20 Contoh Buku Non Fiksi Bidang Sosial Budaya + Reviewnya

contoh buku non fiksi sosial budaya
toko buku kuliah

20 Contoh Buku Non Fiksi Bidang Sosial Budaya + Reviewnya – Tidak dapat dipungkiri bahwa tugas sekolah selalu sukses membuat kepala pusing tujuh keliling. Apalagi jika tugas tersebut disuruh membuat essai tentang sosial budaya. Nah, buat kamu nih yang mendapatkan tugas merangkum buku non fiksi sosial budaya, sekarang kamu tidak perlu binggung.

Tenang, karena di kesempatan kali ini akan ada ada 20 contoh buku non fiksi di bidang sosial budaya. Sebagian besar dari kamu kesulitan dalam mengerjakan tugas adalah kesulitan mengkategorisasikan buku yang termasuk non fiksi sosial budaya mana dan yang fiksi yang mana.  

Nah, daripada binggung, langsung saja berikut contoh buku non fiksi bidang sosial budaya yang bisa kamu dapatkan. Semoga dengan ulasan ini akan membantu kamu bisa mahir mengerjakan tugas sekolah kamu dengan lebih menarik, cepat menyenangkan.

20 Contoh Buku Non Fiksi Bidang Sosial Budaya + Reviewnya

1. Buku Ilmu Sosial Budaya Dasar

buku ilmu sosial budaya dasar

Contoh buku non fiksi bidang sosial budaya yang pertama adalah karya Siti Aisyah, buku yang diberi judul ilmu sosial dan budaya ini dikemas dalam bentuk buku ajar. Jadi buku ini lebih tepat digunakan sebagai buku pegangan. Bisa dibilang buku ini juga salah satu contoh konfkrit buku non fiksi yang kaya akan ilmu pengetahuan.

Bagaimana tidak, kamu akan diantarkan dan mengenal lebih jauh tentang apa itu ilmu sosial dan budaya dasarnya. Seperti yang menjadi isu hangat saat ini, bahwa isu kebudayaan menjadi perbincangan yang mampu meningkatkan nasionalisme. Nah, di bab ini pun juga akan di ulas tentang kebudayaan. Tidak hanya berhenti di situ saja, di bab tiga akan di ulas tentang ilmu pengetahuan, teknologi hingga peralatan yang masih relevan dengan kehidupan kita saat ini.

Buku dalam kategori sosial budaya yang satu ini pun juga akan menyuguhkan tentang kepercayaan, nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Seperti yang kamu tahu bahwa norma masyarakat di tempat kita masih sangat kuat. Sampai-sampai dibawa hingga ke pendidikan keluarga dan masyarakat, dan di sini pun juga akan dipaparkan tentang keluarga dan masyarakat itu berperan sebagaimana.

2. Pengantar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Buku Pengantar Ilmu Sosial

Contoh buku non fiksi bidang sosial budaya yang akan kita ulas selanjutnya adalah karya M. Zainal. Buku yang berjudul pengantar ilmu sosial dan budaya dasar ini. Masih membicarakan sosial budaya, ternyata tidak semua orang tahu bahwa budaya itu lahir sebelum lahirnya suatu generasi. Wah, coba bisa dibayangkan seperti apa jika ternyata budaya sudah ada terlebih dahulu. DImana fakta ini pun juga tidak semua orang menyadarinya.

Daya tarik budaya bagi manusia, karena budaya diperlakukan manusia dan diwujudkan hingga ke tingkah laku. Itu sebabnya setiap daerah pun memiliki budaya berbeda-beda. Bahkan juga membentuk aturan, tindakan, kewajiban yang dipatuhi dan disepakati oleh masyarakat. Menariknya lagi, hingga sampai saat ini pun masih banyak orang yang memegang teguh dan semakin di perteguhkan akan nilai-nilai budaya seperti ini.

Bukan berarti tidak ada problematika. Masih saja ada problem yang menjadi hambatan budaya. Apalagi era sekarang yang semakin kompleks. Semakin banyaknya orang berpendidikan, semakin canggihnya teknologi dan semakin derasnya arus pemikiran ketimur-timuran dan ke barat-baratan, semakin banyak problematika budaya yang kian memprihatinkan.

3. Kebudayaan dan Perubahan Sosial Etnis Tori Bunggu di Desa Pakawa di Sulawesi Barat

Buku Kebudayaan Dan Perubahan

Buku selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah karya Nuraedah. Buku yang diberi judul kebudayaan dan perubahan sosial etnis tori bunggu di desa Pakawa Kabupaten Mamuju Utara Sulawesi Barat ini menarik untuk dibaca.

Ada yang pernah mendengar desa Pakawa? Bagi yang tinggal di Sulawesi Barat mungkin sudah tidak asing lagi dengna nama ini. Tetapi bagi masyarakat yang tinggal di Sumatra, Jawa dan Papua pasti sedikit yang tahu. Nama Pakava secara etimologis diambil dari kata ‘kava” yang dapat diartikan sebagai ‘datang’, ‘temuan’ atau ‘didapatkan’. Dulunya luas wilayah desa sebelum terjadi perpisahan dengan Vivi Koro seluas 500.000 Ha saja. Karena sempat terjadi peperangan dan perdamaian beberapakali di sebagian selatan, maka terbentuklah wilayah Vivi Koro dan terpecah menjadi dua bagian. 1/4 bagian masuk ke Kecamatan Pasangkayu dan 3/4 nya lagi masuk di bagian utara, Sulawesi Tengah. Disebutkan bahwa desa Pakawa merupakan desa kecamatan pasangkayu, kabupaten Mamuju Utara, SUlawesi Barat.

Nah, di buku ini akan membahas tentang kebudayaan etnis tori bungu, membahas perubahan sosial di sana juga. Jadi contoh buku non fiksi bidang sosial budaya satu ini lebih tepat untuk menambah penguasaan dan mengenal keberagaman dan sejarah lokal.

4. Mobilitas Sosial Budaya Islam pada Masa Khulafa Al-Rosyidin

Buku Mobilitas Sosial

Buku non fiksi bidang sosial budaya karya Abdullah ini lebih menekankan pada mobilitas sosial budaya islam di tahun 632-661 M. Siapa yang menyangka jika sosial budaya islam sangat berpengaruh penting terhadap membangun kemajuan peradaban manusia. Lewat jalur sosial budaya, ada aspek fundamental sehingga bisa mempengaruhi masyarakat sebagian besar.

Aspek fundamental tersebut mempengaruhi terkait aqidah (ideologi ilmiah), bahasa, kesenian, hukum, kesusastraan, kesenian hingga politik sekalipun. Itu sababnya sejarah para khulafa Al rasyidin mampu menorehkan banyak hal dan mampu mempengaruhi struktur budaya dan tatanan masyarakat.

Hampir mirip dengna perjuangan kisah para Wali Songo yang juga mengambil sosial budaya masyarakat yang ada untuk mensyiarkan atau memperkenalkan ilmu ketuhan. Hasilnya pun juga tidak buruk. Bahkan dalam waktu singkat, banyak perubahan yang ditorehkan dan menjadikan Indonesia sebagai umat yang mayoritas dianut oleh agama muslim.

5. Perubahan Sosial Budaya Komunitas: Agama DAM

Buku Perubahan Sosial Budaya

contoh buku non fiksi bidang sosial budaya yang masih menyinggung agama adalah buk perubahan sosial budaya komunitas: Agama Dam karya Nawari Ismail. Buku yang diterbitkan Deepublish ini pun fokus pada keberadaan kelompok agama-agama lokal. Dimana agama lokal ini perlahan mulai luntur secara perlahan karena banyak faktor dan alasan, yang akan di ulas pula di dalam bukunya.

Fokus buku ini akan mengkaji pola bertahan dan perubahan budaya di kalangan penganut agama adam di kalangan Wong Sikep. Nah, barangkali di sini ada yang belum pernah mendengar agama Adam? kamu bisa ulik juga di dalam buku ini. Daya tarik buku ini karena mengulas tema yang tidak banyak diangkat oleh orang pada umumnya. Itu sebabnya buku ini menarik, apalagi didukung dengan adanya garis merah dengan budaya, tradisi yang sudah ada.

Contoh Lain Buku Non Fiksi Bidang Sosial Budaya

Berikut ini adalah beberapa contoh lain buku dalam bidang sosial budaya. Untuk dapat melihat reviewnya, silahkan klik linknya dan pada bagian bawah terdapat deskripsi atau sinopsis dari bukunya.

Buku-buku di bawah ini juga kami jual. Jadi jika kamu menemukan buku yang sesuai denganmu, membelinya adalah pilihan terbaik. Sekaligus buat referensi dan menambah wawasan bukan? Semoga bermanfaat.

NoJudul Buku Non Fiksi Bidang Sosial Budaya
1Buku Kesehatan Masyarakat dalam Determinan Sosial Budaya
2Buku Menyingkap Sistem Sosial Budaya Masyarakat Hindu Di Lombok
3Buku Mobilitas Sosial Budaya Islam Pada Masa Khulafa Al-Rasyidin (632-661 M)
4Buku Perubahan Sosial Budaya Komunitas: Agama Dam
5Buku Ilmu Sosial Budaya Dasar (Di Perguruan Tinggi)
6Buku Dinamika Dan Rekonstruksi Kebijakan Publik Di Era Otonomi
7Buku Kebudayaan Dan Perubahan Sosial Etnis Tori Bunggu Di Desa
8Buku Pengantar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
9Buku Budaya Toraja Tallulolona Bahan Ajar Muatan Lokal Budaya Toraja
10Buku Budaya & Birokrasi
11Buku Satu Pasangan Calon Pada Pilkada Lebak 2018, Sebagai Kegagalan Partai Politik (Sebuah Catatan: Fenomena Politik Dan Budaya Di Banten)
12Buku Metode Pengembangan Desain Produk Kriya Berbasis Budaya Lokal
13Buku Menuju Sekolah Berkarakter Berbasis Budaya
14Buku Reformasi Pendidikan Berbasis Budaya Lokal
15Buku Karakteristik Bahasa dan Budaya Betawi di Perkampungan Setu Babakan
16Buku Daya Tarik Kampung Baduy Sebagai Destinasi Wisata Budaya
Dinilai
17Buku Berbudaya Melalui Bahasa Sebuah Bunga Rampai
18Buku Daya Tarik Budaya Pulau Yamdena Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Maluku Tenggara Bara
19Buku Multikultural Dan Keberagaman Sosial
20Buku Sosiologi, Gender, Dan Semiotika

Itulah 20+ contoh buku non fiksi bidang sosial budaya yang wajib kamu baca. Karena ilmu sosial budaya itu sangat luas. Sehingga ada banyak sudut pandang dan pemaparan yang mungkin kita belum tahu dan mengel sebelumnya. Semoga dengan hadirnya rekomendasi contoh buku non fiksi bidang sosial budaya ini banyak membantu.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang