VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

6 Cara Menjadi Pengusaha Muda Sejak Mahasiswa

cara menjadi pengusaha sejak mahasiswa
toko buku kuliah

Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa – Barangkali kamu salah satu mahasiswa yang juga ingin menyandang status menjadi seorang penguasa muda? Tenang! Sekarang bukan jamannya pasrah pada nasib. Sekarang jamannya untuk mencari tahu.

Apalagi saat ini ada banyak sarana dan cara untuk belajar. Era sekarang selama memiliki kemauan, semuannya bisa. Nah, pada kesempatan kali ini akan mengulas cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa yang patut kamu kuasai nih. biar duit semakin mapan seiring kedewasaan kamu. Penasaran bukan cara apa saja sih, langsung simak ulasannya berikut ini.

1. Membangun Relasi Pertemanan

Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa dapat kamu mulai dengan cara membangun relasi pertemanan. Nah, mumpung kamu masih kuliah nih, memiliki banyak teman dan memungkinkan kamu juga memiliki kenalan dari lintas jurusan. Maka manfaatkan hal itu. karena tidak mungkin kan kamu membangun relasi di luar pertemanan kampus, misal membangun relasi dengna orang-orang di jalan? Selain karena tidak mau, bisa dijamin karena faktor rasa malu memulai.

Membangun relasi pertemanan di kampus memang tidak menjanjikan usaha bisnis kamu akan mudah dikenali. Setidaknya dari circle pertemanan kamu akan memberikan informasi tentang produk kamu. Bisa juga salah satu atau salah dua relasi pertemanan kamu memiliki minat atau ketertarikan yang sama dengan usaha kamu.

Nah, ketika kamu memiliki relasi pertemanan yang memiliki minat yang sama, tidak ada salahnya untuk di ajak bekerjasama. Bersama-sama tumbuh bersama agar lebih besar dan minimal bisa dikenal oleh orang di luaran sana. Jadi jangan anggap membangun pertemenanan itu hanya berfungsi untuk berteman saja, tetapi juga bisa kita manfaatkan untuk usaha bisnis tentunya.

Baca juga : Cara Menjadi Mahasiwa Berprestasi

2. Tidak takut Mencoba Usaha

Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa memang kini banyak diminati. Selain karena menjanjiakan, juga karena energy mengambil peluang lebih banyak dan berani dengan tantangan.

Selama masih mudah dan kuat-kuatnya, tidak ada salahnya untuk eksperimen atau mencoba melakukan sesuatu yang menghasilkan uang. Sebenarnya tidak selalu dalam bentuk menjalankan usaha loh. Kamu pun bisa menawarkan ide, gagasan dan jasa kamu menjadi peluang usaha bisnis yang tidak kalah menjanjikan.

Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa selalu diartikan dengan membuka usaha, atau jualan tertentu saja. Padahal untuk membuka usaha dan produk itu sendiri membutuhkan modal. Kita tahu bahwa seorang mahasiswa memiliki uang pas-passan, karena uang untuk biaya kuliah. Maka dari itu, kamu bisa berkreasi dan berfikir kreatif bagaimana bisa menjadikan keterampilan, hobi kamu bisa menghasilkan uang.

3. Kenali Passion Usaha Kamu

Masih menyambung paragraph di atas. Pastikan kamu mengenali betul apa passion kamu jika modal uang tidak punya. Setidaknya dengan passion, hobi dan kesenanganmu bisa dijadikan lahan untuk menciptakan sesuatu.

Misalnya, kamu bisa menjalankan usaha bisnis dengan membuat jasa antar jemput anak sekolah, atau misal kamu hobi menulis, maka kamu pun bisa kok menjadikan kamu untuk menulis buku dan diterbitkan. Setidaknya dari buku yang diterbitkan akan menghasilkan royalty.

Cara lain yang bisa dilakukan, misalnya kamu seorang yang senang melukis. Kamu bisa melukis dan menjadikan hasil karya lukis kamu menjadi usaha kamu yang tentu saja bisa mendulang uang.

Kenapa di bab ini saya menekankan menjalankan usaha sesuai dengan passion? Karena segala sesuatu yang dijalankan karena cinta dan dengan cinta, hasilnya pun akan lebih menyenangkan. Saat susah sekalipun, akan tetap dijalani dengan riang gembira. Karena kesenangan adalah kunci keberhasilan menjadi seorang pengusaha besar.

Baca juga : 5 Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi

4. Branding Sedini Mungkin               

Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa yang paling mendasar adalah lakukan branding. Branding atau pencitraan ini hanya berlaku buat kamu yang sudah memiliki produk kamu apa. Misalnya akan menjadi pengusaha dalam bentuk barang, atau produk dalam bentuk jasa, keterampilan atau kecerdasan kamu.

Branding atau pencitraan tidak hanya dilakukan sekali atau dua kali saja. Tetapi juga berkali-kali wajib kamu lakukan. Bahkwan membutuhkan waktu yang sangat dan cukup lama. Contoh sederhananya adalah pengalaman saya. Saya membranding diri saya sebagai penulis sejak 2010 yang lalu.

Baca : Buku Membangun Profesional Branding Dengan Website Berbasis WordPress

Sejak tahun 2010 sampai tahun 2020 baru ada dampak secara finansial. Maksudnya selama 2010 hanya sekedar orang tahu saya bisa menulis. Kemudian dua tahun setelah itu, mulai ada tawaran untuk menulis artikel, buku dan kolaborasi. Jadi proses branding ini tidak dilakukan dalalm waktu singkat.

5. Bangun Kedekatan Dengan Calon Konsumen di Bagian Awal     

Setelah beberapa poin di atas, cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa yang tidak boleh dilewatkan adalah membangun kedekatan dengan calon konsumen. Nah, di poin ini khusus buat kamu yang memutuskan menjadi pengusaha dalam bentuk barang yang bisa dijual belikan.

Membangun kedekatan dengan calon konsumen, terutama jika usaha kamu masih baru. Maka penting sekali membangun konsumen nyaman, agar bisa menjadi pelanggan setia. Banyak kasus usaha runtuh dan bangkrut hanya masalah sepele. Yaitu masalah karena konsumen merasa tidak nyaman dan akirnya usah akamu pun di tinggalkan.

Pertanyaannya adalah, kenapa konsumen menghilang dan menjauh? Salah satunya bisa karena disebabkan oleh pelayanan tidak ramah. Rasa tidak enak, terkesan mengecewakan konsumen dan masih banyak faktor penyebab. Dimana faktor penyebab inilah yang harusnya dihindari.

Terkait dengan bentuk apapun usaha produk kamu. Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa pastikan produk tersebut minimal dikenal dan memuaskan. Dalam skala kecil dulu tidak masalah. Pelan-pelan saja, seiring dengan berjalannya waktu, semuanya akan berkembang dengan sendirinya. Pastikan fokus pada kepuasan pelanggan jika ingin menjadi pengusaha muda yang handal.

6. Memiliki Rencana Bisnis

Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa yang terakhir, pastikan kamu memiliki rencana bisnis yang jelas. Tanpa rencana bisnis yang jelas dan terarah, sulit menentukan dan mencapai kata sukses menjalan usaha bisnis. Rencana bisnis saya analogikan sebagai rel kereta api.

Dimana rel kereta api sebagai sarana utama kereta melintas dan mencapai tujuan. Coba bayangkan, kereta tanpa rel, apakah sampai tujuan? Tidak bukan! Inilah alasan pentingnya untuk menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa.

Jadi, mulai sekarang, bagi kamu yang tidak memiliki rencana bisnis. Mulai membuat perencanaan secara matang. Buat rencana seperlu dan sebisa yang kamu lakukan. Tidak perlu memaksakan diri dan memaksakan kemampuan.

Miliki koleksi Buku Bisnis & Entreprenerus terbitan Deepublish.

Dari beberapa poin cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa di atas, semoga membantu banyak hal buat kamu. Pastikan bahwa kamu bisa dan yakin. Jangan putus asa. Selama kamu yakin, dan menikmati proses, hasil akan kamu dapatkan nantinya.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, selanjutnya bisa baca artikel yang lain :

1. 5 Ciri-ciri Pengusaha Yang Sukses
2. 6 Rekomendasi Buku Kewirausahaan Terbaik
3. Ciri-Ciri Manajer Yang Baik dan Profesional

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang