Logo Baru April

Apa itu Podcast? Cara Membuat dan Contoh

apa itu podcast
toko buku kuliah
Bagikan

Semakin berkembangnya media sosial, kini justru menjadi ladang penghasilan bagi berbagai konten kreator. Banyaknya konten kreator di era serba modern saat ini pasti membuat banyak orang tertarik terjun ke dalamnya. Salah satu jenis aktivitas yang marak di media sosial dan menghasilkan pendapatan tinggi adalah dengan melakukan podcast.

Podcast yang dilakukan di media sosial ini sangat beragam. Banyak juga yang menggeluti aktivitas tersebut, mulai dari artis papan atas, selebgram, influencer, youtuber, hingga orang-orang biasa yang akhirnya besar melalui podcast. Podcast menjadi wadah paling menarik mencari penghasilan di YouTube dan juga Spotify saat ini.

Hal ini karena Podcast menjadi salah satu media bagi konten kreator yang mendapatkan perhatian lebih di mata publik karena acara tersebut memberi kesan mengetahui berbagai hal secara intens dengan materi atau tema yang menarik dan juga tidak terkesan kaku atau lebih fleksibel.

Tapi apa itu podcast dan berbagai hal mengenai podcast yang ingin Anda ketahui jika Anda ingin menjadi podcaster akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengasah Public Speaking

Apa Itu Podcast?

Podcast merupakan konten YouTube dan juga Spotify yang berisi obrolan mengenai berita, informasi, sejarah, dan berbagai hal menarik lainnya. Podcast menyajikan hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh semua orang melalui media dengan jaringan internet.

Podcast merupakan siaran audio yang awalnya hanya tersedia untuk pengguna iPod saja. Hal ini karena Podcast merupakan istilah yang memiliki pengertian yaitu iPod dan broadcast. Akan tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa pod pada podcast adalah play on demand, atau personal on demand, atau portable on demand.

Meski sama-sama menampilkan hasil rekaman audio, akan tetapi podcast dirasa lebih menarik daripada radio. Hal ini karena podcast menayangkan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Bahkan podcast yang tayang di YouTube menayangkan bentuk visual podcaster dan juga bintang tamunya, sehingga penonton bisa menyaksikan secara langsung.

Promo Skripsian

Selain di platform YouTube dan Spotify, podcast saat ini juga dapat didengarkan di berbagai media elektronik yang ada, sehingga batasan podcast lebih luas dibandingkan radio dan semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah. Dan bahkan, kini Anda bisa menggunakan podcast melalui aplikasi dari pihak ketiga atau yang dinamakan Anchor.

Podcast memiliki sifat on demand, sehingga tak heran jika saat ini podcast sangat digemari oleh pengguna internet daripada mendengarkan siaran radio yang batasannya lebih sempit, baik dalam aksesnya, frekuensi, dan juga waktu siarannya.

Podcast juga memiliki beragam materi dan isi, mulai dari informasi, ilmu pengetahuan, games, kesehatan, dan lain sebagainya yang dapat diunduh di awal dan didengarkan kapan pun, dimana pun, serta bahkan bisa diulang. Keuntungan tersebut menjadi keunggulan podcast jika dibandingkan dengan radio.

Daftar Reseller

Banyak yang mulai beralih mencari penghasilan membuat konten di podcast karena biayanya tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan radio, karena bisa dibuat sendiri bahkan tanpa biaya sekali pun.

Podcast ini memiliki berbagai kategori yang mana isinya tergantung materi dan bahkan macam-macam jenis audio. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih, sehingga Anda tidak perlu mendengarkan semuanya hingga selesai.

Dari pengertian di atas, dapat diketahui bahwa menjadi konten kreator pada melalui media podcast ini sangat menjanjikan. Apalagi saat ini perkembangan podcast di Indonesia berpotensi dan berkembang pesat dan bahkan pelakunya tidak perlu meluangkan atau membuang banyak waktu untuk membuat dan bahkan mendengarkannya.

Ide dan juga temanya yang enteng pun bisa diterima jika berhubungan dekat dan juga menarik di mata pendengar.

Peralatan Podcast

Jika Anda berminat membuat akun podcast, tentu ada beberapa peralatan yang harus disiapkan. Berikut ini adalah beberapa peralatan yang diperlukan untuk membuat podcast.

1. Mikrofon

Mikrofon menjadi alat paling penting yang dibutuhkan untuk membuat podcast. Hal ini karena mikrofon mampu menangkap suara dengan kualitas yang baik dan juga lebih jelas jika dibandingkan dengan menggunakan HP. Akan tetapi jika Anda belum memiliki mikrofon, Anda tetap bisa merekam suara, meski kualitasnya memang tak sebaik mikrofon.

Mikrofon yang biasanya digunakan oleh para podcaster adalah mikrofon kondensor yang merupakan salah satu jenis mikrofon yang tepat dan pas untuk membuat podcast. Selain kondensor, Anda juga bisa menggunakan mikrofon analog dengan menambahkan beberapa alat audio tambahan agar dapat dikonversikan ke digital.

Daftar Open Reseller

2. Perekam XLR Portable

Alat selanjutnya yang dibutuhkan untuk membuat podcast adalah perekam XLR portable. Alat ini dibutuhkan jika Anda menggunakan mikrofon analog dalam proses perekaman audio. Agar dapat menangkap suara dan dapat dikonversikan ke digital, Anda memerlukan alat perekam XLR portable.

Alat ini mampu merekam suara dari beberapa saluran mikrofon yang mana memungkinkan Anda dapat melakukan penyesuaian volume atau suara dengan cepat, tepat, dan sesuai dengan keinginan.

3. Headphone

Alat selanjutnya yang dibutuhkan adalah headphone. Headphone digunakan seorang podcaster untuk mengetahui sendiri apakah suara yang dikeluarkan dan dibutuhkan sudah bagus dan jelas atau belum. Sebagai seorang podcaster, Anda harus mendengar kembali rekaman Anda.

Alat ini juga penting ketika Anda melakukan bincang dan wawancara dengan bintang tamu atau narasumber secara daring, sehingga suara yang dikeluarkan oleh lawan bicara dapat terdengar dengan jelas.

Ada rekomendasi headphone yang cocok untuk para podcaster, yaitu Audio-Technica ATH-M30x yang mana memiliki kualitas baik tetapi harganya cukup terjangkau. Yang perlu Anda ketahui, Anda harus menghindari penggunaan headphone yang dilengkapi mikrofon, karena kualitasnya cenderung buruk.

4. Pop Filter

Peralatan bermanfaat lainnya yang dibutuhkan adalah pop filter. Pop filter ini bermanfaat untuk membuat suara Anda lebih jelas dan juga lebih terdengar di dalam rekaman. Alat ini mampu menyampaikan suara dengan baik, seperti halnya perbedaan huruf-huruf yang terdengar sama, misalnya huruf P dan B.

Ebook Panduan Jadi Reseller

5. Boom Mikrofon

Alat ini sebenarnya tidak begitu diperlukan jika Anda baru akan memulai menjadi podcaster. Namun, boom mikrofon ini sangat berguna untuk meletakkan tempat mikrofon agar Anda tak perlu susah payah memegangnya dan tidak perlu lelah menyeting mikrofon agar tepat dengan posisi Anda.

6. Komputer

Anda juga membutuhkan komputer atau laptop untuk proses mengolah suara. Proses rekaman audio pada podcast sebenarnya tidak membutuhkan daya komputasi yang berat, akan tetapi Anda bisa menggunakannya untuk mempermudah proses mengolah suara dan juga data di dalam podcast.

Biasanya, para podcaster menggunakan laptop atau komputer produk dari Apple untuk mempermudah proses editing dan juga audio filtering.

Materi Podcast Menarik untuk Diulas

Jika sudah memahami betul bagaimana podcast tersebut bisa dihadirkan, Anda juga perlu mengetahui beberapa materi podcast yang menarik untuk diulas. Di bawah ini akan disebutkan beberapa materi podcast yang menarik untuk diulas:

  • Podcast bisnis
  • Politik
  • Informasi atau berita terkini
  • Pendidikan
  • Komedi
  • Seni
  • Teknologi
  • Edukasi
  • Lifestyle
  • Romansa
  • Kesehatan
  • Anak-anak
  • Hiburan atau entertainment

Dan masih banyak lagi materi podcast yang menarik. Akan tetapi menurut survey dari Populix, data menunjukkan bahwa lebih dari 30 persen responden mengaku menyukai podcast yang membahas soal lifestyle yang kemudian disusul dengan topik entertainment dan juga edukasi.

Cara Membuat Podcast

Selanjutnya adalah bagaimana cara membuat podcast. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat podcast yang menarik dan juga mudah dilakukan, terutama untuk yang baru ingin memulai.

1. Menentukan tema yang tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lebih dahulu tema atau topik bahasan apa yang tepat dan ingin Anda angkat di dalam podcast Anda. Seperti yang diketahui, saat ini sangat banyak podcast yang ditayangkan melalui layanan musik digital atau platform media sosial lainnya.

Dari situ lah Anda bisa mengetahui kira-kira podcast apa yang banyak didengarkan dan diminati, apakah kategorinya entertainment, komedi, olahraga, film, musik, dan lain sebagainya. Pastikan juga topik yang Anda pilih adalah topik yang sesuai dengan minat dan juga ketertarikan Anda agar bahasannya jelas.

2. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Setelah menentukan tema yang sesuai dan juga cocok dengan minat dan ketertarikan Anda, juga yang diminati banyak orang, Anda harus mulai mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan podcast. Sudah dijelaskan di atas beberapa peralatan yang penting dan juga dibutuhkan oleh para podcaster.

Perlu diketahui bahwa Anda sebaiknya tidak menggunakan mikrofon built-in pada laptop atau komputer. Anda hanya perlu menggunakan mikrofon yang terpisah dan juga lebih profesional sehingga kualitas suara yang dihasilkan akan lebih baik. Anda juga dapat memilih mikrofon yang memiliki fitur peredam suara yang baik.

Hal ini sangat membantu Anda dalam proses pembuatan, agar tidak terganggu oleh suara sekitar Anda atau tidak bocor. Anda juga harus memilih dan menyeting tempat yang strategis dan di dalam ruangan yang memiliki peredam suara atau setidaknya jauh dari kebisingan.

3. Membuat Konten Sesuai Tema

Ketika tema sudah ditentukan, Anda harus membuat konten yang sesuai dengan tema. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah membuat script untuk rekaman pada podcast yang bisa Anda rancang terlebih dahulu. Jangan lupa awali dengan perkenalan diri dan juga tema apa yang akan disampaikan.

Membuat script ini juga harus memerhatikan beberapa hal, misalnya durasi lamanya script tersebut jika disampaikan. Karena umumnya, durasi siaran pada podcast mulai dari 20 hingga 60 menit. Topik yang disampaikan juga harus jelas, padat, informatif, dan juga interaktif.

4. Melakukan Proses Editing

Anda juga harus melakukan proses editing. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit audio, misalnya Audacity atau Adobe Audition. Ada juga beberapa aplikasi gratis, salah satunya Audacity.

5. Proses Upload

Terakhir, pastikan podcast yang sudah Anda rekam dan di-edit untuk di-upload. Jangan lupa menambahkan beberapa editing, misalnya keterangan, judul, seri, deskripsi, kategori, dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan proses ini, Anda dapat menggunakan aplikasi atau layanan dari pihak ketiga misalnya Anchor untuk mengunggah tayangan podcast ke berbagai platform media digital, seperti YouTube, Spotify, atau SoundCloud.

Contoh Podcast Inspiratif

Di Indonesia sendiri, ada beberapa podcast yang inspiratif dan bahkan memiliki banyak pendengar. Di bawah ini adalah beberapa contohnya:

  • Podcast Deddy Corbuzier,
  • RAPOT,
  • Podcast Do You See What I See,
  • Podcast Awal Minggu,
  • Makna Talks,
  • Sudut Pandang,
  • PORD (Podcast Raditya Dika, dan masih banyak lagi.

Baca juga artikel penting berikut ini.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :