fbpx

Butuh Tips Membaca? Baca Buku Kiat-kiat Membaca dan Penerapannya

review buku kiat membaca
toko buku kuliah

Butuh Tips Membaca? Baca Buku Kiat-kiat Membaca dan Penerapannya – Buku kiat dan membaca penerapan merupakan salah satu gerakan penulis ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca. Tidak dapat dipungkiri membaca menjadi dasar atau jembatan untuk mendapatkan berbagai macam sumber ilmu pengetahuan.

Buat kamu yang saat ini sedang bergumul dengan dunia belajar, strategi membaca dan penerapan membaca bisa membaca buku karya Ediwarman. Meskipun buku ini merupakan kumpulan tulisan yang sudah dipublikasikan dibeberapa tempat, buku ini tetap saya memiliki keterikatan sebuah tema membaca.

Apa Spesialnya Buku Kiat-kiat Membaca dan Penerapannya Ini?

manfaat membaca buku
Ilustrasi ketika membaca buku

Buku kiat dan membaca penerapan ini pun akan mengulas banyak hal. Mulai mengulas tentang pendekatan dan strategi dalam membaca, mengulas pula tentang metode dan teknik pembelajaran dan membaca. Oh iya, membaca itu sendiri ternyata juga dibagi menjadi beberapa bentuk loh. Diantarannya membaca teknis, membaca kritis, membaca bahasa dan membaca cepat.

Nah, untuk mempersingkat waktu, berikut beberapa poin yang akan dibahas dan di ulas di dalam buku terbitan Deepublish tersebut. barangkali isinya sesuai dengan cakupan materi yang tengah kamu cari.

1. Pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran

Membicarakan dunia membaca dan penerapannya, pastinya akan mengulas pula beberapa poin penting. Salah satunya adalah pendekatan pembelajaran. Pendekatan dalam pembelajaran dibagi menjadi tigas istilah yang meliputi pendekatan, metode dan teknik.

Khususnya untuk macam-macamp endekatan pembelajaran bahasa itu sendiri dibagi lagi menjadi pendekatan formal, pendekatan fungsional, pendekatan integral, pendekatan sosiolinguistik, pendekatan psikologi, pendekatan psikolinguistik, pendekatan behavioristic dan pendekatan pengelolaan kelas.

Sedangkan yang dimaksud dengan strategi adalah pembelajaran bahasa Indonesia adalah kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Bisa pula diartikan sebagai tinakan pengajaran melaksanakan rencana mengajar bahasa Indonesia yang melibatkan metode, alat dan bahan.

2. Macam-macam dan Bentuk Membaca Secara Teknis

Buku kiat dan membaca penerapan seperti yang disinggung di paragraph sebelumnya. Menunjukan bahwa membaca dibagi menjadi empat macam. Berikut pengertian masing-masing :

a. Membaca Teknis

Membaca teknis disebut juga dengan membaca nyaring atau oral reading. Tujuan membca teknis agar orang lain dapat mendengar dan mamahami maksud dari pembaca. pembaca teknis akan ditemukan dalam beberapa acara, mulai dari pidata, acara tv, film da n lain sebagainya.

b. Membaca Kritis

Membaca kritis, berbeda dengan membaca teknis. Membaca kritis adalah perbuatan membaca yang bertujuan mengetahui fakta dalam bacaan dan kemudian memberikan penilaian terhadap fakta tersebut. dalam membaca kritis, pembaca harus terbuka terhadap gagasan orang lain.

Membaca secara kritis bukan berarati bahwa pembaca sama sekali tidak menerima pikiran penulis. adapun bahan bacaan yang termasuk membaca kritis, yaitu membaca esai, membaca buku biografi, membaca drama dan membaca laporan.

c. Membaca Bahasa

Membaca bahasa adalah membaca yang penelaahannya ditekankan pada lisensi kebahasaan. Jadi ketika membaca lebih menekankan unsur kebahasaan yang dibaca.

Misalnya menekankan makna kata, ragam bahasa yang digunakan, bagian kata yang digunakan. Tujuan dari membahasa bahasa tidak lain untuk mengembangkan daya kata dan memperkaya kosakata.

d. Membaca Cepat

Terakhir adalah membaca cepat. Membaca cepat pembaca untuk memahami inti sari bacaan secara efektif.

Ada dua hal yang dituju dalam membaca cepat, yaitu melaksanakan membaca dengan kecepatan tinggi dan memadai dan melihat kemampuan menyerap isi bacaan dengan pemahaman yang tinggi dan maksial.

Adapun teknik membaca cepat, yang hanya bisa kamu baca langsung di dalam buku terbitan Deepublish.

Baca juga : Pengertian Membaca : Arti, Tujuan, Manfaat dan Komponennya

Kesulitan dalam Belajar? Temukan Solusinya dalam Buku Kiat Membaca Ini

Namannya dunia belajar, sudah sewajarnya jika menemukan kesulitan dalam belajar. Gejala kesulitan belajar terlihat dalam berbagai jenis manifestasi tingkah laku, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam beberapa aspek. Mulai dari aspek kognitif, motoric dan afektif. Adapun ciri-ciri dari kesulitan belajar, yaitu memiliki nilai rata-rata yang rendah, apa yang dicampai tidak sesuai dengan usaha yang sudah dilakukan dan masih banyak lagi.

Menurut Semiawan (200s: 64) kesulitan pembelajaran dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah sebab prenatal, penyebab perinatal dan terakhir sebab postnatal. Sedangkan untuk kasus yang lebih ringan ciri yang Nampak hanya berbentuk daya konsentrasi buruk, kesulitan menyalin tulisan di papan tulis, susah diatur, dijauhi teman-temannya dan pengendalian diri kurang.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk masalah ini menurut Semiawan dapat diberikan perlakuan apa yang baik bagi anak lain yang normal belum tentu baik pula bagi anak tersebut. mewujudknan kasih sayang kepada anak tersebut yang mencerminkan kearaban relasi ibu dan anak, dan masih banyak lagi.

Buku setebalh 144 halaman ini pun juga akan menyebutkan gangguan belajar, atau di dalam ilmu psikologi ada yang namannya gangguan ADHD yang terdiri dari gangguan belajar. Mulai dari gangguan membaca, menulis, menghitung dan lain sebagainya. Nah, maka dari itu dalam buku kiat dan membaca penerapannya ini pun juga akan menyinggung gangguan belajar disleksia.

Setidaknya di buku kiat dan membaca penerapannya kamu pun tahu bagaimana sikap yang tepat bagi anak-anak yang mengalami gangguan disleksia tersebut. buat kamu yang tertarik ingin mendapatkan buku ini, kamu bis alangsung dapatkan di Deepublish.

Detail Buku :

Buku Kiat Membaca
Kiat Membaca dan Penerapannya
PengarangEdiwarman & MeliyawatiSunjoyo
ISBN978-623-209-367-6
HargaRp 91.000

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah