fbpx
flash sale toko buku online deepublish

4 Cara Belajar Yang Efektif Untuk Mahasiswa

belajar efektif untuk mahasiswa
toko buku kuliah

4 Cara Belajar Yang Efektif Untuk Mahasiswa – Pusing ingin meningkakan nilai biar melejit? Padahal sudah belajar mati-matian, tetapi nilai tetap segitu-segitu saja. Mungkin ada yang salah dengan cara belajar kamu. Agar kamu mendapatkan nilai yang bagus, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Seperti apa dan bagaimana cara belajar yang efektif untuk mahasiswa? Langsung saja, tidak perlu kebanyakan panjang kali lebar. Berikut ulasannya.

4 Cara Belajar Yang Efektif Untuk Mahasiswa

1. Hindari Bermain Smartphone

Cara belajar yang efektif untuk mahasiswa adalah hindari sementara bermain smartphone saat belajar. Smartphone adalah godaan terbesar yang mayoritas para mahasiswa. Apalagi era sekarang smartphone memiliki banyak tawaran permainan games, medsos. Belum ada program aplikasi seperti chat. Pahadal chat bisa saja setiap 10 menit atau 30 menit ada pesan yang masuk, dan lagi-lagi kamu gatel ingin membalas chat. Apalagi jika chat tersebut dari seseorang yang di incar. Duh, bisa gagal belajar bener nih.

Maka dari itu, cara belajar yang efektif untuk mahasiswa adalah menyimpan smartphone terlebih dahulu. Bisa kamu simpan di bawah bantal, di bawah kasur, di lemari (asal jangan lemari es loh ya). Puasa tidak memegang smartphone selama satu sampai dua jam. Jika belajar selama 2 jam dianggap terlalu panjang, belajar selama 1 jam pun sudah sangat cukup, asalkan belajar efektif.

2. Pahami Bukan Di Hafalkan – Cara Belajar Yang Efektif Untuk Mahasiswa

Belajar yang baik itu bukan menghafalkan materi atau pembahasan. Tetapi, pahami. Segala sesuatu yang dipahami, jauh lebih mudah diingat dan lebih lama bertahan di dalam ingatan. Daripada menghafalkan. Menghafalkan memiliki potensi lebih cepat hilang dari ingatan loh. Tidak percaya? coba ingat rumus matematika yang pernah kamu hafalkan sewaktu SD atau SMP, apakah masih ingat? Saya yakin lupa.

Jadi saat belajar jangan tertekan untuk menghafal, tetapi pahami dan resapi. Selama belajar pun jangan terkesan terburu-buru cepat selesai. Karena kecepatan dalam belajar justru kurang efektif. Jika materi pembelajaran banyak, cukup nikmati dan pelajari sedapatnya. Sekalipun mendapatkan ilmu yang sedapatnya, tetapi pesan dan kesan dari materi yang disampaikan pun terekam.

Nah, jika kamu masih belum yakin. Kamu bisa kok melakukan eksperimen cara belajar ini. Coba laklukan eksperimen belajar dengan memahami dan dengan metode menghafal, ilmu yang akan bertahan diingat menggunakan metode yang mana. Siapa tahukan kamu tipe yang lebih mudah menghafal. Intinya, semua bergantung pada karakteristik masing-masing orang dalam menjalankan metode belajar.

Baca juga : 5 Tips Menjadi Mahasiswa Universitas Terbuka

3. Catat Poin Terpenting Menggunakan Stiky Note

Cara belajar efektif untuk mahasiswa yang ketiga ini cocok buat kamu yang memiliki kemampuan lemah mengingat. Yaitu dengan mencatat poin-poin penting yang akan kamu tuliskan di sana. Kamu cukup menuliskan poin yang kamu anggap penting di selembar stiky notes, kemudian ditempelkan di halaman tersebut.

Cara ini saya praktekan, dan benar. Saya merasa lebih mudah mengingat. Ketika saya lupa dengan materi atau pesan tersebut. Maka saya tinggal buka buku tersebut, dan ketika saya membaca ulang catatan stiky note yang sudah saya baca, hanya butuh sekian detik memory saya tentang poin ini terpanggil untuk mengingat kembali.

Nah, cara ini barangkali bisa kamu terapkan. Terutama buat kamu yang seperti saya yang mengalami kesulitan belajar. Selain menggunakan stiky note, kamu pun juga bisa menggantinya dengan cara memberikan tanda menggunakan pensil warna pada kalimat yang dianggap penting. Atau membuat mapping map pun juga bisa loh.

4. Belajar Sebelum dan Setelah Kuliah di Kelas

Mendapatkan nilai yang bagus memang tidak bisa didapatkan secara semalaman, apalagi kebut semalam. Coba Tanya teman-teman yang secara akademik memiliki nilai bagus. Apa jawaban mereka terkait cara belajar yang efektif untuk mahasiswa?

Sebagian mereka pasti akan menjawab dengan belajar. Namun sedikit yang mengorek bagaimana cara belajarnya. Mereka belajar secara terus menerus. Belajar sebelum mempelajari pelajaran itu, dan setelah mempelajari di kelas, di rumah dipelajari lagi. Misalnya dengan membaca ulang materi yang telah disampaikan.

Rahasia para dosen dan guru pun mungkin saja juga begitu. Mereka belajar sebelum mengajar, sehingga lebih tahu dan lebih menguasai pokok materi dan pembahasan tentang tema tersebut.

Sedangkan mahasiswa, rata-rata hanya belajar saat jam kuliah itu. sebelum dan sesudah jam kuliah bermain, nongki, santuy dan ngopi dengan oboralan yang sifatnya tidak ada kaitannya dengan kuliah. Nah loh, jika gayanya seperti itu, ingin dapat nilai baik ya susah juga. Karena usaha dan kerja keras untuk belajarnya pun kurang. Jika hasil nilainya begitu-begitu saja, kan yaw ajar juga kan.

Baca juga : 5 Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Nah, semoga sentilan tentang cara belajar efektif untuk mahasiswa ini bermanfaat. Intinya, jika ingin mendapatkan nilai bagus, harus ada kerja kerasnya dan rajin belajar. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang