Logo Baru April

9 Rahasia Belajar Matematika yang Efektif

9 Cara Belajar Matematika
toko buku kuliah
Bagikan

Kamu merasa cara belajar Matematika seperti apapun tidak akan pernah efektif? Pemikiran ini bisa dimiliki oleh siapa saja, lumrah memang karena Matematika dianggap sebagai momok menakutkan oleh banyak pelajar dan mahasiswa. 

Tidak sedikit yang memasuki jenjang kuliah sengaja memilih jurusan kuliah yang bebas dari Matematika. Namun, pada dasarnya Matematika tidaklah sulit hanya belum mempelajarinya dengan baik dan memakai metode yang tepat. Lalu, seperti apa metode yang tepat disini?

Cara Efektif Belajar Matematika Langsung Paham

Matematika adalah pelajaran yang isinya angka sehingga akrab dengan kegiatan menghitung dan bermain dengan logika. Artinya semua materinya bisa diterima dan dicerna oleh akal. Maka mustahil Matematika tidak dapat dikuasai dengan baik. 

Membantu kamu untuk menguasai Matematika dan tidak takut lagi dengan soal-soal hitungan dan punya logika sangat kuat. Beberapa cara belajar Matematika berikut wajib kamu coba: 

1. Ubah Mindset

Cara pertama untuk bisa mempelajari Matematika dengan baik adalah mengubah mindset atau pola pikir. Jika selama ini menilai Matematika itu sulit maka perlu diubah menjadi Matematika itu gampang. 

Sebab isinya cuma angka dan permainan logika. Jika pemikiran sudah dibuat sederhana maka materi sesulit apapun bisa dipelajari dengan lebih mudah. 

2. Suasana Belajar Mendukung

Matematika adalah pelajaran dengan kebutuhan logika yang tinggi, maka membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi juga. Usahakan memilih tempat yang suasananya mendukung untuk kamu belajar. Tidak harus tenang, bisa juga sedikit lebih ramai karena tergantung pada karakter kamu dalam belajar. 

3. Catat Rumus

Matematika menjadi salah satu pelajaran yang juga dekat dengan rumus, sama seperti Fisika atau bahkan Kimia. Supaya rumus-rumus ini bisa dipahami dan bahkan dihafalkan di luar kepala. Buat catatan khusus sehingga bisa dibaca setiap saat ketika ada waktu luang. 

4. Pahami Rumus

Rumus bukanlah sesuatu yang sebaiknya dihafalkan, melainkan sesuatu yang sebaiknya dipahami. Artinya, seluruh daftar rumus yang sudah dirangkum di poin sebelumnya jangan dihafalkan. 

Tapi pahami apa rumus itu, apa fungsinya, dan digunakan untuk menghitung apa. Jika dipahami maka logika sudah berjalan, sehingga kedepannya bisa terus ingat detail rumus tersebut. Sekaligus paham bagaimana menghadapi soal dalam bentuk apapun agar bisa masuk ke rumus tadi. 

5. Trik Cepat Mengerjakan Soal

Daftar Reseller

Setiap pelajar dan mahasiswa membutuhkan “jembatan keledai” untuk memudahkan proses belajar. Prinsip ini juga berlaku dalam berbagai cara belajar Matematika. Sebab Matematika membutuhkan metode khusus atau trik khusus agar bisa dipahami. 

Kemudian saat menghadapi soal pastikan punya trik cepat untuk mengerjakannya. Mulailah dulu dari soal paling mudah, jika menemukan soal sulit baca dulu beberapa kali. Gunakan alat bantu, misalnya membuat tabel perhitungan, tabel rumus, dan sejenisnya. 

7. Terus Latihan

Matematika bukanlah materi hafalan seperti Ekonomi, Geografi, apalagi Sosiologi. Matematika adalah ilmu eksak yang melibatkan angka dan juga permainan logika. Maka untuk mempelajarinya dengan mudah dan mengerjakan soalnya dengan cepat. 

Kamu dan siapapun butuh latihan secara rutin. Manfaatkan berbagai media dan jaringan yang dimiliki untuk mendapatkan bank soal. Jika ada dana bisa membeli buku bank soal, jika minim bisa mengkopi bank soal milik teman. 

Kerjakan rutin selama jam belajar, maka perlahan akan terbiasa menghadapi soal-soal Matematika. Meskipun soalnya menggunakan angka berbeda dan soal cerita berbeda, pada prinsipnya punya skema penyelesaian yang sama. 

8. Berani Bertanya

Merasa Matematika selalu memberi soal yang sulit untuk dipecahkan? Maka jangan menghadapinya seorang diri. Silahkan bertanya kepada guru atau teman di sekolah, atau bahkan senior seperti kakak kelas atau kakak kandung sendiri. 

Siapa tahu mereka bisa membantu mengerjakan soal yang kamu anggap sulit tersebut. Matematika memang bisa membuat kamu stres apalagi jika cara belajar Matematika yang diterapkan hanya bergantung pada kemampuan sendiri. Libatkan orang lain dan sering bertanya, agar bisa menemukan solusi dari soal-soal sulit. 

Daftar Open Reseller

9. Istirahat yang Cukup

Belajar tentu sangat dianjurkan, hanya saja bukan sistem belajar yang tidak mengenal waktu istirahat. Bagaimanapun juga tubuh memerlukan istirahat yang cukup, agar otak bisa tetap bekerja normal dan membantu belajar secara efektif. 

Meskipun Matematika cukup sulit untuk dikuasai, pastikan tidak lupa untuk beristirahat. Tidur yang cukup dan usahakan tidur siang meskipun hanya 15 menit per hari. Hal ini termasuk daftar cara belajar Matematika secara cepat dan efektif. 

10. Gunakan Teknik Pomodoro

Terakhir, kamu bisa mencoba menggunakan teknik Pomodoro. Apa itu teknik Pomodoro? Teknik Pomodoro membantu mengatur interval waktu belajar dengan istirahat dalam durasi tertentu. Sehingga bisa membantu menjaga fokus. 

Teknik ini diperkenalkan oleh Francisco Cirilo di tahun 1980 dan masih digunakan banyak orang sampai sekarang. Teknik ini menggunakan pengatur waktu, sehingga ada waktu khusus untuk fokus belajar kemudian istirahat sejenak. Lalu diulang lagi. 

Misalnya mengatur waktu belajar Matematika 25 menit, setelah itu ada waktu 5 menit untuk istirahat. Diulang lagi, belajar 25 menit dan kemudian istirahat lagi 5 menit.  Begitu seterusnya sampai 4 babak. 

Sehingga dari total 2 jam belajar, ada waktu 10 menit untuk istirahat. Hal ini membantu otak istirahat sejenak agar tidak pusing dan tetap konsentrasi dalam belajar. Hasilnya tentu saja akan lebih efektif. 

Ebook Panduan Jadi Reseller

Rekomendasi Aplikasi untuk Belajar Matematika

Jika daftar cara belajar Matematika di atas sudah dijalankan, maka perlahan akan merasa Matematika itu mudah atau lumayan mudah. Supaya terasa semakin mudah lagi, selama belajar bisa mengandalkan sejumlah aplikasi belajar Matematika berikut ini: 

  • Math Expert, merupakan aplikasi yang berisi pembahasan materi Matematika, kumpulan soal, dan membantu menyelesaikan soal Matematika yang disajikan.  
  • Math Tricks, merupakan aplikasi yang berisi daftar trik untuk belajar dan mengerjakan soal Matematika. Bisa digunakan agar bisa tahu “jembatan keledai” menguasai Matematika dengan cepat dan efektif. 
  • Mathematic Dictionary, merupakan aplikasi offline yang berisi ribuan rumus Matematika dan penjelasan mengenai istilah Matematika. 
  • Malmath, merupakan aplikasi yang membantu memahami materi sulit di dalam Matematika. Berisi penjelasan secara teori dan latihan soal, seperti tentang Algoritma, integral, aljabar, dan lain-lain. 
  • Photomath, merupakan aplikasi yang membantu mengerjakan soal Matematika. Tinggal memfoto soal lewat kamera smartphone dan aplikasi ini akan mengirimkan gambar penyelesaiannya. Jika tidak ada guru dan teman yang bisa diajak diskusi soal sulit, aplikasi ini bisa menjadi solusinya. 
  • Freaking Math, merupakan aplikasi bank soal Matematika sehingga bisa dipakai untuk latihan soal dengan waktu pengerjaan yang dihitung mundur.

Beberapa aplikasi tersebut bisa diunduh dan dimanfaatkan secara gratis, beberapa lagi sifatnya berbayar. Namun versi berbayar bisa dicoba dulu versi trial, jika dinilai cocok maka bisa berlangganan. 

Supaya Matematika bisa ditaklukan, menerapkan cara belajar Matematika yang dijelaskan dan memanfaatkan sejumlah aplikasi Matematika bisa dilakukan. Kuncinya adalah konsisten belajar dan bersabar, karena Matematika butuh waktu ekstra agar bisa dikuasai dengan baik (penulis/pujiati).

Rekomendasi Buku Matematika

Berikut ini beberapa rekomendasi buku matematika untuk siswa dan mahasiswa. Selain di bawah ini, kalian bisa lihat lebih banyak pada halaman khusus Buku Matematika.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :