Branding dengan Media Sosial: Contoh Pada Perusahaan

branding dengan media sosial
toko buku kuliah
Bagikan

Branding dengan Media Sosial – Social media merupakan produk layanan online yang meliputi blog, forum diskusi, chat room, email, website dan juga komunitas. Pada tahun 2009, jejaring social berkiprah dengan bendera “EVERYTHING IS SOCIAL”. Hampir seluruh website diarahkan kepada media social, seperti facebook dan twitter. Bahkan McD dan MTV pun ikut mengibarkan media social di dalam websitenya.

Social media yang terkini ada memiliki karakterisitk seperti berikut:

  • Transparansi: terbuka untuk umum
  • Dialog dan komunikasi: terjalin komunikasi, misalnya brand dengan para fansnya
  • Jejaring relasi: relasi akan terbentuk antar individu yang menyusun elemen social media.
  • Multi opini: setiap orang bisa berargumen dan berpendapat berbeda satu sama lain sebagai akibat terjalinnya komunikasi
  • Multi form: wujudnya bisa beragam seperti social media press release, video news release, internet dan elemen penyusun lainnya.

Di dalam social media terkini, terdapat elemen penting yang disebut influencer. Influence ini merupakan kemampuan dalam membentuk dan mengubah pesan yang mampu menarik perhatian orang-orang dan menginspirasi orang-orang untuk mengambil tindakan dari atensi yang berhasil dimunculkan. Influencer ini harus mampu membentuk ikatan yang sangat kuat atau diistilahkan dengan engagement.

Engagement mengandung arti keterikatan yang dibangun secara langsung atau tidak langsung dari tujuan utamanya untuk memberikan perhatian pada ‘produk’ atau ‘brand’ juga memungkinkan terjalinnya interaksi di dalamnya, ini dilakukan secara virtual karena social media lah sebagai toolnya.

Ada kata-kata bahwa, “Branding itu istimewa“.

Contoh Promosi Produk di Sosial Media

Sebagai contoh kita akan menggunakan produk “coca cola”.

A.Promosi Pada Perusahaan Coca-Cola

a. Promosi dengan Website

Sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan terkenal untuk memiliki website. Tujuan website di sini adalah memberikan informasi mengenai produk dan layanan dari perusahaan pemilik brand tersebut. Coca cola memiliki website utama yang bisa diakses melalui www.coca-cola.com. Coca-cola.com ini berisikan informasi mengenai perusahaan Coca cola, informasi produk, informasi karir dan masih banyak lagi. Intinya berisikan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan Coca cola.

b. Promosi dengan Facebook

Pada mulanya fanpage facebook Coca Cola dikembangkan oleh Dusty Sorg dan Michael Jedrzejewski. Mereka berdua mulanya hanya fans biasa dari coca cola. Perusahaan coca cola akhirnya memanggil mereka berdua untuk berdiskusi dan mengembangkan fanpage coca cola. Akhirnya mereka berdua pun menjadi terkenal.

Pada halaman fans page coca cola kita bisa melihat sebuah tab khusus yang digunakan untuk mempromosikan produknya, tampilannya terlihat lebih interaktif. Dan memang benar-benar terlihat aplikatif sekali, terutama untuk mengusung tema coca-cola yang trendy. Di sana juga terdapat beberapa kegiatan branding yang dilakukan coca-cola. Kita juga bisa mengunduh konten yang disediakan coca-cola, seperti wallpaper, screensaver dan emoticons.

c. Promosi Coca Cola di Twitter

Coca cola membuat account twitter yang bertujuan untuk melayani pertanyaan follower mengenai produk-produk coca-cola. Berbeda dengan fanpage facebook coca cola yang memiliki jutaan member, twitter coca cola hanya memiliki puluhan ribu follower dan seribuan yang listed. Tentu saja masalah ini buka suatu hal yang besar bagi mereka, karena yang terpenting adalah bisa memberikan layanan informasi melalui micro blogging twitter.

d. Promosi Coca Cola di Youtube

Agar informasi yang diberikan ke user lebih lengkap, coca cola bergabung ke youtube. Keuntungan bagi coca cola bergabung ke youtube, yaitu pengguna akan lebih mengenal coca-cola sebagai brand terkenal secara visual melalui video, pengguna akan mengetahui program-program apa saja yang dijalankan oleh coca cola, pengguna akan mengetaui informasi produk terbaru dan masih banyak lagi.

Pola-pola branding ini lah yang membuat lebih terkenal lagi.

B. Promosi di Perusahaan Pizza Hut

1. Pizza Hut Facebook Fans

Pizza hut menggunakan facebook fanpage dalam ajang branding dan untuk meningkatkan relasi dengan customer. Cara yang dilakukan adalah dengan menjadi fanpage facebook sebagai sarana ‘jumpa fans’. Promosi yang dilakukan cukup sederhana, caranya adalah membuat album foto produk. Untuk menggalang massa, pizza hut mengajak penggemarnya untuk voting produk pizza hut di website sogoodblog.com. Ajakan ini dilakukan melalui wall fanpage facebook. Sebagai akibatnya, jika pizza hut menjuarai voting, namanya akan semakin popular dan semakin mendunia.

2. Twitter

Melalui twitter pizza hut juga beriklan. Karena untuk urusan social media yang ringkas, twitter lah juaranya. Melalui twitter ini juga, pizza hut menceritakan segala hal mengenai aktivitas perusahaannya, mulai dari produk hingga event ‘bagi-bagi makanan gratis’ yang dapat diklaim.

C. Promosi PayPal

1. Paypal on Facebook

Alasan utama paypal membuat fanpage di facebook adalah menjadikan facebook sebagai alat untuk menyampaikan informasi mengenai profil perusahaan dan berbagai layanan yang diberikannya. Termasuk juga untuk memberikan informasi mengenai layanan terbaru atau promosi berhadiah lainnya. Melalui halaman paypal facebook, juga kita bisa menemukan tombol untuk pendaftaran jika memang belum memiliki account di paypal.

Kita juga bisa menemukan adanya fitur Send Money, di mana fungsinya untuk mengirimkan uang melalui aplikasi yang tersedia di Facebook. Cara mengirimkannya sangat mudah, yaitu dengan memasukkan alamat email tujuan pemilik paypal, alamat email paypal pengirim, jumlah uang yang dikirim dan jenis mata uang yang digunakan. Sungguh cara yang sangat mudah untuk bertransaksi!

Melalui halaman fanspage facebook paypal, kita juga bisa menemukan tab twitter, youtube, photo, discussion dan event. Sungguh kolaborasi yang menarik, beberapa jejaring social digabungkan ke dalam sebuah halaman facebook.

D. Promosi Starbuck

1. Starbuck on facebook

Sebagai brand kopi internasional, starbuck tidak ketinggalan untuk menggunakan facebook sebagai salah satu branding. Dengan facebook, starbuck mempublikasikan konten pada facebook fanpage seperti: video, blog post, foto dan aplikasi yang menarik. Misalnya saja aplikasi yang diracik untuk menentukan minuman kopi jenis apa yang cocok selain dari itu ditampilkan pula segala kebaikan kopi.

2. Starbuck on youtube

Dengan youtube, starbuck bisa branding dengan memamerkan video komersial seperti layaknya video yang menginformasikan berbagai metode olahan kopi. Starbuck juga memasang video mengenai sejarah perusahaan dan memperbolehkan orang-orang untuk merelasikannya.

E. Promosi Blackberry

1. Facebook for Blackberry

Dengan boomingnya facebook, blackberry memanfaatkan momen tersebut dengan menyediakan layanan khusus facebook untuk blackberry. Facebook for blackberry merupakan aplikasi yang akan memudahkan pengguna facebook dan blackberry supaya bisa mengakses facebook secara mudah dan nyaman. Dengan semakin banyaknya pengguna facebook makan kemungkinan keuntungan yang akan di dapat oleh blackberry menjadi lebih besar, pasalnya aka nada calon konsumen baru yang akan membeli blackberry untuk mengakses facebook. Hal ini tentu harus menjadi strategi branding yang baik untuk Rich Motion ke depannya.

2. Jejaring Sosial MyBlackberry

Melalui layanan MyBlackberry kita bisa menenmukan informasi mengenai barcode, tema, battery, Bluetooth, desktop manager, aplikasi, GPS, Facebook, sync, tips, wallpaper dan masih banyak lagi. Cara ini sebenarnya cukup bagus diterapkan oleh blackberry, karena para pengguna blackberry bisa memperoleh berbagai informasi mengenai jejaring social ini. Mereka juga bisa berbagi informasi dengan sesame pengguna blackberry, mengenai troubleshooting blackberry dab juga pengalaman penggunaan blackberry.

F. Promosi Nokia Ovi

Nokia Ovi merupakan layanan internet yang disediakan oleh nokia. Layanan nokia ovi bisa diakses melalui mobilephone dan juga PC. Nokia Ovi berfokus pada layanan utama, seperti games, maps, media, messaging, file dan store, aplikasi.

F. Ovi Store di Facebook

Ovi store yang kita kenal sebagai toko online yang menyajikan berbagai macam aplikasi untuk nokia juga bisa diakses melalui jejaring social facebook melalui alamat www.facebook.com/ovistore.

Pages ini tentu memiliki tujuan agar mempermudah pengguna Nokia Ovi dalam mengakses Ovi store, terutama yang mengakses jejaring social media facebook. Semakin banyak fans tentu akan banyak kesempatan facebook memanfaatkan layanan Ovi Store dan tentu ini berpotensi untuk Nokia dalam hal kampanye produknya.

Pages Ovi Store di Facebook berisi informasi mengenai berbagai macam aplikasi yang ada di Ovi Store, termasuk aplikasi yang baru dirilis. Pages ini memang dibuat secara ekslusif, itu terlihat dengan adanya box khusus yang di dalamnya berisi link untuk mengunduh aplikasi dari Ovi Store. Di bagian tab, kita juga akan menemukan tab khusus bernama Ovi Store. Di dalamnya kita bisa mencari aplikasi yang kita butuhkan, tersedia juga form untuk mengakses ke Ovi Mail dan fasilitas untuk mengunduh aplikasi secara langsung.

G. Promosi Hugo The Boss

Hugo Boss adalah brand fashion dan aksesoris ekslusif. Tak ketinggalan Hugo Boss juga menggunakan kekuatan social media dalam company campaign-nya.

Hugo on Website
Hugo Boss seperti produknya juga berbagai tempat penjualannya, memajang websitenya dengan nuansa yang sama, elegan, bukan website murahan yang dijejali dengan promo dan diskon-diskon.

Hugo Boss memang tidak bermaksud membuat produk untuk semua kalangan, yang terjangkau dan murah meriah dan memang websitenya yang dirancang jauh dari kesan murahan, sekilas terlihat bahwa websitenya tidak butuh pembeli, tetapi memang itu yang ingin dicerminkan oleh HUGO. Dari hal ini dapat dijelaskan bahwa pentingnya untuk menyelaraskan image brand produk dan image website

Unique Hugo pada Jejaring Sosial
Brand fashion kenamaan Hugo Boss melakukan penetrasi market dengan jejaring facebook fanpage. Isinya sangat menarik dengan adanya kontes model, koleksi, juga berbagai aktivitas dan agenda yang dapat dipost. Hugo Boss memang sudah memiliki fansnya, mereka ingin terkoneksi dengan jejaring HUGO BOSS karena brand ini bukan brand sembarangan, brand mewah yang juga memiliki nilai ekslusifitas tinggi, siapa pun yang tergabung dengannya akan merasa bahwa mereka memiliki selera yang juga eksklusif seperti brandnya. Hugo Boss sangat mengandalkan informasi audio visual untuk menyampaikan informasi yang juga mewakili brandnya, ini sudah terlihat dari banyaknya video dan foto-foto koleksinya padas facebook. Tayangan ini pun bisa ditemukan pada jejaring YouTube HUGOBOSSTV’S Channel. Tak lupa pula Hugo menggunakan jejaring Twitter sebagai media tambahan.

Pondok Djawara Deepublish

H. Implementasi Jejaring Sosial Media (Tahapan Memasarkan di Jejaring Sosial)

Agar dalam mempromosikan produk yang dimiliki tidak salah langkah, maka kita tentu harus memiliki beberapa tahapan untuk melakukannya. Tahapan tersebut adalah:

Product Knowledge

Pemahaman detil tentang produk yang akan dijual menjadi hal yang sangat penting bagi marketer. Karena dengan mengetahui informasi dari suatu produk dengan jelas, maka kita bisa membantu dan meyakinkan klien dengan lebih mudah.

Selain itu, banyak kemungkinan customer yang kita layani memiliki pandangan yang kritis terhadap produk. Dengan memahami detil product knowledge, marketer mampu menjawab setiap pertanyaan kritis yang ditanyakan customer.

Menentukan Jejaring Sosial

Jika menggunakan facebook akan lebih baik jika brand dimasukkan ke dalam facebook fanpage dan bukan account. Ada dua pilihan untuk menggunakan facebook, fanpage atau group.

Jika menggunakan twitter akan lebih baik jika account twitter yang dibuat memiliki cita rasa yang kuat dari brand yang dimiliki. Bisa saja dengan menambahkan background atau warna yang memiliki cita rasa dari brand tersebut.

Jika menggunakan Youtube, masukkanlah video-video yang terkait dengan company profile, produk yang dijual, layanan yang diberikan, video studi kasus dan lain-lain. Umumnya video yang dibuat dengan menarik, agar nantinya bisa menarik banyak pengunjung.

Branding memang perlu waktu yang gak cepat, jadi harus mulai merintis mulai dari sekarang.

Pengelolaan jejaring sosial

Setelah memilih jejaring social, selanjutnya adalah pengelolaan dari jejaring sosial yang dibuat. Pengelolaan ini sebaiknya tidak hanya satu orang saja, alangkah baiknya sebuah brand atau perusahaan khusus memiliki tim khusus untuk pengelolaan jejaring social agar berjalan secara optimal. Tim yang mengelola wajib memiliki pemahaman product knowledge dengan detail sehingga bisa memberikan informasi dengan baik dan juga menjawab setiap pertanyaan dari anggota, fans, subscribe atau followernya.

Update informasi juga perlu dilakukan berkala, misalnya memberikan informasi mengenai diskon produk tertentu, sampai dengan informasi-informasi mengenai perusahaan tersebut. Tentunya dengan konsep dan penanganan yang baik, semuanya nanti akan terlihat hasilnya.

(Ismi R.Y.)

Juju, Dominikus dan Feri Sulianta. Branding Promotion with Social Network

Baca artikel terkai lainnya :

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang