dasar: pertama, mengalami sebab akibat; kedua, memahami sebab akibat, dan ketiga merancang sebab akibat.

Toto Rahardjo

Hanya ada dua pilihan untuk memenangkan kehidupan: keberanian, atau keikhlasan. Jika tidak berani, ikhlaslah menerimannya. jika tidak ikhlas, beranilah mengubahnya.

Lenang Manggala

Jangan jadikan pendidikan sebagai alat untuk mendapatkan harta, demi memperoleh uang untuk memperkaya dirimu. Belajarlah supaya tidak menjadi orang bodoh dan dibodohi oleh orang.

Ulilamrir Rahman

Apa arti pendidikan jika Anda masih membuang sampah di jalanan yang akhirnya dikutip oleh pengutip yang lebih rendah pendidikan daripada Anda?

Amir ‘Izzuddin Muhammad

Kemajuan kita sebagai bangsa tidak bisa lebih cepat daripada kemajuan kita dalam pendidikan. Pikiran manusia adalah sumber daya fundamental kita.

John F. Kennedy

Contoh Motto Skripsi Berbahasa Inggris dan Artinya

The aim of education should be to teach us rather how to think, than what to think – rather to improve our minds, so as to enable us to drink for ourselves, than to load the memory with thoughts of other men (Bill Beattie)

Bill Beattie

Artinya: Tujuan pendidikan harusnya untuk mengajarkan kita cara bagaimana berpikir, daripada mengajarkan apa yang harus dipikirkan – mengarjarkan memperbaiki otak kita sehingga membuat kita bisa berpikir untuk diri sendiri, daripada membebani memory otak kita dengan pemikiran orang lain)

The whole purpose of education is to turn mirrors into windows.

Sydney J. Harris

Artinya : Seluruh tujuan pendidikan adalah untuk mengganti cermin menjadi Jendela

It is a thousan times butter to have common sense without education than to have education without common sense.

Robert G. Ingersoll

Artinya: Lebih baik ribuan kali masuk akal tanpa pendidikan daripada pendidikan tanpa masuk akal

Education… has produced a vast population able to read but unable to distinguish what is worth reading.

G.M. Trevelyan

Artinya: Pendidikan telah menciptakan populasi yang luas, yang dapat membaca tapi tidak bisa membedakan apa yang pantas dibaca

The object of education is to prepare the young to educate themselves throughout their lives.

Robert Maynard Hutchins

Artinya : Tujuan pendidikan itu untuk menyiapkan anak muda agar bisa mendidik dirinya sendiri sepanjang hidupnya)

Contoh Motto Islami Bagus Untuk Skripsi

Ingatlah Allah saat hidup tak sejalan dengan harapanmu. Allah pasti punya jalan yang terbaik untukmu.

Amalan yang lebih dicintai Allah adalah amalan yang terus menerus dilakukan walaupun sedikit.

Nabi Muhammad SAW

Hisablah dirimu sendiri sebelum kau dihisab. Timbanglah dirimu sendiri sebelum kau ditimbang. Dan bersiapplah untuk hari besar ditampakkannya amal.

Umar bin Khattab

Zuhud bukan berarti kamu tidak boleh memiliki sesuatu, melainkan tidak ada satu hal pun yang boleh memilikimu.

Ali bin Abi Thalib

Menyia-nyiakan waktu lebih buruk dari kematian. Karena kematian memisahkanmu dari dunia, sementara menyia-nyiakan waktu memisahkanmu dari Allah.

Imam bin Al Qayim

Sabar bukan tentang berapa lama kau bisa menunggu. Melainkan bagaimana perilakumu saat menunggu.

Orang yang paling pemaaf adalah ia yang mau memaafkan meski bisa membalas dendam.

Imam Husain

Bencana akibat kebodohan adalah sebesar-besarnya musibah seorang manusia.

Imam Al Ghazali

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.

HR. Muslim.

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

QS Al Baqarah 216

Maka sesungguhnya bersama kesulitas itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.

QS Al Insyirah 5-6

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, kecuali mereka mengubah keadaan mereka sendiri.

QS Ar Ra’d 11

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya.

QS Al Baqarah 286

Dari beberapa contoh motto skripsi di atas, memang sebagian penulis atau universitas tidak mengharuskan ada lembar motto. Lembar motto dianggap tidak begitu penting.

Meskipun demikian, tetap ada pula yang tetap menyelipkan halaman ini di skripsi. Boleh-boleh saja sih, karena isi motto itu sendiri pun juga membukakan perspektif pemikiran yang lebih luas. Jadi tidak hanya pada satu sudut pandang subjektif kita saja, tetapi bisa melihat dari kacamata orang besar lainnya

Secara teknis penulisan pada contoh motto skripsi pun tidak ada aturan baku atau cara spesifik yang sifatnya berarti. Karena sifatnya lembar motto ini tidak begitu fundamental dalam lembar skripsi, ada yang tetap menggunakan lembar motto dan ada yang tidak menggunakannya.

Semoga dengan contoh motto skripsi di atas banyak membantu. Terutama buat kamu yang paling malas memikirkan kata-kata keren. Mengingat saat mengerjakan skripsi sudah berfikir keras. Jadi, dibagian motto, tidak ada salahnya kamu mengambil salah satu atau beberapa kata para tokoh-tokoh dunia tentang sebuah motto.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang