Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

Beberapa Faktor Kesalahan Penjualan

kesalahan dalam menjual
Bagikan

Beberapa Faktor Kesalahan Penjualan – Tidak seperti buku lainnya yang membahas tentang cara-cara ataupun rahasia meraih kesuksesan dalam penjualan, buku ini justru membagikan rahasia-rahasia penjualan yang buruk. Yang tentunya tidak untuk ditiru, namun lebih tepatnya untuk dihindari bagi para pelaku sales marketing.

Saya lontas teringat akan kata mutiara dari seseorang “aku tak tahu rahasia sebuah kesukesan, namun aku tau rahasia sebuah kegagalan, yakni menunda-nunda sesuatu yang baik”. Buku ini mengajarkan pembacanya untuk menghindari hasil yang buruk dalam dunia penjualan.

Dipecah dalam 6 bab pokok, yang masing-masing bab membahas beberapa kesalahan yang dilakukan dalam penjualan, namun dibedakan menurut faktor kesengajaan (pribadi), faktor ketidaksengajaan (kondisi), faktor internal, faktor eksternal, dan tips mengatasi kegagalan serta membalik kegagalan menjadi kesuksesan.

Ada sekitar 130 contoh kasus kesalahan dalam sales marketing , tentunya jika diulas satu persatu akan menjadikan resume ini panjang. Oleh karena itu saya ambil beberapa contoh kasus yang menurut saya sangat tercermin di pribadi saya dan tempat kerja saya.

Kesalahan yang cukup sering saya temui yakni :

Tidak tepat memilih kata-kata : “The power of words” sangat disinggung dibagian ini, disebutkan bahwa sales marketer yang sama, customer yang sama, namun dengan kata-kata yang berbeda akan menghasilkan hasil akhir yang berbeda pula. Kata yang tidak disukai target customer adalah “menawarkan” dan “menjual”.

Kedua kata tersebut memberi konotasi kedatangan kita akan merogoh kantong cutomer, merogoh dompetnya. Seandainya kata-kata tersebut diubah menjadi “Saya ingin bekerja sama / saya ingin menyampaikan ide kerjasama untuk meningkatkan bisnis bapak/ibu” akan lebih ramah dan menarik bagi calon customer. Ironisnya, kata-kata “menawarkan” tersebut sering saya ucapkan, dan Alhamdulillah dengan membaca buku ini, sekarang saya menyadari kesalahan saya sebagai pelaku sales.

“Memprospek customer dari rekan kerja.” Hal tersebut termasuk kesalahan yang tidak disengaja, dan ternyata cukup sering saya alami. Buku ini memberikan tips jika mengalami hal demikian, maka sebaiknya secara terbuka menyampaikan kepada calon customer bahwa kita akan menyampaikan segala hal yang dibutuhkannya kepada rekan kita, dan benar-benar terbuka untuk menyampaikan informasi.

Baca juga : Tips Jualan Online via Social Media

Buku ini juga memberikan contoh kegagalan-kegagalan dalam sejarah umat manusia yang justru bisa dibalik menjadi keberhasilan oleh pelakunya. Contohnya Ludwig Van Beetohoven yang memiliki kelainan tuli namun melahirkan karya yang spektakuler. Abraham Lincoln, gagal dalam pemilihan anggota kongres, yang kemudian justru menjabat sebagai presiden amerika dua kali. Albert Einstein, dianggap bodoh karena tidak bisa menghafal, namun justru ialah yang menemukan teori relativitas.

Terakhir buku ini memberikan motivasi kepada pembaca, yakni ketidakmulusan sebuah kesuksesan dan nikmati proses yang ada. “Anda seperti seekor katak yang berjongkok dulu sebelum meloncat ke tempat yang lebih tinggi, lalu susunlah langkah-langkah perbaikan dan strategi tindakan yang baru.”

(Alvindo Victo S)

Rahardjo, Jami Lydia. The Secrets of Bad Sales

– See more at: http://www.deepublish.co.id/penerbit/artikel-cerdas/227/Beberapa-Faktor-Kesalahan-Penjualan#sthash.bRr86aJi.dpuf

Pondok Djawara Deepublish

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller