fbpx
flash sale toko buku online deepublish

7 Buku Mahasiswa Hukum Yang Wajib Dimiliki

rekomendasi buku mahasiswa hukum
toko buku kuliah

7 Buku Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Hukum – Buku yang wajib dimiliki mahasiswa hukum memang ada banyak pilihan. Mengingat buku mahasiswa hukum ada banyak cabang ilmu. Tentu saja setiap semester, buku yang wajib dimiliki mahasiswa hukum berbeda-beda.

Buat kamu calon mahasiswa baru jurusan hukum, kamu wajib tahu nih buku yang wajib dimiliki mahasiswa hukum itu apa. Jadi pada kesempatan kali ini akan saya ulas beberapa judul buku tersebut. Perlu di catat nih untuk sobat, jika ulasan judul buku di bawah tidak selalu sama antara kampus satu dengan kampus lain.

Umumnya, setiap kampus memiliki buku acuannya sendiri dan memiliki aturan berbeda pula. Misalnya, si dosen memiliki buku karyanya, dan buku pegangan mahasiswa wajib menggunakan buku karya dosen dan masin banyak lagi. Setidaknya, secara garis besar, tidak jauh beda dengan tema-tema berikut. Langsung saja, berikut adalah buku yang wajib dimiliki mahasiswa hukum.

7 Buku Mahasiswa Hukum Yang Wajib Dimiliki

Beberapa daftar buku hukum di bawah ini patut kalian pertimbangkan untuk dimiliki, pasalnya beberapa buku di bawah ini merupakan buku yang umum dipelajari oleh setiap mahasiswa huku dari berbagai universitas. Apa sajakah bukunya? Cek langsung aja ..

1. Hukum Perdata

Buku Ajar Hukum Perdata

buku yang wajib dimiliki mahasiswa hukum perdata salah satu buku yang juga tidak kalah seru. Buku ini juga cocok buat kamu miliki. Terutama buat kamu yang tertari di hukum perdata.

Buku karya Ronald Saija dan Roger F.X.V Letsoin akan memperkenalkan beberapa bab, yaitu hukum perkawinan, mengulas juga masalah hukum jaminan hingga hukum waris juga loh. Pada dasarnya, di dalam buku ini lebih banyak mengurusi masalah sederhana yang itu ternyata berdampak besar dan lebih sering menimbulkan masalah panjang.

di dalam buk ini pula, kamu pun juga akan mempelajari hukum benda, membahas tentang hukum perikatan hingga membahas transaksi ecommerce sekalipun loh.

Jadi tidak hanya masalah rumah tangga, masalah jual beli di ecommberce pun juga ada aturannya. Padahal, sekarang ecommerce sedang menjadi gaya hidup berbelanja yang mudah, simpel. Buku setebal 174 halaman ini buku yang wajib dimiliki mahasiswa hukum, karena konteks buku ini sendiri adalah buku ajar, buku yang memang dikhususkan untuk mahasiswa jurusan hukum.

Detail buku >>

PengarangRonald Saija dan Roger F.X.V. Letsoin
ISBN978-602-280-473-4
HargaRp 74.000

Beli Sekarang

2. Hukum Perdata Internasional

Buku Ajar Hukum Perdata

Jika di atas ada yang mengulas hukum perdata untuk kasus-kasus nasioanl. Nah, buku karya Ronald Saija ini jauh lebih setingkat lebih tinggi. Buku ini cocok buat kamu yang ingin mengetahui hukum perdata internasional. Lalu apa saja poin yang akan kamu pelajari di sana?

Tentu saja kamu akan diajak berkenalan dengan hukum perdata internasional itu seperti apa dan bagaimana. Barulah akan masuk ke bab selanjutnya, yaitu mengulas sejarah umum hukum perdata internasional itu sendiri. Mengenali sejarah salah satu jembatan awal agar bisa memahami dasar ilmunya. Barulah kamu akan belajar tentang penunjukan kembali renvoi. Nah, apa sih renvoi itu? tentu saja hanya bisa kamu baca di buku terbitan Deepublish.

Masalah ketertiban umum ternyata tidak menjadi masalah di Indonesia saja. Tetapi Internasional pun juga memiliki kasus permasalahan ketertiban umum juga loh. Termasuk pula masalah penyeludundapan, dan hukum terhadap kasus penyelundupan itu bagaimana dan seperti apa, pastinya hanya akan di bahas di buku ini. termasuk pula menyikap masalah status personal dan timbal balik dan pembalasan juga. Pokoknya semua di kupas tuntas hanya di buku setebal 117 halaman ini.

PengarangRonald Saija
Bidang IlmuHukum
ISBN978-623-209-158-0
HargaRp 64.500
Tahun Terbit 2019

Beli Sekarang

3. Buku Hukum Administrasi Negara

Buku Hukum Administrasi Negara

Buku mahasiswa hukum selanjutnya berjudul Hukum Administrasi negara. Buku  karya Nur Asyah, S.H., M.H, merupukan salah satu buku referensi yang oleh setiap mahasiswa hukum harus memilikinya, mengapa? Karena hukum perdata termasuk dasar dalam mempelajari ilmu hukum. Didalamnya mengulas tentang ruang linkup dan pengertian administrasi negara.

Sebuah negara yang kuat sudah pasti karena negara tersebut memiliki sistem. Tanpa sistem, maka negara akan carut marut. Nah, di sinilah kamu pun akan mempelajari sistem hukum itu seperti apa dan bagaimana. Agar sistem hukum nasional aman dan terkendali. Di bab ini pula kamu pun akan mempelajari tentang hukum administrasi juga. Pastinya di dalam hukum administrasi ini ada sub poin yang tidak kalah penting.

Jadi buku terbitan setebal 100 halaman ini bisa kamu dapatkan di website Deepublish, sebagai penerbit buku. Soal harga, tenang karena harga bukunya hanya 85.000 harga segitu tidak sampai menjebol isi dompet kamu lah. Jika dilihat ilmu yang akan kamu terima, harga segitu bukanlah seberapa.

Detail Buku >>

PengarangNur Asyiah, S.H., M.H.
Bidang IlmuHukum
ISBN978-602-453-966-5
Harga85.000
 Tahun 2018

Beli Sekarang

Baca juga : 3 Rekomendasi Buku Hukum Administrasi Negara

4. Hukum Tata Negara dan Sistem Politik

Hukum dan sistem politik

Rekomendasi buku hukum yang selanjutnya adalah hukum tata negara. Hukum tata negara merupakan salah satu bentuk hukum yang sangat populer dikalangan mahasiswa hukum, hukum tata negara didefinisikan sebagai hubungan antara berbagai lembaga dalam suatu negara yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Dengan membaca buku hukum tata negara yang satu ini, Anda akan paham tentang konsep dasar hukum tata negara, hubungannya dengan ilmu negara, ilmu politik, lembaga-lembaga negara dalam UUD 1945 serta segala hal tentang hukum tata negara.

Tidak cukup sampai disitu, kamu juga akan dituntun agar mampu untuk menganalisis dinamika ketatanegaraan Republik Indonesia dari masa ke masa.

Pengarang Dody Nur Andriyan
Bidang IlmuHukum
ISBN978-602-401-402-5
Harga Rp. 144000

Beli Sekarang

5. Hukum Lingkungan

Buku Ajar Hukum Liungkungan

Nah, buat kamu yang suka dengan lingkungan? maka buku karya Aditia Syapirillah ini adalah jawabannya. Kita tahu, sekarang lingkungan sudah tidak bersahabat seperti jaman dulu. Kini dimana-mana banyak pencemaran lingkungan, pabrik yang membuang limbah sembarangan, tanpa menyaring limbah terlebih dahulu sebelum di buang.

Belum lagi masalah pencemaran sampah di sungai, pembuatan sampah di TPA yang tidak beraturan dan masih banyak kasus lainya. Jika disebutkan satu persatu kasus yang ada, tidak cukup dalam satu lembar. Dari semua kasus yang ada, ternyata tidak ada hukumnya loh.

Hukum lingkungan memang ada aturannya. Itu sebabnya buku ini cocok buat kamu yang peduli lingkungan tetapi ingin masuk jurusan hukum. Buku Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Hukum satu ini akan mengedukasi kamu tentang hukum sumber daya alam. Dimana alam tidak bisa dieksploitasi oleh perorangan atau segelintir orang saja. Buku ini sangat cocok untuk kamu baca.

PengarangAditia Syapirillah
Bidang IlmuHukum
ISBN978-602-401-123-9
Halamanx, 170 hlm
HargaRp. 90000

Beli Sekarang

6. Aneka Masalah Masyarakat Hukum Adat Dalam Pembangunan

Buku Aneka Masalah

Ada banyak sekali cabang ilmu hukum. Salah satunya adalah buku karya Dr. Ronald Saija satu ini. Buku Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Hukum ini juga bisa kamu miliki loh. Terutama buat kamu yang ingin mempelajari permasalahan hukum adat di masyarakat. Bisa dikatakan jika buku ini adalah buku yang informatif, karena sedikit yang mengulas.

Sayangnya buku setebal 354 halaman ini sifatnya sebagai buku referensi. Jadi bukan buku ajar. Meskipun demikian, isi buku ini sangat banyak manfaat yang akan kamu dapatkan. Terutama menjadi tahu hukum adat itu sendiri.

Hal yang menarik dari hukum adat adalah, teritorial Indonesia, sebagai negara kepulauan, pastinya memiliki budaya yang berbeda-beda. Itulah kenapa hukum adat ini lebih seksi di bahas. Apalagi jika dikaitkan dengan pembangunan dan permasalahan-permasalahan yang muncul. Penasaran bukan, seperti apa sih ulasan buku ini? Kamu bisa membacanya langsung di buku ini ya.

PengarangDr. Ronald Saija, SH., MH
Bidang IlmuHukum
ISBN978- 602-280-468-0
Halamanx, 354 hlm
HargaRp. 101.000

Beli Sekarang

7. Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa di Luar Pengadilan

Buku Arbitrase dan Alternatif

Saat lulus kuliah jurusan hukum, memang akan ditemukan banyak sekali kasus hukum. Maka dari itu, banya membaca adalah penting. Salah satunya membaca buku karya Rini Fitriani, yang berjudul Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa di Luar Pengadilan.

Buku setebal 194 halaman ini adalah buku yang akan mengupas sengketa. Saat terjadi sengketa, ada dua cara penegakan hukum, yaitu secara hukum formal yang diproses oleh lembaga peradilan atau dengan cara proses di luar peradilan yang mengarah pada pendekatan kompromi. Dimana cara ini pun juga paling banyak dilakukan. Nah, ternyata juga ada aturannya dalam menangani sengketa di luar pengadilan.

Buku Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Hukum satu ini wajib kamu baca. Karena buku referensi satu ini akan memberikan gambaran terkait aturan dan cara menyelesaikan masalah di luar pengadilan atau dengan cara kekeluargaan.

Di sana tentu saja masih ada banyak sub bab yang tidak kalah menarik untuk bisa dibahas. Penasaran seperti apa dan bagaimana bukan? kamu bisa beli langsung di bukunya langsung.

Detail Buku : 

PengarangRini Fitriani
Bidang IlmuHukum
ISBN978-602-280-804-6
Halamanxiv, 194 hlm
HargaRp. 96.500

Beli Sekarang

Kurang lebih itu adalah 7 rekomendasi buku mahasiswa hukum yang semoga saja menjadi referensi kalian bersama. Semoga bermanfaat ! dan terimakasih.

Baca juga : 7 Rekomendasi Buku Hukum Terbaik

Kontributor : Irukawa Elisa

beli buku hukum
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang