Logo Baru April

Apa itu Semester Genap? Tips Maksimalin Nilai Kuliah

pengertian semester genap
toko buku kuliah
Bagikan

Apa itu semester genap? Pertanyaan ini akan sering muncul ketika seseorang sudah masuk dunia kuliah dan juga sudah menempuh beberapa semester di perkuliahan. Namun, mahasiswa baru (maba) harus mengetahui istilah ini sebab akan penting kedepannya.

Apa itu Semester Genap

Secara umum, semester genap ini diartikan sebagai sebuah kurun waktu kegiatan belajar antara bulan Januari sampai Juni atau Bulan Februari sampai Bulan Juli untuk mengakhiri setahun pembelajaran (sesuai kalender akademik).

Setelah menyelesikan semester genap, biasanya akan sangat beda untuk memasukki semester ganjil layaknya waktu SMA yang disebut dengan kenaikan kelas. Di perkualiahan memang tidak ada kenaikan kelas, tetapi dengan memperhatikan siklus yang ada, ketika sudah menyelesaikan semester genap akan seperti naik kelas lagi ke semseter ganjil selanjutnya.

Nah, ada hal krusial yaitu nilai IP Semester saat semester genap sangat menentukan jumlah SKS yang bisa diambil di semester selanjutnya. Biasanya sih untuk mendapatkan nilai di semester genap sedikit lebih susah daripada di semester ganjil.

Lalu, apa saja yang bisa kita maksimalkan di semester genap ini? Simak penjelasannya pada artikel lanjutan ini.

Tips Memaksimalkan Kuliah di Semester Genap

Ada beberapa tips yang bisa Aku sarankan untuk dilakukan, sebab tips ini sudah aku alami sendiri ya.

1. Review dan Evaluasi

Langkah pertama yang harus dilakukan mahasiswa yang katanya ‘kritis’ ini adalah dengan melakukan review dan evaluasi di semester genap. Jangan sampai tidak dimaksimalkan di akhir kuliah dan malah mendapatkan nilai jelek di ujian semesternya.

Pastikan pahami apa saja materi yang susah dipahami dan yang paling sudah paham. Apabila ada materi kuliah yang tidak paham segera bertanya kepada teman yang pintar untuk minta diajarin mengenai materi yang diajarkan. Jangan mepet-mepet UAS ya.

2. Melihat Mata Kuliah yang Akan Diulang

Masuk ke semester ganjil lagi, artinya ada kesempatan untuk mahasiswa yang di semester ganjil sebelumnya dapat nilai yang tidak baik (misalkan D atau E), silakan untuk mengulang mata kuliah tersebut di semester ganjil selanjutnya.

Daftar Open Reseller

Oh iya, tipsnya adalah ulang mata kuliah yang memang benar-benar bisa naik nilainya. Apabila susah mending diambil akhir, karena akan buang-buang waktu lebih banyak serta hasilnya tidak bisa maksimal.

3. Mata Kuliah dan Cek Silabus

Pastikan cek mata kuliah semester ganjil selanjutnya dan cek silabusnya. Pastikan mengetahui dahulu materi apa yang akan diajarkan secara umum. Apalagi kalau sudah membahas masalah mata kuliah pilihan, jangan sampai salah pilihan mata kuliah akibat tidak membaca silabus.

4. Pastikan Nilaimu di Semester Genap Baik

Jangan sia-siakan semester genapmu, jangan sampai ada nilai yang buruk sebab kalau misalkan ada, akan susah untuk mengulangnya terkait waktu. Harus butuh waktu dan bayar UKT juga. Misalnya, apabila kamu di semester 6 ada nilai yang jelek, maka mata kuliah tersebut hanya bisa diulang di semseter 8, sedangkan di semester ini kita juga sedang fokusnya untuk menyelesaikan skripsi. Oke? Paham kan sampai disini?

5. Perkaya Kemampuan Diri

Buatlah rencana untuk dirimu sendiri untuk mengasah diri lebih dan lebih baik hardskill maupun softskill. Nah, biasanya sih untuk semester ganjil akan lebih longgar dibandingkan semester genap jadi manfaatkan waktu ini dengan baik ya. Misalnya, kamu mendaftar sebagai asisten dosen atau asisten praktikum. Selain mengasah skill juga bisa mendapatkan pendapatan sampingan.

Baca juga: Contoh Hardskill dan Softskill

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu semester genap di perkuliahan dan bagaimana cara meningkatkan bahkan bisa memaksimalkan baik itu nilai, kemampuan dan juga aspek lainnya bagi mahasiswa. Semoga bermanafaat ya. [Yusuf Abdhul]

promo merdeka belanja

Baca juga artikel lainnya terkait mahasiswa

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

[newsletter_signup_form id=1]
Baca Juga :