fbpx
flash sale toko buku deepublish

Cara Mudah Belajar Budidaya Ikan Nila Hanya Dengan 1 Buku

belajar budidaya ikan nila
toko buku kuliah

Cara Mudah Belajar Budidaya Ikan Nila Hanya Dengan 1 Buku – Budidaya ikan nila semakin menjanjikan. Hal ini didukung dengan jumlah permintaan dari tiap harinya. Selain lele, permintaan Nila semakin meroket. APalagi jika banyak warteg dan warung pecel lele menjamur, semakin membukakan peluang bagi pembudidaa ikan nila.

Kegiatan budidaya ikan merupakan satu kegiatan utama yang dilakukan masyarakat Indonesia. Di dukung dengan kondisi alam, kemudahan dalam membudidayakannya dan permintaan pasar yang tinggi inilah yang pada akhirnya menggiring ikan menjadi komoditas potensial di Indonesia. Nah, buat kamu yang ingin mengambil peruntungan ini, kamu bisa membaca buku karya Yuli Andriani di dalam buku Budidaa Ikan Nila.

Cara Mudah Belajar Budidaya Ikan Nila Hanya Dengan 1 Buku

Di dalam buku perikanan ini, tentu saja kamu akan belajar tentang kebutuhan produksi ikan nila. Di sana akan dijabarkan beberapa aspek terkait dengan keberhasilan budidaya ikan nila.

Misalnya, mulai dari pemilihan strain, sistem budidaya, pemberian pakan, dan penanggulangan penyakit yang mengemuka sebagai kendala utama, karena nilai ekonomis ikan nila lebih tinggi dibandingkan ikan tawar lainna.

Di buku ini kamu pun juga akan mempelajari tentang terobosan terbaru hasil penelitian dalam aspek sistem budidaya, metode pembiusan, pakan alternative dan masih banyak lagi. Nah, penasaran bukan, buku-buku tersebut akan mengulas tentang apa sih? langsung kita intip materi pembahasanna.

1. Biologi dan Jenis Ikan Nila

Di bab pertama, kamu akan diajak penulis untuk berkenalan biologi ikan nila. Kemudian kamu pun akan diperkenalkan ke beberapa jenis ikan nila. Ternyata, ada banyak jenis ikan nila yang tidak banyak diketahui orang pada umumna. Jumlah jenis nila pun ternyata tidak hanya dua atau tiga saja.

Ada yang namannya nila ikan lokal, nila gift, nila best dan nila gesit. Dari beberapa jensi tersebut menunjukan bahwa namannya cukup unit. Nah, jikakamu pernah mendengar nirwana, ternyata itu juga termasuk jenis nila juga loh. Pasti kamu tidak menyangka jika nirwana termasuk keluarga nila. Adapun jenis nila, ada nila larasati, Citralada, Srikandi dan GET.

2. Manajemen penangangan benih

Kelebihan buku Budidaya Ikan Nila, kamu tidak hanya akan mengenali secara teoritis tentang dunia per-nila-an. Tetpai juga diajak untuk mempelajari manajemen penangan benihnya. Dimana banyak yang selalu gagal dalam pembenihan nila.

Saat menjalankan manajemen penanganan benih, kamu akan belajar tentang pengadaan benih. Ada tiga hal yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan pengadaan benih. Yaitu sortasi benih, pengemasan benih dan transportasi benih. Dimana ketiga penangan tersebut butuh tindakan khusus pula loh.

Termasuk dalam hal pemberian pakan juga penting. Banyak yang asal memberikan makan, tanpa perlakuan khusus. Sehingga tumbuh kembang nila lambat. DI pemberian ikan inilah, kamu akan mempelajari tentang food and feeding habit atau sifat dan kebiasaan makan si Nila. Jadi tidak asal memberi makan ya.

Kedua, kamu juga akan belajar kultur pakan alami, di sana ada dua bentuk budidaa kultur pakan alami. Aitu budidaa brachionus dan budidya kutu air. Penasaran bukan? Apa sih itu? tentu saja kamu hanya bisa membaca langsung di bukunya.

Kembali lagi ke tata cara pemberian makan ikan nila, selain memperhatikan komposisi makan nila, kamu pun juga memperhatikan juga ang namannya frekuensi pemberian makan pakan dengan jumlah pakan harian berapa-berapa. Jika binggung dan tidak paham, juga akan di jabarkan di sana.

Penulis juga akan menerangkan tentang hama dan penyakit yang sering menjangkit ikan nila loh. Di sini juga akan dijelaskan bagian mana saja sih pada ikan nila yang sering diserang dan pengendalian serta pengobatanna bagaimana? Semua akan dikupas tuntas di sini.

3. Pembesaran Ikan Nila

Tidak hanya fokus pada pembenihan ikan nila saja. Kamu pun juga akan belajar cara membesarkan ikan nila. Dimana dari segi tempat juga perlu kamu perhatikan. Misalnya memperhatikan sistem wadah budidaya yang terdiri dari beberapa kolam. Ada yang namannya kolam air tenang, kolam air deras, Keramba jaring apung, sistem minapadi dan indoor sstem hatchery.

Memang ada banyak hal yang perlu disiapkan dalam budidaya ikan nila. Salah satunya mempersiapkan kolam. Di persiapan kolam itu sendiri ada instalasi seperti perbaikan pematang, saluran, pengeringan dan pengolahan, pemupukan, pengapuran dan pengisian air dan masih banyak lagi.

Belum lagi masalah kualitas air dan sistem pembesaran. Dimana dalam sistem pembesaran ada beberap sistem yang akan kamu pelajari. Ada sistem monokultur, sistem monosex dan sistem polikultur.

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok

Tidak hanya itu saja, kamu di sana juga kan belajar lebih dalam tentang pemanenan ikan nila, pengemasand an transprotasi hingga belajar pengolahan hasil perikanan yang berkualitas baik. Termasuk mempelajari tentang perilaku konsumen dan pengolahan ikan nila itu sendiri. Pokoknya satu buku, akan banyak hal yang akan kamu pelajari.

Buku Budidaya Ikan Nila
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang